9 Tools yang Digunakan untuk Keyword Research Lengkap

Bingung tools keyword research apa yang perlu Anda gunakan? Cukup tools berikut saja saja yang Anda perlukan.
Tools Keyword Research Lengkap

Pada artikel sebelumnya, dalam tahap riset keyword, Anda tentu tahu pentingnya tools yang digunakan untuk keyword research.

Meski terlihat rumit, sebenarnya hanya ada 3 jenis tools yang Anda perlukan, yaitu tools untuk:

  1. mendapatkan ide dan topik,
  2. menemukan keyword dari ide dan topik tersebut,
  3. mengembangkan keyword dari website sendiri maupun kompetitor,

Kabar baiknya, sebagian besar tools riset keyword tersebut bisa Anda gunakan secara gratis.

Mari mulai dengan tools untuk mendapatkan ide dan topik.

Google Trends

Tools ini menyediakan data tren pencarian yang orang lakukan lewat Google. Karena datanya langsung dari Google, Anda tak perlu khawatir apakah data ini riil/sesuai atau tidak.

Selain itu, tools ini juga menyediakan banyak filter. Anda bisa memilih berdasarkan lokasi, rentang waktu, kategori industri, hingga jenis penelusuran. Yang lebih penting, Anda juga bisa melihat topik maupun kueri terkait.

tools keyword research google trends

Google Trends tersedia gratis. Anda tak perlu membayar untuk menggunakan tools ini.

Answer The Public

Answer the Public ini menyediakan data pencarian dalam bentuk pertanyaan tentang sebuah topik secara menyeluruh.

Di sini, Anda dapat menemukan apa saja yang orang tanyakan yang terkait dengan topik bisnis Anda.

Contoh, pada topik “coffee”, Anda bisa mendapatkan hingga 80 pencarian dalam bentuk pertanyaan yang orang cari di Google.

tools research keyword answer the public

Pertanyaan yang tersedia berbasis pada 5W+1H, jadi sangat berguna ketika Anda berusaha membangun strategi content marketing dan artikel pilar.

Walau belum tersedia dalam bahasa Indonesia, tapi insight-nya bisa jadi dasar riset keyword Anda. Alternatifnya dalam bahasa Indonesia, Anda bisa menggunakan fitur dari website Also Asked.

Wikipedia

Selain Answer the Public, Wikipedia juga bisa menjadi tempat untuk menemukan topik untuk konten Anda. Lebih lagi, website ini sudah menyediakan versi bahasa Indonesia.

Contoh, pada bisnis kopi, Anda bisa melihat beberapa topik yang mungkin akan membuat orang tertarik. Misalnya seperti: jenis biji kopi, minuman kopi, dan seni perebusan.

tools riset keyword wikipedia

Dari sini, Anda dapat mengembangkan konten Anda dengan menyajikan pembahasan yang lebih lengkap dan menyeluruh.

Quora

Quora adalah harta karun ide untuk topik konten Anda. Di sini, Anda bisa mencari pertanyaan dan jawaban yang terkait dengan topik Anda.

Sebagai contoh, ketikkan saja bidang bisnis Anda di kolom pencarian Quora. Dalam sekejap, Anda bisa mendapatkan ratusan topik yang orang tanyakan lewat platform Quora.

tools riset keyword QUora

Ambil topik tersebut dan lanjutkan ke tahap kedua: menemukan keyword dari topik tersebut. Untuk tahap ini, Anda bisa menggunakan tools berikut.

Google Search

Di tahap kedua, tujuan Anda adalah menemukan kueri kata kunci yang orang ketikkan di kolom pencarian Google. Jadi, bukan hanya sekadar topik, tapi langsung ke kata per kata.

Google Search menyediakan 2 alat riset keyword yang dapat Anda pakai, yaitu: fitur Autocomplete dan Google Suggestion.

Autocomplete adalah pilihan kata yang tersedia ketika Anda mengetikkan kata awal di kolom pencarian. Pada contoh topik teknik merebus kopi, ada 5 keyword yang secara otomatis disediakan oleh Google.

tools riset kata kunci google autocomplete

Selanjutnya, Google Suggestion adalah kata yang muncul pada pencarian terkait. Posisinya biasa ada di bagian paling bawah.

tools riset kata kunci google suggestion search

Itu adalah keyword atau kueri yang secara kata per kata, orang mencarinya lewat Google.

Google Keyword Planner

GKP atau Google Keyword Planner adalah tools riset keyword gratis yang Google sediakan untuk para pemasang iklan di Google Adwords. Jadi, Anda perlu mengaktifkan akun Adwords terlebih dahulu.

Meski demikian, Anda tetap bisa memakainya tanpa memiliki campaign yang sedang aktif.

GKP menyediakan daftar kata kunci beserta data volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, dan lainnya. 

tools yang digunakan untuk keyword research dari Google keyword planner

Meski angkanya ditampilkan dalam bentuk rentang kisaran, tapi datanya langsung realtime dari database Google. 

Selain itu, tools keyword research lain yang berbayar dan populer di internet juga menggunakan prinsip yang sama. Jadi, GKP adalah tools yang wajib Anda kuasai untuk dasar riset keyword.

JWS Tools

JWS atau Jawara Speed adalah tools keyword research buatan Indonesia yang gratis (hingga saat ini ditulis).

Walaupun gratis, tools ini mengambil database dari MOZ dan Ahrefs premium yang berbayar. Jadi, Anda bisa mencari kata kunci premium yang banyak orang cari dan bernilai tinggi tanpa harus bayar tools riset keyword premium.

Tools yang digunakan untuk keyword research gratis Indonesia Jawara Speed

Dengan database yang besar, pemakaian yang gratis, dan tersedia dalam bahasa Indonesia, tools ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Sampai sini, Anda sudah bisa menemukan keyword yang sesuai untuk Anda garap di bisnis Anda. Selanjutnya, Anda perlu tahu juga tools untuk mengembangkan keyword dari website sendiri maupun kompetitor.

Google Search Console

GSC adalah tools yang Google sediakan bagi  para pemilik website untuk memantau performa website dalam pencarian organik.

Tools ini menyediakan data keyword apa saja yang membawa pengunjung ke website Anda. Lebih lagi, Anda bisa tahu di ranking berapa website Anda untuk keyword tertentu.

trafik web dari Google Search Console

Ini dapat membantu Anda untuk menggarap keyword baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Dengan membidik keyword tersebut, ranking Anda berpotensi naik dan memberikan lebih banyak traffic ke website.

Ubersuggest

Selanjutnya, Anda perlu juga mengintip performa kompetitor Anda untuk kata kunci tertentu. 

Di sini, jarang yang menyediakan tools gratis. Kalaupun ada, banyak keterbatasan yang membuat riset Anda kurang optimal.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan tools premium berbayar. Salah satu yang jadi rekomendasi adalah Ubersuggest.

Kenapa Ubersuggest?

Ubersuggest memiliki fitur yang lengkap dengan penggunaan yang mudah serta harga yang cukup terjangkau. Fiturnya mulai dari pencarian keyword, audit website, backlink potensial, hingga memata-matai kompetitor.

tools yang digunakan untuk keyword research premium ubersuggest

Untuk pengembangan strategi content marketing, sangat penting untuk memiliki akses ke tools premium berbayar seperti ini.

Kesembilan tools yang digunakan untuk keyword research di atas memiliki penggunaan yang mudah. Anda tak akan butuh waktu lama untuk memahami cara pemakaiannya.

Jika masih bingung, pada artikel setelah ini, Anda dapat menyimak bagaimana langkah step by step research keywords dengan tools di atas. Semoga membantu.

Tinggalkan komentar

Isi Konten

Selamat Datang

Hubungi kami melalui kontak bantuan whatsapp dibawah.

Fast Respon

Bantuan Loker Penulis

Jam Operasional

Terimakasih Atas Kunjungannya...