Apa Itu SEO

Pengertian Singkat SEO 

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk mengoptimasi halaman website / aplikasi yang berisi text, video atau gambar untuk menduduki peringkat teratas dalam mesin pencari.

Pengertian SEO Secara Luas 

SEO jadi salah satu praktik modern terbaik untuk mengoptimalkan kunjungan pada halaman website / aplikasi dengan berbagai jenis kebutuhan. Misalnya, meningkatkan kepercayaan, branding atau penjualan. Mesin pencari dipilih untuk kasus tersebut karena mewakili kontak pertama antara pemilik bisnis dan calon pelanggan dan hal ini menjadi prospek bagus.

Bisnis ideal akan selalu menggunakan SEO dalam membangun interaksi dengan calon pelanggan, karena pengunjung organik adalah target pasar yang paling potensial.

Mesin pencari dapat mengindeks halaman website / aplikasi (sesuai kebutuhannya) dan menempatkan pada peringkat teratas dengan mempertimbangkan kualitas halaman & isi konten. Untuk membuat halaman yang disukai mesin pencari dan mendapat ranking terbaik, SEO adalah solusi yang paling tepat.

SEO tidak hanya untuk google atau mesin pencarian seperti bing, yahoo, yandex. Praktik SEO dapat terjadi untuk facebook, youtube, instagram, google play store, tokopedia, shopee, dan semua halaman web / aplikasi yang menyediakan kolom pencarian.

Pada kesempatan ini, fokus yang akan diulik adalah SEO pada Google. Google mempunyai sistem otomatis yang membantu mereka merangking suatu halaman website dengan parameter tertentu.

Cara Kerja SEO Google

Sistem akan bekerja secara terstruktur dan teratur sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Kerja SEO Google sendiri dibagi menjadi 3, yaitu crawling, indexing dan ranking. Masing-masing mempunyai pekerjaan yang berbeda, namun saling berkaitan.

Crawling 

Crawling atau bisa disebut dengan bot spiders adalah sistem otomatis yang difungsikan sebagai alat pengumpulan informasi. Informasi berupa konten artikel, video, gambar, suara & rss feed dan disimpan dalam database mesin pencari. Googlebot adalah spiders milik google yang menguasai data pencarian terbesar dari seluruh mesin telusur di seluruh dunia.

Indexing 

Indexing adalah proses pengindeksan informasi yang disimpan dalam database agar dapat muncul pada mesin pencari. Proses indexing pada google membutuhkan waktu yang berbeda setiap halaman websitenya. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas & kredibilitas dari sebuah website.

Ranking 

Ranking adalah proses awal pemindahan konten website dari yang awalnya hanya di indeks saja, beralih ke peringkat halaman tertentu dengan kata kunci yang ditarget. Google memiliki parameter tertentu untuk membuat halaman website mendapatkan peringkat terbaik, dan parameter ini sering disebut algoritma.

Parameter Google Modern Agar Mudah Halaman 1

Algoritma google terus melakukan pembaruan, tujuannya agar pembaca mendapatkan hasil koten terbaik di mesin pencari. Ada beberapa parameter yang menjadi faktor tercepat suatu halaman website menduduki peringkat teratas google.

1. Domain Authority 2.0 

Domain authority 2.0 merupakan parameter baru yang tidak hanya dinilai dari kualitas tautan (atau sering disebut backlink), namun juga dari keahlian, otoritas dan kepercayaan. Dengan kata lain, isi konten website harus dibuat oleh seorang ahli atau profesional, merek dagang yang terdaftar (nama brand terdaftar & legal di pemerintah) dan sumber informasi harus akurat & kredibel menjadi hal penting meningkatkan domain authority.

2. SSL & Sistem Keamanan

Secara garis besar, SSL berfungsi untuk mengenkripsi semua data website agar lebih aman. Karena alasan tersebut google memberikan penilaian lebih baik untuk situs yang menggunakan SSL. Google tidak ingin pembaca mengakses situs yang berbahaya (terdapat virus, data bocor), berpotensi penipuan & pencurian data.

3. Tampilan Visual 

Tampilan visual erat kaitannya dengan keahlian UI (user interface), ini menjadi faktor kenyamanan bagi pembaca. Desain visual yang menarik dapat membuat pembaca lebih betah, pembaca lebih percaya, dan dari sisi website punya kesempatan untuk diingat oleh pembaca karena kesan pertama yang mengesankan.

4. Fungsi Situs

Situs yang memiliki fungsi tertentu dan dapat melibatkan pengguna didalamnya akan menjadi prioritas google. Misalnya situs yang merekomendasikan perusahaan hosting, selain memberikan listing / daftar perusahaan hosting terbaik, website tersebut juga menyediakan tools untuk mengecek kecepatan website.

5. Konten Riset 

Pembuat konten yang bagus, tidak hanya datang dari profesional / ahli pada bidang tertentu, namun mereka juga harus bisa melakukan riset khusus untuk kebutuhan SEO. Misalnya seperti riset LSI keyword, riset konten kompetitor, strategi internal link, pemilihan konten pendukung (gambar & video) serta menyampaikan informasi tidak hanya user friendly, namun juga SEO friendly.

6. Waktu Tayang Halaman

Waktu tayang adalah waktu total rata rata yang dihabiskan pembaca dalam membaca konten website. Ini penting!.. Waktu tayang halaman adalah indikator penting dalam mencapai ranking terbaik google. Google hanya bisa membaca kesenangan pembaca dari waktu tayang, semakin lama halaman terbuka dan dibaca, google menganggap halaman tersebut terpercaya.

7. Kata Kunci 

Halaman yang dioptimasi SEO, tidak hanya terbatas pada penggunaan heading, paragraf yang mudah dibaca (readable) dan isi konten yang lengkap, namun juga harus menyisipkan kata kunci yang ditarget. Ini sangat penting terutama untuk website yang baru dibangun. Kata kunci yang diletakkan pada konten, membantu memudahkan robot google untuk mengindeks halaman tersebut.

8. Backlink

Tujuan utama optimasi SEO adalah mendapatkan peringkat 1 google agar terjadi lalu lintas yang lebih banyak. Backlink sampai saat ini masih menjadi faktor pendorong paling kuat suatu halaman masuk halaman teratas google. Namun backlink tidak akan berpengaruh signifikan bila optimasi nomor 1-7 tidak dilakukan dengan benar.

Jenis SEO

Berdasarkan dengan teknik optimasinya, jenis SEO dibagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. 

SEO On Page fokus pada optimasi internal website, seperti struktur website, desain website, fungsi website, konten website, keamanan website, 90% optimasi SEO modern terjadi pada on page. 

SEO Off Page fokus pada optimasi eksternal website, seperti promosi website di media sosial & link building.

Kesimpulan 

SEO adalah investasi jangka panjang untuk melakukannya butuh serangkaian proses dan waktu. User memanfaatkan mesin pencari untuk mengetahui informasi yang mereka butuhkan. Ini kesempatan bagi pemilik bisnis untuk menjadikan SEO sebagai alat pemasaran baru yang bisa berinteraksi lebih dekat dengan mereka.

Butuh konten website?

Saungwriter Untuk Konten Pemasaran Anda.

Tingkatkan kunjungan, kepercayaan dan penjualan melalui konten artikel.

Layanan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram