11 Tips Menulis Deskripsi Produk yang Menjual

Menulis Deskripsi Produk

Saungwriter.com – Penulisan deskripsi pada suatu produk menjadi sebuah hal penting dalam menjelaskan produk untuk dapat diketahui oleh pembeli nantinya agar mudah diketahui informasi lengkap dari produknya.

Menulis deskripsi produk yang menjual tentu bukanlah perkara yang mudah namun ada beberapa poin yang bisa dilakukan saat akan membuat deskripsi produk.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menuliskan deskripsi produk agar produk anda bisa lebih meyakinkan pelanggan untuk membelinya.

1. Sesuaikan dengan Target penjualan.

Hal yang perlu diketahui pertama adalah siapa target dari produk yang anda jual, penargetan disesuaikan pada umumnya seperti usia dan jenis kelamin. Dengan mengetahui target pasar diharapkan bisa lebih mudah untuk mengkondisikan kalimat deskripsi yang ditulis mengenai sasaran.

Misalnya jika target anda adalah produk untuk usia anak muda, penulisan deskripsi bisa mengikuti gaya bahasa mereka seperti menulis dengan format non-formal. Dan juga jika target untuk orang dewasa gunakan Bahasa penulisan yang bersifat formal.

Bayangkan Ketika anda menulis deskripsi produk sama halnya dengan anda saling bicara tatap muka secara langsung. Dengan begitu bisa pembeli dapat lebih nyaman membacanya.

2. Hindari istilah yang tidak dimengerti pembeli.

Apabila anda akan menuliskan deskripsi produk gunakan kalimat yang komunikatif, apabila memang terpaksa dalam menggunakan kata istilah dalam detail produknya pastikan anda juga memberikan pengertian dan penjelasan dari istilah tersebut.

Jangan sampai pembeli yang membaca deskripsi anda kesulitan dalam memahami istilah yang tertulis sehingga maksud penyampainnya akan kurang dipahami.

Penggunaan istilah ini akan membuat deskripsi produk lebih kaku dan tidak menarik pada beberapa orang yang terutama malas untuk mencari arti dari istilah tertentu.

3. Tuliskan Deskripsi produk dengan jelas.

Deskripsi produk yang tertulis secara lengkap dan jelas dapat memberikan informasi yang lebih lengkap bagi pembeli, terutama untuk mereka yang baru mengetahui tentang produk anda.

Ada beberapa hal yang perlu anda cantumkan dalam penulisan deskripsi diantaranya seperti spesifikasi produk yang dapat anda tuliskan dengan tentang ciri ciri dari produk yang dijual, keunggulan produk, jenis produk, pilihan warna, kelengkapan dan sebagainya.

Deskripsi produk ini dituliskan sesuai dengan jenis produk yang anda jual masing masing tentu memiliki ciri yang berbeda beda karena itu anda perlu tahu hal hal lebih detail tentang produkmu.

4. Gunakan kalimat persuasif.

Kalimat persuasif merupakan kalimat yang biasanya digunakan sebagai kalimat untuk mengajak seseorang melakukan sesuatu dalam kasus ini penulisan deskripsi bisa gunakan kalimat mengajak agar membeli produk anda.

Kalimat persuasif biasanya didampingi dengan kelebihan produk yang lebih baik dari kompetitor agar kalimat mengajaknya lebih meyakinkan.

5. Pakai Kata sinonim lainnya.

Pentingnya tahu sinonim pada kata kata tertentu bisa memberikan anda variasi gaya Bahasa yang lebih banyak, sehingga penulisan kata tertentu tidak perlu diulang ulang di paragraf selanjutnya. Seperti misalnya kata “bagus” memiliki banyak sinonim diantaranya “apik, bahari, baik, cakap, cantik, cemerlang, elok, gagah, indah, keren, menawan, molek, mungil, necis, perfek, rancak, rupawan, tampan”

Dengan variasi kata dalam penulisan deskripsi akan membuat pembaca akan lebih tertarik dan juga tidak terkesan selalu mengulang kalimat berulang kali.

6. Pastikan tetap sederhana.

Meskipun anda harus menuliskan deskripsi yang banyak dari segala sisi produkmu. Penulisan deskripsi anda harus tetap sederhana, singak, jelas, dan padat. Karena hal ini merupakan kalimat penjualan dan informasi produk bukan sebuah cerita karangan.

Cara untuk tetap dalam konteks yang sederhana adalah setelah semua deskripsi penulisan selesai, lakukan evaluasi pada deskripsi tersebut. Hapus kata atau kalimat yang tidak terlalu penting, berikan rangkuman pada kalimat yang terlihat begitu Panjang dan sebagainya.

7. Perhatikan penulisan deskripsi.

Maksudnya disini adalah saat penulisan deskripsi usahakan pada setiap paragraph tidak melebihi 50 kata hal ini akan membuat tulisan produk anda akan terlihat menumpuk dan tidak enak dibaca.

Anda tinggal membuat paragaraf selanjutnya untuk meneruskan penjelasan maupun ingin mengganti poin pembahasannya. Selain itu juga agar lebih menarik lagi gunakan tipe list menggunakan numbering atau bullets untuk membuat list pada poin poin yang akan dibahas.

8. Hindari kalimat umum.

Salah satu hal yang perlu dipelajari dalam membuat deskripsi produk yang menjual adalah dengan mempelajari lebih banyak kosa kata dalam jual beli. Hal ini dikarenakan apabila anda Ketika menuliskan deskripsi tidak mempunyai stok kata-kata lagi maka penggunaan umum yang akan menjadi acuannya.

Contohnya kalimat umum yang biasanya dipakai misalnya “produk dengan bahan terbaik” , “produk berkualitas” , “produk yang bermutu tinggi” dan sebagainya.

Tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut, hanya saja untuk menarik pembeli anda bisa mengganti kalimat tersebut dengan deskripsi produk yang lebih detail misalnya dengan kalimat “sweater yang terbuat dari bahan kain wol pilihan”

Hal ini untuk membuat deskripsi anda lebih menarik untuk dibaca.

9. Sertakan Testimoni pembeli.

Testimoni dalam penulisan deskripsi sangatlah penting untuk diterapkan, hal ini dikarenakan beberapa pembeli akan mencari barang yang sudah memiliki informasi testimoni didalamnya.

Testimoni membuat produk lebih meyakinkan untuk dibeli selain itu orang lain bisa melihat tanggapan mereka tentang produk yang dijual tersebut apakah memang produk yang dibeli sesuai dengan kriteria yang ada pada deskripisinya tersebut.

Namun bagaimana jika masih belum ada testimoni sama sekali ? Yang harus anda lakukan adalah dengan menuliskan deskripsi produk yang lebih menjual lagi, dan kemudian apabila sudah ada pembeli usahakan mereka sudah memberikan testimoni terhadap produk anda.

10. Tambahkan cara penggunaan produk.

Beberapa produk baru yang jarang digunakan atau populer di masyarakat misalnya smartwatch membutuhkan yang namanya cara penggunaan yang baik dan benar. Meskipun tutorial lengkapnya dapat ditemukan di sumber lain anda perlu menambahkan informasi cara pemakaian produk dengan singkat, padat, dan jelas.

Dengan adanya informasi cara penggunaan membuat pembeli akan merasa terbantu nantinya apabila saat pertama kali menggunakannya. Selain cara penggunaan ada hal lain yang bisa anda masukkan seperti cara perawatan, dan solusi Ketika ada masalah yang terjadi kedepannya.

11. Tingkatkan Kualitas SEO.

Apabila anda menuliskan deskripsi produk pada website anda, hal yang penting adalah dengan mengetahui kaidah penggunaan SEO di artikel. Contohnya dengan memperhatikan peletakkan posisi keyword (kata kunci), hal ini selain untuk menarik pelanggan juga penting dalam bersaing dalam posisi di mesin pencari dengan kompetitor.

***

Jasa Penulisan Deskripsi Murah di Saungwriter > KLIK DISINI

Itulah beberapa poin yang bisa anda lakukan dalam membuat sebuah tulisan deskripsi produk yang menjual. Cara cara diatas memang terbilang cukup sulit untuk dibuat namun anda perlu mempraktekkannya terlebih dahulu.

Yang kemudian apabila sudah berjalan lakukan riset deskripsi dengan mengecek Kembali apakah ada hal dalam deskripsi yang berisikan informasi yang kurang penting atau ada tambahan informasi untuk lebih detail lagi.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com