Aplikasi Chat Bot dari Telkomsel Membantu Pengguna

Saya adalah pengguna setia Telkomsel. Jika Anda sama seperti saya, tentu sudah tidak asing dengan Veronica, bukan? Nah, dulu, Mbak Veronica, hanyalah layanan mesin penjawab saat ponsel yang kita hubungi tidak aktif. Tapi kini, layanannya dikenal juga dengan Tanya Veronika Asisten Virtual berupa chatbot. 

Suara Mbak Veronica sudah familiar sejak lama bagi para pengguna Telkomsel. Layanan ini bahkan telah hadir mulai dari zaman HP masih jarang digunakan untuk mengakses internet. Seiring dengan perkembangan zaman yang kian modern, layanannya kini semakin canggih, lho.

Yuk, Kenalan dengan Veronica

Dulu, Veronica dikenal dengan singkatan Voice Response and Info Care. Saat ini, namanya dikenal menjadi Veronika yang berfungsi juga sebagai chatbot cerdas untuk menjawab semua pertanyaan customer Telkomsel. Jadi, fungsinya kini semakin luas dengan fitur yang canggih. 

Veronika merupakan asisten virtual yang dirilis oleh Telkomsel. Layanan ini berbasis chatting pada beberapa aplikasi chat yang saat ini populer di masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya fitur ini, kita menjadi lebih mudah untuk mengenal berbagai layanan maupun produk Telkomsel. 

Asisten virtual ini telah hadir mulai dari tanggal 24 Agustus tahun 2017. Dulu, layanan ini hanya hadir pada 3 channel atau aplikasi saja. Saat ini, fitur tersebut telah hadir di 6 channel berbeda. Semakin banyaknya channel yang mendukung layanan ini, tentu akan semakin mudah bagi siapa saja untuk mengaksesnya. 

Sederhananya, Veronika saat ini tidak hanya dikenal sebagai mbak-mbak yang menjawab handphone yang sedang tidak aktif saja. Layanannya kini jauh lebih canggih. 

Bahkan, fitur-fiturnya pun sangat lengkap. Veronika Telkomsel bisa memberikan solusi bagi para customer Telkomsel yang bermasalah dengan produk yang digunakannya. 

Sederhananya, asisten virtual tersebut diciptakan untuk meningkatkan layanan Bahkan, penggunaannya pun sangat mudah sekali. Pasalnya, sistemnya dibuat sebagai layanan chat virtual yang dipadukan dengan kecerdasan buatan (AI).

Selain dirancang dengan fitur Artificial Intelligence (AI), juga dibekali dengan customer analytics. Bahkan sistemnya mampu berinteraksi dengan manusia secara cerdas. Sehingga, Veronika saat ini menjadi solusi pintar layanan self-service dari Telkomsel. Keren, bukan?

Baca juga: Apa Itu Kecerdasan Buatan (AI)

Layanan Veronika Asisten Virtual

Telkomsel adalah perusahaan dengan dukungan layanan dan produk yang begitu banyak. Dulu, pengguna ponsel hanya ditawarkan oleh beberapa produk seperti pulsa, paket nelpon, dan SMS saja. Tapi kini, ada banyak sekali ragam produk yang ditawarkannya.

Saya sendiri terkadang suka bingung untuk mendapatkan informasi terkait layanan maupun produk dari Telkomsel. Contohnya saja saat ingin mengetahui sisa kuota penggunaan internet.

Selain itu, fitur dari kode MMI Telkomsel kini menyediakan info yang sangat komplek dan banyak. Terkadang, saya pun bingung untuk mendapatkan informasi yang spesifik dengan mengandalkan kode tersebut.

Sebagai informasi, MMI merupakan kode yang diawali dengan * hingga #. Contohnya seperti kode *888# untuk mengetahui pulsa Telkomsel kita. 

Tanya Veronika Asisten Virtual adalah solusi dari kebingungan saya. kini semua menjadi mudah. Pasalnya, informasi terkait berbagai layanan maupun produk yang sedang saya cari bisa ditemukan di sini. Bahkan, pencarian tidak memerlukan waktu yang lama.

Asisten virtual ini merupakan sebuah layanan berbasis digital. Layanan ini disediakan khusus untuk pengguna kartu Telkomsel. Namun ada pengecualian untuk KartuHalo corporate, dan nomor tambahan. Kedua pengecualian tersebut, tidak bisa menggunakan semua fitur asisten virtual tersebut.

Veronika membantu kita untuk mendapatkan semua informasi tentang layanan dan produk, kita hanya cukup menghubungi layanan tersebut via aplikasi chat.

Cara Menghubungi Veronika

Tanya Veronika Asisten Virtual kini sudah bisa diakses dengan berbagai pilihan channel. Nah, berikut berbagai channel yang sudah mendukung layanan tersebut:  

1.Melalui Aplikasi MyTelkomsel (Android, iOS)

Operator seluler saat ini bersaing dalam hal layanan. Tujuannya yaitu untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi para konsumen. Salah satunya yaitu melalui sebuah aplikasi. Nah, MyTelkomsel adalah wujud dari kepedulian operator seluler tersebut kepada para customer.

Aplikasi ini disediakan untuk pemilik HP Android maupun smartphone berbasis iOS.  Lewat aplikasi ini, konsumen bisa mencari berbagai informasi produk maupun layanan, Bahkan, bisa digunakan juga untuk membeli paket, hingga menggunakan layanan asisten virtual tersebut.

2. Aplikasi Facebook Messenger

Layanan chatting dari Facebook, juga telah lama mendukung layanan Veronika. Memilih FB Messenger sebagai salah satu channel-nya merupakan langkah yang strategis dari Telkomsel. Pasalnya, jumlah pengguna FB di Indonesia sangat banyak sekali.

Untuk bertanya melalui layanan asisten virtual di FB Messenger, silahkan follow akun @Telkomsel. Kemudian, silahkan Anda chat pada akun official FB milik Telkomsel tersebut. 

3. Aplikasi Chat Telegram

Telegram merupakan aplikasi chat instant yang saat ini sedang populer. Saya pun merupakan user baru dari aplikasi ini. Salah satu fitur yang populer pada aplikasi ini yaitu adanya fitur Bot. Itulah kenapa, Veronika bisa diakses oleh para customer menggunakan aplikasi ini.

Untuk bertanya pada layanan asisten virtual di Telegram, bisa langsung menghubungi  @telkomsel_official-bot.

4. Whatsapp

Setiap pemilik smartphone di Indonesia, pasti punya aplikasi ini. Pasalnya, Whatsapp menjadi aplikasi yang wajib ada pada smartphone yang kita gunakan. Banyaknya pengguna Whatsapp saat ini, menjadi alasan kenapa layanan asisten virtual Telkomsel juga hadir pada aplikasi tersebut.

Pertanyaan seputar layanan dan produk Telkomsel, bisa Anda tanyakan langsung melalui kontak. 081111111111. Veronika akan menjawab dan memberi solusi dari setiap permasalahan penggunaan kartu seluler kita. 

5. Website Telkomsel

Jika sedang menggunakan komputer, saya juga biasanya bertanya pada Veronika melalui website official Telkomsel.  Selain melalui komputer, website-nya juga sangat friendly diakses melalui smartphone.

Layanan Veronika di website Telkomsel, bisa langsung diakses di halaman utama www.telkomsel.com. Letaknya berada pada sebelah kanan di bagian bawah. Silahkan Anda bertanya langsung dengan mengirim chat ke asisten virtual.

6. Line

Meski sudah jarang penggunanya, namun layanan Veronika di Line masih bisa Anda hubungi. Bagi pengguna Line, Anda bisa langsung menyapanya melalui ID Line @telkomsel.

Fitur Tanya Veronika Asisten Virtual

Jika saya telisik lebih dalam, hadirnya layanan ini bisa mengefisiensi waktu kita. Bayangkan, masalah yang dulu hanya bisa diadukan via GraPARI, kini bisa kita selesaikan hanya dengan bertanya pada asisten virtual tersebut.

Seperti yang sedikit disinggung di atas, layanan ini menawarkan banyak sekali fitur. Nah, berikut telah saya rangkum apa saja fitur-fitur yang disediakannya.

1. Menjawab Pertanyaan Customer

Ada banyak pertanyaan yang sulit sekali saya temukan jawabannya terkait layanan Telkomsel. Dulu, solusi paling mudah untuk menemukan jawabannya yaitu dengan menelpon customer service. Namun sayangnya, untuk menelpon layanan tersebut dibutuhkan pulsa per satu kali panggilan.

Saat ini, semua pertanyaan seputar Telkomsel bisa saya tanyakan langsung via aplikasi chat. Bahkan, Veronika akan menjawabnya secara otomatis, cepat, dan mampu memberikan solusi.

2. Mengetahui Informasi Pengguna

Ada banyak sekali informasi yang membuat pengguna bingung bagaimana cara mengetahuinya. Misalnya informasi seputar PUK, PIN T-Care, hingga pendaftaran e-Bill. Kebanyakan dari kalian juga pasti masih bingung bukan?

Nah, untuk mendapatkan semua informasi pengguna, kini Telkomsel sudah menyediakannya pada fitur asisten virtual.

3. Informasi Paket Internet, Telepon, dan SMS

Anda pengguna Telkomsel? Berapa banyak kira-kira paket produk yang ditawarkannya? Saya yakin pasti Anda tidak bisa menghitungnya karena saking banyaknya paket yang ditawarkan.

Banyaknya paket yang tersedia, sebenarnya memberi kita keuntungan. Dengan banyaknya pilihan paket, kita bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk memudahkan konsumen, semua informasi seputar produk bisa ditanyakan kepada Veronika. Kini, Anda tidak perlu repot mencari informasi paket melalui kode MMI. Pasalnya, melalui akun Whatsapp Veronika, Anda sudah bisa menemukan semua informasi yang dibutuhkan.

4. Mengakses Semua Informasi Layanan Bantuan Telkomsel

Telkomsel menyediakan cukup banyak layanan bantuan. Mulai dari GraPARI, customer care, dan pusat bantuan lainnya. Pusat bantuan menyediakan kita solusi terkait penggunaan kartu seluler. Nah, semua informasi terkait layanan bantuan ini, juga bisa kita tanyakan via asisten virtual.

Selain itu, asisten virtual dari Telkomsel ini, juga siap membantu tagihan pascabayar, dan informasi terkait Telkomsel Poin Anda.

Cara Bijak Menggunakan Layanan Veronika

Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan sebuah layanan berbasis digital. Meskipun kita dilayani oleh sebuah mesin dengan kecerdasan buatan (AI), tapi, kita tetap harus sopan dan bijak menggunakannya, ya. Hal tersebut dikarenakan, ada sejumlah syarat dan ketentuan penggunaan layanan dari Telkomsel.

Nah, berikut telah saya rangkum, syarat dan ketentuan apa saja saat kita menggunakan layanan ini:

1. Menggunakan Bahasa yang Baik

Telkomsel tidak memperbolehkan para pelanggan berkata kasar saat bertanya. Selain itu, hindari juga bahasa-bahasa berbau vulgar, pornografi dan tidak etis. Jadi, berbicaralah sopan kepada Mba Veronika saat mengajukan pertanyaan.

Selain itu, tidak diperbolehkan juga melecehkan, menghina, atau mengancam orang atau badan lain. Dilarang juga melakukan chat spamming kepada layanan virtual ini, dan kata-kata yang bersifat SARA (Suku, Agama, dan Ras).

2. Tidak Boleh Mengirim File ke Layanan Veronika

Perlu diketahui, Mba Veronika ini hanya melayani pertanyaan seputar layanan maupun produk. Jadi, Telkomsel tidak memperbolehkan kita untuk mengirim file seperti audio, gambar, link tautan, atau dokumen lainnya.

File yang dimaksud di sini memiliki cakupan yang luas. Mulai dari dokumen berizin yang tidak diperbolehkan untuk dibagikan, hingga file yang masuk kategori pornografi.

3. Melakukan Hal-Hal yang Bertentangan dengan Hukum

Ada beberapa hal yang bertentangan dengan hukum yang tidak boleh dilakukan pada layanan ini. Adapun hal-hal tersebut yaitu seperti:

  • Memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain
  • Melakukan pelanggaran keamanan layanan 
  • Melakukan ilegal akses ke dalam layanan Virtual Assistant Telkomsel

Cara Bertanya ke Veronika

Di sini akan saya coba jelaskan pengalaman saya saat menggunakan layanan Veronika. Channel yang akan dibahas di sini, merupakan channel yang sering saya gunakan, yaitu Whatsapp. Berikut cara-caranya, lengkap dengan screenshot agar mudah dipahami:

1. Sapa Veronika dengan Kata “Hai”

Tanya Veronika Asisten Virtual
Dokumen Pribadi

Agar lebih mudah dan singkat, untuk memulai Anda bisa ketik “Hai” via Whatsapp di nomor 081111111111. Lalu, Veronika akan merespon cepat chat Anda. Dia akan merespon dengan beragam informasi yang bisa Anda tanyakan sesuai dengan pada gambar di atas.

2. Pilih Informasi yang Ingin Diketahui

Tanya Veronika Asisten Virtual Langsung Saungwriter
Dokumentasi Pribadi

Dari gambar di atas, Anda bisa melihat ada beberapa pilihan informasi yang bisa Anda tanyakan. Mulai dari isi pulsa, beli paket, tukar poin, kirim paket ke teman, dan informasi lainnya.

Silahkan Anda pilih salah satu sesuai dengan informasi yang ingin diketahui. Contoh, jika memilih layanan Beli Paket, maka Anda akan dipandu memilih paket yang diinginkan, sekaligus proses pembeliannya. Artinya, kita bisa membeli paket internet, telepon, maupun SMS, via aplikasi Whatsapp.

Kesimpulan

Banyaknya layanan dan produk dari Telkomsel kini tidak akan lagi membuat bingung para customer. Karena hadirnya layanan Veronika yang lebih pintar, membuat siapa saja mudah untuk mendapatkan semua informasinya. 

Bahkan, dengan hadirnya layanan ini, kita tidak perlu lagi ribet mencari informasi melalui kode MMI maupun ke GraPARI terdekat.

Itulah informasi terkait pembahasan seputar layanan Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel. Mbak Veronika sangat membantu pelanggan setia Telkomsel yang tidak mau ribet, seperti saya.  Karena, layanan ini siap membantu 7 x 24 jam melalui Whatsapp, dan channel-channel lainnya. Tertarik mencoba?

Apa Saja Fitur Veronika AI Telkomsel?

Menjawab pertanyaan pelanggan, mengetahui informasi pengguna, info tentang paket internet, telpon dan SMS dan dapat menggantu pelanggan untuk mengakses semua informasi layanan bantuan Telkomsel.

Bagaimana Cara Menghubungi Veronika?

Ada banyak cara, pertama bisa melalui aplikasi telkomsel, berikutnya ada Facebook messenger, selanjutnya bisa menggunakan telegram, whatsapp, line, dan melalui website telkomsel.

Bagaimana Cara Menggunakan Chatbot Veronika?

Contoh kasus menggunakan whatsapp: Hubungi ke nomor 081111111111 (angka 1 ada 10 kali), setelah itu kirim pesan “Hai”, secara otomatis veronika akan menjawab dan memberikan daftar pertanyaan. Selanjutnya silakan tanyakan sesuai kebutuhan.

Artikel ini diproduksi oleh Saungwriter.com – Jasa Penulis Artikel SEO, dan dipublikasikan oleh Danu Adji, dan di edit Oleh Della Cahya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print
Danu Adji

Danu Adji

Tinggalkan komentar