Apa itu Backlink

Pernah mendengar istilah backlink atau tautan balik? Yaps, tidak sedikit pengguna blog dan website dibuat penasaran dengan istilah apa itu backlink. 

Sebagian dari mereka mencari tahu tentang apa pentingnya backlink dan manfaat backlink. Sebagian lagi yang sudah mengetahuinya akan mencari tahu bagaimana cara membuat dan mendapatkan backlink?

Bisa jadi Anda salah satu diantaranya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami bahas satu persatu di sini dalam sudut pandang pakar SEO.

Arti Backlink dalam Pandangan Pakar SEO

Pembahasan backlink menjadi sangat menarik ketika para pakar SEO mengatakan bahwa ini penting. Salah satunya Rand Fishkin yang menganggap backlink sangatlah berharga untuk SEO.

Artinya perkara backlink bukanlah hal yang main-main. Lalu apa itu backlink?

Backlink adalah tautan yang dibuat ketika satu situs web menautkan ke situs web lainnya.

Maka ada yang namanya pemberi dan penerima backlink. Dimana pemberi backlink adalah orang yang memberikan-menaruh link/tautan web orang lain di dalam web pribadinya. 

Sebaliknya, penerima backlink adalah website yang mendapatkan link/tautan dari pemberi backlink. Sederhananya website Anda dijadikan rujukan oleh website lain. Di situ Anda disebut sebagai penerima backlink.

Seberapa Pentingnya Backlink?

Jika website Anda ingin masuk peringkat pertama Google, maka bangunlah backlink. Ini akan membuat website Anda kuat dan tidak mudah digeser di mesin pencari.

Matthew Barby seorang Global Head of Growth and SEO di HubSpot mengatakan, halaman web dengan peringkat 1 memiliki rata-rata 168% lebih banyak tautan domain dibandingkan peringkat 5. Itu artinya salah satu faktor yang membuat website mendapatkan peringkat yang tinggi adalah backlink.

Maka sudah jelas jawabannya adalah sangat penting. Alasannya, adalah:

  • Melalui Backlink, Google dapat Menemukan Website Anda Lebih Mudah

Untuk menemukan halaman yang paling relevan mesin pencari Google akan melakukan crawling terhadap halaman dengan kata kunci yang dicari.

Backlink bisa menjadi peta sehingga aktivitas ini jauh lebih mudah.

Lebih banyak backlink maka website Anda mempunyai potensi lebih tinggi untuk masuk peringkat pertama mesin pencari. Jadi, selain konten yang bagus mempunyai backlink menjadi nilai lebih.

  • Backlink Dapat Mendatangkan Traffic

Jelas ini bukan hal yang aneh. Link website yang ditanam di website pemberi backlink berpotensi besar mendatangkan traffic.

Contoh kasus seperti ini, Anda mempunyai website/konten tentang harga kerudung. Kemudian Anda mendapatkan backlink dari website dengan konten style hijab. Tidak sedikit dari pengunjung tersebut juga akan ikut tertarik dengan harga kerudung. Sehingga ikut mem-follow backlink yang menuju pada website Anda.

Begitu contoh backlink dapat mendatangkan traffic. Tidak mustahil bukan? 

  • Meningkatkan Reputasi dan Kredibilitas Website

Saat Anda memasukan kata kunci, mesin pencari Google akan berusaha menampilkan hasil yang paling populer.

Apa yang disebut dengan yang paling populer? Tepatnya website yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik.

Bagaimana Google dapat menilai itu semua? Jawabannya adalah backlink.

Ketika ada yang menempatkan backlink yang menuju pada website Anda, itu artinya mereka percaya. Semakin banyak yang menempatkan backlink berkualitas maka semakin baik pula website Anda di mata Google.

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?

Untuk mendapatkan backlink ada beberapa cara. Aktivitas ini sering disebut dengan istilah link building. Secara garis besar ada dua cara diantaranya:

1. Mendapatkan Backlink Secara Natural

Agar website bisa mendapatkan backlink secara natural, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Membuat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tidak hanya panjang tapi juga harus berisi. Buatlah konten yang unik, lengkap dan solutif. Bila perlu tambahkan infografis. Inilah yang membuat orang lain percaya. Semakin baik, maka kredibilitas website semakin bagus.

Dengan demikian para blogger dan web developer tidak ragu memberikan backlink pada website Anda.

  • Menulis Konten untuk Blog Lain

Cara ini disebut dengan guest blogging, yaitu dengan menyumbangkan konten yang telah kita buat pada blog milik orang lain. Sebagai imbalannya Anda meminta backlink dari situs web tersebut.

Ini sangat mudah untuk dipraktekkan.

  • Manfaatkan Content Sharing Platform

Anda bisa memanfaatkan content sharing platform, seperti SlideShare dan kaskus untuk menanam link website.

Buatlah konten baru dengan pembahasan yang masih berkaitan dengan konten yang hendak ditanami backlink. Dalam isi kontennya masukan link tersebut.

Meski hanya bersifat nofollow tapi cara ini layak untuk dicoba.

2. Mendapatkan Backlink dengan Bantuan Pihak Ketiga

Ini merupakan cara instan yang bisa Anda terapkan, yaitu dengan memanfaatkan penyedia jasa backlink seo. 

Kesalahpahaman Dalam Melakukan Link Building

Melakukan link building bukan berarti menanam backlink sebanyak-banyaknya. Ini pemahaman yang salah dan perlu diluruskan.

Meskipun di atas sudah dijelaskan bahwa backlink sangat penting dan bermanfaat untuk website, tapi bagaimanapun juga kualitas backlink perlu diperhatikan. Jadi bukan asal backlink melainkan backlink yang berkualitas.

Ciri backlink yang berkualitas:

  • Berasal dari Website yang Baik

Yaitu website dengan nilai Domain Rating (DR) yang bagus. Selain itu tidak banyak link di dalamnya atau bukan website download.

  • Didapatkan dari Konten yang Relevan

Maksudnya adalah konten yang memiliki keterkaitan. Misal konten style hijab dengan konten harga/bahan kerudung. Keduanya relevan untuk saling memberikan backlink. Dari pembahasan apa itu backlink menurut pakar SEO, Anda harus sudah bisa membedakan antara backlink yang berkualitas dan tidak. Selanjutnya, silahkan Anda sudah siap membangun link building.

Kesimpulan

Backlink adalah salah satu komponen penting dalam melakukan optimasi SEO website. Ini tidak diragukan lagi. Namun bukan sembarang backlink, melainkan backlink berkualitas. Gunakan cara yang tepat untuk mendapatkan backlink berkualitas. Barulah Anda bisa merasakan semua manfaat dari backlink.

Butuh konten website?

Saungwriter Untuk Konten Pemasaran Anda.

Tingkatkan kunjungan, kepercayaan dan penjualan melalui konten artikel.

Layanan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram