Blog

Cara Membuat Artikel

Menulis bisa jadi merupakan hal yang sangat mudah, terutama untuk Anda yang sudah terbiasa menulis. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa dengan...

Written by Saung Writer · 6 min read >
Membuat Konten Berkualitas

Menulis bisa jadi merupakan hal yang sangat mudah, terutama untuk Anda yang sudah terbiasa menulis. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa dengan membuat tulisan yang menarik, terutama tulisan-tulisan untuk website. Anda harus paham bagaimana cara membuat artikel untuk website.

Karakter pembaca buku dengan pembaca website sangat berbeda. Misalnya begini, saat Anda membaca novel, Anda tentu akan membaca kata per kata, memahami dengan betul apa yang tertulis dalam novel supaya bisa memahami jalan cerita. Namun, ketika membaca artikel website, Anda tak membacanya per kata, melainkan skimming untuk bisa langsung menemukan informasi yang dibutuhkan.

Mengapa demikian? Karena sama seperti kita, tujuan utama orang-orang melakukan pencarian di internet adalah supaya bisa menemukan informasi dengan cepat. Jadi, tak perlu membaca sampai detail.

Ini berarti bisa disimpulkan bahwa artikel-artikel di website pada umumnya terdiri dari dua jenis: informatif atau panduan. Informatif berisi informasi baru atau berita dan panduan berisi cara-cara, sama seperti yang sedang Anda baca saat ini.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Disukai Google & Friendly?

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Setelah memahami karakter umum pembaca web, sekarang kita bisa lanjut ke pembahasan utama, yaitu cara membuat artikel. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. SEO (Search Engine Optimization)

Karena Anda akan menulis untuk website, setidaknya Anda harus memahami apa itu SEO. Seperti namanya, kita bisa mendefinisikan SEO sebagai pengoptimalan mesin pencari agar web yang Anda kelola bisa mendapat ranking 1 di halaman mesin pencari. Kalau web kita bisa muncul di halaman pertama, tentu sangat menguntungkan bukan?

Sayangnya, untuk kita yang masih pemula, konsep SEO ini cukup susah. Umumnya, teknik SEO ini mengharuskan Anda untuk membuat artikel dengan keyword density hingga sekian persen, penggunaan bold, italic, atau underline untuk tiap keyword, dan banyak peraturan lainnya. Namun, jika kita terlalu straight mengikuti aturan tersebut, kualitas artikel bisa jadi menurun.

Lalu, bagaimana baiknya? Apakah kita bisa menulis tanpa perlu memperhatikan SEO?

Tentu saja tidak. Karena Anda menulis untuk website, setidaknya Anda harus paham tentang konsep SEO. Dengan begitu, Anda bisa tetap membuat artikel yang bagus untuk manusia dan bagus pula untuk mesin pencari.

Berkaitan dengan teknik SEO ini, ada banyak sekali tekniknya. Bahkan, seorang SEO Specialist pun belum tentu menguasai semua teknik tersebut. Satu hal lagi yang perlu Anda tahu, yaitu optimasi mesin pencari selalu berkembang. Jadi, Anda tak boleh straight dengan aturan-aturan tersebut, tetapi tetap cari informasi terkini tentang SEO.

Untuk penulis pemula, cukup gunakan YOAST atau plugin SEO lainnya untuk membantu. Melalui plugin ini, ada indikator yang menunjukkan kualitas artikel dari sisi mesin pencari. Anda tinggal mengikutinya saja jika ingin membuat artikel yang SEO Friendly.

2. Riset itu Penting

Dalam menulis, riset sangat penting. Anda tentu akan kesulitan menulis jika tidak tahu materi yang akan dibahas. Untuk itu, Anda perlu riset. Kumpulkan informasi-informasi terkait topik yang akan Anda bahas, lalu pelajari dengan baik.

Untuk menghasilkan tulisan yang bagus, apa yang perlu diriset?

a. Karakter Pembaca

Cara membuat artikel yang bagus adalah dengan mengetahui karakter pembaca. Siapa pembaca web Anda? Apakah anak muda, orangtua, atau anak-anak? Bagaimana karakter mereka?

Anda harus bisa menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Mengetahui karakter pembaca sangat penting. Berbeda usia, berbeda pula cara kita dalam menyampaikan informasi. Bahasa yang kita gunakan pun akan berbeda. Jadi, sebelum lebih jauh membuat tulisan tertentu, cobalah untuk mencari tahu dulu bagaimana karakter pembaca website Anda.

b. Topik yang akan Dibahas

Setelah mengetahui karakter pembaca, Anda juga bisa sekalian menentukan topik-topik untuk website Anda. Pilihlah topik-topik yang banyak diminati oleh pembaca website Anda.

Setelah itu, kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang topik yang akan dibahas. Anda dituntut untuk membuat artikel yang berkualitas dan terpercaya. Dengan begitu, para pembaca bisa setia mengunjungi website Anda.

Jangan hanya mengejar jumlah kata tertentu. Pembahasan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tak perlu dipanjang-panjangkan demi memenuhi target tulisan. Sebaliknya, jangan memendekkan pembahasan hanya karena Anda sedang malas untuk menulis.

3. Judul yang Menarik, tetapi Bukan Clickbait

Anda tentu kesal juga gak saat mendapati judul-judul yang cuma clickbait? Maka dari itu, jangan melakukan hal yang serupa.

Judul menarik itu penting, tetapi bukan berarti Anda boleh menipu pembaca dengan judul-judul yang sifatnya clickbait. Judul harus bisa mewakili garis besar dari tulisan.

Lalu, bagaimana cara membuat judul yang menarik?

Coba tambahkan nilai plus dalam judul yang Anda buat. Contoh sederhananya begini, Anda ingin membuat artikel tentang aplikasi edit foto, coba perhatikan dua contoh berikut:

  1. Aplikasi Edit Foto Terbaik
  2. 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Ringan untuk Smartphone

Untuk judul yang pertama, tak ada nilai lebih yang ditawarkan oleh penulis. Jadi, kesannya biasa saja. Pembaca mungkin tak tertarik untuk mengeklik artikel tersebut.

Berbeda dengan judul yang kedua, ada tambahan angka “5” dan juga kata “ringan”. Seperti yang kita tahu, aplikasi edit foto biasanya sangat berat. Kalau ada aplikasi yang ringan, tentu pembaca bisa lebih tertarik.

Lalu, hindari juga judul seperti “5 Aplikasi Edit Foto Terbaik, Nomor 3 Wajib Diinstall”. Saya sendiri geli membaca judul-judul dengan tipe seperti ini. Kalau ternyata poin nomor 3 biasa saja, ini sudah termasuk clickbait. Hindari judul-judul seperti ini karena selera orang sangat berbeda-beda. Menurut kita, mungkin poin 3 adalah yang paling fantastis, tetapi mungkin tidak begitu untuk orang lain.

Intinya, saat membuat judul, Anda harus memberikan nilai plus untuk menunjukkan kelebihan artikel. Akan tetapi, jangan gunakan bahasa yang berlebihan karena menarik bukan berarti berlebihan. Cobalah untuk terus berlatih membuat judul yang menarik.

4. Konten Artikel Berkualitas dan Terstruktur

Saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia, Anda tentu sudah diajari cara membuat artikel, bukan? Saatnya mempraktikkan materi yang sudah kita dapat selama bertahun-tahun sekolah.

Cara Membuat Artikel SEO

Untuk membuat artikel yang berkualitas, Anda harus paham tentang materi yang akan ditulis. Itu berarti Anda harus riset materi terlebih dahulu. Pelajari poin-poin penting dari materi yang akan ditulis.

a. Buat Kerangka Artikel

Setelah melakukan serangkaian riset, selanjutnya buat kerangka artikel. Kerangka ini penting untuk menghubungkan isi dari paragraf satu ke paragraf selanjutnya. Kerangka artikel juga bermanfaat untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan topik. Dengan membuat kerangka karangan, pembahasan tidak akan melebar ke mana-mana. Jadi, artikel yang Anda buat akan lebih terstruktur.

Setelah membuat kerangka karangan, Anda bisa mulai mengembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf. Sama seperti yang ada pada pelajaran Bahasa Indonesia. Setiap kalimat di dalam paragraf harus padu. Hubungan antarparagraf juga harus sambung menyambung. Dengan begitu, artikel bisa lebih informatif dan mudah dipahami oleh pembaca.

b. Buat Paragraf Pendek-Pendek

Jika dulu kita sering disarankan untuk membuat paragraf dengan minimal 5 kalimat per paragraf, khusus untuk artikel website, silahkan lupakan aturan tersebut. Ingat, karakter pembaca website berbeda dengan pembaca buku.

Paragraf pendek-pendek ini berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam membaca artikel Anda. Jika paragraf terlalu panjang, pembaca akan lebih kesulitan dalam membaca. Untuk itu, sebaiknya dalam satu paragraf, Anda hanya perlu menggunakan 3 – 4 kalimat saja.

Tak hanya itu, dengan paragraf yang pendek, mata pembaca tidak akan pegal saat membaca artikel Anda. Pembaca juga bisa dengan mudah menemukan poin penting artikel.

c. Gunakan Subheading

Khusus untuk cara membuat artikel website, Anda bisa menggunakan subheading. Subheading ini berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari inti-inti informasi dalam artikel Anda.

Anda bisa menggunakan subheading H2 hingga H6. Subheading ini sama dengan subjudul. Jadi ulasan yang ada di bawahnya harus sesuai dengan subjudulnya. Jangan sampai melenceng.

d. Gunakan Gaya Bahasa sesuai Karakter Pembaca

Anda tadi sudah melakukan riset tentang karakter pembaca. Selanjutnya, saatnya Anda membuat artikel sesuai dengan karakter pembaca Anda. Jika pembaca didominasi orang-orang dewasa, gunakan kata sapaan “Anda”. Sebaliknya, Jika pembaca didominasi kaum muda, Anda bisa menggunakan kata sapaan “Kamu” dengan gaya bahasa yang lebih bebas.

Gaya bahasa ini juga penting untuk diperhatikan. Jika pembaca adalah kaum dewasa, mereka pasti akan merasa tidak nyaman jika gaya bahasa yang digunakan terlalu santai. Sebaliknya, anak-anak muda juga tidak akan nyaman jika membaca website dengan gaya bahasa yang terlalu kaku.

Jika mau bermain aman, Anda bisa menggunakan bahasa semiformal. Gaya bahasa ini cocok untuk semua kalangan. Kata sapaan bisa tetap menggunakan “Anda” yang terkesan lebih sopan, tetapi bahasa pengembangannya lebih santai.

5. Perhatikan Ejaan

Anda mungkin berpikir bahwa ejaan tak terlalu penting karena tidak sedang membuat makalah untuk tugas. Akan tetapi, dalam cara membuat artikel website, ejaan ternyata tetap penting. Jika sebuah artikel menggunakan ejaan yang baik, artikel tersebut bisa lebih terpercaya.

Bingung Membuat Artikel

Jangan salah, meski banyak yang tidak peduli dengan ejaan, tetapi tentu akan ada juga orang-orang yang peduli dengan hal ini. Saya sendiri menjadi orang yang cukup peduli dengan ejaan.

Pembahasan tentang ejaan ini memang sangat panjang dan banyak ya. Jika memang keberatan, Anda tak perlu mengaplikasikan semua aturan ejaan. Anda cukup memperhatikan beberapa ejaan penting berikut.

a. Penulisan Huruf Kapital

Materi ini sudah sangat sering dibahas di sekolah dulu. Akan tetapi, masih banyak juga yang mengabaikannya ketika membuat artikel website.

Jadi begini, huruf kapital ini dipakai untuk huruf awal semua unsur nama dan juga kata sapaan. Jika mau menulis kata “Anda” karena ini kata sapaan, berarti penulisan kata “Anda” akan selalu kapital huruf awalnya, begitupun sapaan-sapaan lainnya.

Huruf kapital pada kata sapaan ini digunakan untuk menghormati pembaca. Jadi, jangan sampai Anda melupakan hal ini ya.

b. Penulisan “di”

Banyak sekali yang salah dalam menuliskan “di”, kapan harus dipisah dan kapan harus digabung. Konsep sederhananya begini, kalau “di” digunakan untuk penunjuk tempat atau posisi, berarti dipisah. Kalau untuk kata kerja pasif, berarti digabung. Contoh:

Penggunaan “di” yang dipisah:

  1. Di rumah
  2. Di dalam
  3. Di taman
  4. Di website
  5. Di antara

Penggunaan “di” yang digabung:

  1. Dipisah
  2. Digabung
  3. Dibelikan
  4. Diharuskan
  5. Dipindahkan

Dari penjelasan di atas, sudah paham ya? Sekarang, cobalah untuk membuat tulisan dengan memperhatikan hal-hal tersebut ya.

e. Penggunaan Konjungsi

Pada dasarnya, ada dua jenis konjungsi (kata hubung), konjungsi intrakalimat dan antarkalimat. Intrakalimat digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, jadi penggunaannya berada di dalam kalimat. Untuk antarkalimat, konjungsi digunakan untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat.

Tak perlu dibahas terlalu dalam. Intinya, penggunaan kata hubung “dan”, “atau”, “sedangkan”, “tetapi”, “melainkan”, itu tak bisa digunakan di awal kalimat. Itu sudah aturan mutlak. Jadi, pakai kata hubung lain untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat.

Penutup

Cara membuat artikel untuk website sebenarnya sangat mudah. Tak perlu dipusingkan dengan konsep SEO yang kadang membingungkan. Anda cukup fokus untuk menghasilkan artikel yang berkualitas. Karena bagaimanapun, Anda membuat artikel untuk pembaca bukan untuk mesin.

Perhatikan dengan baik 5 cara membuat artikel yang dijelaskan di atas. Setelah itu, praktikkan dalam proses pembuatan artikel. Jangan lupa untuk cek kembali artikel yang sudah dibuat. Jangan sampai ada banyak typo. Adanya kesalahan ketik seperti ini bisa mengurangi kualitas artikel Anda.

Butuh jasa Penulis Artikel berpengalaman? Klik Disni

Demikian adalah pembahasan sederhana untuk cara membuat artikel website. Semoga pembahasan ini bisa benar-benar memudahkan Anda dalam menulis.

Written by Saung Writer
Jika anda membutuhkan jasa penulis artikel SEO bisa segera hubungi kami :) Profile
Freelance Happy

Memanajemen Waktu Penulis

Saung Writer in Blog
  ·   4 min read
cara membuat website gratis

Cara Membuat Website

rama in Blog
  ·   6 min read
Manfaat Storytelling untuk Copywriting

Storytelling Untuk Copywriting

Saung Writer in Blog
  ·   3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo
Ada yang bisa dibantu?
Powered by