6 Manfaat Website Untuk Bisnis Online Wajib Anda Ketahui

Bisnis di bidang digital semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan internet. Peran website untuk bisnis pun semakin diperlukan untuk membantu meningkatkan penjualan produk.

Siapa saja bisa melakukan jual beli produk baik barang maupun jasa hanya dengan menggunakan smartphone. Memulai bisnis pun tidak harus memiliki modal yang besar. Siapa saja bisa berbisnis hanya dengan bermodalkan smartphone dan internet.

Di era digital seperti sekarang ini banyak sekali platform yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis dan melakukan penjualan produk baik barang maupun jasa. Mulai dari software aplikasi, marketplace atau e-commerce, media sosial, dan website.

Kesadaran akan pentingnya pemanfaatan teknologi untuk berbisnis pun semakin meningkat. Sudah semakin banyak pemilik usaha mulai dari usaha mikro hingga perusahaan besar yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis.

Salah satu pemanfaatan teknologi untuk bisnis tersebut adalah dengan membuat website untuk bisnis. Lalu, apa keuntungannya bagi pengusaha?

3 Jenis Website Bisnis

Website Untuk Bisnis

Pengertian website bisnis sendiri merupakan laman web yang berisikan kumpulan informasi yang digunakan untuk kepentingan bisnis. Website untuk bisnis biasanya dibuat dengan nama yang menarik dan mudah diingat oleh pengguna internet.

Sebelum memahami apa saja keuntungan membuat website untuk bisnis, penting untuk mengetahui apa saja jenis website. Sehingga Anda bisa menentukan jenis website yang cocok untuk bisnis Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Website Statis

Jenis website ini sangat cocok digunakan untuk website perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dasar mengenai perusahaan tersebut. Baik tentang sejarah perusahaan, bidang yang dijalankan perusahaan, visi-misi perusahaan, serta alamat dan kontak.

Website statis memiliki konten yang tetap, tidak berubah, dan setiap lamannya dibuat dengan kode HTML. Biasanya hanya developer atau webmaster yang dapat melakukan update pada website tersebut.

Pada umumnya, website statis juga tidak memerlukan database karena tidak membutuhkan update konten secara berkala. Sehingga website jenis ini paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti pabrik dan industri manufaktur.

2. Blog atau Website Pribadi

Blog biasanya lebih dikenal sebagai jurnal pribadi online yang digunakan untuk menulis pengalaman pribadi atau opini. Terdapat banyak pilihan situs yang bisa Anda gunakan. Baik blog yang gratis seperti blogspot atau wordpress maupun blog domain yang berbayar.

Blog atau website juga bisa dimanfaatkan sebagai alat content marketing. Dengan menggunakan blog, Anda bisa memberikan informasi tentang produk yang dijual.

Untuk meningkatkan traffic ke website, Anda bisa menggunakan kata kunci atau keyword. Pastikan kata kunci tersebut merupakan kata kunci yang sering dipakai pengguna internet yang sesuai dengan produk yang diujual.

3. E-commerce/Toko Online

Menjamurnya start-up dalam berbagai bidang termasuk bisnis bisa Anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan omzet penjualan. Anda bisa membuat marketplace atau e-commerce untuk menjual berbagai produk baik berupa barang maupun jasa.

Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Selain itu, memanfaatkan platform marketplace yang sudah ada pun akan memberikan banyak keuntungan. Karena Anda tidak perlu repot-repot membuat website sendiri.

Manfaat Website Bagi Bisnis

Manfaat Website

Mungkin banyak yang merasa ragu untuk membuat website karena berpikir membuat website itu mahal. Untuk tahap awal Anda bisa memanfaatkan blog atau website yang gratis terlebih dahulu. Namun, tentu akan lebih profesional jika Anda menggunakan website berbayar.

Meskipun mahal, membuat website sangatlah worth it untuk kelangsungan usaha Anda. Berikut ini beberapa manfaat dan keuntungan membuat website untuk bisnis, di antaranya:

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Meskipun usaha yang Anda jalankan masih kecil dan merintis, kredibilitas di mata konsumen sangatlah penting. Sehingga hal tersebut bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen untuk terus berlangganan.

Tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut akan membantu mempromosikan usaha Anda kepada calon konsumen lainnya. Salah satu cara untuk mendapatkan kredibilitas tersebut adalah dengan membuat website perusahaan.

Dengan tampilan website yang menarik dan profesional, maka tingkat kepercayaan konsumen pun akan semakin meningkat. Hal tersebut juga bisa menghilangkan persepsi buruk terhadap bisnis Anda. Karena masih marak penipuan yang terjadi dalam dunia bisnis digital.

2. Menghemat Budget Promosi

Membuat website memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun, jika dibandingkan dengan membuat promosi di surat kabar atau media elektronik lainnya justru membuat website terbilang lebih murah.

Selain itu, keuntungan membuat website bisnis adalah Anda bisa mencapai pasar yang lebih potensial. Hal ini mengingat pengguna internet yang semakin meningkat.

Dengan menggunakan website, Anda juga tidak perlu mencetak brosur atau katalog untuk menyebarkannya kepada konsumen. Biaya mencetak brosur atau katalog pun bisa lebih dihemat lagi karena Anda cukup menunjukkan website kepada calon konsumen.

3. Mudah Terhubung dengan Pelanggan

Website bisa diibaratkan sebagai brosur dan katalog produk namun dengan tampilan online. Dengan menggunakan website, Anda bisa dengan mudah terhubung dengan pelanggan melalui chat langsung yang bisa dihubungi lewat website.

Selain itu, memperbarui informasi tentang produk baik dari segi spesifikasi maupun harga pun bisa lebih mudah dilakukan. Anda bisa memberikan informasi kepada calon konsumen terkait produk baru, promosi, event khusus, atau layanan baru lainnya yang ditawarkan.

Buat link atau button yang bisa dengan mudah ditemukan oleh konsumen untuk menghubungi Anda melalui website. Dengan cara ini pelanggan akan menjadi lebih mudah terhubung tanpa harus menyimpan nomor telepon yang bisa dihubungi.

4. Mudah Diakses

Jika dibandingkan cara offline, website online merupakan cara yang lebih efektif karena lebih mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Website bisa diakses selama 24 jam dan tidak terbatas tempat di mana calon konsumen tersebut berada.

Sehingga para konsumen tidak perlu menunggu toko buka untuk melihat produk dan jasa yang ditawarkan oleh pemilik website tersebut. Banyak pelanggan yang bisa mengakses website tersebut saat waktu senggang maupun di sela-sela pekerjaan tanpa harus mendatangi toko.

Selama ada koneksi internet dan informasi yang detail pada website, konsumen pun akan senang dan ketagihan berbelanja di tempat Anda. Pastikan website bisnis Anda memuat konten yang detail dan lengkap terkait produk yang ditawarkan.

5. Menjangkau Target Konsumen yang Lebih Luas

Bandingkan jika Anda hanya mengandalkan display di toko offline. Tentu hanya orang yang lalu lalang di daerah tersebut yang mengetahui tentang produk Anda.

Berbeda jika Anda juga mengembangkan usaha tersebut secara online. Jangkauan pasar yang Anda dapatkan bisa lebih luas dan tidak terbatas pada orang-orang yang berada di sekitar toko tersebut.

Anda bisa meningkatkan target konsumen melalui promosi website dengan menggunakan iklan berbayar atau promosi di media sosial. Target konsumen dari berbagai daerah, usia, pendidikan, maupun status sosial pun bisa dengan mudah mengetahui produk yang Anda jual.

6. Menghemat Waktu

Mengenalkan produk ke khalayak seperti menggunakan brosur, telepon, email, atau bertatap muka tentu akan memakan waktu yang lebih lama. Berbeda dengan katalog online yang Anda buat melalui website, setiap orang bisa mengaksesnya tanpa terbatas waktu dan tempat.

Anda tidak perlu repot-repot lagi mencetak brosur dan menyebarkannya di jalanan atau di tempat-tempat strategis lainnya. Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dengan hanya menyebarkan link website yang Anda miliki.

Jika ada perubahan informasi terhadap produk yang dijual, Anda cukup meng-update pada website tersebut dengan lebih mudah. Waktu dan biaya promosi pun bisa lebih dihemat.

Mengeluarkan budget sedikit lebih banyak dengan cara yang lebih efektif dan modern mungkin terasa berat di awal merintis usaha. Namun, hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis.

Bagaimanapun juga kredibilitas perusahaan sangatlah penting untuk terus dijaga reputasinya di mata konsumen. Karena keberlangsungan usaha dalam waktu lama lebih diharapkan para pemilik usaha daripada usaha yang hanya booming dalam waktu sebentar.

Baca juga

Website untuk bisnis akan membantu Anda dalam banyak hal agar bisnis yang dimiliki semakin berkembang. Jika bingung bagaimana membuat konten yang menarik, Anda bisa memanfaatkan jasa penulis artikel atau penulis konten untuk membuat konten yang Anda inginkan.

Tinggalkan komentar