Pentingnya Strategi Video Marketing Untuk Bisnis

Video Marketing

Kompetisi yang semakin ketat tentu membuat para bisnis bekerja lebih keras untuk memasarkan produk mereka. Mulai dari menggunakan media sosial hingga membuat konten untuk menarik hati para konsumen. 

Salah satu strategi yang sedang populer belakangan ini adalah video marketing.

Strategi ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Namun, seiring berkembangnya media sosial TikTok, Instagram, dan YouTube, video marketing muncul ke permukaan dan menjadi menjadi sorotan di setiap platform dan saluran akhir-akhir ini.

Apa Itu Video Marketing?

Seperti namanya, video marketing merupakan sebuah strategi menggunakan video sebagai konten untuk menarik perhatian konsumen.

Dengan perkembangan internet dan media sosial yang sangat pesat, video merupakan konten yang banyak diminati para pengguna internet.

Hal ini dikarenakan video menampilkan gambar dan suara secara bersamaan yang mudah diserap audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi konsumen atau customer Anda.

Banyak jenis video yang bisa Anda buat dan gunakan sebagai strategi pemasaran, seperti video explainer, video testimonial, video review produk, dan lainnya.

Beda jenis videonya, beda pula fungsinya. Misalnya, video explainer digunakan untuk menjelaskan kegunaan suatu produk dan menampilkan bagaimana produk bekerja, sedangkan video testimonial menampilkan cerita dari beberapa konsumen yang puas akan suatu produk.

Mengapa Bisnis Memerlukan Strategi Video Marketing?

Di era digital saat ini, bisnis yang belum membuat strategi video marketing akan tertinggal dan melewatkan beberapa kesempatan emas untuk mendapatkan konsumen dan keuntungan dengan jangka waktu yang singkat.

Mengapa demikian?

Mari kita simak beberapa keuntungan dari video marketing sehingga Anda tahu mengapa bisnis Anda memerlukan strategi ini.

#1. Video Digemari Para Pengguna Internet

Tahukan Anda bahwa YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua di dunia setelah Google?

Fakta ini menandakan bahwa video konten digemari para pengguna internet. Menurut data, lebih dari 55% pengguna internet mengakses video setiap harinya.

Semakin digemari nya video oleh para pengguna internet, semakin besar pula usaha Google untuk lebih mementingkan konten yang satu ini.

Bahkan, jika Anda mengetik kata kunci tertentu dalam mesin pencari Google, beberapa video akan muncul sebagai referensi.

1

#2. Video Membantu Bisnis Mendemonstrasikan Produk

Gambar dan tulisan deskriptif belum tentu bisa menjelaskan produk secara detail.

Di sini, video membantu para bisnis untuk mendemonstrasikan produk dengan menampilkan fitur-fitur secara rinci.

Video juga dapat digunakan untuk menampilkan langkah-langkah rinci yang konsumen perlu ikuti untuk menggunakan produk tersebut dengan benar.

Dengan hal inilah, video dapat meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan karena mereka telah mempunyai gambaran bagaimana produk tersebut bekerja dan membantu mereka.

2

#3. Video Menyampaikan Informasi Dengan Lebih Efektif

Dengan menggabungkan elemen visual dan audio, video dapat membantu Anda untuk menyampaikan informasi dan pesan dengan lebih efektif.

Bahkan topik yang kompleks dan sulit dimengerti dapat dengan mudah dikemas dengan sederhana agar penonton dan audiens dapat dengan mudah mencerna informasi tersebut.

Apabila Anda memiliki bisnis yang memiliki penjelasan cukup kompleks dan cukup sulit untuk disampaikan hanya dengan gambar ataupun tulisan, video merupakan medium yang ideal.

#4. Video Mudah dan Cepat Dibuat

Di era yang serba canggih ini, tidak sulit untuk membuat konten video marketing yang menarik dan berkesan.

Bahkan dengan hanya berbekal kamera di telepon genggam, Anda dapat merekam konten video dan langsung mengunggahnya ke website ataupun media sosial Anda.

Jika Anda membutuhkan beberapa alat tambahan untuk mengedit ataupun memberi sentuhan akhir pada video agar hasilnya lebih menarik, banyak aplikasi gratis yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

#5. Video Mudah Dibagikan ke Seluruh Platform dan Saluran Digital

Jika dibandingkan dengan artikel maupun gambar, video cenderung lebih mudah untuk dibagikan ke berbagai platform dan saluran digital.

Menurut data, video cenderung dibagikan 1200% lebih banyak daripada gabungan tautan dan teks.

Hampir semua media sosial platform menyediakan tombol “share” untuk memudahkan para pengguna membagikan video hanya dengan beberapa kali klik.

#6. Video Memiliki Kesempatan Lebih Untuk Viral

Coba Anda lihat konten viral di internet, hampir semua dari mereka merupakan video, bukan?

Video memudahkan Anda untuk menyampaikan dan mengemas cerita semenarik mungkin.

Alur cerita yang bagus tentu dapat dengan mudah menggugah audiens secara emosional. Jika mereka merasa tergugah, mereka akan membagikan video tersebut dengan teman ataupun followers di media sosial mereka.

Kesimpulan

Untuk dapat bertahan di tengah kompetisi yang semakin ketat ini, bisnis harus memiliki strategi untuk senantiasa mendapatkan perhatian audiens dan meningkatkan konversi mereka. Salah satunya yaitu dengan strategi video marketing.

Selain dapat menjadi bentuk pemasaran yang efektif, video marketing juga dapat menjadi strategi branding yang potensial untuk bisnis Anda. Maka dari itu, jika Anda belum menambahkan video marketing dalam strategi pemasaran Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai membuat konten video yang menarik.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print
Danu Adji

Danu Adji

Tinggalkan komentar