Seri Panduan Teknik SEO 2020

SEO 2020 Terbaru

SEO atau Search Engine Optimiazation menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai untuk menaikkan rating website di mesin pencari. Teknik SEO pun semakin berkembang dari tahun ke tahun dan terus upgrade termasuk untuk tren SEO 2020.

SEO akan sangat diperlukan para pemilik website yang ingin meningkatkan peringkat dan traffic view ke situs website miliknya. Meningkatnya traffic view akan berdampak pula pada penghasilan yang nantinya akan diperoleh pemilik website tersebut.

Pengertian SEO

Pengertian SEO 2020

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengoptimasi halaman website pada mesin pencari. Sehingga konten artikel website tersebut akan muncul saat pengguna menuliskan kata kunci atau keyword pada laman search Google.

Suatu konten yang memiliki teknik optimasi SEO bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan traffic view yang banyak seperti yang diharapkan pemilik website. SEO juga bisa menjadi salah satu indikator untuk mendapatkan trafik yang tidak hanya tinggi tapi juga tepat sasaran.

Google sebagai salah satu mesin pencari menerapkan beberapa aturan tertentu untuk menentukan suatu konten bisa mendapatkan ranking tinggi di halaman pencarian. Sistem pencarian Google pun tidak hanya terpaku pada konten tulisannya saja, tapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi algoritma dan ranking website.

Bagaimana Cara Kerja SEO

Google memiliki perhitungan algoritma tertentu untuk menentukan konten website mana saja yang bisa masuk halaman pertama laman pencarian. Pada dasarnya mesin pencari akan menampilkan situs dengan traffic view yang tinggi untuk ditampilkan berdasarkan kata kunci yang ditulis.

Kualitas konten memang bukan satu-satunya cara untuk membuat konten masuk di ranking pertama. Namun ada beberapa langkah optimasi SEO yang harus disesuaikan dengan algoritma Google.

Tak bisa dipungkiri bahwa mesin pencari merupakan salah satu sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Berbagai informasi bisa didapatkan hanya dengan menuliskan kata kunci yang relevan dengan topik yang dicari.

Dengan menerapkan langkah optimasi SEO, maka konten yang ditulis pada suatu website akan lebih mudah ditemukan oleh algoritma Google. Sehingga audiens yang tertarget pun akan lebih mudah terjangkau selama kata kunci yang ditulis tepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tips Optimasi dan Trend SEO 2020

Berbicara mengenai SEO memang cukup kompleks dan tidak hanya bergantung pada satu indikator teknis saja. Bahkan teknik optimasi yang sebelumnya diterapkan belum tentu akan relevan pada saat sekarang.

Penting untuk mengetahui bagaimana trend SEO 2020 yang ter-update untuk mengetahui bagaimana langkah optimasi yang tepat. Dengan memahami apa saja trend SEO 2020 ini, maka nantinya akan sangat membantu Anda untuk memasarkan website agar bisa dilihat dan dibaca oleh lebih banyak orang.

Apa saja trend SEO 2020 yang akan populer di tahun ini?

  • BERT & User-Focused Optimization

BERT sendiri merupakan singkatan dari Bidirectional Encoder Representations from Transformers dan merupakan algoritma baru yang diluncurkan Google pada 21 Oktober 2019. Algoritma BERT akan membantu memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian yang lebih akurat dengan artikel yang memiliki konteks yang sama.

Belum tentu satu kata kunci yang tercantum pada beberapa artikel akan memunculkan semua artikel dengan kata kunci tersebut. Karena Google hanya akan melihat kata kunci yang tidak hanya terdiri dari satu kata melainkan satu kalimat utuh dengan konteks yang sama.

Pengguna akan mendapatkan lebih banyak pilihan dengan adanya algoritma BERT ini. Visibilitas dan trafik organik pada website Anda akan mendapatkan dampak luar biasa. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari teknologi open source yang berbasis jaringan neural untuk pre-training NLP (Natural Language Processing).

Teknologi ini akan membuat sistem pada komputer lebih bisa memahami bahasa yang lebih mirip dengan bahasa manusia. Sehingga konteks penariaan yang dimaksud oleh pengguna akan ditelaah dengan menghubungkan setiap kata kunci yang diketik dengan tidak hanya berfokus pada satu kata saja.

Algoritma BERT menjadi suatu metode tambahan yang digunakan untuk memahami query serta konten secara bersamaan. Berbagai kata kunci atau pencarian yang memiliki banyak makna atau ambiguitas pun akan banyak tertolong dengan adanya BERT.

Kemampuan BERT dari mono-linguistik ke multi-linguistik akan memungkinkan untuk mentransfer hasil pembelajaran ke berbagai bahasa. Hasilnya tentu saja akan berdampak pada international SEO karena ada banyak pola dalam satu bahasa yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Bagaimana cara mengoptimasi BERT? Karena percuma saja Anda tahu artinya tapi tidak paham bagaimana menggunakannya. Sejauh ini untuk optimasi khusus BERT memang belum tersedia sehingga yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang memposisikan diri Anda sebagai pembaca.

Artinya jadikan pembaca sebagai prioritas dan buatlah konten untuk pembaca bukan untuk mesin. Karena Google akan lebih bisa memahami query sehingga bisa menghasilkan pencarian yang lebih relevan untuk kebutuhan pembaca.

Pada intinya, BERT akan membuat Google semakin dekat dengan bahasa tingkat manusia. Ranking hasil pencarian di Google pun akan menunjukkan hasil yang lebih sesuai dengan query atau pertanyaan yang ditulis langsung oleh pengguna.

  • Konten yang berkualitas

Konten yang berkualitas akan lebih banyak dicari dan dibutuhkan oleh pengguna. Bagaimanapun juga mereka mencari informasi di mesin pencari adalah untuk menemukan informasi yang detail, lengkap, update, dan sesuai kebutuhan.

Konten artikel yang ditulis sebisa mungkin harus dibuat dengan format yang ramah pembaca dan tidak bertele-tele sehingga lebih mudah dipahami. Lagi-lagi memposisikan diri sebagai pembaca sangatlah penting untuk membuat konten yang berkualitas. Karena Anda akan benar-benar tahu konten seperti apa yang menarik dan memikat pembaca.

Konten adalah salah satu bentuk cara berkomunikasi dengan mereka. Tentu tidak semua konten akan memiliki standar yang sama dalam pembuatannya karena tergantung pada target audiens dari website tersebut. Sehingga sangat penting untuk memahami siapa target audiens website Anda agar bisa membuat konten yang sesuai dengan pasar.

Sebagai contoh, Anda akan membuat artikel kesehatan dengan target audiens yang berbeda. Target audiens untuk kalangan akademis akan lebih baik dibuat dengan pembahasan yang lebih mendalam dan kompleks. Bebeda dengan target audiens umum yang cenderung akan lebih tertarik dengan pembahasan yang ringan dan mudah dipahami.

Dalam membuat konten, usahakan untuk mencari sebanyak-banyaknya sumber agar penjelasan yang ditulis lebih akurat dan tepat. Jika perlu lakukan riset secara real untuk membuktikan bahwa konten yang Anda buat bukan sekedar re-write dan benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan audiens.

  • YMYL dan E-A-T

YMYL merupakan singkatan dari Your Money, Your Life sedangkan E-A-T merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness. Kedua istilah ini digunakan oleh Google untuk membedakan kualitas website yang beredar di mesin pencarian.

E-A-T sesuai namanya digunakan oleh Google untuk memastikan dan merekomendasikanjenis website yang menampilkan keahlian, memiliki otoritas, dan dapat dipercaya. Sedangkan istilah YMYL lebih merujuk pada jenis konten yang tulisannya tidak jujur, tidak akurat, dan berkualitas rendah.

Sehingga, E-A-T dan YMYL sama-sama digunakan untuk melindungi dan menaikkan peringkat konten-konten yang berkualitas sebagai usaha untuk memaksimalkan strategi SEO. Dari trend ini bisa kita lihat bahwa website yang memiliki konten yang buruk kualitasnya akan sulit bersaing di mesin pencari seperti Google.

Dengan adanya sistem seperti ini diharapkan konten-konten yang masuk dalam kategori YMYL akan sulit muncul di halaman pencarian. Sehingga konten-konten yang kredibel dan berkualitas akan menempati tempat yang paling sesuai di halaman pencarian Google.

Penekanan pada kualitas konten ini ditujukan untuk melawan berita-berita palsu atau hoax yang kini banyak sekali beredar di internet. Dengan adanya pencarian yang berbasis entitas, grafik pengetahuan, dan sistem E-A-T ini maka diharapkan dapat menciptakan representasi secara online yang akurat dan meyakinkan.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan konten yang berbasis digital. Mulai dari konsisten dalam memposting dan meng-update konten di website, memberikan pelayanan terbaik dengan menjawab pertanyaan pengguna, branding, harga, dan produk yang memiliki specialty atau kekhususan.

  • UX & SEO’s Technical

UX merupakan singkatan dari user experience dan menjadi salah satu tren SEO yang sangat difokuskan untuk tren 2020. Artinya, pengalaman pengunjung menjadi fokus dan faktor utama untuk optimasi UX. Dalam kaitannya dengan UX, maka keamanan, kecepatan, dan visualisasi suatu situs website akan sangat berpengaruh terhadap optimasi SEO.

UX dan technical SEO sama-sama diperlukan untuk mengoptimalkan kecepatan website dan halaman. Optimasi UX ini meliputi pengalaman secara keseluruhan mulai dari interaksi dengan pengguna, halaman arahan (landing page), hingga feedback pengguna setelah meninggalkan website tersebut.

Untuk mencapai optimasi UX ini, Anda harus berpikir bagaimana dapat membantu pengguna untuk mendapatkan pengalaman maksimal dan value tertentu selama mengunjungi website. Sekali lagi Anda harus memposisikan diri sebagai pengguna dan pembaca untuk mengetahui kebutuhan mereka.

  • Mobile SEO

Tak bisa dipungkiri bahwa smartphone kini telah menjelma menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia terutama untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Di sinilah kuncinya, Anda harus membuat website yang tampilannya mobile-friendly sehingga tampilan website tidak berantakan meskipun dibuka melalui smartphone.

Sehingga website yang Anda buat harus bisa kompatibel untuk dibuka dan digunakan baik di desktop maupun situs mobile. Karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kenyamaan pengguna yang nantinya akan berpengaruh pada traffic dan algoritma Google.

  • Struktur Data

Google sangat menekankan bahwa konten yang memiliki kualitas tinggi akan sangat penting dan berpengaruh di tahun 2020. Meskipun algoritma mesin pencarian sendiri belum sepenuhnya bisa memberikan hasil yang akurat.

Tugas Anda sebagai pemilik website adalah buat penyusunan struktur data yang tepat untuk membantu mesin pencari lebih memahami tidak hanya apa yang ada di halaman saja. Pastikan setiap elemen memiliki hubungan satu sama lain dengan halaman sekaligus bagaimana halaman berhubungan dengan halaman lainnya dalam satu website.

Data yang terstruktur akan memudahkan mesin pencari untuk memetakan situs sehingga bisa dengan mudah ditemukan saat pengguna mencari informasi yang relevan dengan website. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana pengaruh struktur data tersebut pada index Google?

Setiap mesin pencari akan melakukan proses crawl (perayapan) terhadapan halaman suatu website dalam kaitannya dengan proses pencarian data. Fungsi proses ini adalah untuk mengambil data dan informasi yang terdapat pada halaman website tersebut untuk selanjutnya disimpan dalam database mesin pencari. Proses ini disebut dengan proses index halaman.

Untuk bisa memudahkan mesin pencari melakukan proses itu, diperlukanlah meta data atau struktur data melalui penambahan script. Pengertian meta data atau struktur data sendiri merupakan data yang terletak pada tag head dari html yang dibuat.

Struktur data ini digunakan untuk mendeskripsikan informasi atau data yang dimiliki agar nantinya lebih mudah dan efisien ditemukan kembali oleh Google. Sehingga mesin pencari akan dengan mudah mengelompokkan informasi yang dimiliki website dengan informasi serupa yang tentunya akan mempengaruhi hasil pencarian pada Google.

Dalam hal ini Anda harus lebih banyak memahami tentang bahasa pemrograman tertentu. Tujuannya agar bisa lebih mudah membuat dan memahami kode dalam membuat script pada html yang dibuat untuk website.

  • Mengoptimalkan Knowledge Panels dan Entity Graph

Pengertian dari knowledge graph sendiri merupakan basis pengetahuan yang digunakan oleh mesin pencari Google untuk meningkatkan hasil mesin pencari dari berbagai sumber yang dikumpulkan. Informasi dari grafik pengetahuan tersebut biasany disajikan pada sebuah kotak yang berada di sebelah kanan dari hasil pencarian.

Google telah menemukan cara untuk memasukkan informasi yang berkaitan dengan data entitas. Semua data yang pengguna butuhkan untuk pencarian informasi yang khusus dan detail seperti alamat dan nomor telfon akan dimuat pada knowledge panel di laman pencarian.  

Dalam hal ini sangat perlu untuk meningkatkan SEO lokal khususnya untuk website bisnis. Langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan?

  • Cantumkan alamat fisik dengan jelas dan detail. Hal ini dikarenakan jumlah search untuk kata kunci “dekat saya” atau “terdekat” mengalami peningkatan.
  • Buat akun Google My Business karena akan sangat berpengaruh pada keberadaan bisnis online yang Anda miliki di Google Maps. Tuliskan alamat secara akurat dan lengkap serta tambahkan video, tanggal pembukaan bisnis, atau kategori untuk membantu meningkatkan visibilitas.
  • Tuliskan deskripsi bisnis dengan jelas melalui beberapa fitur yang dapat diterapkan pada listing Google My Business. Buat konten yang unik, menarik, dan memikat yang mencakup semua informasi yang mungkin diperlukan oleh pelanggan pada profil GMB.
  • Pastikan NAP (Nama, Alamat, Nomor Telepon) bisnis konsisten dan muncul sama persis di seluruh website, profil media sosial, maupun daftar direktori.
  • Buat halaman website terpisah untuk masing-masing produk atau layanan yang berbeda untuk mengoptimalkan kata kunci pada setiap halaman.
  • Tambahkan kata kuci pada URL website untuk mencapai target audiens yang sesuai dengan website bisnis.
  • Cantumkan Google Maps pada website di halaman “hubungi kami/kontak kami”. Teknik ini mampu meningkatkan nilai SEO dengan memberikan visibilitas yang lengkap tentang bisnis yang dijalankan untuk Google.
  • Brand Building dan Link Building

Pengertian brand building adalah upaya yang dilakukan untuk membangun merek atau brand awareness di mata konsumen. Ingin diingat sebagai apa brand yang Anda buat adalah salah satu tujuan dari brand building ini. Jika konsumen sudah terikat pada suatu brand maka peluang untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar.

Sedangkan pengertian link building adalah metode untuk mendapatkan backlink dari satu website ke website lainnya. Adanya backlink ini akan mendorong meningkatnya traffic sehingga produk dari suatu brand dapat lebih mudah dikenal. Dengan menerapkan linking pada konten SEO website Anda, maka website akan lebih berpeluang untuk berada di halaman pertama.

  • Fokus pada Visibilitas

Jenis konten yang sangat relevan dengan tren SEO yang fokus pada visibilitas adalah konten-konten yang bisa menghasilkan informasi tanpa klik. Istilah ini dikenal dengan zero-click searches di mana pengguna bisa mendapatkan informasi saat menjalankan Google tanpa mengklik salah satu link yang ada di halaman pencarian.

Anda bisa mengoptimalkan FAQ, How To, listacle, cuplikan, penargetan gambar, atau penampilan skema pada website Anda untuk mengoptimalkan visibilitas. Karena cara ini cenderung lebih memudahkan pengguna dalam efisiensi waktu saat mencari informasi yang mereka butuhkan.

  • Programming

Jika ingin optimasi SEO Anda berjalan maksimal, maka usahakan untuk memahami bahasa pemrograman seperti R dan Phyton. Konten SEO yang Anda buat bisa lebih terarah, terstruktur, dan lebih sesuai dengan target audiens jika penguasaan programming Anda bagus.

Berdasarkan penjelasan di atas, optimasi SEO tidak hanya tentang keyword dan LSI keyword yang dicantumkan pada konten artikel. Namun, keduanya tetap penting diperhatikan agar mesin pencari lebih mudah menemukan artikel website Anda berdasarkan kata kunci yang diketik pengguna.

Faktanya, ada banyak faktor baik internal website maupun external website yang sangat berpengaruh terhadap optimasi SEO. Mulai dari konten yang berkualitas, pemahaman tentang programming, tampilan website yang menarik, hingga faktor-faktor lainnya.

Satu indikator saja tidak cukup untuk menerapkan optimasi SEO. Sangat penting untuk memaksimalkan semua indikator trend SEO 2020 tersebut agar website Anda bisa muncul di halaman pertama Google seperti yang diekspektasikan.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

7 pemikiran pada “Seri Panduan Teknik SEO 2020”

  1. Makin ke sini, pemilik blog dituntut agar terus mementingkan konten yang optimal untuk pengguna (user friendly), kita harus mempelajari perilaku pengguna search engine. Kalau struktur penulisannya menarik dan tidak buat bingung pembaca, search engine juga pasti suka dan memberi ranking yang baik untuk blog kita.

    Balas
    • Memang sih kualitas konten harus nomor satu,contohnya saja saya kesini berlama-lama membaca dikarenakan kontennya yang menarik. Oiya mas sebaiknya konten dengan jumlah kata yang banyak sebaiknya ditampilkan satu page atau dipisah menjadi beberapa page?

      Balas
    • Benar Bang. Ini postingan ke 3 yang saya buka dalam 1 kali kunjungan. Bahasanya enak dan menarik. BTW soal SEO. Semua faktor saling berkaitan dalam mendongkrak peringkat ya. Jadi faktor tersebut dapat dikatakan harus sama perhatiannya Bang ya. Tks infonya

      Balas
  2. Jujur jika algoritma fokus pada konten yang lebih panjang, saya sebagai pembca cepat bosa. Apalagi saat ini, orang labih respon pada video. hanya bisa mendengar tanpa membaca.

    Saya pikir masa masa sekarang semua orang udah pada males membaca terutama kayak saya. Lalu jika kita diwajibkan buat konten sepanjang2nya… semakin ke sini semakin bosan. Apalagi baru ngelihat (buka) postingan yang panjang saja sudah bosa.

    Balas
  3. Pembahasan mengenai SEO di web ini menurut saya lengkap banget, dan bila perlu sekalian bocorin cara blogging yang lainnya kaya webnya Mas Irvantaufiq

    Balas

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com