Saungwriterjoss

Setelah Buat Website Lalu Apa? Studi Kasus Optimasi Website Bisnis

Seringkali pemilik bisnis kebingungan apa yang perlu dilakukan setelah membuat website.

Pertanyaan utamanya adalah bagaimana mengoptimalkan website untuk bisnis agar semakin banyak pelanggan?

Dengan demikian, tujuan awalnya jelas, yaitu meningkatkan trafik, lalu konversi.

Setelah membuat situs bisnis, tentunya business owner ingin agar websitenya banyak dicari, memiliki trafik yang tinggi, serta mendatangkan pelanggan dan cuan.

Karena itu, pada studi kasus kali ini, kita akan membahas tentang cara optimasi web bisnis, khususnya di niche kesehatan (yang pernah kami garap).

Kenyataannya, langkah optimasi ini yang kami gunakan untuk website klien SupergoatIndonesia.com hingga mendapatkan 417 ribu tayangan dengan CTR 6,8% dalam 3 bulan.

hasil optimasi website bisnis trafik web Supergoat

Yuk, simak ulasannya.

Tantangan Optimasi Website Bisnis Niche Kesehatan

Supergoat adalah produk susu kambing Etawa yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan.

Dari hasil analisis di mesin pencari, ada 2 sudut pandang untuk optimasi website bisnis Supergoat ini. Pertama, dari sisi kesehatan. Kedua, dari sisi bisnis atau penjualan.

Tantangannya, di sisi kesehatan, sudah ada banyak pemain besar dengan tingkat otoritas yang tinggi. Sebut saja misalnya halodoc, alodokter, atau hellosehat.com.

Misalnya, susu kambing Etawa merupakan produk alternatif bagi balita yang alergi susu sapi. Namun, dari hasil penelusuran keyword “alergi susu sapi”, 3 peringkat teratas berasal dari website berotoritas tinggi seperti yang telah disebutkan.

cek kompetitor saat optimasi situs bisnis

Di sisi lain, dari sudut pandang penjualan, keyword “jual susu kambing etawa” didominasi oleh marketplace besar seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak.

kompetitor jual susu kambing etawa

Selain itu, Supergoat saat itu belum memiliki website official, hanya website reseller sehingga online presence-nya kalah oleh kompetitor lain. 

Lalu, apa saja langkah-langkah membuat dan membangun website bisnis di niche kesehatan ini yang mampu mengalahkan para kompetitor tersebut? 

Bagaimana cara kami mengoptimasi website bisnis SupergoatIndonesia.com hingga mampu merangking di 2.465 keyword. Bahkan, juga menaikkan otoritas domain hingga 30 poin di niche yang sangat kompetitif ini?

Persiapan Optimasi Website untuk Mesin Pencari: Technical SEO

Sebelum mulai membuat website untuk bisnis, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar performa website Anda nantinya optimal.

Hal ini berkaitan dengan:

  1. meningkatkan kecepatan loading website;
  2. meminimalisir waktu downtime server;
  3. memasang https (secure hypertext transfer protocol); dan
  4. mempercepat index mesin pencari;

Untuk hal ini, kami menggunakan NVMe yang merupakan grade tertinggi dari provider hosting terkemuka. Dengan demikian, kecepatan server dapat ditingkatkan dan waktu downtime jadi minimal.

Selain itu, kami menggunakan CMS berbasis WordPress untuk kemudahan mengelola website. Karena itu, kami juga menggunakan plugin dan theme yang optimal untuk SEO.

Hasilnya, cukup lumayan dengan Google Pagespeed Insight mencapai 88-98%.

hasil optimasi kecepatan website

Buat Konten Blog

Konten blog sebenarnya sangat penting dan powerful untuk optimasi website bisnis, tapi seringkali banyak yang tidak memanfaatkannya dengan optimal.

Ada beberapa alasan kenapa web bisnis harus punya segmen blog.

  1. Lebih mudah untuk mendatangkan trafik organik ke blog daripada ke homepage atau sales page. (Lagipula, berapa banyak sih yang dengan sengaja buka website bisnis yang jualan — selain marketplace).
  2. Konten blog efektif untuk setiap tahap funnel marketing, bisa untuk topik informasional maupun komersial, soft selling ataupun hard selling.
  3. Visitor blog cenderung tertarget karena berasal dari mesin pencari. Maka dari itu lebih mudah untuk mengonversikannya dari visitor > lead > client.
  4. Konten edukasi dan informasionalnya bisa meningkatkan reputasi bisnis serta otoritas brand. Secara tidak langsung, ini bisa mengatrol posisi keyword komersial juga.

Terus, bagaimana cara optimasi untuk blog buat bisnis? Berikut langkah-langkah yang kami terapkan.

Sasar Keyword dengan Persaingan Rendah – Sedang

Website baru lahir langsung berharap rangking 1 di Google, apakah mungkin?

Bisa saja. Salah satu caranya dengan menarget kata kunci yang memiliki persaingan rendah hingga sedang, tapi masih memiliki volume pencarian yang lumayan.

Contoh, Supergoat merupakan susu kambing yang dapat menjadi obat darah tinggi alami. Akan tetapi, persaingan pada keyword darah tinggi atau hipertensi cukup berat.

keyword yang kompetitif untuk bisnis niche kesehatan

Sebagai gantinya, ada beberapa keyword terkait darah tinggi yang tingkat persaingannya rendah, tapi volume pencariannya cukup tinggi.

keyword yang menguntungkan untuk optimasi website bisnis

Untuk menemukan keyword yang menguntungkan semacam itu, Anda perlu menggunakan tools riset keyword dan terbiasa menggunakannya. Atau, jika ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan jasa riset keyword yang berpengalaman.

Buat Konten Blog Berkualitas Tinggi yang Lebih Baik dari Kompetitor

Banyak pemilik bisnis yang sudah memiliki blog di websitenya, tapi mengisi artikel blognya dengan konten yang alakadarnya.

Sayang sekali jika blog bisnis berisi konten yang berkualitas rendah, tapi yang penting terbit. Ini karena investasi bisnis di website menjadi tidak optimal.

Solusinya, buatlah konten berkualitas tinggi dan lebih baik dari kompetitor Anda. Konten berkualitas tinggi akan membuat website Anda lebih cepat merangking di Google dan mendapatkan trafik.

Sebagai bukti, konten kami di SupergoatIndonesia.com mampu menduduki rangking 1 Google untuk keyword “menu diet 1200 kalori”.

hasil optimasi di halaman 1 google

Lantas, seperti apa dan bagaimana cara membuat konten berkualitas tinggi?

Setidak-tidaknya, konten Anda mesti unggul dari segi:

  1. kejelasan (clarity),
  2. kedalaman (content depth),
  3. kebermanfaatan (usefulness), dan
  4. tampilan (presentation).
syarat konten berkualitas yang lebih baik dari kompetitor

Pembahasan tentang high quality content akan butuh ruang yang lebih panjang. Karena itu, akan kami tulis di artikel lain di blog ini.

Jika Anda membutuhkan konten berkualitas tinggi untuk blog website bisnis, Anda bisa konsultasi dengan Saung Writer.

Posting Konten Secara Konsisten

Apakah konten yang terbaru selalu mendapatkan rangking yang lebih baik? Belum tentu.

Akan tetapi, melakukan posting konten blog secara konsisten di awal-awal jelas sangat membantu untuk meningkatkan otoritas website Anda.

Di bulan pertama dan kedua, kami memposting hingga 50 konten artikel blog per bulan. Selanjutnya, bisa diturunkan dengan 1 artikel per hari.

Apa keuntungannya dengan posting artikel secara konsisten?

Konten lebih banyak > keyword yang dirangking lebih banyak > trafik lebih tinggi > otoritas domain meningkat dengan cepat.

Memang akan sulit untuk riset keyword sekaligus menulis artikel berkualitas tinggi setiap hari. 

Karena itu, Anda dapat menggunakan jasa riset keyword dan penulisan konten dari Saung Writer untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Optimasi Artikel untuk Mesin Pencari: SEO On-Page

Karena menarget trafik dari mesin pencari, artikel blog website bisnis perlu dioptimasi untuk search engine seperti Google.

Apa maksudnya optimasi untuk mesin pencari?

Artinya, struktur, bentuk, maupun isi konten perlu memudahkan mesin pencari untuk mengindeks dan menampilkan hasil sesuai keyword yang menjadi target.

Optimasi yang baik meliputi:

  1. penempatan keyword yang cukup dan strategis;
  2. penggunaan judul dan meta deskripsi yang menarik;
  3. penempatan link (internal maupun outbound);
  4. penggunaan image yang sudah dioptimasi;

dan lain sebagainya.

Untuk lebih mudah, kami menggunakan panduan optimasi artikel SEO dari Yoast di blog SupergoatIndonesia.com sebagai standar dan menambahkan cara optimasi lainnya.

Menambahkan Call to Action

Call to Action adalah ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam website bisnis, ini bisa berarti ajakan untuk membeli, mendaftar newsletter, atau sekadar membaca artikel informatif lainnya.

Call to Action (CTA) sangat penting karena inilah tujuan akhir pembuatan konten, yaitu untuk mengubah visitor > lead > client > associate marketer.

Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang tidak memasukkan CTA ke dalam konten blog. Padahal, meski berupa konten informasional, CTA dapat masuk secara efektif dalam bentuk soft selling.

Jadi, coba tambahkan soft selling + tombol action pada konten blog Anda di tempat yang strategis (pertengahan, akhir, floating) dan lihat bagaimana efeknya pada bisnis Anda.

Tambahkan Schema Markup Language

Schema Markup Language adalah susunan struktur data yang memudahkan mesin pencari untuk memahami dan menyajikan informasi kepada pengguna.

Semakin ke sini, Google memberikan tampilan pencarian yang lebih ringkas untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Salah satunya dengan penerapan Schema Markup Language.

Contoh hasilnya dapat Anda lihat di sini.

Karena menggunakan CMS WordPress, maka tidak terlalu sulit untuk menambahkan schema markup language ini. Cukup dengan menambahkan plugin dan melakukan beberapa konfigurasi, skema data terstruktur siap digunakan.

Optimasi SEO On-Page Situs Bisnis

Pada dasarnya, optimasi SEO on-page untuk website bisnis tidak berbeda dengan website lainnya.

Sebagian sudah kita lakukan di tahap persiapan optimasi website bisnis tentang kecepatan, uptime dan https.

Kemudian, sebagian lainnya sudah kita terapkan saat optimasi artikel SEO tentang keyword, judul dan meta deskripsi, image, link, CTA, dan markup language.

Tambahan lainnya seperti pembuatan robot.txt, 404 link, serta penerapan struktur SILO untuk konten dapat membantu optimasi website bisnis Anda.

Optimasi SEO Off-Page

SEO off-page berkaitan dengan optimasi yang dilakukan di luar dari website bisnis Anda. Pada website bisnis Supergoat Indonesia, kami menerapkan beberapa hal berikut.

Hindari Private Blog Network (PBN)?

PBN adalah jaringan blog yang dikelola secara pribadi. Dalam artian, pengelolaan PBN bersifat khusus, hanya oleh beberapa orang, meskipun jumlah websitenya mencapai ratusan.

PBN bertujuan untuk memberikan backlink dari domain yang telah berumur untuk mendongkrak otoritas domain lainnya. Namun, karena berasal dari lingkaran yang sama, mesin pencari bisa saja menganggapnya spam.

PBN memiliki risiko tinggi karena sering berasal dari situs yang tidak dikelola dengan baik, memiliki visitor kecil, hingga dianggap spam oleh Google.

Karena itu, untuk website bisnis, ini akan memberikan efek buruk karena merusak citra brand Anda. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan PBN bagi website bisnis.

Publikasi Media Nasional

Media nasional rerata memiliki otoritas yang tinggi, antara 80-90 poin. Karena itu, mendapatkan publikasi di media nasional (dan backlink) sangat bermanfaat untuk mendongkrak SEO dan domain authority website bisnis.

Publikasi dan backlink dari media besar biasanya membutuhkan biaya yang lumayan. Bagi website pribadi ini mungkin agak berat, terutama jika masih baru dan belum monetisasi. 

Namun, bagi website bisnis, manfaatnya akan jauh lebih besar dari harga yang Anda bayarkan. Terlebih lagi, jika situs bisnis Anda memang direncanakan untuk jangka panjang.

Guest Post

Guest post adalah menumpang postingan di blog atau website orang lain dan mengarahkan backlink ke website bisnis sendiri. 

Cara ini dapat memberikan backlink dengan harga yang lebih murah, meski otoritasnya tidak sebesar publikasi media nasional.

Sebelum memutuskan untuk membuat guest post, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  1. Sebisa mungkin blog atau website tempat Anda menumpang posting bukan gado-gado yang khusus untuk guest post;
  2. Upayakan agar tempat Anda guest post punya trafik yang cukup besar;
  3. Lebih baik lagi jika Anda sudah menyiapkan artikel sendiri untuk guest post.

Contoh, sebelum pasang guest post, kami sudah menyiapkan artikel sendiri agar backlink-nya lebih optimal.

Ketiga prinsip tersebut akan membuat metode guest post Anda optimal. Selain mendapatkan backlink, Anda juga berpeluang mendapatkan limpahan trafik dari artikel tersebut, serta meningkatkan otoritas domain website.

Link Insertion

Berbeda dengan guest post yang perlu memposting artikel, link insertion cukup menyisipkan backlink pada kata atau frasa tertentu pada artikel yang sudah ada.

Contoh, artikel di HarapanRakyat.com berikut sudah ada sejak November 2019. Namun, kami memberikan link insertion untuk mendongkrak posisi keyword “manfaat susu kambing etawa”.

Penempatan link insertion biasanya lebih mudah diterima daripada guest post. Ini karena effort yang dibutuhkan tidak terlalu besar untuk membuatnya.

Buat Google My Business

Google My Business sangat mendukung SEO website bisnis. Ini dapat berguna untuk:

  1. mendapatkan visitor lokal;
  2. memperkuat otoritas domain; dan
  3. meningkatkan engagement pelanggan.

Jika Anda menjalankan bisnis lokal, manfaatnya akan sangat luar biasa. Meski begitu, jika bisnis Anda bersifat nasional maupun internasional, keberadaan Google My Business sangat bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas dan online presence dari bisnis Anda.

Yang lebih penting, ini gratis. Jadi, sayang sekali jika tidak Anda gunakan. 😉

Bangun Omnichannel di Media Sosial

Meski tidak secara langsung mempengaruhi SEO, channel di media sosial memberikan efek positif bagi merek bisnis Anda.

Media sosial cenderung lebih efektif untuk menimbulkan rasa ingin tahu dan membangkitkan impulse buying. Dari sana, calon pelanggan kemudian akan mencari informasi melalui mesin pencari Google.

Dengan demikian, akan ada tambahan visitor yang tertarik dengan bisnis Anda.

Terlebih lagi, jika visitor tersebut memang tertarik secara khusus pada brand bisnis Anda, maka hampir bisa dipastikan akan menjadi pelanggan seterusnya.

Saat ini ada banyak sekali media sosial yang dapat mendukung merek Anda, contohnya seperti Youtube, Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya.

Apakah Cara Optimasi Website Bisnis di Atas Bisa Diterapkan dalam Bisnis Lainnya?

Pada dasarnya bisa saja. 

Hal-hal mendasar seperti optimasi SEO on-page dan off-page bisa diterapkan secara umum. Namun, tentunya untuk keyword dan beberapa aspek lainnya perlu ada penyesuaian.

Misalnya, dalam hal image atau gambar. Contoh, untuk optimasi website bisnis Supergoat Indonesia, gambar infografis sangat efektif karena memberikan informasi menarik dengan cara yang ringan.

Lain halnya jika Anda mengoptimasi website jasa niche travel, Anda akan membutuhkan banyak stok foto travel unik berkualitas tinggi. Tipe image seperti ini lebih mampu menimbulkan impulse buying dan curiosity yang bermanfaat bagi bisnis travel dan wisata.

Berapa Lama Optimasi Situs Bisnis Ini Bisa Berhasil?

Pada website SupergoatIndonesia.com, kami berhasil merangking di halaman 1 Google di berbagai keyword dalam 3-4 bulan. Namun, tentunya ini bervariasi tergantung tingkat kompetisi dan kesulitan.

Meski begitu, tak perlu berkecil hati jika harus berhadapan dengan kompetitor besar. Dengan penerapan SEO on-page dan SEO off-page yang tepat, SupergoatIndonesia.com bisa merangking di halaman 1 untuk keyword “jual susu kambing etawa“, bersaing dengan marketplace besar lainnya.

Setelah menyimak ulasan di atas, kami harap Anda mendapatkan inspirasi apa yang harus Anda lakukan setelah membuat website. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cara optimasi website bisnis dan pembuatan konten blog bisnis, silakan berdiskusi dengan tim Saung Writer.

Semoga bermanfaat.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan komentar

two × one =

Related

Daftar Layanan

Silakan di order, jika butuh bantun WA saja.

Posting Blog

Landing Page

Advertorial

Naskah Video

Halaman Web

Penerjemah

Desk Produk

Penulis Teknis

Ebook

Company Profile

Kreatif

Paket Artikel SEO

Paket Artikel Berita

Pengelolaan Penuh

Riset Kata Kunci

Pemetaan Konten

Custom

Butuh Bantuan?

Ahli konten kami akan memandu Anda membuat pesanan konten pertama, tanpa biaya tambahan.
Manager Content Della

Senin - Jumat 08:00 - 16:00 WIB.

Selamat Datang

Butuh bantuan teknis? hubungi kami melalui kontak bantuan whatsapp dibawah.

Bantuan Order

Bantuan Loker

Terimakasih Atas Kunjungannya...