Contoh Teks Prosedur Kompleks, Protokol, Pendidikan

contoh teks prosedur

Seperti apa contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari? Jika Anda penasaran, simak terus artikel ini karena itulah materi yang akan kita bahas hari ini.

Dalam keseharian, kita mungkin membutuhkan panduan untuk melakukan sesuatu. Dalam bahasa Indonesia, teks yang berisi tentang panduan atau tata cara melakukan sesuatu disebut dengan teks prosedur.

Contoh teks prosedur sederhana sebenarnya sangat sering kita temukan. Jika Anda memperhatikan kemasan mie instan, di balik kemasan tersebut ada teks prosedur sederhana yang bisa ditemukan.

Untuk memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang teks prosedur, mari kita bahas pengertian, struktur, hingga contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan lengkapnya berikut.

Pengertian Teks Prosedur

pengertian teks prosedur

Dalam KBBI V, prosedur diartikan sebagai tahap kegiatan untuk menyelesaikan sebuah aktivitas; metode atau langkah demi langkah secara pasti untuk memecahkan sebuah masalah.

Mengacu pengertian di atas, teks prosedur bisa didefinisikan sebagai sebuah teks yang mencoba memberikan penjelasan tentang tata cara melakukan sesuatu. Teks prosedur menjelaskan tahapan-tahapan untuk menyelesaikan aktivitas.

Kemudian, untuk teks prosedur kompleks, pengertiannya adalah sebuah teks prosedur yang menjelaskan suatu aktivitas atau kegiatan yang lebih rumit secara lengkap.

Pembuatan teks prosedur sebenarnya lebih sederhana daripada jenis teks yang lainnya. Anda hanya perlu menguasai tahapan atau langkah-langkah untuk membuat sesuatu, kemudian menuliskannya secara runtut dengan memperhatikan kaidah penulisan teks.

Struktur Teks Prosedur

Ciri kebahasaan teks prosedur

Sama seperti teks bahasa Indonesia lainnya, teks prosedur juga mempunyai struktur atau urutan penyusunan. Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.

  1. Tujuan
  2. Alat dan bahan
  3. Langkah-langkah
  4. Kesimpulan

Tujuan bisa berisi tentang alasan serta manfaat atas sesuatu yang akan dibuat. Misalnya, Anda ingin menjelaskan tata cara membuat alat pengusir tikus sederhana. Dalam bagian tujuan, Anda bisa memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa alat tersebut perlu dibuat. Kemudian, tujuannya tentu saja untuk mengusir tikus secara alami.

Kemudian, bagian alat dan bahan menjelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat sesuatu. Jika bahan membutuhkan takaran yang pasti, Anda harus menuliskan takarannya dengan pasti.

Setelah alat dan bahan ditulis, Anda tinggal menuliskan langkah-langkah atau tahapan untuk membuat sesuatu. Pada bagian ini, Anda juga perlu menggunakan kalimat yang efektif agar mudah dipahami oleh pembaca.

Terakhir, bagian kesimpulan dalam teks prosedur sifatnya opsional. Jika dirasa perlu, Anda bisa menambahkan bagian kesimpulan. Akan tetapi, jika tidak perlu, Anda pun tidak perlu memaksakan diri untuk menuliskan kesimpulan.

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur

struktur teks prosedur

Teks prosedur mempunyai kekhasan dalam penggunaan bahasa. Karena berisi panduan untuk melakukan sesuatu, jenis teks ini lebih banyak menggunakan kalimat-kalimat perintah. Berikut adalah ciri kebahasaan teks prosedur yang perlu diketahui.

1. Menggunakan Kalimat Perintah

Kalimat perintah ditandai dengan penggunaan akhiran -kan, -i, -lah. Kalimat perintah dalam teks prosedur biasanya terdapat di bagian langkah-langkah.

Contoh kalimat perintah:

  • Masukkan garam, merica, penyedap rasa, dan sedikit gula setelah air mendidih.
  • Lubangi kertas dengan menggunakan perforator atau alat pembolong kertas.
  • Bungkuslah adonan roti dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Menggunakan Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah konungsi yang menyatakan waktu atau konjungsi yang menyatakan urutan (kronologis). Contoh konjungsi temporal adalah lalu, kemudian, setelah itu, selanjutnya.

3. Menggunakan verba material dan verba tingkah laku

Ini adalah ciri kebahasaan yang paling sulit dalam teks prosedur. Anda mungkin tidak kesulitan membedakan mana kata kerja dengan kata benda. Akan tetapi, untuk membedakan kata kerja material dengan kata kerja tingkah laku, barulah kesulitan itu muncul.

Verba material mengacu pada kata kerja yang menunjukkan Tindakan atau perbuatan secara fisik yang dilakukan oleh seseorang. Struktur kalimatnya bisa berupa Subjek (pelaku) + verba material + objek (sasaran).

Contoh verba material adalah sebagai berikut.

  • Anton mengendarai sepeda baru.
  • Budi menebang pohon yang hampir roboh di samping rumahnya.
  • Dito memukul bola dengan kekuatan penuh.
  • Citra menulis hal-hal penting yang harus dilakukan esok hari.
  • Putri menggambar pemandangan alam dengan sangat indah.

Kemudian, verba tingkah laku mengacu pada sikap seseorang. Jadi, bukan tindakan yang bisa dilihat, tetapi tindakan yang menyatakan sikap seseorang.

Contoh verba tingkah laku adalah sebagai berikut.

  • Puspita menolak ajakan Indri untuk pergi ke pesta ulang tahun Putri.
  • Justin menikmati kopi yang disajikan oleh sepupunya.
  • Intan menerima hadiah dari Asep, suami yang sangat ia cintai.
  • Desta merasa yakin bahwa Antonlah yang mencuri kotak pensil miliknya.

Batasan antara verba material dengan verba tingkah laku memang sangat tipis. Untuk membedakannya secara mudah, verba material menunjukkan tindakan yang bisa dilihat, sementara verba tingkah laku menunjukkan tindakan yang berupa sikap seseorang.

4. Menggunakan Kata Bilangan

Kata bilangan dalam teks prosedur digunakan untuk menandai urutan. Contoh kata bilangan yang dimaksud, di antaranya, adalah pertama, kedua, ketiga, dan keempat.

Kemudian, kata bilangan juga dipakai untuk menyatakan intensitas (banyak atau sedikit). Misalnya, tuangkan 5 ml air ke dalam adonan kue.

5. Menggunakan Kalimat Interogatif

Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Contohnya, “Tahukah Anda bagaimana cara membuat alat pengusir nyamuk yang alami?”

Kalimat seperti ini biasanya muncul pada bagian tujuan. Tujuan digunakannya kalimat interogatif adalah untuk menarik perhatian pembaca terhadap sesuatu yang akan dijelaskan.

6. Menggunakan Kalimat Deklaratif

Kalimat deklaratif adalah kalimat pernyataan biasa. Contohnya, “Alat pengusir nyamuk yang alami dibuat dari bahan alami.” Kalimat deklaratif digunakan untuk menjelaskan sesuatu.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Jenis teks prosedur kompleks

Setelah mengetahui pengertian, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur, selanjutnya kalian juga harus memahami beberapa jenis teks prosedur. Secara umum, jenis-jenis teks prosedur adalah sebagai berikut.

  1. Teks prosedur kompleks, yakni teks prosedur yang berisi panduang atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang rumit.
  2. Teks prosedur tentang protokol, yakni teks prosedur yang berisi tata cara melakukan sesuatu sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama.
  3. Teks prosedur tentang pembuatan produk, yakni teks prosedur untuk membuat makanan, minuman, kerajinan, atau produk-produk lainnya.

Itulah beberapa dasar-dasar pemahaman tentang teks prosedur. Setelah memahami beberapa poin di atas, Anda bisa melihat beberapa contoh teks prosedur berikut.

Pada penjelasan contoh teks prosedur di bawah, akan ada beberapa contoh sesuai dengan jenis-jenisnya. Langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

Contoh Teks Prosedur yang Baik dan Benar

contoh teks prosedur kompleks

Sebenarnya, tidak susah untuk membuat teks prosedur. Seperti yang sudah dibahas di awal, teks prosedur hampir selalu bersinggungan dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Contoh teks prosedur yang paling sederhana pun bisa ditemukan di balik kemasan-kemasan makanan.

Namun, kali ini, contoh teks prosedur yang akan dibahas adalah yang sesuai dengan kaidah dalam bahasa Indonesia, yakni ada tujuan, alat dan bahan, serta langkah-langkah.

1. Contoh Teks Prosedur dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Mencuci Baju dengan Menggunakan Tangan

Tujuan

Di era yang sudah modern seperti ini, mencuci baju dengan mesin cuci memang lebih praktis dan hemat waktu. Anda bisa mencuci baju sambil menyelesaikan tugas rumah yang lainnya. Akan tetapi, pernahkah Anda memikirkan bahwa mencuci baju dengan menggunakan tangan punya banyak keunggulan?

Untuk menjaga baju agar tetap awet, mencuci baju dengan tangan lebih disarankan. Jenis baju yang disarankan untuk dicuci dengan menggunakan tangan adalah baju yang terbuat dari bahan sutra, satin, renda, atau bahan berserat dari benang wol.

Untuk pakaian anak atau orang dewasa yang ada noda membandelnya, Anda juga bisa mencucinya dengan tangan. Dengan begitu, Anda bisa memberikan perhatian khusus pada noda membandel tersebut agar bisa hilang.

Bagaimana tips dan cara mencuci baju dengan menggunakan tangan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Alat dan Bahan

Untuk mencuci dengan menggunakan tangan, berikut adalah alat dan bahan sederhana yang harus Anda siapkan.

  1. Detergen
  2. Ember
  3. Air bersih
  4. Pelembut pakaian
  5. Pakaian yang akan dicuci

Langkah-Langkah

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda bisa memperhatikan tips sekaligus langkah-langkah mencuci baju dengan tangan yang baik dan benar. Berikut ulasannya.

  1. Pertama, pisahkan baju putih dengan baju yang berwarna untuk menghindari pakaian yang luntur.
  2. Kedua, untuk pakaian dengan noda membandel, lakukan perawatan terhadap noda terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, isilah ember dengan air dingin dan tambahkan detergen secukupnya.
  4. Masukkan pakaian dan rendam kurang lebih 15-30 menit supaya zat dalam detergen bisa bekerja maksimal untuk mengangkat noda dan bekas keringat.
  5. Kucek pakaian dengan lembut. Hindari mengucek dengan keras agar pakaian tidak lecet atau rusak.
  6. Kosongkan air detergen dan ganti dengan air bersih untuk membilas.
  7. Bilaslah pakaian sampai semua busa menghilang. Agar lebih cepat dan mudah, sebaiknya gunakan dengan ember.
  8. Setelah itu, siapkan ember yang berisi air bersih dan berikan cairan pelembut pakaian.
  9. Masukkan cucian yang sudah diperas airnya ke ember yang berisi air dengan campuran pelembut pakaian.
  10. Rendam lagi selama 10 – 15 menit.
  11. Peras pakaian dan jemur di daerah yang terkena sinar matahari.

Kesimpulan

Demikian adalah langkah-langkah mencuci menggunakan tangan yang baik dan benar. Supaya tidak terlalu lelah, cucilah pakaian setiap hari.

2. Contoh Prosedur tentang Protokol Kesehatan

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar sesuai Imbauan Kementerian Kesehatan

Tujuan

Di era pandemi seperti ini, mencuci tangan menjadi aktivitas wajib yang harus sering-sering dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Untuk menyingkirkan kuman-kuman nakal di tangan, Anda wajib mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Langkah-langkah yang benar sesuai imbauan Kementerian Kesehatan Indonesia adalah sebagai berikut.

Alat dan Bahan

  1. Sabun cuci tangan
  2. Air mengalir

Langkah-Langkah Mencuci Tangan

  1. Basahi tangan dengan menggunakan air mengalir, gosok sabun pada telapak tangan. Usap dan gosok kedua telapak tangan dengan arah memutar.
  2. Kemudian, usap dan gosok juga bagian punggung tangan secara bergantian.
  3. Gosok bagian sela-sela tangan sampai bersih.
  4. Gosok juga ujung jari dengan posisi saling mengunci.
  5. Gosok ibu jari secara bergantian.
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok-gosokkan perlahan.
  7. Bilas menggunakan air bersih dan segera keringkan.

Kesimpulan

Itulah cara mencuci tangan yang benar menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Lima waktu penting yang wajib melakukan cuci tangan adalah sebelum makan, sesudah buang air besar, sebelum menyentuh makanan, sebelum menyusui, dan setelah beraktivitas.

Jika tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya. Akan tetapi, cuci tangan pakai sabun tetap lebih efektif dibandingkan menggunakan hand sanitizer.

3. Contoh Teks Prosedur Kompleks tentang Lingkungan Sekolah

Cara Menghias Ruang Kelas Menggunakan Tema Dekorasi Cat Tumpah

Tujuan

Untuk membuat ruangan kelas lebih berwarna dan nyaman, kamu bisa membuat beragam dekorasi. Ada banyak sekali ide dekorasi untuk ruangan kelas. Kali ini, ide dekorasinya bertemakan dekorasi cat tumpah.

Pada bagian candela, agar sinar matahari yang terlalu menyengat tidak mengganggu kenyamanan ruangan, kamu bisa memakai dekorasi cat tumpah sebagai tirai. Bagaimana cara membuatnya? Simak informasi lengkapnya berikut.

Alat dan Bahan Membuat Dekorasi Cat Tumpah:

  1. Kaleng bekas cat 5 buah atau sesuaikan dengan panjang jendela
  2. Kain tile warna-warni
  3. Cat berwarna emas atau perak, sesuaikan dengan warna cat ruang kelas
  4. Lem Alteco

Langkah-Langkah membuat Dekorasi Cat Tumpah

  1. Bersihkan kaleng atau ember bekas cat dan lapisi bagian luarnya dengan cat berwarna emas atau perak.
  2. Jemur kaleng cat sampai cat kering dan tertempel sempurna.
  3. Tempelkan kain tile ke bagian dalam kaleng cat lalu tata agar ujung kain tile menjuntai ke bawah.
  4. Sesuaikan panjang ujung kain tile pada kaleng cat agar terlihat rapi.
  5. Gantungkan kaleng cat tersebut dengan posisi miring di atas jendela kelas.
  6. Tirai bertema cat tumpah pun selesai dibuat

Kesimpulan

Jika ingin yang lebih sederhana, kamu tak perlu mengecat kaleng bekas ember. Kamu hanya perlu membersihkannya agar terlihat rapi.

Demikian adalah ide untuk mendekorasi ruangan kelas agar lebih indah. Gunakan ide ini pada saat sekolah mengadakan lomba dekorasi ruang kelas.

4. Contoh Teks Prosedur Membuat Nasi Goreng

Cara Membuat Nasi Goreng yang Enak dan Mudah

Tujuan

Nasi goreng adalah makanan sederhana yang mudah dimasak. Untuk membuat nasi goreng yang enak, Anda bisa mengikuti resep mudah dan sederhana berikut ini.

Alat dan Bahan

  1. Nasi putih satu piring
  2. Bawang merah 3 butir
  3. Bawang putih 1 butir
  4. Cabe rawit sesuai selera
  5. Garam secukupnya
  6. Kecap secukupnya
  7. Telor 1 buah
  8. Daun bawang
  9. Sawi
  10. Minyak 1 sdm
  11. Wajan dan kompor

Langkah-Langkah

  1. Haluskan bumbu-bumbu, yakni bawang merah, bawang putih, cabai.
  2. Potong daun bawang dan sawi sesuai selera
  3. Nyalakan kompor dengan api sedang
  4. Letakkan wajan di atas kompor dan tuangkan 1 sdm minyak ke wajan
  5. Tunggu sampai minyak panas, lalu masukkan telur, orak-arik telur, dan angkat.
  6. Masukkan bumbu halus ke wajan, lalu tumis hingga berbau wangi.
  7. Masukkan nasi putih dan aduk-aduk hingga merata.
  8. Setelah itu, tambahkan garam dan kecap secukupnya.
  9. Masukkan daun bawang, sawi, dan telur yang sudah diorak-arik.
  10. Masak sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Angkat dan sajikan.

Kesimpulan

Itulah cara membuat nasi goreng yang sederhana untuk satu porsi. Saat lapar melanda dan Anda malas untuk keluar rumah, Anda bisa membuat nasi goreng dengan bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah di atas. Semoga bermanfaat!

5. Contoh Teks Prosedur tentang Pendidikan

Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian

Tujuan

Masa-masa ujian menjadi masa-masa melelahkan bagi pala pelajar. Proses belajar selama satu semester ditentukan dalam beberapa pekan masa ujian. Lalu, adakah cara untuk bisa belajar lebih efektif di pekan ujian?

Hal yang Harus Disiapkan untuk Belajar Efektif (Alat dan Bahan):

  1. Buku catatan atau modul belajar
  2. Alat tulis
  3. Kamar yang bersih
  4. Suasana yang nyaman

Langkah-langkah belajar efektif:

  1. Untuk bisa belajar efektif, Anda membutuhkan ruangan yang nyaman. Ruangan yang nyaman berarti rapi, memiliki pencahayaan yang tepat, dan bersih. Jadi, langkah pertama untuk mulai belajar efektif adalah menyiapkan ruangkan yang nyaman.
  2. Belajarlah dengan sistem 25-5. Artinya, 25 menit belajar, lalu 5 menit istirahat. Setelah periode belajar ini mencapai 4 kali pengulangan, Anda bisa istirahat selama 15 menit. Cara ini lebih efektif dibandingkan memaksakan diri untuk terus-menerus belajar. Otak Anda harus rileks agar bisa menerima lebih banyak materi.
  3. Rileks dan fokus pada tujuan utama untuk memahami materi.

Kesimpulan:

Sebagian besar siswa salah dalam menjalankan metode belajar. Tujuan belajar adalah untuk memahami sesuatu, bukan sekadar menghafal. Oleh karena itu, sebaiknya belajarlah setiap hari untuk memahami setiap materi baru yang diterima, bukan hanya belajar ketika mendekati ujian.

6. Contoh Teks Prosedur Membuat Kue

Cara Membuat Kue Churros Enak dan Mudah

Tujuan

Churros adalah kue tradisional asal Spanyol dan Portugal. Kue tradisional tersebut merupakan adonan pastry yang digoreng. Ternyata, untuk membuat kue kering tersebut tidak susah lho, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja. Mari kita buat camilan ringan sendiri di rumah.

Alat dan Bahan

  1. 150 gram tepung terigu serbaguna
  2. 250 ml susu UHT atau air putih
  3. 100 gram margarin (butter lebih baik)
  4. ½ sendok the garam
  5. 3 butir telur
  6. Gula halus
  7. Bubuk cinnamon
  8. Butterscotch
  9. Selai coklat
  10. Minyak goreng

Langkah-langkah membuat churros:

  1. Anda boleh memilih akan menggunakan air atau susu UHT plain. Jika menggunakan susu UHT, churros akan lebih gurih dan bergizi. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan air biasa.
  2. Siapkan panci, kemudian tuang susu atau air, butter atau margarin, garam. Masak hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, matikan api sejenak lalu aduk hingga adonan kalis.
  4. Nyalakan api lagi selama kurang lebih dua menit. Aduk-aduk adonan sampai dasar panci membentuk selaput tipis.
  5. Biarkan adonan dingin selama 15 menit.
  6. Setelah itu, mixer telur satu per satu sampai sedikit mengembang.
  7. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam adonan dan aduk sampai tercampur semua.
  8. Masukkan adonan ke dalam plastic, lalu tempelkan spuit dengan lubang besar di bagian ujung.
  9. Panaskan panci berisi minyak. Masukkan adonan ke dalam panci. Goreng hingga adonan berwarna keemasan. Gunakan api kecil untuk menggoreng agar tidak gosong.
  10. Angkat churros yang sudah matang dan taburkan gula halus dan bubuk cinnamon di atasnya.
  11. Churros pun siap disantap.

Kesimpulan

Membuat churros yang lezat ternyata sangat mudah. Jika Anda ingin menikmati churros dengan lebih lezat, Anda bisa membbuat saus coklat. Churros sangat lezat dimakan bersama saus coklat.

7. Contoh Teks Prosedur Membuat Kerajinan

Cara Membuat Bingkai Foto Sederhana dari Sedotan

Tujuan

Apakah kamu memiliki banyak sekali sampag sedotan di rumah? Jangan dibuang, ya. Limbah rumah tangga tersebut juga bisa dijadikan kerajinan yang unik, lo. Untuk mengurangi sampah plastik, mari kita olah sedotan menjadi kerajinan yang menarik, yakni bingkai foto.

Alat dan Bahan:

  1. Gunting
  2. Sedotan
  3. Pensil
  4. Bingkai kayu polos
  5. Lem

Langkah-Langkah Membuat Bingkai Foto Sederhana

  1. Susun sedotan di atas bingkai kayu polos yang ingin dihias. Anda bisa menyusun sedotan dengan warna yang sama atau warna yang berbeda.
  2. Potong sedotan menggunakan gunting sesuai dengan lebar bingkai kayu.
  3. Tempelkan sedotan pada bagian atas, bawah, sisi kanan serta sisi kiri bingkai kayu.
  4. Bingkai sedotan pun sudah jadi. Anda bisa memajang foto di dalam bingkai tersebut.

Kesimpulan

Daripada dibuang, lebih baik manfaatkan sedotan bekas sebagai kerajinan. Selain digunakan sebagai bingkai, sedotan juga bisa disulap menjadi bunga plastik. Selamat berkreasi.

Penutup

Teks prosedur menjadi salah satu jenis teks yang paling bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dengan menyusun teks panduan yang tepat, Anda bisa memberikan petunjuk yang bermanfaat bagi orang lain.

Itulah alasan mengapa Anda perlu menyimak beberapa contoh teks prosedur di atas. Setelah memahami tata cara membuat teks prosedur, sekarang giliran Anda untuk membuatnya sendiri.

Baca juga: Contoh Karya Ilmiah Singkat (KTI) yang Benar

Teks prosedur yang baik adalah yang mudah dimengerti. Selama Anda bisa menuliskan panduan dengan bahasa yang jelas dan efektif, Anda pasti bisa membuat teks prosedur yang bagus.

Semoga contoh teks prosedur ini bisa memberikan gambaran bagi Anda untuk membuat teks yang baik. Simak informasi penting lainnya di sini.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar