17+ Contoh Artikel Singkat dan Panjang (Populer & Ilmiah)

Contoh artikel penting ketika kamu mendapatkan tugas untuk membuatnya. Fungsinya adalah memberikan gambaran. Dengan demikian, kamu mampu mengerjakannya secara lebih mudah ketika membuatnya sendiri.

Perlu kamu ketahui, artikel yang berkualitas memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Isinya sesuai dengan kenyataan (faktual)
  • Original atau hasil karya sendiri
  • Pembahasannya terstruktur dan tuntas
  • Gaya bahasanya sesuai dengan karakter pembaca
  • Kontennya padat dan tidak bertele-tele
  • Topiknya aktual atau sesuai dengan kebutuhan pembaca

Nah, berikut ini kami sajikan 18 contoh artikel singkat yang bisa kamu jadikan referensi. Semua artikel ini, kami berusaha sesuaikan dengan kriteria berkualitas yang sudah kami sampaikan sebelumnya

Contoh Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan mengangkat topik seputar pendidikan. Mulai dari masalah siswa, guru, orangtua, sekolah, hingga strategi-strategi belajar. Berikut ini salah satu contohnya.

Sekolah Online, Efektifkah?

Sekolah daring atau online menjadi tren terbaru sebagai konsekuensi dari adanya Pandemi Covid-19. Dengan strategi ini, siswa dan guru tak lagi harus bertatap muka di kelas. Proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Tentu kita perlu mengevaluasi, apakah sekolah semacam ini efektif?

Dalam hemat penulis, agaknya sulit untuk menerapkan konsep ini secara full di Indonesia. Soalnya, sekolah online membutuhkan berbagai fasilitas wajib yang belum tentu semua warga bisa mengaksesnya. Antara lain;

  • Smartphone
  • Kuota
  • Sinyal/jaringan internet memadai
  • Listrik yang stabil

Persoalannya, apakah negeri ini sudah mampu menyediakannya? Meskipun katanya jaringan 4G sudah menjangkau 97% wilayah, tapi bagaimana dengan Smartphone dan Kuota? Banyak orangtua kelas menengah ke bawah kesulitan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Maka, penting bagi pemerintah dan praktisi pendidikan untuk memikirkan upaya lebih kreatif ketimbang bergantung pada sekolah online.

Contoh Artikel Kesehatan

Kesehatan mencakup banyak sekali topik, mulai dari kesehatan fisik, kesehatan pikiran, kesehatan mental, alat-alat kesehatan, hingga strategi pengelolaan kesehatan. Berikut ini salah satu contoh artikel kesehatan.

Mengintip Khasiat Susu Kambing

Kalau mendengar kata susu, kebanyakan orang pasti lebih ingat susu sapi ketimbang susu kambing. Wajar, dari sisi popularitas, susu sapi memang masih lebih tinggi pamornya. Padahal, kalau ditelaah, susu kambing juga tak kalah menyehatkan lho!

Ada beberapa keunggulan susu kambing yang perlu kamu perhitungkan. Antara lain:

  • Pada beberapa nutrisi, seperti kalsium dan vitamin C, kadarnya lebih tinggi dari susu sapi.
  • Lebih ramah terhadap penderita intoleransi laktosa (Alergi susu)
  • Lemak pada susu kambing lebih bagus untuk pencernaan.

Fakta-fakta di atas, mungkin banyak yang belum tahu. 

Seandainya banyak orang tahu, bisa jadi susu kambing akan sama atau bahkan lebih tinggi popularitas dan tingkat konsumsinya di Indonesia. Kamu mau coba?

Contoh Artikel Usaha

Artikel usaha, meliputi topik-topik inspirasi, strategi, dan wawasan seputar dunia usaha yang bermanfaat bagi banyak orang. Ketika membacanya, seseorang akan merasa terbantu ketika merintis atau dalam proses membangun usaha. Berikut contoh artikel usaha.

Pentingnya Promosi Digital

Zaman sudah berubah. Sudah semestinya, setiap pelaku usaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Termasuk, dalam merancang strategi promosi. Jika tidak, jangan menyesal bila akhirnya usahanya merugi.

Ada beberapa alasan penting mengapa beralih ke strategi digital itu penting. Kami merangkumnya dalam tiga poin.

  1. Dengan digitalisasi, promosi bisa memiliki jangkauan lebih luas.
  2. Secara hitung-hitungan biaya, promosi digital jauh lebih murah ketimbang cara-cara konvensional.
  3. Perilaku konsumen sudah berubah, mereka sangat akrab dengan belanja online. Bahkan, dalam beberapa produk mereka lebih senang membeli secara online ketimbang offline.

Dengan tiga alasan di atas, rasa-rasanya semua harus pelaku usaha tak bisa menganggap remeh promosi dengan cara baru ini. Kecuali, jika sudah siap usahanya bangkrut. Bagaimana dengan Anda?

Contoh Artikel Sejarah

Artikel sejarah atau historis, berisi uraian mengenai peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Penulisannya tak bisa sembarangan karena harus sesuai dengan bukti-bukti yang diakui kebenarannya. Berikut contoh artikel sejarah.

Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Cirebon adalah daerah bersejarah bagi umat Islam Indonesia, terutama Jawa Barat. Dari kota ini, ajaran Islam menyebar ke seantero Tatar Sunda. Terdapat salah satu masjid yang jadi saksi sejarahnya, yakni Masjid Sang Cipta Rasa.

Usia masjid ini sudah sangat tua, berdiri sejak 1480 masehi. Berdasarkan catatan sejarah, arsitekturnya dirancang langsung oleh Sunan Kalijaga. Itu artinya, masjid ini berdiri saat masa penyebaran Islam oleh Wali Songo.

Meskipun arsiteknya Sunan Kalijaga, namun yang menginisiasi pembangunannya adalah Syarif Hidayatullah atau yang kita kenal Sunan Gunung Djati. Pada masa itu, Sunan Gunung Djati adalah pemimpin dakwah hebat yang gerakannya mampu menjangkau hingga wilayah Banten.

Mengingat kuatnya unsur historis dari masjid ini, sampai sekarang orang-orang sering menyengaja datang berkunjung. Mereka menjadikan masjid ini sebagai pusat ‘wisata’ religi yang menambah keimanan.

Contoh Artikel Review

Artikel review merupakan artikel yang berisi ulasan mengenai suatu hal. Bisa berupa produk, jasa, buku, film, dan lainnya. Selain menginformasikan secara apa adanya, artikel review seringkali memasukkan pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan. Berikut contoh artikel review.

Nusa dan Rara, Film Anak Inspiratif

Film Nusa dan Rara menjadi bukti bahwa anak bangsa memiliki kemampuan untuk berkiprah di level dunia. Pada tahun 2021, film ini berkesempatan untuk tayang di BIFAN atau Bucheon International Fantastic Film Festival.

Sebenarnya, ini bukan hal yang aneh. Sejak kemunculan serialnya di Youtube beberapa tahun lalu, film ini sudah menarik perhatian. Selain karena animasinya yang keren dan enak dilihat, isi ceritanya juga bagus.

Dalam berbagai serinya, tokoh Nusa dan Rara banyak mencontohkan adab-adab atau perilaku positif yang dapat anak-anak contoh. Misalnya, saat mau tidur, saat makan, saat bermain, dan banyak lagi.

Tentu saja, di tengah gempuran banyak film yang berpotensi jadi ‘racun’, Nusa dan Rara seolah hadir sebagai alternatif penyelamat. Orangtua, tak perlu begitu khawatir lagi anak menonton film jika tontonannya seperti Nusa dan Rara.

Contoh Artikel Populer

Secara ringkas, artikel populer merupakan artikel yang menyederhanakan pembahasan-pembahasan ilmiah. Gaya bahasanya yang lebih mudah dan sederhana, membuat orang yang kurang akrab dengan hal-hal berbau ilmiah bisa memahami isinya. Berikut contoh artikel populer.

Menjaga Imunitas Tubuh Itu Mudah!

Belakang ini, Anda mungkin sering mendengar istilah imunitas tubuh. Tapi, sudah tahukah Anda apa yang dimaksud istilah tersebut? Secara sederhana, imunitas tubuh adalah kemampuan kekebalan tubuh melawan suatu penyakit.

Sejak lama, para ahli kesehatan membuat penelitian melahirkan berbagai cara agar manusia memiliki imunitas tubuh kuat. Namun, semua cara sejatinya hanya bermuara pada dua cara utama saja.

Pertama, menjaga pola makan. Untuk poin pertama, maksudnya Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi harian. Pastikan bahwa makanan dan minuman yang Anda konsumsi bukan hanya halal, namun juga bergizi dan terjamin higienis.

Kedua, menjaga pola hidup. Sedangkan poin kedua, maksudnya Anda perlu menghindari perilaku-perilaku yang merusak tubuh. Misalnya merokok, minum alkohol, keseringan begadang, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga harus banyak berolahraga.

Jika kedua poin ini Anda laksanakan, tubuh Anda pasti akan lebih kuat dalam melawan potensi penyakit. Siap melaksanakannya?

Contoh Artikel Opini

Sesuai namanya, artikel opini merupakan jenis artikel yang kental dengan gagasan atau pikiran pribadi penulisnya. Penulisnya menjadikan artikel sebagai media berpendapat seraya menyusun argumen untuk menguatkannya. Berikut ini contoh artikel opini.

Kuliah Bukan Untuk Kerja

Saya sering menyaksikan, teman-teman sekelas sangat antusias membahas kemana  mereka akan bekerja selepas lulus kuliah. Jujur saja, saya sebenarnya kurang sreg dengan pembahasan itu. Menurut saya, salah jika ada orang punya tujuan kuliah itu untuk kerja.

Mungkin ada sebagian Anda yang tidak sependapat. Namun, saya punya landasan yang menguatkan opini ini.

Pertama, ilmu-ilmu untuk bekerja, sekarang bisa dengan mudah ditemukan meski Anda tidak kuliah. Di Google, Youtube, Sosial Media, semua bertebaran.

Kedua, data antara 2017 sampai 2019, peningkatan sarjana menganggur angkanya 25%. Peningkatan ini yang paling tinggi ketimbang jumlah pengangguran dari  lulusan jenjang lain, bahkan ketimbang SD sekalipun.

Ketiga, sudah banyak perusahaan menomorduakan ijazah. Mereka lebih mengutamakan skill, pengalaman, dan attitude. 

Dengan tiga alasan itu saja, sudah jelas bahwa sebaiknya Anda jangan kuliah dengan tujuan ingin bekerja. Tapi, jadikanlah perkuliahan sebagai ajang menempa skill, pengalaman, dan attitude. Dengan sendirinya, pekerjaan akan berdatangan.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Topik lingkungan hidup itu mencakup lingkungan biotis (makhluk hidup) dan non biotis (benda-benda semesta). Jadi, topiknya memang sangat luas. Ada banyak masalah yang bisa dibahas. Berikut ini contoh artikel lingkungan hidup.

Solusi Tuntas Penanganan Banjir

Setiap musim hujan, banjir pasti menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Ancaman bencana ini jelas merugikan kehidupan. Selain bisa melumpuhkan kegiatan pribadi, bisa juga melumpuhkan kegiatan pendidikan, ekonomi, dan lainnya.

Untuk menyelesaikan masalah banjir, diperlukan upaya yang menyeluruh antar berbagai pihak.

Bagi individu masyarakat, penting untuk meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan dari pemicu banjir. Misalnya, membuang sampah sembarangan dan membuat mampet saluran air.

Sedangkan bagi pemerintah, tak kalah penting untuk mengeluarkan aturan dan kebijakan strategis. Misalnya menambah daerah resapan, mengatur izin pembangunan, hingga menindak para pelanggar AMDAL.

Kedua pihak ini tak bisa saling menyalahkan. Sebaiknya, saling introspeksi dan bergotong royong agar masalah banjir dapat ditangani.

Contoh Artikel Konflik Sosial

Konflik sosial antar sesama individu dalam masyarakat adalah masalah yang masih sering terjadi hingga kini. Topik ini bagus juga untuk diangkat pembahasannya dalam artikel. Berikut contoh artikel konflik sosial.

Menjaga Keharmonisan dengan STOP HOAX!

Hoax atau berita bohong, seringkali menjadi pemicu gesekan antar masyarakat. Berita yang tak jelas sumbernya dan diragukan kebenarannya ini, seringkali berseliweran dan sulit mengendalikannya. Padahal, efeknya ketika menyebar jelas buruk.

Namun sebagai individu, kita sebenarnya bisa turut serta meminimalisir konflik sosial dengan melakukan berbagai upaya.

Pertama, dengan melakukan cek dan ricek ketika mendapatkan suatu berita. Pastikan bahwa isinya benar dengan mencari sumber pembanding. Jadi, jangan langsung percaya.

Kedua, jika sulit dapat sumbernya, kita bisa bertanya langsung kepada penyebarnya. Kalau ternyata sumbernya bisa kita pastikan benar, maka kita bisa memanfaatkan berita tersebut.

Dengan dua langkah sederhana di atas, kita turut berkontribusi dalam upaya menjaga keharmonisan sosial. 

Contoh Artikel Generasi Milenial

Generasi milenial memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari generasi lain seperti Baby Boomer ataupun Generasi Z. Beberapa problemnya menarik untuk jadi bahasan. Berikut ini contoh artikel generasi millenial.

Pekerjaan Masa Depan Gen-Millenial

Sekitar satu atau dua dekade lalu, pekerjaan semisal PNS atau pegawai kantoran menjadi obsesi banyak orang. Seiring waktu, fakta tersebut kini bergeser. Meski masih ada orang mengobsesikan hal sama, namun kini muncul berbagai obsesi baru yang lebih segar.

Siapa sangka, kini muncul pekerjaan-pekerjaan lain seperti Influencer, Youtuber, Vlogger, Blogger, hingga Gamers. Aneka pekerjaan tersebut menjadi alternatif yang secara hitung-hitungan penghasilan tidak sepele.

Tak heran, anak-anak muda Generasi Milenial kini banyak terobsesi dengan pekerjaan tersebut. Sebagian dari mereka bahkan merintisnya sejak masih sekolah atau kuliah.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu memiliki obsesi-obsesi segar semacam ini? Atau, masih berkutat dengan mimpi jadi PNS atau pegawai kantoran?

Contoh Artikel Globalisasi

Globalisasi adalah kondisi dimana dunia menjadi seragam. Semua informasi menyebar dengan cepat tanpa batas. Berikut ini contoh artikel globalisasi yang bisa Anda jadikan referensi.

Positif dan Negatif Globalisasi

Apa yang kamu pikirkan tentang Globalisasi? Sesuatu yang baik atau buruk? 

Sebenarnya, kalau mau adil, kita akan melihat bahwa globalisasi memiliki dua sisi. Ada pengaruh positifnya, ada juga negatifnya.

Positifnya, dengan globalisasi, kita bisa dengan cepat mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Teknologi-teknologi terbaru juga dengan mudah kita akses. Jadi, penduduk dunia bisa saling bertukar manfaat secara mudah meski dalam tempat berjauhan.

Sedangkan negatifnya, globalisasi juga mempercepat persebaran hal-hal buruk. Baik itu berupa perilaku, gaya hidup, barang haram, dan berbagai hal merusak lainnya.

Maka dari itu, sebagai manusia bijak, kita perlu pandai-pandai memilah mana yang baik dan buruk. Sebisa mungkin, kita hanya mengambil sisi positifnya dan menjauhkan diri dari sisi negatif.

Contoh Artikel Ekonomi 

Persoalan ekonomi merupakan masalah mendasar yang manusia harus penuhi. Baik dalam skala makro, maupun mikro. Ada banyak ide artikel mengenai topik ini, berikut contoh artikel ekonomi.

Mengapa Si Kaya Makin Kaya dan Si Miskin Makin Miskin?

Salah satu ironi dunia, ketika seseorang sudah kaya, ia berpotensi membuat kekayaannya berlipat. Bahkan, hingga keturunan-keturunannya. Sebaliknya, yang miskin malah miskin dan sulit untuk merangkak jadi kaya.

Mengapa kesenjangan ini terjadi? Menurut hemat saya, ada dua alasannya.

Pertama, sistem pendidikan masih belum fair. Ketika pendidikan dianggap menjadi gerbang untuk sukses, nyatanya tak semua orang bisa dengan mudah mengaksesnya. Untuk dapatkan kualitas jempolan, perlu dana besar. Bagi orang kaya tentu mudah, namun orang miskin terbatas. Kalaupun ada yang beasiswa, itu jumlahnya terbatas.

Kedua, tak semua orang kaya yang mau berbagi untuk menyeimbangkan ketimpangan. Sebagian dari konglomerat, bahkan sangat sulit untuk sekedar membayar pajak sebagai kewajibannya. Akhirnya, distribusi ekonomi jadi sulit merata.

Tentu saja, kita harapkan kedua persoalan ini cepat terhenti, agar semua orang bisa bersaing secara sehat dalam aspek ekonomi.

Contoh Artikel Agama

Topik agama adalah topik yang mestinya banyak orang senangi. Dengan membaca informasi seputar agama, seseorang akan semakin dekat dengan Tuhannya. Berikut ini contoh artikel agama yang mudah-mudahan menginspirasi.

Menjadi Orang Bermanfaat, Kunci Selamat!

Nabi Muhammad Saw berpesan, “Sebaik-baik manusia, adalah yang paling bermanfaat untuk sesamanya.”

Pesan Beliau, jika diamalkan oleh seluruh umat-Nya, pasti akan membuat kehidupan ini terasa lebih nyaman. Bagaimana tidak, semua orang akan berusaha saling berprilaku baik antara sesama.

Pastinya, akan sulit kita menemukan orang-orang saling jegal, saling sikut, saling hantam, atau bahkan saling bunuh. Persis sebagaimana kita kerap melihat fenomena ini di sekitar kita.

Sayangnya, belum semua orang meresapi pesan Nabi. Maka wajar, suasana kehidupan yang kita idam-idamkan belum juag terjadi. Namun alla kulli hal, mudah-mudahan Anda yang membaca artikel ini bisa menjadi pelopornya.

Contoh Artikel Bencana Alam

Indonesia termasuk negara yang memiliki letak geografis rawan bencana alam. Contoh artikel bencana alam berikut ini, mudah-mudahan jadi pengingat agar kita lebih takwa sehingga jauh dari marabahaya.

Bencana-Bencana yang Harus Diwaspadai Indonesia

Sebagai negara kepulauan yang dilalui oleh garis khatulistiwa, Indonesia memang memiliki kekayaan alam luar biasa. Namun, hal yang perlu semua sadari, ada berbagai bencana alam yang berpotensi terjadi di negeri ini.

Pertama, gempa bumi. Berkali-kali kita merasakan ini. Terakhir, gempa besar mengguncang Kota Palu.

Kedua, tsunami. Efek dari pegerakan tanah di lautan ini juga sudah beberapa kali terjadi. Paling dahsyat, Tsunami Aceh yang merenggut ratusan ribu nyawa.

Ketiga, gunung meletus. Hingga hari ini, masih cukup banyak gunung api yang masih aktif. Jika tak ada mitigasi yang memadai, ini membahayakan.

Keempat, longsor. Ada banyak masyarakat yang tinggal di sekitar lereng gunung atau perbukitan. Sebagian di antaranya sudah merasakan efek longsor.

Dengan memahami berbagai bencana alam di atas, sudah selayaknya kita berusaha lebih aware melakukan langkan pencegahan.

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah, biasanya disarikan dari karya-karya ilmiah seperti jurnal atau makalah yang dibuat melalui proses riset atau pembuktian. Baik lewat observasi, wawancara, maupun studi literatur. Berikut ini salah satu contoh artikel ilmiah.

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Produk propolis yang lebah hasilkan, belakangan menjadi perbincangan banyak orang. Potensinya dapat menyembuhkan berbagai penyakit menjadi perhatian. Hal ini sudah terbukti karena berbagai penelitian medis mendukung hal ini.

Berdasarkan riset, propolis memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang. Ketiga karakter ini membuat propolis punya efek menyembuhkan luka di kulit dengan baik.

Kandungan dalam propolis, memiliki potensi manfaat juga untuk penyakit lain seperti radang gusi, kolesterol, pencegahan pertumbuhan sel kanker, dan meringankan nyeri.

Hanya saja, ada dua kondisi yang membuat propolis sebaiknya Anda jauhi. Yakni, ketika Anda memiliki masalah asma atau gangguan pendarahan.

Contoh Artikel Politik

Topik politik merupakan topik menarik. Ada banyak hal yang tercakup dalam topik ini, terutama berhubungan dengan kinerja pemerintah dalam mengelola rakyatnya. Berikut ini contoh artikel politik untuk Anda,

Ironi Demokrasi

Secara teori, Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Artinya, segala kebijakan pemerintah harus berorientasi pada kepentingan rakyat.

Sayangnya, teori tak selalu sesuai dengan prakteknya. Bahkan, bisa jadi yang terjadi sebaliknya. Persis ungkapan Mantan Presiden Amerika Serikat, Rutherford B. Hayes yang menyebut bahwa Demokrasi bisa juga berarti from company (dari perusahaan), by company (oleh perusahaan) dan to company (untuk perusahaan).

Lantas, bagaimana dengan sistem Demokrasi hari ini? Apakah semuanya masih sesuai kepentingan rakyat atau justru pemerintah mengekor pada kepentingan bisnis perusahaan tertentu?

Anda bisa mengamati sendiri dan menyimpulkannya. Tentu saja, sangat ironi jika yang sebenarnya para pemimpin tunduk pada perusahaan. Mudah-mudahan, negeri kita tidak demikian.

Contoh Artikel Olahraga

Bagi pecinta olahraga, membaca artikel seputar topik ini sangatlah menarik. Di Indonesia, yang paling favorit adalah sepakbola. Berikut ini contoh artikel olahraga.

Masa Depan Sepakbola Indonesia, Mau Dibawa Kemana?

Indonesia adalah negara besar. Penduduknya sudah menuju 300 juta jiwa. Dengan potensi manusia sebanyak itu, semestinya tak sulit mencari talenta pemain bola yang hanya puluhan orang saja.

Namun pertanyaannya, mengapa sampai saat ini seolah masih sulit? Prestasi sepakbola di kancah internasional kita masih kering. Bahkan, lambat laun tertinggal dari negara-negara yang lebih kecil seperti Vietnam dan Filipina.

Menurut hemat saya, problemnya sangat variatif. Namun yang utama, wadah sepakbola nasional kita masih belum benar-benar memiliki pengelolaan profesional. 

Para pengurusnya kadang kala datang dari orang berlatar belakang jauh dari sepakbola. Desas-desus soal mafia juga belum bisa benar-benar lepas. Fanatisme penonton yang belum terkelola dengan baik, bahkan beberapa kali memicu korban jiwa.

Kalau masih begini terus, mau dibawa kemana sepakbola Indonesia?

Contoh Artikel Panjang

Panjang dan tidaknya artikel sebenarnya relatif. Namun, ukuran paling sederhana, bisa kamu lihat dari kedalaman pembahasannya. Semakin dalam, biasanya semakin panjang. Berikut ini contoh artikel panjang.

Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar?

Belajar adalah gerbang untuk mendapatkan ilmu. Dari kekayaan ilmu, manusia bisa memiliki aneka macam inspirasi untuk mereka manfaatkan dalam kehidupan. Maka, jika kita melihat orang-orang sukses, selain karena kehendak Tuhan, pasti itu karena mereka tahu ilmu untuk sukses.

Sayangnya, tak semua orang memiliki motivasi kuat untuk belajar. Walhasil, tidak ada peningkatan berarti dalam kualitas hidupnya. Pertanyaannya, bagaimana cara agar memiliki motivasi belajar yang kuat? 

Setidaknya, ada tiga cara utamanya.

Pertama, memiliki tujuan dalam hidup. Jika kita sudah memiliki ini, maka kita akan berpikir untuk mewujudkannya. Pasti, dalam proses mewujudkan itu ilmu dibutuhkan. Dari sini, semangat menuntut ilmu pasti akan bertumbuh.

Kedua, berpikir tentang masa depan (jangka panjang). Bisa jadi, sebagian ilmu yang kita pelajari tak dapat langsung kita pakai. Namun, kita perlu berpikir visioner, bahwa bukan tak mungkin pada masa mendatang ilmu tersebut bermanfaat. 

Ketiga, memiliki partner yang menguatkan. Bisa dalam bentuk sahabat, mentor, atau guru. Sebagai manusia, kita mungkin saja goyah dalam proses belajar.  Untuk itu, memiliki partner yang mengingatkan kita dikala malas sangatlah penting.

Dengan memiliki tiga hal di atas, semangat belajar bisa terjaga. Kita akan menjadi pembelajar sejati yang semangatnya selalu menyala.

Kesimpulan

Apakah sudah cukup contoh-contohnya?

Kalau kamu membaca artikel ini karena tugas, kami sarankan jangan menjiplak utuh artikel. Jadikan berbagai contoh di atas sebagai inspirasi saja, semata-mata untuk melatih kemampuanmu dalam menulis artikel yang keren.

Jika masih kurang contoh, kamu bisa menjelajah situs Tugas Karyawan. Kami memproduksi banyak sekali artikel. Baik contoh artikel pendek maupun panjang, semuanya tersedia.

Semoga, dengan membaca contoh artikel di situs kami yang jumlahnya ratusan, wawasanmu bisa bertambah banyak ya! Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar