Anggaran SEO pertahun sampai berapa? Konsultasi SEO gratis dengan praktisi SEO UMKM & Corporate ๐Ÿ‘‰ Hubungi Kami

Jasa Penulis vs AI Writer, Lebih Untung Mana Untuk Bisnis

Jika masih ragu, pelajari lebih dulu. Mana yang lebih menguntungkan untuk bisnis, menggunakan jasa penulis atau AI writing?
header jasa penulis vs AI

Semakin populernya  penggunaan ChatGPT memunculkan diskusi hangat tentang jasa penulis vs AI writer, mana yang lebih menguntungkan untuk bisnis?

Artikel ini akan menjawab hal tersebut dengan membandingkan penggunaan AI writing seperti ChatGPT dengan agensi jasa penulis dari 5 sisi:

  • Biaya dan kesiapan produksi
  • Kemampuan penulisan
  • Potensi scale up
  • Kualitas khusus

Simak ulasannya.

Biaya dan Kesiapan Produksi

Jika Anda mengira hanya dengan menggunakan AI langsung bisa menghasilkan konten yang baik, coba pikirkan lagi.

AI seperti ChatGPT adalah tool, penggunaannya tetap butuh penulis yang mahir. Senjata sebaik apapun, tanpa the man behind the gun yang punya kapabilitas, takkan mampu mencapai fungsi terbaiknya.

Dengan kata lain, Anda tetap perlu menggaji penulis in-house. Konsekuensinya, perlu juga memikirkan tunjangan, jadwal cuti, dan sebagainya.

Tak hanya itu, untuk menghasilkan konten berkualitas sesuai tujuan dan standar bisnis, Anda akan butuh juga:

  • editor,
  • content manager.

Dari sisi biaya, malah lebih besar daripada menggunakan jasa agensi penulis seperti Saungwriter.

Jasa Penulis vs AI Writer - Biaya dan produktivitas

Selain itu, ChatGPT juga tidak selalu tersedia. Pada waktu-waktu puncak, server masih sering down. Wajar saja mengingat penggunanya tumbuh sangat cepat, mencapai 1 juta dalam 5 hari, dan 100 juta dalam 2 bulan. [1]

ChatGPT Overload

Ini, dan beberapa alasan lain di bawah, jadi alasan ChatGPT OpenAI belum production-ready. Anda mungkin tidak bisa menggunakannya untuk mengejar deadline sewaktu-waktu.

Lain halnya dengan agensi penulis profesional seperti Saungwriter. Anda langsung bisa mendapatkan konten siap tayang dan tepat waktu, tanpa perlu memikirkan hal-hal lainnya. 

Pikiran dan upaya Anda pun bisa fokus untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Kemampuan Penulisan dan Efektivitas

Banyak yang terkagum-kagum dengan kemampuan ChatGPT dari OpenAI dalam menyusun kalimat dan jawaban. Kalimatnya efektif dan tanpa typo sama sekali.

Meski demikian, ada beberapa keunggulan penulis manusia yang tetap belum dapat ditandingi oleh AI, yaitu dari segi:

Kualitas penulis
  1. Keahlian niche: penulis manusia mampu melakukan riset sesuai niche untuk menghasilkan konten yang berkualitas, mendalam, dan efektif. AI hanya bisa memproses informasi sesuai data di internet, itu pun terbatas. 
  2. Kreativitas: penulis manusia mampu memikirkan ide-ide kreatif dan menulis konten yang unik dan bermakna. Ini sangat penting karena konten yang unik dan kreatif dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing.
  3. Story telling: penulis manusia mampu membangun narasi yang menarik dan memikat untuk membantu bisnis mencapai tujuannya. Narasi yang baik dapat membangun hubungan dan mempromosikan produk atau jasa secara efektif.
  4. Style and Tone: penulis manusia mampu menyesuaikan nada dan gaya bahasa agar sesuai dengan brand dan target audiens.
  5. Koordinasi: penulis manusia mampu berkoordinasi dan melakukan kolaborasi untuk menghasilkan konten yang sesuai tujuan dan standar bisnis. Feel yang Anda dapat saat berinteraksi dengan manusia pun terasa beda.

Anda bisa membaca perbandingan lainnya pada postingan kami sebelumnya tentang โ€œAlasan AI Belum Akan Menggantikan Content Writerโ€.

Dengan keunggulan tersebut, ujungnya adalah kemampuan menghasilkan konten yang efektif memenuhi tujuan dan standar bisnis.

Dari sisi biaya dan efektivitas, menggunakan jasa penulis profesional seperti Saungwriter tetap pilihan terbaik.

Potensi Scale Up

Dari sisi kemampuan untuk scaling up, mungkin bisa fifty-fifty.

AI membuat Anda dapat menghasilkan puluhan atau mungkin ratusan konten dalam waktu singkat. Walau begitu, kualitasnya bisa dipertanyakan karena masih perlu kurasi dari pengguna.

Di sisi lain, agensi penulis juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan ratusan konten secara singkat. Sebabnya karena memiliki jaringan penulis yang luas.

Kualitasnya pun oke punya. Terlebih jika Anda menggunakan jasa Saungwriter yang terbukti menghasilkan banyak konten yang meranking di halaman pertama Google.

Selain itu, agensi penulis juga bisa menggarap banyak proyek sekaligus. Ini berguna jika Anda memiliki beberapa lini dalam bisnis Anda.

Adapun jika menggunakan AI, tetap saja penggunanya itu-itu saja. Konsentrasinya akan buyar jika menggarap proyek dengan niche berbeda sekaligus.

Jasa Penulis vs AI - Kemungkinan scale up

Kecuali Anda tidak menghiraukan soal kualitas konten dan efektivitasnya pada brand bisnis Anda, maka menggunakan AI bisa jadi pilihan pertama.

Kualitas Khusus

Kualitas khusus berkaitan dengan kebutuhan brand yang spesifik dan berbeda-beda.

Penulis manusia mampu menganalisis kebutuhan bisnis Anda untuk menemukan gaya bahasa, narasi, dan nada, serta tipe, format, dan sudut pandang konten yang bisnis Anda perlukan.

Kecuali bisnis Anda sebesar Apple atau Tesla, AI tidak akan mengenalinya. Hasilnya, konten buatan AI untuk bisnis Anda cenderung dangkal, standar, dan tidak memiliki keunikan.

Tanpa keunikan dan diferensiasi, sangat sulit bisnis Anda untuk menonjol (stand out) di tengah kompetitor.

Hal ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa agensi penulis profesional seperti Saungwriter. Jaminan mutu dan kualitas konten bergaransi karena dikerjakan oleh penulis berpengalaman.

Jasa Penulis vs AI: Tergantung Model Bisnis

Jadi, manakah yang lebih menguntungkan bagi bisnis, menggunakan jasa penulis profesional atau AI?

Jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung model bisnis Anda.

Jika bisnis membutuhkan konten yang berkualitas, unik, dan memiliki sudut pandang yang berbeda, maka jasa penulis profesional adalah pilihan yang lebih baik. 

Penulis profesional memiliki kemampuan untuk memahami dan mencerminkan visi dan misi bisnis, serta memberikan sudut pandang yang berbeda pada konten.

Sementara itu, jika bisnis Anda membutuhkan konten dalam jumlah besar dan harus diproduksi dengan cepat, maka AI dapat menjadi pilihan menguntungkan.

Namun, meski AI mampu menghasilkan konten dengan cepat, sering kali tidak memiliki kemampuan memahami dan mencerminkan visi misi bisnis dengan baik.

Sebagai penutup diskusi jasa penulis vs AI, Anda dapat menyimak pengakuan dari AI itu sendiri:

โ€œJasa penulis dan AI writer masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan bisnis harus mempertimbangkan dengan hati-hati mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka. Namun, jika bisnis ingin memastikan bahwa konten yang dipublikasikan memiliki kualitas dan akurasi yang tinggi, maka jasa penulis profesional selalu menjadi pilihan terbaik.โ€

Kesimpulan AI vs Jasa Penulis

Jika Anda membutuhkan konten berkualitas yang efektif untuk bisnis Anda, hubungi Saungwriter untuk membantu Anda.

Terimakasih sudah membaca konten kami

Saungwriter adalah agency jasa penulisan artikel untuk konten website sekaligus menyediakan layanan SEO expert untuk pengembangan bisnis di dunia Digital. Hubungi kami untuk konsultasi layanan di 0813-3283-8649

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar

Isi Konten

Selamat Datang

Hubungi kami melalui kontak bantuan whatsapp dibawah.

Fast Respon

Bantuan Loker Penulis

Jam Operasional

Terimakasih Atas Kunjungannya...