✔ Memahami Perbedaan Indeks dan Peringkat: Kunci Sukses SEO

Pahami perbedaan indeks dan peringkat Google agar tidak salah langkah dalam SEO

Memahami perbedaan indeks dan peringkat dalam mesin pencari sangat penting bagi pelaku SEO. Ini akan membuat Anda mengerti kenapa website tertentu selalu muncul di halaman pertama SERP dan yang lainnya terkubur di halaman belakang.

Dua istilah ini berbeda, tapi masih banyak praktisi SEO pemula yang menganggapnya sama.

Artikel ini akan membedah:

  • Apa itu indeks dan rangking dalam mesin pencari?
  • Bagaimana hubungan antara keduanya dengan visibilitas website?
  • Perbedaan indeks vs ranking Google
  • Tips cara meningkatkan indeks dan ranking website Anda.

Simak infonya sampai selesai.

Apa itu Indeks di Mesin Pencari

Indeks dalam mesin pencari adalah sebuah daftar yang berisi informasi tentang semua website yang sudah didata oleh robot perayap (crawler).

Anda bisa mengandaikan mesin pencari seperti sebuah perpustakaan raksasa yang menyimpan banyak buku. Maka, indeks ibarat sebuah katalog raksasa yang menyimpan informasi tentang buku-buku tersebut.

Agar sebuah website dapat terindeks, ada beberapa proses yang perlu dilalui.

  1. Crawling, yaitu proses di mana robot Google menemukan konten yang baru atau diperbarui. Pada banyak kasus, proses ini berjalan dengan cara robot tersebut mengikuti tautan pada halaman website.
  2. Parsing, yaitu proses Google menganalisis isi halaman, termasuk struktur HTML, teks, gambar, video, dan lainnya. Proses ini juga menyisihkan konten yang mirip (duplicate content) dengan halaman tersebut.
  3. Indexing, yaitu proses Google menyimpan hasil analisis halaman tersebut dan mengaturnya agar lebih mudah untuk menemukan ketika ada yang melakukan pencarian.
Visualisasi Alur Indeks Google

Indeks menentukan apakah halaman website Anda bisa dicari lewat Google. Jika tidak terindeks, berarti tidak akan muncul di halaman pencarian Google.

Lantas, apa saja yang mempengaruhi kecepatan dan kedalaman proses indeks dari mesin pencari tersebut?

Faktor yang Mempengaruhi Proses Indexing

Ada banyak faktor yang mempengaruhi, tapi setidaknya 6 faktor ini yang sangat penting:

  1. Robots.txt. Ini adalah sebuah file yang dapat menentukan bagian mana yang boleh terindeks oleh mesin pencari dan bagian mana yang tidak boleh.
  2. Sitemap. File ini menyimpan semua link dalam website sehingga keberadaannya sangat penting, karena robot Google merayap mengikuti tautan.
  3. Struktur website dan kecepatan server. Struktur yang baik dengan navigasi mudah serta server yang cepat membuat website lebih mudah diindeks. Karena itu, penting untuk membangun internal link yang baik.
  4. Konsistensi pada kualitas dan relevansi konten. Seperti yang Gary Ilyes dari Google sampaikan, “ …If we are not crawling much or we are gradually slowing down with crawling, that might be a sign of low-quality content or that we rethought the quality of the site.
  1. Aktivitas penerbitan yang sering. Pada video yang sama, Gary juga menyampaikan, “ …And then there’s a bunch of new URLs that Googlebot gets excited about, and then it goes out and then it’s crawling like crazy.

Cara Cek Apakah Halaman Sudah Terindeks Google

Untuk mengecek apakah halaman website Anda sudah terindeks atau belum sangat mudah. Anda bisa menggunakan operator “site: (url)” di kolom pencarian.

Contoh, ketikkan “site: site: https://saungwriter.com/cara-menghapus-backlink-spam”. 

Jika url halaman tersebut muncul di SERP (biasanya urutan 1), maka berarti sudah terindeks. Jika tidak muncul, maka halaman tersebut belum terindeks.

contoh cara cek halaman terindeks Google

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan tools analisis, baik yang disediakan Google, yaitu Google Search Console, atau penyedia tools SEO seperti Ahrefs dan Semrush.

Cek halaman terindeks Google dengan Google Search Console

Memahami Peringkat di Mesin Pencari

Peringkat atau Ranking Google yaitu posisi website Anda di halaman hasil pencarian (SERP) ketika pengguna mengetikkan kueri tertentu.

Proses Menampilkan Peringkat

Misal, ada pengguna yang mengetikkan kueri “kebutuhan pipa untuk sumur bor”. Kemudian, website Anda muncul di urutan pertama hasil pencarian. Maka berarti peringkat website Anda di ranking 1.

Daftar peringkat ini diambil dari daftar indeks Google. Artinya, website Anda perlu terindeks lebih dahulu untuk dapat tampil di halaman hasil pencarian.

Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Google

Ranking Google sudah lama jadi fokus perhatian pelaku SEO. Algoritmanya rumit dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

Spekulasi ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi Google dalam menampilkan hasil pencarian. Yang sudah terbukti di antaranya:

  1. Relevansi konten dengan inten pencarian oleh pengguna,
  2. Kualitas konten yang tinggi dan helpful bagi pengguna,
  3. Pengalaman pengguna (user experience) selama kunjungan ke website,
  4. Tautan balik dari website lain ke website Anda.

Cara Mengecek Ranking Google

Guna mengetahui berapa peringkat halaman website Anda di hasil pencarian untuk kueri tertentu, Anda cukup mengetikkan kueri tertentu di kolom pencarian.

Jika halaman situs Anda muncul di urusan teratas, maka berarti website Anda menempati ranking 1 Google untuk kueri tersebut.

Perbedaan Indeks dan Peringkat

Memahami perbedaan indeks dan ranking Google akan lebih mudah dengan analogi buku dalam perpustakaan atau toko buku.

Indeks berarti seperti katalog besar yang menyimpan informasi tentang semua buku yang tersimpan dalam perpustakaan. Untuk mendapatkannya, pustakawan (robot crawler) harus mendata, menganalisis, dan menyimpan informasi buku tersebut.

Sementara itu, peringkat merujuk kepada cara Google menampilkan urutan website tersebut sesuai permintaan pengguna. Ibaratnya, buku yang paling sering dipinjam atau direkomendasikan akan berada di rak paling depan.

Kedua hal ini sama-sama dinamis dan dapat berubah karena robot dan mesin Google bekerja terus, tanpa henti.

Tips Mempercepat Indeks dan Meningkatkan Ranking

Setelah memahami apa itu indeks dan peringkat serta perbedaannya, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk mempercepat dan meningkatkannya.

Kuncinya adalah memahami faktor masing-masing, dan mengoptimasi faktor tersebut.

Contoh, agar halaman website cepat terindeks, Anda bisa:

  1. Memastikan data pada Robots.txt tidak menghalangi mesin pencari mengindeks halaman yang Anda maksudkan.
  2. Membuat dan memperbarui sitemap serta mengirimkannya ke Google. Caranya bisa lihat di: 8 Sebab Artikel Tidak Muncul di Google, bagian: Solusi Halaman Belum Terindeks.
  3. Memperbaiki struktur dan loading website. Berikan tautan dari halaman yang sudah terindeks sebelumnya.
  4. Membuat konten berkualitas.
  5. Rutin mengupload konten dan memperbaruinya.

Sementara itu, meningkatkan peringkat hasil pencarian melibatkan banyak sekali faktor. Pada intinya, Anda perlu melakukan on page, technical, dan off page SEO.

Kesimpulan

Indeks vs peringkat pada mesin pencari ibarat katalog vs etalase di perpustakaan atau toko buku.

Indeks memastikan halaman website Anda sudah masuk dalam katalog, sedangkan peringkat mengupayakan halaman website berada di etalase terdepan. 

Perbedaan indeks dan peringkat Google sangat mendasar, tapi keduanya penting dalam SEO. 

Jika Anda membutuhkan konten berkualitas yang dapat mendorong indeks yang cepat dan ranking yang tinggi, Anda bisa memesannya melalui Saungwriter.

Terimakasih sudah membaca konten kami

Saungwriter adalah agency jasa penulisan artikel untuk konten website sekaligus menyediakan layanan SEO expert untuk pengembangan bisnis di dunia Digital. Hubungi kami untuk konsultasi layanan di 0813-3283-8649

Artikel Lainnya