Anggaran SEO pertahun sampai berapa? Konsultasi SEO gratis dengan praktisi SEO UMKM & Corporate 👉 Hubungi Kami

Berapa Gaji Penulis Artikel? Ini Data dan Jenjang Karirnya

Apakah jadi content writer menjanjikan? Berapa gaji penulis artikel sebenarnya?
header gaji penulis artikel

Berapa gaji penulis artikel?

Pertanyaan ini biasa terlintas di pikiran pemula yang ingin berkarir di dunia kepenulisan. Seringkali, jawaban untuk ini bersifat subjektif sesuai dengan pengalaman penulis.

Untuk menjawabnya secara obyektif, kami menganalisis data lebih dari 100 lowongan penulis artikel pada lebih dari 10 website lowongan kerja dan agensi penulis.

Artikel ini akan mengulas tentang:

  • Berapa gaji content writer atau penulis artikel?
  • Jenjang karir sebagai penulis konten
  • Kualifikasi yang dibutuhkan pada jenjang tersebut.

Gaji Penulis Artikel Inhouse

Penulis artikel inhouse adalah penulis konten profesional yang bekerja secara full time pada sebuah perusahaan tertentu (di luar agensi penulis). Biasanya penulis ini masuk ke dalam bagian dari divisi pemasaran atau digital marketing.

Jenis perusahaannya bermacam-macam, dari mulai di bidang fashion, otomotif, makanan, perdagangan, dan sebagainya.

lowongan kerja penulis artikel indonesia

Karena fokus utama perusahaannya bukan di bidang penulisan, jenjang

karir biasanya relatif terbatas, hanya terdiri dari junior content writer dan senior/lead content writer.

Selain itu, syarat kualifikasinya juga cukup banyak. Tak hanya harus memiliki kemampuan menulis dan editing, Anda juga dituntut untuk menguasai:

  • teknik penulisan SEO dan tools (Google Analytic, riset keyword)
  • penggunaan dan optimasi media sosial
  • skil desain dasar dan aplikasinya (Canva, PicsArt, Photoshop, dan lainnya)
  • bahasa Inggris
  • public speaking dan komunikasi dengan departemen lain

Walau demikian, kisaran gaji untuk penulis inhouse cukup besar, minimal di atas UMR dan menyesuaikan dengan ukuran perusahaan. 

Contoh: gaji content writer di Jakarta berkisar antar Rp4-6 juta untuk penulis junior dan Rp6-8 juta untuk penulis senior.

gaji penulis artikel inhouse di Jakarta 1

Sementara itu, gaji content writer di Bandung, Semarang, dan Jogjakarta sedikit lebih rendah, yaitu di kisaran Rp1,8-7 juta.

gaji content writer di Indonesia 1

Gaji Penulis Artikel Agensi

Penulis artikel agensi adalah content writer yang bekerja pada suatu agensi kepenulisan. Agensi ini biasanya mendapatkan proyek dari klien dan meneruskannya ke penulis.

Sebuah agensi penulis biasanya memiliki struktur tersendiri untuk menangani klien, riset, dan manajemen konten. Jadi, penulis hanya fokus menghasilkan artikel sesuai petunjuk agensi dan selaras dengan permintaan klien.

contoh brief

Gaji content writer di agensi biasanya bersifat komisi, alias dibayar sesuai dengan jumlah konten yang diselesaikan. Komisi penulis artikel di agensi berkisar antara paling murah Rp1.250 per 100 kata, hingga di atas Rp20.000 per 100 kata.

Agensi penulis biasanya tidak mempublikasikan rate komisinya. Anda baru bisa mengetahuinya setelah mendaftar ke agensi tersebut.

Untuk memperkirakan berapa rate fee penulis artikel yang bisa Anda dapatkan jika bergabung di agensi tersebut, Anda dapat melihat harga jasa yang mereka tawarkan. Komisi untuk penulis biasanya di kisaran 40-60% dari harga tersebut.

rate fee penulis artikel

Anggap rate pertengahan Rp5000/100 kata, setiap hari dapat menyelesaikan 2000 kata dan libur 4 hari (minggu). Maka, gaji penulis artikel di agensi dapat mencapai Rp100.000 x 26 hari = Rp2.600.000.

Selain menggunakan rate per kata, ada juga agensi yang menawarkan komisi per proyek atau per paket pengerjaan.

Dalam agensi juga dikenal jenjang karir. Penulis yang baru bergabung biasanya memerlukan pelatihan untuk menyesuaikan dengan standar penulisan agensi.

Semakin tinggi kualitas tulisan, semakin besar rate komisi yang bisa Anda dapatkan sebagai penulis. Selain itu, Anda juga bisa melebarkan sayap tak hanya di penulisan saja, tapi juga ke bagian editing, riset, dan manajemen konten.

jenjang karir penulis artikel

Gaji Penulis Artikel Freelance

Freelance content writer atau penulis artikel freelance adalah penulis konten profesional yang tidak terikat dengan perusahaan atau agensi manapun dalam jangka panjang. 

Penulis ini biasanya mendapatkan klien secara langsung melalui media sosial atau marketplace jasa dan terlibat proyek jangka pendek (di bawah 6 bulan).

karir penulis artikel freelance 1

Seperti penulis agensi, penulis freelance biasanya menggunakan sistem komisi dengan rate per proyek atau per 100 kata.

Pekerjaan freelance mengharuskan Anda aktif mencari klien. Seringkali jika Anda mencari klien di marketplace jasa, Anda perlu bersaing dengan banyak freelance lainnya sehingga harga jasa penulis pun jadi rendah.

Gaji Penulis Artikel Internasional

Untuk mendapatkan rate harga yang lebih tinggi, tidak sedikit penulis Indonesia yang bergabung di agensi penulisan luar negeri atau mencari klien asing. Tentunya Anda membutuhkan skill bahasa Inggris aktif dan pasif.

rate content writer internasional di get craft

Gaji penulis artikel luar negeri berkisar dari paling rendah $0,008/kata hingga di atas $0,2/kata. Rate rendah biasanya dengan klien yang berasal dari wilayah Asia dan Afrika. Sedangkan rate tinggi yaitu dengan klien yang berasal dari Eropa dan Amerika Utara.

rate penulis english

Analisis data dari Getcraft menunjukkan fee penulis artikel freelance Indonesia paling banyak di angka Rp250.001-500.000 per proyek. [1]

gaji penulis artikel freelance

Namun, hal itu tidak berarti bahwa setiap hari dalam sebulan penuh akan ada proyek. Yang pasti, Anda mendapatkan rate komisi yang lebih baik daripada ketika menulis untuk klien Indonesia.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa:

  1. Gaji penulis artikel di Indonesia bervariasi dari terendah per 100 kata Rp1.250, hingga di atas Rp8 juta per bulan
  2. Jenjang karir penulis konten secara vertikal mulai dari intern (magang), penulis junior, dan penulis senior. Secara horizontal, content writer dapat mengembangkan diri menjadi editor, riset keyword, dan manajer konten.
  3. Kualifikasi content writer termasuk kemampuan menulis, basic design, penulisan SEO, bahasa Inggris (minimal pasif), optimasi media sosial, dan public speaking,

Setelah mengetahui berapa gaji penulis artikel, apakah Anda tertarik menjadi seorang content writer? Atau justru ingin berkarir di bidang yang lain? Jika masih tertarik, silakan ikuti blog ini untuk mendapatkan inspirasi dan tips penulisan lainnya.

Terimakasih sudah membaca konten kami

Saungwriter adalah agency jasa penulisan artikel untuk konten website sekaligus menyediakan layanan SEO expert untuk pengembangan bisnis di dunia Digital. Hubungi kami untuk konsultasi layanan di 0813-3283-8649

Artikel Lainnya

Tinggalkan komentar

Isi Konten

Selamat Datang

Hubungi kami melalui kontak bantuan whatsapp dibawah.

Fast Respon

Bantuan Loker Penulis

Jam Operasional

Terimakasih Atas Kunjungannya...