Pentingnya Menjaga Kebahagiaan Karyawan Untuk Perusahaan

kebahagiaan-karyawan

Sudah menjadi rahasia umum kalau kebahagiaan karyawan merupakan hal yang penting apalagi untuk perusahaan. Tapi sayangnya masih banyak perusahaan yang menganggap remeh hal tersebut bahkan cenderung tidak peduli.

Kalau ternyata kamu atau perusahaan kamu sendiri melakukan hal yang sama, maka simak deh alasan dan penjelasan tambahannya di bawah ini.

Mengapa Kebahagiaan Karyawan Begitu Penting

Sebelumnya sudah disinggung terkait pentingnya kebahagiaan karyawan, tapi belum dibahas lebih lanjut. Supaya informasi yang diberikan tidak setengah-setengah, maka disini akan diberikan pembahasan lengkapnya.

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan kebahagiaan yang tinggi, maka produktivitas karyawan bisa meningkat karena kebahagiaan itu ibarat motivator. Memang sih kantor bukan tempat untuk bersenang-senang, kan bukan taman bermain tapi kantor yang menyenangkan bisa menaikkan semangat karyawan dan meningkatkan produktivitasnya.

2. Angka Penjualan Meningkat

Karyawan yang semangat akan memancing dirinya untuk bekerja keras seperti kuda-tapi boong, hanya bekerja keras saja untuk memenuhi target yang ia ciptakan sendiri. Sehingga sifat seperti ini tentu akan berpengaruh positif terhadap keuntungan dan penjualan perusahaan.

3. Tingkat Turnover Karyawan Menurun

Logikanya saja sih, kamu pasti gak kan mau berlama-lama ditempat yang tidak membuatmu bahagia, hal itu juga berlaku untuk kantor. Jadi dengan menjamin kebahagiaan karyawan, maka kemungkinan karyawan izin, pulang cepat, atau bahkan bolos akan semakin mengecil.

4. Jaringan yang Lebih Baik

Karena kebahagiaan yang dimiliki, maka otomatis karyawan tersebut ingin untuk membagi kebahagiaannya dengan orang lain. Sehingga dengan begitu jaringan yang terbentuk diantara karyawan menjadi lebih baik, dan timbul benih-benih cinta banyak gagasan yang lahir hasil dari bertukar pikiran.

5. Dukungan Sosial

Ketika pekerja sedang dipenuhi dengan energi negatif, maka akan sulit baginya untuk membentuk sebuah hal yang positif. Tentu terjadi kebalikannya jika pekerja bahagia, maka akan timbul dukungan sosial yang bersumber dari hubungan yang positif tersebut.

Apa Saja Hal yang Menjadi Kebahagiaan Karyawan

Melihat bahwa kebahagiaan karyawan ternyata dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, maka sekarang saatnya mengetahui hal apa saja yang bisa membuat karyawan bahagia. Sebenarnya itu bukan hal yang sulit kok, simak deh penjelasan ini.

1. Komunikasi Terjalin Dengan Baik

Pertama nih dari segi komunikasi, karena semua itu berawal dari sini. Jadi untuk membuat karyawan bahagia, maka pastikan komunikasi yang ada di perusahaan terjalin dengan baik.

2. Membuka Kesempatan Untuk Karyawan Mengembangkan Diri

Manusiawi banget kalau karyawan itu memiliki cita-cita tersendiri, bahkan di tempatnya melakukan pekerjaan. Untuk itu perusahaan harus bisa memberikan wadah kepada karyawan supaya bisa mengemabngkan dirinya lebih baik, seperti kemampuan, dan juga kariernya.

3. Perhatikan Hak yang Diberikan

Hak karyawan itu ada banyak, yang paling sering ditemukan diantaranya gaji, tunjangan, dan juga hak cuti. Terkadang masih banyak perusahaan yang menyepelekan pemberian hak ini padahal jika hak karyawan diberikan dengan benar sesuai porsinya, maka dengan sendirinya karyawan pasti bahagia.

4. Memberikan Apresiasi Terhadap Keberhasilannya

Semua orang pasti bahagia mendapatkan hadiah, pujian, ataupun hanya sekedar ucapan selamat untuk keberhasilan yang dilakukan begitu juga karyawan. Nah, karena itulah mulai sekarang jangan ragu lagi kalau mau memuji karyawan atas keberhasilannya karena pasti akan membuatnya bahagia.

5. Menciptakan Kultur Kerja yang Menyenangkan

Siapapun tidak akan ada yang suka dengan lingkungan yang menyebabkan kecanggungan, apalagi di tempat kerja. Jadi pastikan nih, tempat kerja memiliki kultur kerja yang menyenangkan sehingga mood bahagia karyawan tetap terjaga.

Bagaimana Cara Menjaganya

Kan sudah mengerti nih bagaimana cara untuk menghasilkan kebahagiaan bagi karyawan, nah kali ini akan diberikan pembahasan terkait bagaimana cara menjaga kebahagiaan tersebut.

1. Menjaga Kultur Kerja yang Sudah Diciptakan

Kultur kerja yang bagus kan sudah berusaha untuk diciptakan, jadi jangan sampai hal positif ini dihancurkan begitu saja. Tetap harus menjaga kultur kerja yang sudah baik agar karyawan tetap merasa nyaman.

2. Tidak Mengubah Peraturan Tanpa Pemberitahuan

Ini yang paling dilarang untuk dilakukan apabila ingin menjaga mood karyawan tetap baik, dan semakin bahagia. Mengganti ataupun mengubah peraturan boleh-boleh saja, tapi karyawan tetap harus tahu karena ini terkait juga dengan komunikasi.

3. Menciptakan Relasi yang Kuat

Untuk bisa menjaga kebahagaiaan karyawan selanujtnya adalah menguatkan relasi yang sebelumnya sudah tercipta. Apalagi kalau relasi tersebut meberikan tren yang positif, maka harus benar-benar dijaga dengan baik.

4. Tidak Adanya Kesenjangan Kepemimpinan

Bos atau pimpinan memang harus dihormati, tapi bukan berarti gila hormat sampai ada kesenjangan yang membuat karyawan justru gak nyaman. Karena sejatinya kesenjangan pimpinan ini bisa menimbulkan efek tidak nyaman kepada karyawan.

5. Bersikap Fleksibel

Jangan menyalahkan karyawan apabila dia mengambil part time di tempat lain, selama pekerjaan utamanya di kantor tetap terselesaikan dengan baik. Karena bisa jadi karyawan tersebut sedang membutuhkan banyak uang untuk menutup pengeluarannya.

Menjaga Keselarasan Antara Kebahagiaan Karyawan Dengan Peraturan Perusahaan

Kalau melihat beberapa cara di atas, pasti banyak yang terpikirkan bahwa membuat karyawan bahagia itu sama saja dengan melonggarkan aturan perusahaan. Padahal sejatinya tidak seperti itu.

Untuk bisa membuat karyawan bahagia, namun tetap dengan peraturan yang baik adalah mempertimbangkan hak dan kewajiban dengan bijak. Karena kunci dari peraturan yang baik adalah menuntut pekerja melakukan kewajibannya, dengan imbalan hak yang setara.

Tanda-Tanda Karyawan Bahagia

Terakhir bisa dikatakan sebagai penutup sekaligus moment of truth karena disini kita akan mencari tahu apakah karyawan sudah bahagia atau belum? Karena jika belum, maka bisa jadi ada yang salah dalam penerapan cara di atas.

Adapun beberapa tanda apakah karyawan sudah bahagia bisa dilihat dalam pembahasan ini.

1. Selalu Terlihat Bersemangat

Orang yang bahagia akan selalu menstimulus otaknya untuk selalu melakukan hal disenanginya. Nah, kalau karyawan merasa bahagia dan senang karena pekerjaannya maka dia akan terlihat jauh lebih semangat dari sebelumnya.

2. Optimis Ketika Bekerja

Saat karyawan merasa optimis dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada dalam pekerjaannya, maka itu menandakan bahwa moodnya sedang baik dan pasti sedang bahagia.

3. Jarang Terlambat

Namanya karyawan ini menyukai kantornya, maka dia akan merasa menyesal jika ada sedetik saja yang terbuang dari waktu bekerjanya. Karena itu dia akan terlambat dan ini menandakan dia sedang bahagia.

4. Hubungan Dengan Rekan Kerja Terjalin Dengan Baik

lalu karena mood pekerjanya baik, maka dia akan berusaha menjalin komunikasi dengan orang sekitarnya. Sehingga terjalinlah hubungan kerja yang baik dan pastinya akan terasa hawa menyenangkan di perusahaan.

5. Mau Berpartisipasi Dalam Kegiatan Di Luar Kantor

Terakhir adalah pekerja menjadi lebih semangat untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kantor baik yang diluar maupun di dalam kantor.

Baca juga:

Jadi itulah tadi beberapa hal yang terkait dengan kebahagiaan karyawan, dimulai dari cara menjaganya, cara menyelaraskan, dan juga tnada bahwa karyawan bahagia. Hal yang perlu diingat adalah kebahagiaan karyawan memang penting, tapi peraturan perusahaan tetap harus dijalankan dengan benar.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com