SEO atau Search Engine Optimiazation menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai penulis artikel. Teknik SEO pun semakin berkembang dari tahun ke tahun dan terus upgrade termasuk untuk SEO 2020 yang wajib Anda pelajari untuk meningkatkan kualitas tulisan.

SEO akan sangat diperlukan para pemilik website atau klien yang ingin meningkatkan peringkat dan traffic view ke situs website miliknya. Meningkatnya traffic view akan berdampak pula pada penghasilan yang nantinya akan diperoleh pemilik website tersebut.

Tak heran jika para klien yang memesan artikel biasanya akan meminta artikel yang SEO friendly demi keperluan website-nya. Sehingga teknik menguasai SEO menjadi salah satu persyaratan khusus yang biasanya diminta oleh situs-situs freelancer maupun agen jasa penulis artikel.

Teknik SEO mungkin terdengar asing terutama bagi para pemula yang baru terjun di dunia kepenulisan artikel. Namun, teknik ini juga menjadi andalan bagi para ahli di bidang ini untuk meningkatkan kemampuan dan rating menulisnya.

Jika Anda ingin meningkatkan karir di bidang penulisan artikel dengan fee yang lebih tinggi, maka pelajarilah teknik SEO. Dengan mempelajari teknik SEO Anda akan dengan mudah membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly.

Pengertian SEO

Pengertian SEO 2020

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses dalam menulis yang bertujuan untuk mengoptimasi halaman website pada mesin pencari. Sehingga konten artikel website akan menduduki peringkat halaman pertama Google atau search engine lain saat pencari informasi menulis kata kuncinya.

Suatu konten atau website bisa menduduki peringkat halaman pertama search engine karena memiliki teknik optimasi saat menulis artikel konten. Hal ini juga dipengaruhi oleh traffic view dan jumlah pengunjung website yang terus naik.

Mesin pencari secara otomatis akan menampilkan situs yang paling banyak dikunjungi sesuai dengan kata kunci yang dicari pengguna internet. Semakin tinggi traffic view, maka akan semakin tinggi peluang untuk masuk ke dalam rank halaman pertama Google.

Tingginya traffic view merupakan salah satu hal yang dicari para pemilik website karena akan berpengaruh pada pendapatan mereka. Ketika suatu website mengalami kenaikan traffic, pemilik website akan mendapat keuntungan melalui beberapa hal tergantung dari jenis website yang dibuat.

Jika website yang dibuat untuk e-commerce atau bisnis, tingginya jumlah pengunjung akan membuat peluang meningkatnya jumlah pembeli pun semakin tinggi. Prinsipnya adalah berawal dari view profil produk beralih ke view invoice atau pembelian.

Selain itu, terdapat pula jenis website yang dibuat dengan tujuan memberi informasi baik tentang tempat wisata, tips dan trik, kesehatan, dan topik lainnya. Jika traffic view tinggi dan website tersebut sudah di-monetize, maka tidak menutup kemungkinan pundi-pundi uang dari adsense pun semakin tinggi.

Itulah mengapa teknik SEO sangat diperlukan agar setiap kata kunci yang berkaitan dengan konten suatu website dapat mudah dibaca mesin pencari. Tentu ini tidak terlepas dari strategi dan trik yang berkaitan dengan kata kunci atau keyword yang harus dituangkan dalam sebuah artikel.

Sistem Pencarian Google

Alogaritma Google

Sebelum mempelajari bagaimana cara menulis artikel dengan teknik SEO, ada baiknya memahami terlebih dahulu bagaimana sistem pencarian Google. Bagaimanapun juga Google merupakan search engine terbesar yang paling banyak digunakan para pencari informasi di intenet.

Berikut ini beberapa alat yang digunakan Google untuk menentukan situs mana saja yang layak masuk peringkat halaman pertama, di antaranya:

1. RankBrain

Sistem RankBrain diperbarui oleh Google dengan melakukan pencarian secara acak di waktu yang tidak menentu. Tujuannya agar tidak banyak yang mengetahui algoritma Google. Google dapat menentukan link mana saja yang layak masuk peringkat halaman pertama Google dengan alat RankBrain ini.

Algoritma RankBrain sendiri sudah digunakan sejak tahun 2016 dan merupakan jenis algoritma yang bisa terus berubah. Hal ini dikarenakan sistem RankBrain memiliki fungsi AI atau artificial intelligence.

Sistem ini membuat Google dapat memperkirakan apa yang sebenarnya dibutuhkan pencari informasi. Meskipun pencari informasi tersebut tidak menggunakan kata kunci yang tepat saat melakukan pencarian di Google. Baik dikarenakan typo maupun susunan kalimat yang salah.

Misalnya jika Anda menuliskan kata kunci “perdagangan bebas”, maka yang akan muncul di halaman pertama adalah “pengertian perdagangan bebas”. Google sudah mengetahui bahwa yang Anda butuhkan adalah pengertian perdagangan bebas meskipun kata “pengertian” tidak ditulis pada kata kunci.

Rankbrain Alogaritma Google

Terdapat dua hal yang menjadi fokus dari RankBrain, yaitu sebagai berikut:

2. Dwell Time

Dwell Time merupakan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh seorang pengunjung untuk menghabiskan membaca suatu halaman website. Agar bisa masuk ke 10 besar hasil pencarian Google, maka rata-rata waktu yang bagus adalah kurang lebih 3 menit 10 detik.

Analoginya, saat seseorang menghabiskan banyak waktu pada suatu halaman website artinya seseorang tersebut menyukai konten di dalamnya. Jika semakin banyak orang yang melakukan hal yang serupa maka secara otomatis Google akan menaikkan peringkat halaman website tersebut.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menaikkan peringkat halaman melalui Dwell Time adalah sebagai berikut:

  • Pastikan halaman website ditampilkan dengan cepat alias loading-nya cepat agar pengunjung tidak segera keluar dari halaman tersebut.
  • Buat konten yang menarik dan berkualitas, gaya bahasa tidak bertele-tele, dan mudah dipahami.
  • Traffic View

Traffic view adalah jumlah pengunjung yang melihat dan mengklik suatu link website. Setiap pengunjung yang mengklik link website tertentu akan membuat Google membaca performa website tersebut.

Jika semakin banyak persentase pengunjung yang mengklik link tersebut maka akan semakin mudah website tersebut ditemukan di halaman pencarian. Sehingga secara otomatis halaman website tersebut akan cepat masuk ke peringkat atas halaman pencarian Google.

  • CTR (Click-Through-Rate)

Seperti namanya, CTR berkaitan erat dengan berapa persen jumlah pengguna yang mengklik link website di halaman pencarian. Semakin banyak link yang diklik pada suatu website maka akan semakin tinggi peluang naik di rank halaman pertama Google.

Sehingga website tersebut bisa naik peringkatnya ke halaman pertama search engine. Contohnya jika Anda mengetik kata kunci “furniture murah”, maka akan muncul tiga jenis hasil telusur, di antaranya sebagai berikut:

  • Kolom yang disponsori Google
Kolom Penelusuran Google
  • Kolom iklan yang berbayar
Seri Panduan Teknik SEO 2020 1
  • Kolom yang berdasarkan lokasi
Iklan Adwords

Selain itu, terdapat beberapa jenis kolom yang lebih menarik untuk diklik seperti kolom Answer Boxes, carousel, iklan, dan People also ask. Namun, jenis website yang berisi konten informasi juga bisa meningkatkan peluang CTR dengan tips sebagai berikut:

  • Buat judul konten yang menarik untuk diklik seperti dengan menyertakan angka karena pada dasarnya pembaca lebih menyukai sesuatu yang ringkas. Pada umumnya, presentase CTR dapat naik dengan judul yang memuat daftar atau listacle.
  • Gunakan kata-kata yang sifatnya dapat memancing emosi atau emotional hook dengan menggunakan kata sifat. Contoh: jitu, sukses, ampuh, dan lain sebagainya.
  • Buat link unggahan yang bersifat deskriptif dan informatif serta relevan dengan judul konten.

Tips Optimasi SEO

Tips Optimasi SEO

Sebagai seorang penulis artikel SEO tentu harus memahami bagaimana mengoptimasi setiap konten yang dibuat untuk mendapat rank di Google. Mengingat bahwa Google memiliki banyak cara dan sistem pencarian, maka panduan untuk optimasi SEO pun beragam.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi SEO, di antaranya:

Mobile-first Index dari Google

Sejak November 2016, Google beralih fokus ke mobile-first index di mana Google akan mempertimbangkan tampilan website saat diakses secara mobile. Hal ini dikarenakan penelusuran yang dilakukan dari smartphone ternyata semakin meningkat seiring bertambahnya pengguna smartphone.

Sehingga jika Anda ingin meningkatkan optimasi SEO, maka bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Buat konten yang konsisten baik di desktop maupun smartphone dan tampilkan 100% dari konten website di kedua versi tersebut. Sebisa mungkin usahakan untuk tidak menyediakan tombol “Click to read more” atau “More”.
  • Migrasikan m-dot domain versi mobile dari website menjadi desain yang lebih responsif karena saat ini Google sudah memiliki indeks desktop pertama.
  • Buat website yang mobile-friendly yang dapat bekerja baik di tablet maupun smartphone.
  • Munculkan tampilan website secara maksimal sesuai ukuran layar smartphone yang digunakan tanpa loading lama. Jika Anda ingin mengetahui apakah website sudah mobile-friendly atau belum maka bisa menggunakan tool pengujian mobile-friendly test dari Google.
  • Domain dan web hosting berbayar bisa sangat dipertimbangkan untuk meningkatkan pengaturan kode CMS. Hal ini dikarenakan pengaturan kode CMS atau Content Management System pada akun gratis cenderung masih sangat terbatas.
  • Lakukan pengaturan awal pada situs web agar website memiliki desain yang menarik. Pengaturannya mencakup page titles, meta tag, meta keywords, penggunaan H1 untuk judul, H2 untuk subheading, tautan ke home page, laman privacy policy, kontak, dan akses ke news page.
  • Pahami struktur situs website dengan baik.
Mobile-first Index dari Google
Mobile-Friendly Test

Konten Komprehensif

Google akan mempertimbangkan kata kunci atau keyword yang dicantumkan pada beberapa bagian dalam konten artikel yang ditulis. Berikut ini tips untuk membuat konten yang SEO friendly, di antaranya:

  • Perhatikan kualitas konten yang Anda buat untuk menentukan apakah akan ditampilkan pada halaman hasil penelusuran Google atau tidak.
  • Tulis artikel dengan pembahasan yang mendalam atau in-depth karena artikel dengan jumlah kata lebih dari 2000 biasanya masuk dalam peringkat 10 besar. Selain itu artikel dengan jumlah 500 – 800 kata juga cenderung banyak dicari karena lebih mudah dicerna.
  • Tambahkan Latent Semantic Indexing keyword atau LSI keyword berupa kata atau frasa yang berkaitan dengan keyword utama. Contohnya keyword tentang Candi Ijo maka LSI keyword-nya bisa berupa kata tiket masuk Candi Ijo, lokasi Candi Ijo, dan lain sebagainya.
  • Buat artikel yang dapat membantu pembaca untuk menyelesaikan satu tugas spesifik dan fokuslah pada pembahasan agar tidak bertele-tele.
  • Buat tulisan yang jelas, konkrit, valid, informatif, relevan, unik, dan bisa dipercaya agar pembaca betah saat membaca.
  • Pahami PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) dengan baik dan benar agar artikel bebas dari kesalahan ejaan.
  • Cari sumber yang terpercaya sebagai referensi dan pastikan sumber yang ada sudah fact-checked.
Konten Komprehensif

Optimasi Keyword dan LSI Keyword

Konten yang SEO friendly haruslah mengandung keyword utama dan LSI keyword. Konten yang mengandung LSI keyword yang relevan akan terdeteksi dengan mudah oleh RankBrain.

Ketika suatu konten dianggap komprehensif oleh Google maka konten tersebut akan menjadi kandidat yang tepat untuk menduduki tampilan halaman utama. Cara untuk melakukan optimasi keyword dan LSI keyword pun cukup mudah, yaitu:

  • Cantumkan kata kunci atau keyword pada URL, image ALT text, meta keywords, dan description tag
  • Cantumkan keyword atau kata kunci pada title tag dan utamakan letakkan di bagian awal. Jangan buat judul terlalu panjang dan idealnya maksimal 60 huruf.
  • Cantumkan keyword di subheading atau H2 dan tambahkan kata-kata yang relevan agar membentuk kalimat yang utuh. Contoh, kata kunci “membuat pizza” bisa dibuat menjadi kalimat “Cara Membuat Pizza dengan Mudah”.
  • Tulis keyword utama pada paragraf awal dan paragraf akhir artikel.
  • Gunakan kata kunci utama sebagai anchor text untuk meletakkan backlink.
  • Jangan terlalu banyak menuliskan keyword utama dan LSI keyword agar tidak terdeteksi spam.
  • Posisikan diri Anda sebagai pembaca sehingga bisa menentukan keyword dan LSI keyword yang memang dibutuhkan audiens.
  • Gunakan frasa untuk LSI keyword dengan melihat pencarian terkait yang muncul di bawah hasil pencarian. Bisa juga melalui kata kunci lain yang muncul ketika suatu kata kunci ditulis. Gunakan kata atau frasa yang natural dan jangan terlalu dipaksakan jika kalimat yang dibentuk malah tidak nyambung.
2020 Konten
SEO 2020 Artikel

Buat Konten Video

Buat Konten Video

Konten video menjadi salah satu konten yang banyak diakses pengguna internet di masa sekarang. Hasil laporan content marketing HubSpot menunjukkan bahwa total 43% dari pengguna internet melakukan penelusuran terkait konten berupa video.

Bahkan hal ini juga telah diramalkan oleh Cisco bahwa video iklan akan menjadi 80% sumber traffic di internet pada tahun 2021 mendatang. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menaikkan traffic view menggunakan konten video, di antaranya:

  • Manfaatkan rating YouTube dengan sering-sering membangun link ke video-video yang sudah ada di YouTube terutama yang trending.
  • Buat Object Link dan embedding video ke halaman artikel pada website agar pengunjung tertarik untuk menonton video melalui website tersebut. Hal ini dapat membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama saat mengunjungi halaman suatu website.

Dengan cara tersebut, Dwell Time pada RankBrain pun akan meningkat dan angka bounce-rate pada website dapat dikurangi. Peluang untuk naik ke peringkat atas halaman pertama Google pun semakin tinggi.

Buat Konten dengan Link Berkualitas

Buat Konten dengan Link Berkualitas

Konten dengan link berkualitas disebut juga sebagai link building yang dapat menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya. Domain Authority atau DA pada website dapat ditingkatkan dengan menggunakan cara ini.

DA atau otoritas domain ini dapat membuat mesin pencari bisa menilai reputasi suatu website. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membuat konten dengan link yang berkualitas, di antaranya:

  • Pastikan lakukan link building pada link yang berkualitas yang memiliki reputasi yang bagus agar nilai DA bisa didongkrak oleh website tersebut.
  • Jangan gunakan click-bait agar pengunjung website tidak segera meninggalkan halaman pada website. Hal ini juga dapat mengakibatkan pengunjung kecewa dan mem-blacklist website tersebut. 
  • Gunakan variasi tautan seperti kata-kata “klik di sini”, “baca selengkapnya di”, “judul postingan”, “artikel berikut”, atau naked link (alamat situs web langsung).
  • Gunakan fitur CTA (Call to Action) yang menarik dengan langkah-langkah yang jelas sehingga pengunjung bisa diarahkan kepada apa yang diinginkan.

Jika Anda melakukan tips-tips di atas dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan peringkat situs website akan naik dalam waktu yang tidak lama. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa optimasi SEO merupakan cara yang organik sehingga cenderung lambat dan tidak langsung tampak.

Konten dan SEO merupakan dua hal yang saling berkaitan. Jika optimasi SEO bagus tapi konten tidak menarik dan tidak berkualitas maka akan sulit untuk menaikkan peringkatnya di halaman pencarian. Sehingga baik konten maupun SEO keduanya harus dioptimalkan bersama.

Baca juga:

SEO selalu berubah mengikuti algoritma dari Google sehingga Anda harus siap dengan segala pembaruan termasuk untuk SEO 2020. Agar hasilnya optimal, jangan pernah ragu untuk memulai optimasi SEO dari sekarang dan lihat hasilnya setelah semua tips optimasi di atas dilakukan.

Tinggalkan komentar