Blog

Storytelling Untuk Copywriting

Saungwriter – Setiap orang punya cerita. Setiap cerita mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan. Cerita yang tercipta bukan hanya tentang barisan kata-kata belaka....

Written by Saung Writer · 3 min read >
Manfaat Storytelling untuk Copywriting

Saungwriter – Setiap orang punya cerita. Setiap cerita mengandung pesan-pesan yang ingin disampaikan. Cerita yang tercipta bukan hanya tentang barisan kata-kata belaka. Ia selalu punya makna yang ingin disampaikan pada mereka yang bersedia membaca.

Melalui storytelling, ada semacam ketulusan yang coba diubah oleh pembuat cerita. Teknik bercerita yang bagus akan mampu mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Storytelling mulai jadi teknik baru dalam dunia digital marketing. Seperti yang kita tahu, masyarakat sudah jenuh dengan kata-kata iklan yang bertebaran di mana-mana. Setiap hari mereka terpapar iklan-iklan di berbagai media.

Karakter sebagian besar masyarakat adalah semakin dipaksa membeli semakin hilang keinginan mereka untuk membeli sesuatu, kecuali untuk barang-barang yang benar-benar mereka butuhkan. Apa pun bahasa iklan yang dipakai, masyarakat pasti akan membelinya.

Untuk menarik minat masyarakat luas pada produk atau brand yang sedang ingin kita kembangkan, cobalah untuk menggunakan teknik storytelling dalam copywriting.

Teknik ini lebih halus dalam mengajak pembaca untuk memperhatikan produk kita. Tak apa tak menguasai banyak teknik copywriting asalkan Anda tahu bagaimana cara membuat cerita yang bagus.

Pengertian StoryTelling dalam Copywriting

Salah satu bagian penting dari sebuah bisnis adalah pemasaran atau marketing. Konsep marketing tidak hanya tentang seberapa banyak Anda bisa menjual produk. Akan tetapi, tentang bagaimana memberikan edukasi, melakukan publikasi, membentuk crowd orang-orang yang ingin membeli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teknik storytelling diklaim sebagai cara paling ampuh untuk menarik perhatian masyarakat.

Pengertian Story Telling

Dalam copywriting, stroytelling bisa didefinisikan sebagai teknik penyampaian suatu informasi dengan cerita yang menarik dan bisa mengubah perasaan pembaca. Dalam hal ini, seorang copywriter dituntut untuk bisa membuat cerita menarik yang bisa menggugah perasaan pembaca.

Caranya bagaimana? Pertama, Anda harus tahu seperti apa karakter audiens Anda. Kedua, cari topik-topik yang dekat dengan target pembaca yang juga berhubungan dengan produk Anda. Selanjutnya, buat tulisan yang mengalir sesuai dengan target pembaca. Ini adalah trik paling sederhana dalam membuat iklan dengan teknik storytelling.

Manfaat StoryTelling dalam Pengembangan Bisnis

Kenapa seorang copywriter harus menguasai teknik storytelling? Alasannya tentu saja adalah agar bisa membuat konten yang bagus untuk memasarkan suatu produk. Berikut adalah manfaat teknik tersebut untuk pengembangan bisnis Anda.

1. Menumbuhkan Kesepahaman dengan Audiens

Kesepahaman antara Anda dengan audiens bisa dicapai dengan berbagai cara. Salah satu cara yang terbaik adalah menggunakan teknik storytelling. Memberi penjelasan dengan cara yang lugas dan kering tentu akan mendapatkan respon yang berbeda dengan ketika Anda menggunakan sebuah cerita.

Teknik ini mencoba membuat audiens untuk ada di posisi gelombang yang sama sehingga kesepahaman pun akan tercipta lebih baik.

2. Membuat Audiens Lebih Fokus

Konten storytelling yang bagus bisa membuat audiens lebih fokus. Melalui cerita yang bagus, seluruh perhatian audiens akan tertuju pada sesuatu yang sedang disampaikan. Teknik ini juga bisa membuat audiens menghasilkan hormon cortisol yang bisa membuat audiens menjadi lebih fokus.

3. Menarik Perhatian Audiens

Promosi yang dibingkai dalam sebuah konten cerita yang bagus akan sangat menarik perhatian pembaca. Promosi tidak dilakukan secara hard selling dengan kalimat-kalimat ajakan untuk membeli. Promosi dilakukan dalam suguhan konten cerita yang dekat dengan pembaca sehingga bisa lebih tepat sasaran.

Teknik Penulisan StoryTelling

Setelah mengetahui pengertian tentang storyteling dan manfaatnya dalam bisnis, sekarang saatnya kita mencoba untuk membuat konten storytelling yang bagus. Seorang copywriter bisa mencoba beberapa teknik populer berikut dalam penulisan storytelling. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Storytelling Untuk Copywriting 1

1. Teknik Monomyth

Teknik storytelling ini dipopulerkan oleh Josep Campbell. Teknik ini menekankan pada heroes journey. Perjalanan sulit seorang tokoh pahlawan hingga sukses mencapai tujuan. Dalam teknik membangun cerita ini, copywriter bisa membuat konten-konten yang menginspirasi pembaca tentang sebuah perjuangan seseorang hingga menemukan keberhasilan.

2. Teknik False Start

Pengalaman bisa dimaknai sebagai guru yang paling baik. Inilah inti dari teknik storytelling False Start. Teknik ini mencoba menjelaskan kesalahan-kesalahan seseorang pada awalnya, lalu dijelaskan pula usaha untuk memperbaiki kesalahan. Teknik ini sangat bagus untuk mencoba mengubah mindset audiens tentang suatu produk tertentu.

3. Teknik Sparklines

Teknik ini sama seperti yang dipakai oleh Steve Jobs dalam memperkenalkan iPhone pada tahun 2007. Teknik sparklines mengemukakan bahwa teknik storytelling yang bagus adalah menceritakan perbedaan yang terjadi sekarang dengan harapan yang diinginkan serta langkah apa yang harus dilakukan.

Teknik mendongen ini bagus untuk mempengaruhi perasaan audiens sehingga mau mengikuti solusi yang Anda berikan.

4. Teknik The Mountain

Jika Anda ingin membuat konten yang panjang, cobalah menggunakan teknik The Mountain. Teknik storytelling ini diawali dengan pengenalan karakter, konflik, puncak konflik, hingga solusi. Teknik ini mirip seperti sebuah cerita pada umumnya. Meski begitu, teknik the mountain tak selalu harus happy ending.

Anda bisa mengolah cerita semenarik mungkin. Teknik ini sangat cocok dipakai untuk mendeskripsikan produk baru.

Cara Menyusun StoryTelling yang Menarik Perhatian

Teknik Story Telling

Seorang copywriter harus mempunyai cara tersendiri untuk membuat konten cerita yang menarik. Jadi, tak hanya konten yang bagus saja ya, tetapi juga harus menarik perhatian pembaca. Storytelling yang bagus bisa menjadi jembatan antara audiens dengan brand. Komunikasi yang terjadi antara keduanya pun akan semakin baik.

Bagaimana cara membuat storytelling yang bagus dan menarik perhatian pembaca?

  1. Tentukan tujuan serta target konsumen
  2. Tentukan tema yang dekat dengan konsumen
  3. Buat struktur cerita yang menggugah perasaan pembaca
  4. Storytelling yang menarik harus mencerminkan permasalahan yang dialami pembaca
  5. Lengkapi dengan gambar atau video untuk mendukung cerita
  6. Gunakan bahasa-bahasa yang menarik

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan bisa membuat konten storytelling yang bagus sekaligus menarik perhatian pembaca. Cobalah menulis konten yang tulus. Lalu, permanis tulisan dengan bahasa-bahasa yang menyentuh perasaan pembaca.

Dari penjelasan di atas, Anda bisa memahami bahwa storytelling memang tidak lepas dari dunia digital marketing. Cerita-cerita yang menarik lebih mampu menarik perhatian pembaca dibandingkan dengan kata-kata suruhan untuk membeli sesuatu. Di era digital yang canggih, masyarakat terpapar banyak sekali iklan setiap harinya.

Jika Anda menggunakan cara yang sama dengan perusahaan yang lain dalam promosi, teknik promosi Anda pasti tidak akan efektif.

Story telling adalah alternatif paling bagus untuk copywriting. Selain melakukan promosi melalui hard selling, perusahaan juga harus membuat promosi yang halus dengan mendongeng. Apa yang dijelaskan di atas bisa menjadi referensi untuk membuat cerita yang bagus.

Demikian adalah penjelasan lengkap tentang storytelling manfaatnya untuk copywriting. Mulai hari ini, cobalah untuk membuat konten-konten cerita terbaik untuk promosi. Bangunlah bisnis Anda dengan strategi marketing baru yang diklaim lebih efektif.  

Written by Saung Writer
Jika anda membutuhkan jasa penulis artikel SEO bisa segera hubungi kami :) Profile
Freelance Happy

Memanajemen Waktu Penulis

Saung Writer in Blog
  ·   4 min read
Membuat Konten Berkualitas

Cara Membuat Artikel

Saung Writer in Blog
  ·   6 min read
cara membuat website gratis

Cara Membuat Website

rama in Blog
  ·   6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Halo
Ada yang bisa dibantu?
Powered by