Ide Peluang Usaha Online Rumahan Menjanjikan

Bisnis Online Rumahan Menjanjikan

Saungwriter. com – Faktanya semakin banyak anak muda yang bercita-cita menjadi wirausahawan daripada PNS. Demikian hasil yang didapat dari survey yang digelar SEA, startup asal Singapura, kepada para milenial di tanah air. Sebesar 24,4% anak muda memilih menjadi pebisnis, bahkan sudah merintis bisnis online rumahan sendiri. Kamu termasuk di kelompok mana?

Kalau pilih jadi pebisnis saja, jangan ragu untuk segera memulai. Ini termasuk buat kamu yang saat ini bekerja kantoran, tetapi merasa profesi itu bukan passion sejati kamu. Mengelola bisnis tidak harus full time, walaupun kamu butuh komitmen besar untuk terus konsisten menekuni dua bidang bersamaan. Bisnis online bisa membantu memuluskan jalanmu untuk menjadi pengusaha sukses.

Sekilas Tentang Bisnis Online

Penjelasan awamnya, bisnis online adalah aktivitas untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet. Artinya bisa saja seluruh kegiatan bisnis dilakukan dengan perangkat berinternet. Beberapa jenis bisnis online bahkan dapat dikerjakan hanya dengan modal smartphone.

Bisnis online juga terbukti bisa menghasilkan. Kamu pasti kenal dengan nama-nama pebisnis muda hebat seperti Rico Huang, Dewa Eka Prayoga, dr. Tirta, Christina Lie, atau Atina Maulia, owner Vanila Hijab. 

Ini artinya bisnis online memang memungkinkan menjadi sarana yang mengantarkan anak-anak muda mendulang ratusan juta sampai miliaran rupiah per bulan.

Lagipula di era digital seperti sekarang ini bisnis online mempunyai kelebihannya tersendiri dibandingkan offline. Simak penjelasannya!

Market yang luas

Kunci agar sebuah toko laris pembeli adalah lokasi yang strategis, misalnya di pinggir jalan atau di dekat kompleks perumahan. Untuk online shop hal ini tak berlaku karena siapapun berpotensi menjadi pelanggan, selama dapat mengakses katalog pada platform online shop. 

Tidak hanya masyarakat sekitar, pelangganmu bisa berasal dari luar kota, provinsi, bahkan mancanegara. Asyik, kan?

Buka 24 jam

Berapa lama jam kerja sebuah toko fisik? Walaupun memang ada yang 24 jam, tetapi biasanya adalah 8 sampai 12 jam. Ini pun kamu harus merekrut beberapa pegawai untuk bekerja secara shift. Sebaliknya, online shop terus buka selama 24 jam dan dapat dikunjungi kapan saja dan dimana saja, termasuk di hari libur.

Tidak butuh toko fisik

Karena tidak wajib stok barang dan mendisplay produk, jadi kamu bisa mengirit dana untuk sewa tempat. Ini misalnya pada sistem bisnis dropship. Selama mempunyai gawai dengan sambungan internet di tangan, kamu bisa mengelola bisnis dimana saja.

Memulai bisnis atau berjualan di jaman sekarang memang mudah, tapi membuat suatu produk laku terjual memerlukan usaha yang keras. Karena itu kamu perlu perencanaan yang tepat, dimulai dari memilih jenis usaha yang akan dijalankan.  Berikutnya, pelajari bisnis itu sebaik mungkin dan kenali kapasitas diri untuk menjalankan serta mengembangkannya.

Bisnis terbaik adalah bisnis yang dikerjakan, bukan didiskusikan terus-terusan, begitu menurut mendiang Bob Sadino. Yang disebut bisnis juga tak harus membangun perusahaan besar atau mempekerjakan banyak orang. Sebagai pemula kamu juga tidak wajib memproduksi barang dengan brand sendiri.

Mulailah dari usaha kecil dahulu, misalnya sebagai reseller, jika sukses pada tahap pertama ini, tingkatkan skalanya menjadi lebih besar, dan demikian seterusnya. Seiring berjalannya waktu, saat modal sudah tersedia, pengalaman semakin banyak, dan telah memahami pasar, kamu bisa mulai produksi barang sendiri.

Kalau saat ini kamu masih berstatus karyawan, luangkan waktu dua hingga tiga jam per hari untuk menggarap peluang kerja online yang menjadi pilihan. Learning by doing, action sekeras mungkin sampai berhasil memetik keuntungan dari sini. 

Jika bisnis sampingan ini sudah berhasil memberikan profit yang konsisten, baru pertimbangkan untuk resign demi mewujudkan mimpi sebagai wirausahawan.

Cara Memulai Bisnis

Sebelum memulai dengan langkah-langkah teknis, tumbuhkan dulu motivasi yang kuat dalam diri. Ini akan menjadi “bahan bakar” saat kamu mau menyerah karena berbagai tantangan yang keras.

Caranya dengan menuliskan poin-poin alasan mengapa kamu harus memulai bisnis dan menjadi pengusaha. Kebanyakan orang tujuan utama berbisnis tentu saja uang untuk memenuhi kebutuhan hidup selayak mungkin. 

Syukur-syukur bila berhasil mencapai kebebasan finansial, dan uang tak lagi menjadi penghalang untuk bergaya hidup sesuai kemauan. Siapa sih yang tidak mau hidup nyaman, membeli produk terbaik yang diinginkan, traveling ke luar negeri, pakai mobil bagus, dan lain-lain.

Selain uang, coba cari lagi alasan kuat yang mau tidak mau akan membuatmu “bergerak” sesulit apapun situasimu nanti. Contohnya, ingin membahagiakan orang-orang terdekat dengan fasilitas hidup paling memadai, membuka lapangan pekerjaan, bersedekah bagi lebih banyak orang, dan lain-lain yang bisa kamu tambahkan sendiri.

Kalau sudah, sekarang kamu bisa mulai memikirkan bisnis online yang paling pas dengan karaktermu. Simak caranya!

Brainstorming

Makna gampangnya adalah berpikir untuk mencari gagasan. Berkreasilah sebebas mungkin, kira-kira produk apa yang bisa laku dijual dan mempunyai repeat order tinggi. 

Prosesnya bisa dimulai dengan mengamati lingkungan sekitar, membaca buku, rajin menyimak berita di tv atau memperhatikan trend terkini.

Nadiem Makarim konon mendapatkan ide untuk merintis startup Gojek gara-gara kesulitan mendapatkan transportasi umum yang memadai di ibukota. Kamu juga bisa memulai dari hobby, kemampuan yang tak dimiliki orang lain, atau latar belakang pendidikan. Contohnya, kamu lulusan bahasa asing.

Ide bisnis yang paling gampang direalisasikan adalah membuka les privat, merintis jasa penerjemahan, membuat produk digital video kursus bahasa asing, dan sejenisnya.

Riset pasar

Jika memang tidak ada ide sama sekali kamu bisa menjelajahi marketplace untuk mendapat informasi produk yang sedang banyak peminatnya. Memang sebaiknya memilih produk tak kenal musim kalau ingin bisnis jangka panjang.

Tetapi sebagai langkah awal tidak masalah menjadi reseller barang-barang yang sedang laris sekarang ini asal menghasilkan dan merupakan bisnis online terpercaya. Lakukan pencarian pada fitur “Produk Terlaris” atau “Hot Items” pada Marketplace, atau fitur Google Trends milik Google.

Alternatif lainnya adalah mencoba strategi validasi sederhana untuk mengetahui respon pasar pada produk yang ingin kamu jual. Caranya, tawarkan produk tersebut ke akun media sosial pribadi dan grup-grup WA. Dari sini kamu akan mendapatkan gambaran apakah produk itu gampang dijual atau tidak.

Cari mentor

Saat memulai bisnis sebaiknya memang dilakukan seorang diri, tanpa partner. Tetapi tetaplah membuka pikiran dan hati untuk menerima saran orang lain. Yang disebut mentor di sini bukan berarti melulu motivator atau praktisi bisnis top dan mahal, tetapi bisa dari orang di lingkungan sekitar.

Ini misalnya pengusaha kenalan orang tua, saudara, atau teman yang berkecimpung pada bidang yang ingin kamu terjuni. Kalau kamu berniat usaha kuliner contohnya, cobalah mencari orang-orang di lingkaran keluarga atau teman, atau kenalan mereka, yang telah malang-melintang bertahun-tahun pada bisnis tersebut.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang bisnis itu, mulai dari cara memulai, persaingan, strategi bertahan, dan sebagainya. Kamu beruntung jika yang bersangkutan bersedia melibatkanmu dalam usahanya sehingga kamu mendapatkan kesempatan berharga untuk belajar.

Memasarkan produk via internet/go online

Di sinilah inti dari bisnis online, yaitu menggunakan internet untuk menawarkan dan menjual produk kepada masyarakat. Sebenarnya semua barang yang laku dijual secara offline dapat di-online-kan.

Ada banyak platform pemasaran internet yang dapat menjadi pilihan, yaitu media social, website gratis dan berbayar, dan marketplace. Setiap platform mempunyai ciri khas, kelebihan dan kekurangan, serta teknik optimasi yang berbeda-beda. Tentang ini kita bahas di kesempatan lain.

Rekomendasi Bisnis Online Di Tahun 2020

Inilah beberapa jenis bisnis berpotensi besar untuk pemula yang dapat kamu tekuni di tahun 2020. Beberapa memerlukan modal mulai ratusan ribu saja, tetapi ada pula yang mencapai ratusan jutaan rupiah. Pilih saja mana yang paling pas dengan ketersediaan dana. 

Dropship/reseller

  • Bisnis rumahan
  • Sebagian besar dilakukan secara online, sesekali bisa offline
  • Modal kecil sampai menengah (mulai 100 ribuan sampai jutaan rupiah)

Sebelum stok barang, kamu bisa mulai dari dropshiper dulu. Peranmu di sini adalah sebagai pemasar suatu produk dari supplier terpercaya dengan promosi di platform marketing online. 

Saat ada konsumen yang order barang, kamu tinggal memesankannya kepada supplier dan mereka yang akan mengurus proses selanjutnya.

Jadi tak perlu capek-capek mengemas dan mengirim barang sendiri. Menariknya, produk itu akan dikirim atas nama onlineshop-mu. Untuk menjadi dropshiper modalnya biasanya tak terlalu besar. Inilah beberapa supplier terpercaya yang bisa jadi referensi.

  • Fashion: Jakartagrosir.com
  • Skincare dan makeup: 101red.com, B Erl Cosmetic
  • Produk kesehatan: Alif Herbal
  • Produk custom: dropshipaja.com
  • Snack/kuliner: Sang Dewa

Untuk join di Dropshipaja misalnya, kamu cuma perlu mengeluarkan uang antara 99 ribu sampai 150 ribu. Sang Dewa menyediakan dua paket reseller produk snack pisangnya dengan biaya 750 ribu dan 1.3 juta rupiah. Siapkan gawai dengan sambungan internet untuk mengelola bisnis ini.

Target konsumen yang dapat dibidik cukup luas terutama mereka yang aktif menggunakan internet dan biasa bertransaksi online.

Eric Jumanto adalah salah satu dropshiper dropshipaja.com yang berhasil menjual ratusan produk custom hanya dalam jangka waktu sebulan setelah bergabung. Profit puluhan juta rupiah sukses dikantongi mantan OB ini. 

Kursus online

  • Bisnis rumahan
  • Aktivitas bisnis sepenuhnya online
  • Modal kecil sampai menengah

Selain produk fisik, kamu juga bisa menjual keahlian secara online. Keuntungan membuka kursus online adalah tidak perlu menyediakan tempat dan peralatan untuk membuka kelas. Kamu bisa merancang berbagai materi yang akan ditawarkan dengan berbagai platform dan mulai kerja di rumah.  

Misalnya, Ebook, audio, artikel, dan grup-grup diskusi online menggunakan Skype, Zoom, Live Facebook, dan aplikasi sejenis. Ruangguru adalah salah satu situs belajar online paling populer di Indonesia. 

Tak melulu yang berkaitan dengan akademik, kamu bisa membuka kelas kursus yang lain sesuai keahlian, misalnya bahasa asing, desain, kerajinan tangan, dan lain-lain.

Orang yang akan membeli membership pada grup kursus online milikmu tentu saja yang berminat pada materi yang ditawarkan. Rico Huang misalnya, sanggup menjual ribuan membership pada setiap batch kursus online bisnis dari perusahaannya. Nilainya ada yang ratusan ribu saja hingga puluhan juta.

Kamu membutuhkan PC dan perangkat penunjang lainnya plus aplikasi grup belajar online untuk memulai bisnis ini.

Kerajinan tangan

  • Bisnis rumahan
  • Aktivitas bisnis bisa online atau offline
  • Modal kecil sampai menengah, ratusan ribu sampai jutaan rupiah

Kamu punya hobby membuat kerajinan tangan? Jangan ragu untuk menjadikannya sarana mendulang penghasilan. Finda Febriana, pendiri sekaligus owner findyka.com mungkin bisa jadi inspirasi. Situs miliknya menyediakan kursus online membuat kerajinan, menjual berbagai bahan kerajinan dan produk jadi, serta tawaran kerjasama sebagai reseller.

Findyka.com saat ini telah merekrut ribuan reseller dari seluruh Indonesia dan meraup omset sampai ratusan juta rupiah perbulan dari bisnis ini.

Kamu bisa memilih menjadi reseller dulu atau langsung merintis bisnis kerajinan dengan brand sendiri. Untuk menjalin kemitraan dengan Findyka misalnya, paling tidak kamu harus melakukan pembelian senilai 500 ribu. Modal berbisnis kerajinan nilainya sangat bervariasi tergantung dari jenis produk craft yang ingin dibuat.

Dengan modal awal sekitar 1 jutaan kamu bisa membeli peralatan dan bahan-bahan kerajinan untuk membuat aksesoris dan mulai menjualnya. Target konsumen terbesar yang bisa kamu sasar adalah wanita mulai usia remaja sampai lansia.

Jasa alih bahasa

  • Bisnis rumahan
  • Aktivitas bisnis online
  • Modal kecil

Modal utama yang dibutuhkan untuk merintis bisnis ini adalah keahlian bahasa asing yang mumpuni. Peluang profitmu bisa semakin meningkat jika tersertifikasi sebagai penerjemah tersumpah. 

Ini artinya kamu berwenang menerjemahkan dokumen-dokumen resmi seperti akta kelahiran dan ijazah yang tariff jasanya lumayan mahal.

Beberapa nama pekerja bahasa yang sukses meraup ratusan dollar per bulan dari peluang usaha di rumah online adalah Ira Susana, Reni Haryani, dan Desi Mandarini. Mengunggah portofolio pada website bisnis adalah strategi pemasaran efektif sekaligus memberi kesan profesional pada bisnis jasamu.

Modal utama memulai adalah seperangkat PC atau laptop serta printer. Kamu juga membutuhkan kamus-kamus berkualitas baik berbentuk fisik atau digital yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Target konsumen jasa terjemahan adalah perusahaan, orang yang akan studi ke luar negeri, penerbit yang ingin merilis buku-buku bahasa asing dalam bahasa Indonesia, dan lain-lain. 

Toko Online

  • Bisnis rumahan
  • Sebagian besar dilakukan secara online, sesekali offline
  • Modal kecil sampai besar, antara ratusan ribu sampai jutaan rupiah

Buat bisnis offline-mu go online dengan membangun online shop. Tidak hanya produk yang tahan lama, dagangan berupa makanan basah pun bisa dijual online. Master Bento dan Kuotie Menteng semakin laris menerima orderan setelah mengunggah produknya di Instagram.

Selain itu ada pasangan Renaldi dan Liana Wati dengan Be Bless Shop-nya yang menyediakan fashion item dan lifestyle untuk pria dan wanita. Pasangan ini mulai merintis Be Bless Shop di tahun 2008 dan saat ini omsetnya sudah mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Target pelanggan bisnis online shop adalah pengakses internet aktif yang hobby berbelanja online. Untuk membuat akun online shop di Instagram atau Facebook memang tak butuh biaya, kecuali kamu ingin memasang iklan.

Selain media social, website bisnis juga sangat direkomendasikan sebagai platform online shop. Biaya berlangganannya pun cukup terjangkau, sekitar 400 ribuan pertahun.

Sewa mainan dan peralatan bayi

  • Bisnis rumahan
  • Bisa dilakukan secara online dan offline
  • Modal menengah sampai besar

Ide bisnis out of the box ini berhasil membawa nama Suryani Aris sebagai pioneer di bidang jasa persewaan mainan anak dan perlengkapan bayi. Owner Dunia Bermain ini sukses mengantongi minimal 100 juta rupiah per bulan dari ribuan customer-nya.

Sayangnya memulai bisnis ini tidak bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Paling tidak kamu harus merogoh kocek jutaan rupiah untuk membeli baby walker, stroller, mobil-mobilan, perosotan, rumah-rumahan, sampai crayon castle.

Karena kompetisi bisnis sewa mainan sudah semakin ketat, semakin bervariasi produk yang kamu sediakan, lebih mudah menarik pelanggan. Mereka yang dapat menjadi target konsumen adalah keluarga muda dengan bayi hingga anak-anak usia SD.

Modal untuk merintis bisnis ini bisa mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah jika kamu berniat memberikan layanan premium. Untuk stroller saja misalnya harganya mulai 200 ribu sampai 10 juta rupiah. Kemudian mobil-mobilan remote control harganya bisa sampai 3 juta rupiah.

Crayon castle alias istana balon bahkan dibandrol hingga 60 juta rupiah. Tarifnya sewanya tentunya juga mahal. Bayangkan jika kamu harus membeli lebih dari satu produk untuk setiap itemnya. Selain itu dibutuhkan juga kendaraan operasional untuk mengantar jemput mainan kepada customer dan sebaliknya.

Penulis online

  • Bisnis rumahan
  • Aktivitas bisnis sebagian besar online
  • Modal kecil

Kalau kamu jago menulis tapi selama ini hanya corat-coret diary atau mengetik di jurnal pribadi saja, saatnya menguangkan hobi itu. Penulis termasuk dalam daftar bisnis online yang dapat dilakukan hampir tanpa modal. Ini dengan asumsi kamu sudah punya PC atau laptop dengan sambungan internet, ya.

Bergabung dengan platform freelancer seperti Saungwriter, Upwork dan Sribulancer bisa membantumu mendapatkan order tulisan untuk klien dari dalam dan luar negeri.

Platform Wattpad bisa menjadi saluran kreativitas jika lebih suka mengarang cerita fiksi. Cukup banyak novel online Wattpad yang diangkat ke layar bioskop. Ada Dear Nathan karya Erisca Febriani, Aku, Benci, Dan Cinta karya Wulanfadi, juga The Perfect Husband karya Riyani.

Minat dan kemampuan menulis adalah modal utama yang harus dimiliki, di samping perangkat elektronik. Untuk tulisan-tulisan non fiksi, misalnya caption media sosial, copywriting, atau artikel, target konsumen kamu adalah agency, corporate, startup, online shop, UMKM, dan blogger

Jasa potong rambut untuk pria

  • Bisnis rumahan atau dengan sewa tempat, misalnya ruko
  • Aktivitas bisnis sebagian besar offline, pemasaran bisa offline dan online
  • Modal menengah sampai besar

Nama kerennya adalah barbershop yang sukses membawa Muhammad Emyranza dan Triputra Salim meraup omset hingga 250 juta rupiah sebulan. Bisnis mereka dimulai di tahun 2012, setelah menyadari kalau cowok zaman sekarang semakin hobby merawat diri.

Mereka mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk menyewa tempat dan membeli peralatan saat merintis Barberbox, hingga mencapai 100 jutaan rupiah. Jasa pangkas rambut ini menargetkan konsumen anak muda hingga dikemas gaul dan trendy.

Modal untuk membuka bisnis barbershop memang cukup besar apalagi jika kamu tidak mempunyai tempat sendiri. Seperti Emyr, paling tidak kamu harus merogoh kocek antara puluhan sampai ratusan juta rupiah.  Target pasar yang dapat dibidik adalah laki-laki mulai usia anak-anak sampai lansia.

Kalau saat ini belum mempunyai dana sebesar itu, jangan putus harapan memulai bisnis barbershop. Maestro penata rambut Indonesia, Rudy Hadisuwarno memulai bisnisnya dari ruang tamu rumah untuk memangkas rambut para tetangganya. Kamu bisa menirunya dengan menawarkan jasa potong rambut kepada orang-orang sekitar.   

Ternak semut rangrang

  • Bisnis rumahan
  • Aktivitas bisnis kebanyakan offline, pemasaran bisa offline dan online
  • Modal kecil sampai menengah

Jangan menganggap sepele bisnis ini karena harga telur semut rangrang bisa mencapai 250 ribu per kilo. Di Indonesia telur semut atau kroto dipakai sebagai pakan ikan dan burung, tapi di Eropa kroto juga digunakan pada industri kosmetik dan kuliner.

Widodo adalah salah satu peternak sukses yang kini mulai mengekspor hasil budidayanya ke Belgia, China, dan Thailand. Bisnis unik yang digelutinya sejak tahun 2009 ini sudah memberikan kehidupan yang layak untuk keluarga, perjalanan ibadah, kendaraan, dan lain-lain.

Kamu berminat? Paling tidak kamu harus menginvestasikan modal sebesar 1 sampai 2 juta rupiah untuk membeli bibit, media, serta beberapa toples untuk rumah semut. Pelangganmu adalah kalangan penghobi burung berkicau dan peternak ikan. Tawarkan produkmu di internet untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Nah, demikianlah beberapa jenis bisnis rumahan online yang bisa digarap di tahun 2020 ini. Memulai dari hobi atau hal-hal yang kamu sukai akan memberi keuntungan tersendiri. Pertama, kamu merasa tak sedang bekerja karena melakukan aktivitas yang disukai setiap hari. 

Bukankah tidak ada yang lebih menyenangkan selain mendapatkan bayaran untuk mengerjakan minat kita?

Kedua, motivasimu akan lebih kuat untuk bertahan bila suatu saat bisnismu didera rintangan besar, dan ini pasti terjadi cepat atau lambat.

Jika sekarang sudah mempunyai ide jangan ragu-ragu untuk segera mengeksekusinya dan mewujudkan cita-cita menjadi pengusaha sukses. Ini bukan berarti kamu terjun begitu saja tanpa persiapan matang, ya. 

Perencanaan yang baik akan membantumu tetap berada pada jalur yang tepat agar bisnismu terarah.

Agar suatu usaha bisa sukses kamu membutuhkan produk yang tepat, market yang sesuai, serta strategi pemasaran yang benar. Memadukan ketiganya dengan baik bukan mustahil akan membawamu semakin dekat dengan kebebasan finansial yang kamu idamkan. Nah, semoga ide peluang usaha online rumahan di atas menginspirasi. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Nass Dyah, kunjungi halaman Blog untuk melihat semua artikel yang tayang diblog kami.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com