Apa itu Platform

Pengertian Singkat Platform

Platform, secara sederhana, bisa diartikan sebagai sebuah program atau media yang dipakai untuk mengeksekusi suatu rencana kerja.

Pengertian Platform Secara Luas

Dalam keseharian, platform bisa diartikan sebagai tempat, seperti mimbar atau stasiun. Bisa juga diartikan sebagai rencana kerja atau program. Pengertian-pengertian tersebut ada di KBBI.

Dalam dunia komputer, platform lebih mengacu pada sistem operasi komputer yang digunakan untuk menjalankan program perangkat lunak tertentu. Singkatnya, semacam wadah untuk menjalankan software.

Sebagai sebuah program atau media, platform berhubungan dengan banyak bidang lain. Kita sendiri sudah menjumpai banyak platform dalam keseharian, mulai dari platform belajar, belanja, media sosial, hingga pemasaran.

Kemudian, dalam hubungannya dengan dunia digital, platform diartikan juga sebagai alat elektronik apa pun yang digunakan untuk berkomunikasi, termasuk situs web dan media sosial. Mesin pencari, seperti Google dan Bing, juga masuk dalam kategori platform.

Transformasi digital memang berhasil memberikan perspektif baru bagi kebiasaan masyarakat. Platform digital banyak dikembangkan karena bisa diakses secara gratis, cepat, dan sempurna.

Dalam pembahasan selanjutnya, kita akan membahas tentang platform website yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha. Ada beberapa platform yang umum digunakan untuk membangun website.

Platform untuk Membangun Website

Ada banyak cara untuk membangun website. Tiga cara berikut ini menjadi yang paling umum dipakai oleh pebisnis, yakni CMS, website builder, dan juga kode (HTML/CSS).

1. Content Management System (CMS)

CMS menjadi platform paling umum dan paling banyak digunakan oleh para blogger atau small business. CMS adalah perangkat lunak atau sistem yang dipakai untuk membuat serta mengatur konten digital.

Membangun website dengan CMS sangat mudah dan cepat. WordPress menjadi salah satunya yang paling banyak digunakan.

Alasan mengapa banyak orang memilih WordPress adalah simple, mudah dioperasikan, dan menjadi pemegang market share terbesar.

2. Website Builder

Website builder menjadi platform yang banyak dipilih oleh mereka yang sama sekali tidak memahami ap aitu coding dan bagaimana cara mendesain web.

Website builder merupakan platformyang bisa membantu Anda untuk membuat website dengan cepat. Beberapa contoh website builder adalah Weebly, Wix, atau Site Builder.

Kelebihan website builder adalah pengguna akan mendapatkan paket lengkap ntuk membuat website, termasuk domain, hosting, hingga template.

Pengguna cukup mengganti kontennya saja sesuai dengan yang diinginkan. Pengguna juga masih mendapatkan dukungan dari penyedia layanan website builder.

3. Coding (HTLML/CSS)

Metode ketiga untuk membangun website ini cukup susah dilakukan oleh pemula. HTML dan CSS adalah platform yang membutuhkan pemahaman coding.

Oleh karena itu, hanya orang di bidangnyalah yang bisa membuat website dengan metode ini.

Cara Memilih Platform Website

Tiga platform di atas menjadi metode umum yang banyak dipakai untuk membuat website. Lalu, apa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih platform website?

1. Tujuan Penggunaan Web

Apakah Anda membuat website untuk menjual produk, berbagi informasi seputar perusahaan, atau mengumpulkan data untuk prospek penjualan? Pilih platform yang mempunyai fitur sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

2. Kemampuan Anda dan Tingkat Kesulitan Platform

Tingkat kesulitas platform berpengaruh pada pemeliharaan dan pengembangan jangka panjang. Pilih platform yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Jika memang tidak memiliki basic membangun web sama sekali, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan website builder platform atau jika memungkinkan Anda harus meluangkan waktu untuk mempelajari bagaimana cara kerja sebuah platform.

3. Biaya Pembuatan dan Pengelolaan

Platform mana pun yang nantinya akan dipilih memiliki tingkat harga tertentu. Anda juga perlu mempertimbangkan hal ini.

Tidak hanya harga yang berkaitan dengan proses membangun web, tetapi juga biaya untuk pengelolaannya.

4. Customization Options

Apakah Anda perlu menyesuaikan desain sesuai dengan gaya perusahaan Anda?

Apakah Anda perlu menambahkan fitur melalui plugin?

Jika iya, Anda perlu platform yang mendukung penyesuaian-penyesuaian tersebut.

5. Analisis

Apakah platform memberikan informasi kepada Anda tentang siapa saja yang mengunjungi website, kapan, dan seberapa sering mereka berkunjung.

Analisis data ini penting untuk memahami target pasar Anda. Sebuah platform yang bagus seharusnya mampu menampilkan analisis data dengan akurat dan rapi.

Hasil Survey Penggunaan Platform untuk UKM

Smallbiz telah melakukan research tentang pilihan platform pada usaha kecil menengah (UKM) yang menggunakan website. Hasil survey-nya adalah sebagai berikut.

  • 37% menggunakan platform WordPress
  • 23% menggunakan template dari situs host (GoDaddy, Wix, Jimdo, Squarespace, Weebly, dll)
  • 15% menggunakan coding HTML/CSS
  • 6% menggunakan solusi dari eCommerce (Shopify, Magento, Big Commerce, dll)

Kesimpulan

Pemilihan platform untuk website sangat bergantung pada kebutuhan. Akan tetapi, untuk saat ini, platform yang sangat direkomendasikan adalah WordPress. Kelebihan platform ini adalah mempunyai fitur yang lengkap. Selain itu, WordPress memiliki banyak pengguna sehingga banyak tutorial jika mengalami masalah.

Butuh konten website?

Saungwriter Untuk Konten Pemasaran Anda.

Tingkatkan kunjungan, kepercayaan dan penjualan melalui konten artikel.

Layanan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram