Menelisik Apa Itu Kecerdasan Buatan dan Contohnya

Dewasa ini, Artificial Intelligence (AI), atau yang disebut kecerdasan buatan sudah berpengaruh pada pekerjaan manusia. AI merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah mesin untuk belajar dari pengalaman. Bahkan, AI juga bisa menyesuaikan input-input baru untuk menjalankan berbagai tugas.

Ide kecerdasan buatan sendiri sudah ada cukup lama. Bahkan, dari tahun ke tahun, teknologi ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. AI juga bahkan sudah diaplikasikan ke dalam berbagai perangkat komputer.

Pengenalan AI Lebih Dekat  

Kecerdasan buatan adalah sebuah sistem komputer. Sistem tersebut dapat melakukan berbagai pekerjaan. Bahkan, tidak terkecuali pekerjaan yang umumnya dikerjakan oleh manusia.

Teknologi AI umumnya membutuhkan data dan pengetahuan. Sistem kerjanya mirip seperti sistem kerja manusia.  Nah, nantinya, data dan pengetahuan akan membuat AI menjadi lebih pintar.

Kategori  definisi kecerdasan buatan terbagi ke dalam beberapa bagian sebagai berikut:

  • Self correction
  • Learning
  • Reasoning  

Dengan ketiga kategori di atas, teknologi tersebut mampu memperkaya pengetahuannya. Namun, proses belajar AI, semuanya dilakukan oleh manusia. Itulah kenapa, semakin tahun, tekonologi ini terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Self correction merupakan bagian paling menarik dalam teknologi tersebut. Fungsi dari istilah ini yaitu untuk mengoreksi diri sendiri. Sederhananya, AI adalah teknologi yang diprogram untuk terus membenahi diri dan belajar dari kesalahan.

Kelebihan yang Dimiliki AI 

Artificial Intelligence memiliki kepintaran yang lebih unggul dari manusia. Kita ambil contoh dalam kasus Alphago, yang merupakan teknologi AI dari Google Deep Mind. Teknologi ini dibuat khusus untuk mempelajari permainan papan Go.

Secara mengejutkan AlphaGo berhasil mengalahkan pemain Go bernama Lee Sedol, dari Korea Selatan. Sebagai informasi, Lee Sedol sendiri merupakan pemain papan Go ternama dari Negeri Gingseng tersebut.

Salah satu alasan kenapa manusia bisa dikalahkan oleh AlphaGo, yaitu, teknologi yang diaplikasikan bisa mensimulasikan beberapa pertandingan pada waktu bersamaan. Sederhananya, AlphaGo memiliki pengalaman dan proses belajar yang jauh lebih banyak dibandingkan manusia.

Apa yang Bisa Dilakukan Oleh Artificial Intelligence?

AI adalah teknologi yang bisa melakukan banyak hal. Algoritma kecerdasan buatan ini, secara garis besar bisa melakukan 4 hal berikut:

  1. Memiliki sistem bernama act rationally yang memungkinkannya untuk bertindak secara rasional.
  2. Dilengkapi dengan sistem acting humanly. Sistem ini memungkinkan AI agar bisa bertindak layaknya manusia.
  3. Selain bertindak rasional, AI juga bisa berpikir rasional. Karena, teknologi ini dilengkapi dengan sistem think rationally yang canggih.
  4. Dibekali dengan sistem thinking humanly. Sistem tersebut memungkinkan AI untuk bisa berpikir layaknya manusia.

Contoh AI yang Ada di Sekitar Kita

Seperti yang dijelaskan di atas, AI sudah diaplikasikan ke dalam berbagai teknologi berbasis komputer. Bahkan, contoh-contohnya sebenarnya ada di sekitar kita, dan mungkin sering kita gunakan. Berikut beberapa contohnya:

1. AI Pada Fitur Rekomendasi E-Commerce

Anda sering belanja online? Ingin tahu kenapa toko online yang biasa Anda gunakan bisa merekomendasikan produk kepada pelanggannya? Ya, semua itu diolah oleh teknologi berbasis AI. 

Teknologi tersebut, bahkan dapat merekomendasikan produk yang sedang kita inginkan. AI akan memproses prediksi produk yang sedang dicari oleh para pelanggan.

2. AI Pada Layanan Asisten Virtual

Asisten virtual merupakan layanan yang dibuat oleh beberapa perusahaan. Contohnya seperti Google assistant, asisten virtual provider kartu seluler, dan lainnya. Asisten virtual ini, bisa kita ajak berinteraksi untuk bertanya terkait layanan, produk, dan hal lainnya. 

3. AI Pada Fitur DeepFace Facebook

Facebook saat ini telah melengkapi fiturnya dengan sebuah teknologi AI yang canggih. Fitur ini terdapat pada foto yang kita unggah. DeepFace milik FB, memungkinkan penggunanya untuk meng-upload foto, dan menandai secara otomatis dengan mengenali wajah mereka pada postingan foto.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual: #1 AI Cerdas dari Telkomsel

Teknologi kecerdasan buatan saat ini telah membantu manusia dalam banyak hal. Bahkan, AI berhasil memengaruhi cara manusia berinteraksi, meningkatkan kenyamanan layanan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print
Danu Adji

Danu Adji

Tinggalkan komentar