5 Peran NLP Untuk Optimalkan Digital Marketing

Beberapa dekade lalu, jika seseorang berpikir bahwa robot bisa memahami ucapan dan teks manusia, hal itu hanya khalayan belaka.

Anda mungkin berpikir bahwa hal ini fiktif dan hanya bisa ditemukan pada buku buku fiksi saja.

Namun, kini hal tersebut bukanlah fiksi belaka. NLP (Natural Language Processing) merupakan sebuah konsep komputer yang dapat memahami teks dan ucapan manusia.

Bagaimana cara kerja konsep ini? Apa keuntungannya bagi dunia pemasaran digital? Artikel ini akan membantu Anda menemukan jawabannya

Berkenalan Dengan NLP 

Jika NLP terdengar seperti konsep yang baru bagi Anda, hal itu wajar. NLP sendiri berada dalam kategori Artifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Namun, ternyata memahami NLP tidak terlalu sulit.

Apa itu NLP?

NLP termasuk dalam kelompok teknologi AI yang mencakup pembelajaran mesin, pengenalan gambar dan sebagainya.

Konsep ini juga mampu membaca, menerjemahkan dan meringkas teks baik dalam bentuk visual atau audio dan mencari tahu artinya.

Kelebihan dari NLP ialah mampu memahami bahasa manusia seperti kesalahan ejaan, istilah gaul dan sebagainya. Hal ini memungkinkan mesin untuk mengetahui maksud dari users dan melakukan tugas sebaik mungkin.

Dengan adanya NLP, komputer dapat memahami bahasa manusia. NLP menggunakan sintaks dan semantik dalam membantu komputer dan sistem berpikir layaknya manusia.

Apakah Anda pernah berpikir bagaimana Google bisa memahami maksud dari kata kunci yang typo dan menggunakan istilah gaul? Google pun tetap bisa memberikan hasil yang akurat meskipun istilah penelusuran seringkali tidak lengkap.

Disinilah NLP bekerja untuk memberikan pengalaman terbaik bagi users. Google dapat mengidentifikasi konteks yang dimaksud dan memberikan hasil yang terbaik bagi pengguna.

Bagi para pelaku pemasaran digital, Anda bisa memanfaatkan NLP dalam iklan untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat menjangkau audiens yang tepat.

Seiring dengan berjalannya waktu, NLP telah merevolusi pemasaran digital dalam banyak hal. Sehingga Anda dapat mengidentifikasi berbagai kemungkinan untuk menggunakan teknologi ini untuk keuntungan bisnis.

Bagaimana Cara Menggunakan NLP Dalam Digital Marketing

Pemasar biasanya akan membuat konten dan mengoptimalkannya terutama untuk mesin pencari Google. Selama Anda memasukan kata kunci target yang tepat, maka konten akan memiliki indeks yang lebih baik.

Seiring dengan berjalannya waktu, Google melakukan perubahan algoritma dan melakukan pembaruan. Google akan memastikan bahwa situs web hanya menerbitkan konten yang relevan bagi pengguna.

Lalu, bagaimana cara NLP membantu pemasaran digital menjadi lebih efektif?

Natural Language Processing akan memudahkan Anda memproses banyak data bahasa yang dikumpulkan dari Google, kunjungan situs web hingga media sosial.

Kemudian berbagai informasi tersebut digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran pada berbagai platform yang Anda gunakan.

Peran NLP 

Berikut ini ialah peran NLP yang dapat meningkatkan kualitas dan level pemasaran digital

Meningkatkan Prospek Pengunjung

Saat ini Google menjadi andalan banyak orang untuk mencari informasi berbagai informasi. Setidaknya 5.8 miliar pencarian terjadi setiap harinya, hal ini tentu menguntungkan bagi pelaku pemasaran digital.

Ketika mencari informasi di Google, pengguna menginginkan jawaban yang cepat.

Dengan adanya NLP, Anda bisa menggunakan bot untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat. Anda juga bisa mengumpulkan informasi tentang orang orang yang mengunjungi situs Anda.

Penggunaan bot mampu mengidentifikasi apakah pengujung siap membeli produk Anda dan memprospek mereka untuk melakukan tindakan pembelian.

Analisis Sentimen

Dalam melakukan pemasaran digital, Anda perlu melakukan pengukuran untuk mengetahui seberapa baik iklan yang ditayangkan.

Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk memastikan strategi pemasaran yang dipilih memberikan keuntungan yang maksimal bagi bisnis.

Penggunaan NLP selanjutnya ialah untuk mengukur sentimen terhadap merek Anda. Dengan NLP, Anda bisa mengetahui bagaimana konten yang baik dan mampu mendapatkan respon yang postif dari audiens.

Sehingga untuk kedepannya, Anda bisa memiliki ukuran yang jelas terhadap pembuatan konten.

Teknologi NLP ini ibarat alat pendengar sosial yang memungkinkan Anda menemukan petunjuk terkait bahasa positif, negatif atau netral.

Anda bisa mengetahui bagaimana perasaan orang tentang produk dan merk. Kemudian Anda perlu mencari cara bagaimana mempertahankan persepsi baik dan memperbaiki persepsi buruk.

Meraih Audiens

Di era digital saat ini, data konsumen dapat Anda manfaatkan untuk menerapkan banyak strategi pemasaran. Teknologi saat ini tidak hanya menyimpan data tulisan saja namun juga data suara serta ucapan.

Siri, adalah asisten virtual yang mampu memahami ucapan manusia. Belakangan ini jumlah penjualan produk ini semakin meningkat saja setiap waktunya.

NLP juga memiliki kemampuan penelusuran suara yang bisa membantu Anda untuk menargetkan pasar.

Dimana NLP mampu mengambil kata kunci tertentu dari audio, kemudian Anda bisa mengidentfikasi konten dan iklan mana yang sesuai dengan target pasar.

Peringkat SEO

Apakah semua orang mencari informasi tertentu dengan kata kunci yang sama? Tentu tidak, semua orang memiliki preferensi sendiri mengenai kata kunci yang ingin mereka cari.

Misalkan ketika ingin mengubah profil instagram, dua orang bisa saja memasukan kata kunci yang berbeda.

“Langkah mengubah profil instagram” “Bagaimana cara mengubah profil instagram”

Kedua kata kunci tersebut berbeda, namun menanyakan hal yang sama.

Sebagai pemilik website, Anda perlu mengkombinasikan kata kunci yang tepat sehingga Google bisa paham bahwa konten website merupakan jawaban yang dibutuhkan pengguna.

Dengan menggunakan teknologi NLP, Anda bisa mengidentifikasi berbagai variasi kata kunci yang relevan. Hal ini bisa membantu Anda mengoptimalkan konten sehingga bisa berada pada halaman pertama Google.

Pembuatan Konten

Dalam melakukan pemasaran digital, pembuatan konten yang berkualitas perlu dipertimbangkan agar lalu lintas website menjadi lebih tinggi.

Selain pembuatan konten, Anda juga perlu melakukan evaluasi konten dan memperhatikan kompetitor. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa konten Anda lebih baik dibandingkan kompetitor lainnya.

NLP dapat membantu Anda dalam pembuatan konten, dimana Anda bisa melihat apakah konten sudah cukup atau masih terdapat kekurangan.

Anda juga bisa memanfaatkan NLP untuk mencari tahu apa yang menjadi topik terhangat pada industri. Kemudian Anda bisa membuat konten yang relevan dengan kondisi sekarang.

Setiap pemasar yang baik tahu bahwa kata kata memiliki kekuatan untuk membangun emosi, perilaku, ide dan tindakan orang orang.

Sebagai sebuah teknologi, NLP memungkinkan Anda untuk mengoptimasikan upaya pemasaran konten secara efisien. Caranya ialah dengan melalui sentuhan yang personal dan memahami manusia.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan komentar

1 × 2 =

Hubungi Kami

Dapatkan penawaran harga, layanan, atau pertanyaan teknis pemesanan dengan mengajukan formulir ini, kami akan membalas maksimal 1×24 jam pada jam kerja.
Minimal belanja Rp2.000.000.

Order Instan Via Website, Dapatkan Cashback 100 Ribu*......

ciri-ciri artikel ilmiah

Paket Artikel

Mulai Rp427.500,-

Berisi 30 artikel yang didesain dan dioptimalkan untuk mesin pencari Google (SEO Friendly). Tingkatkan trafik organik & kepercayan user dengan rutin update konten diblog Anda.

Custom Artikel

Mulai Rp27.000,-

Buat konten dengan instruksi khusus untuk konten blog narasi & tutorial, copywriting landing page, deskripsi produk, penerjemah, press release dan lainnya.

FAQ

Pertanyaan yang sering diajukan, klik untuk mendapatkan jawabannya.

Operasional

Senin - jumat 08:00 - 20:00