Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan

Apa yang paling penting dalam membuat surat lamaran kerja? Tak hanya informatif, Anda wajib menulis surat yang menjual dan tepat sasaran. Jika Anda masih bingung, contoh surat lamaran kerja ini mungkin bisa membantu
contoh surat lamaran kerja

Untuk Anda yang ingin segera mendapatkan pekerjaan, hal utama yang perlu Anda kuasai adalah kemampuan membuat surat lamaran kerja. Bagaimanapun, surat ini akan menjadi pintu utama yang menghubungkan Anda dengan recruiter. Untuk itu, pastikan Anda membuat surat yang sempurna.

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda tak boleh asal tulis atau copas dari internet. Surat yang Anda tulis bisa mencerminkan siapa diri Anda. Jika Anda mampu membuat surat yang baik, kemungkinan untuk lolos seleksi pegawai akan semakin tinggi.

Format Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Karena termasuk salah satu jenis surat resmi, surat lamaran kerja juga mempunyai format tersendiri. Seperti apa formatnya? Anda bisa mengikuti format berikut ini.

  1. Tempat dan tanggal surat
  2. Identitas surat
  3. Pihak yang dituju
  4. Salam pembuka
  5. Pembuka, berisi perkenalan
  6. Tubuh surat, berisi alasan mengapa perusahaan harus memilih Anda
  7. Penutup
  8. Salam penutup
  9. Tanda tangan dan nama terang

Baca juga: Contoh CV untuk Melamar Kerja

Jika disusun menjadi sebuah surat, format penulisan di atas akan menjadi template sebagai berikut.

(Tempat dan tanggal Surat)

Jakarta, 26 Juli 2020

(Identitas surat)

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 6 lembar

(Pihak yang dituju)

Yth. Kepala Personalia

PT Insan Merdeka

Jakarta

(Salam Pembuka)

Dengan hormat,

(Pembuka)

Berdasarkan informasi dari Kompas, PT Insan Merdeka sedang membutuhkan karyawan sebagai manager gudang. Saya ingin melamar posisi tersebut.

Berikut informasi singkat tentang diri saya.

  • Nama: Aldo Pratama
  • Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 28 Januari 1995
  • Pendidikan terakhir: S-1 Teknik Sipil
  • Alamat domisili: Jalan Talang Betutu Ujung Nomor 25, Kebon Jeruk, Tanah Abang
  • Nomor Telepon: 0859 2356 4567

(Tubuh surat)

Sebelumnya, saya pernah mempunyai pengalaman sebagai manager gudang di PT Jaya Makmur, Sidoarjo. Saya menempati posisi tersebut selama 1.5 tahun. Pada kesempatan ini, saya ingin melamar posisi serupa di PT Insan Merdeka.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan berkas sebagai berikut.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi KTP
  6. Surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya

(penutup)

Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

(salam penutup)

Hormat saya,

(nama terang dan tanda tangan)

Aldo Pratama

Dokumen Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Mengirim Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Setelah mengetahui format surat lamaran kerja yang benar, selanjutnya Anda harus menyiapkan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini menjadi pendukung kualifikasi Anda.

Semakin lengkap dokumen yang disiapkan, semakin banyak kesempatan Anda untuk lolos ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, siapkan dokumen berikut ini, ya.

1. CV atau Daftar Riwayat Hidup

CV adalah dokumen paling penting yang wajib dilampirkan dalam surat lamaran kerja. Daftar riwayat hidup tersebut berisi informasi tentang diri Anda dan prestasi-prestasi yang sudah Anda capai. HRD atau perekrut akan melihat CV untuk menentukan kualitas diri Anda.

2. Fotokopi atau Scan Ijazah Pendidikan Terakhir

Data selanjutnya yang juga penting adalah fotokopi ijazah. Jika Anda mengirimkan lamaran kerja dalam bentuk cetak, fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir wajib dilampirkan.

Kemudian, jika Anda mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, Anda cukup melampirkan scan ijazah dalam format .pdf. Ingat, formatnya .pdf bukan .jpg.

3. Fotokopi atau Scan Transkrip Nilai

Untuk Anda yang pendidikan terakhirnya S-1, ijazah yang dilampirkan belum memuat daftar nilai. Ijazah hanya berisi keterangan bahwa Anda telah lulus pada tanggal tertentu. Jadi, untuk melengkapinya, Anda masih membutuhkan lampiran lain, yaitu transkrip nilai.

Untuk lamaran langsung, silakan lampirkan fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Untuk lamaran menggunakan email, Anda bisa menggunakan scan transkrip nilai dengan format .pdf.

4. Fotokopi atau Scan SKCK

Poin keempat ini sifatnya tidak wajib. Akan tetapi, Anda juga perlu menyiapkannya. Beberapa perusahaan biasanya menyaratkan untuk melampirkan SKCK atau Surat Keterangan Cakap Kepolisian.

Oleh karena itu, sebelum ditagih, sebaiknya urus SKCK di kepolisian setempat, ya. Jika Anda sudah memiliki SKCK, Anda bisa langsung melampirkannya di berkas lamaran kerja.

5. Fotokopi atau Scan KTP

Sebagai berkas pelengkap lamaran kerja, tidak ada salahnya Anda melampirkan fotokopi atau scan KTP. Data ini perlu dilampirkan untuk memperjelas informasi diri Anda secara resmi.

6. Fotokopi atau Scan Sertifikat atau Piagam Prestasi

Jika Anda memiliki sertifikat atau piagam prestasi yang tertulis di CV, sebaiknya Anda juga melampirkannya dalam berkas surat lamaran kerja. Piagam tersebut akan menjadi nilai unggul dari diri Anda.  

Namun, jika Anda tidak memilikinya, tak perlu dilampirkan. Poin keenam ini sifatnya tidak wajib.

7. Surat Rekomendasi

Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, Anda pasti memiliki surat rekomendasi atau surat pengalaman kerja. Surat ini diberikan oleh perusahaan sebelum Anda mengundurkan diri.

Nah, jika Anda memilikinya, surat rekomendasi tersebut juga bisa dilampirkan di berkas lamaran kerja, ya.

8. Pas Foto Terbaru

Terakhir, dokumen yang harus Anda siapkan adalah pas foto terbaru. Jika Anda masih mempunyai banyak stok pas foto, sebaiknya lampirkan saja di berkas lamaran kerja Anda, ya.

Itulah beberapa berkas penting yang harus disiapkan sebelum membuat surat lamaran kerja. Dari 8 berkas yang disebutkan di atas, tiga berkas paling penting yang wajib ada adalah CV, ijazah, dan transkrip nilai.

Etika Mengirim Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja bisa dikirim dengan beberapa cara, yakni dikirim langsung, melalui pos, atau melalui email. Masing-masing mempunyai etikanya sendiri-sendiri.

Jika Anda mengirim lamaran kerja secara langsung atau melalui pos, susun berkas lamaran kerja secara rapi. Masukkan berkas lamaran kerja di amplop dan tuliskan alamat perusahaan secara lengkap. Pada bagian depan amplop, Anda juga bisa menuliskan posisi yang Anda lamar.

Setelah itu, datang langsung ke perusahaan pada jam kerja. Jika Anda mengirimkan berkas lamaran kerja menggunakan pos, estimasikan bahwa surat tersebut akan tiba pada jam kerja.

Kemudian, jika Anda mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, tuliskan surat sesuai format di atas di badan email. Kemudian, bagian subjek bisa diisikan posisi yang dilamar atau format tertentu sesuai yang diatur recruiter.

Untuk waktu pengirimannya, Anda juga harus mengikuti jam kerja kantor. Waktu terbaik untuk mengirim surat lamaran kerja melalui email adalah pagi hari antara pukul 08.00 – 10.00 atau sore hari antara pukul 15.00 – 16.00.

Itulah beberapa etika mengirim surat lamaran pekerjaan yang harus Anda perhatikan. Selanjutnya, silakan lihat beberapa contoh surat lamaran kerja berikut sebagai bahan referensi, ya.

Baca juga: Hak Karyawan Dalam Perusahaan yang Sesuai Aturan UU

Contoh Surat Lamaran Kerja 2020 untuk Berbagai Instansi

Contoh surat lamaran kerja via email

Menyusun surat lamaran kerja sebaiknya disesuaikan dengan instansi yang dilamar. Jika Anda melamar ke instansi pemerintahan, surat yang ditulis harus formal dan sesuai dengan aturan bahasa Indonesia.

Namun, jika Anda melamar ke instansi swasta, lamaran kerja bisa disusun lebih kreatif dengan menonjolkan kemampuan-kemampuan si pelamar. Berikut contoh surat lamaran kerja lengkap.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pendidikan

Contoh surat lamaran kerja kali ini ditujukan untuk Anda yang ingin melamar kerja di bidang pendidikan. Lamaran kerja ini harus formal dan sesuai ketentuan. Tuliskan dengan jelas posisi apa yang ingin Anda lamar.

Contoh surat lamaran kerja doc atau pdf hampir sama. Yang penting adalah isinya harus jelas. Simak struktur dan gaya bahasa melalui contoh berikut.

Jakarta, 26 Juli 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 6 lembar

Yth. Kepala SMK Negeri 1 Bogor,

Di tempat

Salam hangat

Dengan ini, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Bogor. Berikut perkenalan singkat tentang diri saya.

  • Nama: Rahardian Purnama
  • Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 31 Desember 1991
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
  • Pendidikan Terakhir: Sarjana Sastra
  • Alamat: Kebon Kelapa, RT 02/03, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.
  • Nomor Telepon: 0856 7890 1234

Menjadi guru adalah mimpi kecil saya. Selama ini, saya sudah menjalankan peran sebagai guru di bimbel. Saya ingin melanjutkan minat untuk menjadi guru di SMK Negeri 1 Bogor.

Untuk bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi ijazah
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Pas foto 4×6 terbaru
  5. Fotokopi piagam penghargaan
  6. Fotokopi piagam penghargaan
  7. Fotokopi sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan dengan setulus-tulusnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat

Hormat Saya,

Rahardian Purnama, S. S

Dari contoh surat lamaran kerja di atas, secara struktur, kita bisa melihat sendiri bahwa format penulisan surat lamaran untuk instansi Pendidikan sangat lengkap. Anda juga harus melampirkan sertifikat-sertifikat pendukung yang bisa menjadi nilai lebih Anda.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Perbankan

Contoh surat lamaran kerja 2020 yang banyak dicari adalah lamaran kerja untuk mendaftar di perbankan. Posisi pekerjaan di perbankan ada banyak, seperti teller, marketing, customer service, dan lain sebagainya.

Contoh kali ini adalah surat lamaran kerja untuk menjadi teller. Anda bisa memakai format sebagai berikut.

Kudus, 12 Maret 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 5 lembar

Yth. HRD

PT Bank Mandiri

Cabang Kabupaten Kudus

Salam hangat

Sesuai dengan informasi yang ada di instagram Lowongan Kerja Kudus pada 8 Maret 2020, PT Bank Mandiri Cabang Kudus sedang membuka lowongan sebagai teller. Saya ingin melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Berikut data diri singkat saya.

Nama: Bunga Kenanga

Tempat, Tanggal Lahir: Kudus, 25 April 1997

Pendidikan Terakhir: S1-Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

Alamat: Jalan Kemerdekaan Nomor 30, Undaan, Kudus

Saya mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif. Saya yakin bisa bekerja sebagai teller di Bank Mandiri dengan baik. Untuk bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, fotokopi KTP, dan pasfoto terbaru.

Demikian surat lamaran ini saya tulis dengan sejujur-jujurnya. Atas perhatian dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Salam hangat

Hormat saya,

Bunga Kenanga

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Pabrik

Untuk Anda yang ingin mendaftar kerja di pabrik, Anda bisa menggunakan format berikut. Tujuan surat bukan untuk kepala pabrik, tetapi bagian HRD atau personalia. Berikut contoh surat lamaran kerja pabrik.

Bekasi, 12 Mei 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 5 lembar

Yth. HRD

PT Indonesia Sejahtera

di tempat

Dengan hormat,

Melalui informasi yang ada di koran Kompas, PT Indonesia Sejahtera membuka lowongan untuk posisi admin Gudang. Saya, Putra Diwantara ingin melamar untuk posisi tersebut.

Berikut profil singkat saya.

Nama: Putra Diwantara

TTL: Bekasi, 13 Juni 1995

Jenis Kelamin: Laki-laki

Pendidikan: S1-Administrasi Negara

Alamat: Jalan Pegangsaan Timur Nomor 8, Bekasi

Nomor HP: 0856 7890 1234

Di bidang admin Gudang, sebelumnya saya pernah bekerja di posisi yang sama selama 12 bulan. Saya yakin mampu menjadi admin gudang yang bagus untuk PT Indonesia Sejahtera.

Berikut saya lampirkan berkas pendukung yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Bapak/Ibu.

  1. CV
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi Transkrip Nilai
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Pasfoto terbaru ukuran 4×6

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Putra Diwantara

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Toko Swalayan

Contoh surat lamaran kerja di toko juga berbeda dengan lamaran kerja yang lainnya. Toko swalayan besar biasanya rutin membuka rekrutmen, khususnya jika swalayan tersebut ingin membuka cabang baru di suatu kota.

Untuk Anda yang ingin mendaftar pekerjaan di toko swalayan, berikut format yang bisa dipakai.

Semarang, 26 Agustus 2020

Yth. HRD

PT Indoapril Merdeka

di Semarang

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang ada di Suara Rakyat, PT Indoapril Merdeka membuka lowongan sebagai kasir untuk ditempatkan di cabang Genuk. Oleh karena itu, saya ingin melamar pekerjaan untuk posisi tersebut.

Saya, Putri Aqmarina, merupakan lulusan SMA dengan prestasi yang bagus. Saya mendapatkan peringkat pertama pada kelas 12. Dengan kegigihan dan ketelitian dalam bekerja, saya yakin bisa menjadi kasir yang baik di PT Indoapril Merdeka cabang Genuk.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berkas pendukung sebagai berikut.

  1. CV
  2. Fotokopi Ijazah
  3. Fotokopi sertifikat keahlian
  4. Fotokopi KTP
  5. Pas foto 4×6 berwarna terbaru

Demikian adalah surat lamaran kerja yang saya tulis dengan jujur. Saya berharap bisa bergabung di PT Indoapril Medeka cabang Genuk. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Dengan hormat,

Putri Aqmarina

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Startup

Kemudian, untuk lamaran kerja di perusahaan startup, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal. Startup biasanya diisi oleh anak-anak muda. Untuk itu, format penulisan sebenarnya tidak perlu terlalu kaku. Anda hanya perlu menonjolkan keahlian Anda.

Kemudian, agar lebih personal, Anda bisa menunjukkan surat lamaran langsung dengan menyebut nama HRD atau pihak yang bertugas untuk recruiter. Jika nama perekrut tidak dicantumkan, Anda cukup menuliskan HRD saja.  

Dear Ibu Zakiyah

Salam hangat,

Perkenalkan saya Dea Putri Ananda. Dengan ini saya ingin melamar pekerjaan sebagai Social Media Specialist di Parenting Gembira. Saya sangat tertarik dengan dunia parenting dan pendidikan.

Sebelumnya, saya ikut membangun sebuah media parenting selama 2017 – 2019, dari yang awalnya kurang dari 10.000 followers hingga 100.000 followers IG dalam kurun waktu tersebut.

Saya berharap bisa kembali menggeluti dunia parenting dan pendidikan anak. Ada banyak hal yang ingin saya bagi dan pelajari di bidang ini.

Untuk bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan, CV, fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan portofolio.

Semoga ada kesempatan bagi saya untuk berdiskusi dengan Bu Zakiyah, baik secara langsung maupun via telepon. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

Salam hangat,

Dea Putri Ananda

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

Kemudian, untuk Anda yang ingin magang di sebuah perusahaan, Anda juga perlu menulis lamaran kerja. Secara umum, formatnya tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh surat lamaran kerja yang dituliskan di atas.

Jakarta, 11 Juli 2020

Perihal: Lamaran Magang (Praktik Kerja Lapangan)

Yth. HRD PT Maju Jaya

di tempat

Dengan hormat,

Perkenalkan saya Ramadhan Putra Bagus. Saya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Tarumanegara.

Saya melihat informasi lowongan magang sebagai admin sosial media di PT Maju Jaya. Saya bermaksud untuk mengajukan permohonan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Maju Jaya selama 3 bulan.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan CV, pas foto berwarna terbaru, KHS terakhir, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan fotokopi SKCK.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ramadhan Putra Bagus

7. Contoh Surat Lamaran Kerja via Email

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, berkas lamaran kerja pun tidak dikirim langsung ke perusahaan atau menggunakan pos. Surat juga dikirim via email. Oleh karena itu, di sini juga akan dicantumkan contoh surat lamaran kerja via email.

Yang diperhatikan ketika mengirim surat lamaran kerja via email adalah pastikan Anda menulis bagian “Subjek” dengan benar. Biasanya, perekrut sudah memberikan ketentuan terkait Subjek yang harus diisi. Misalnya, “Content Writer”, “Jurnalis” atau “Lamaran Jurnalis”.

Pastikan Anda mengikuti ketentuan yang telah dibuat oleh perekrut, ya. Berikut contoh surat lamaran kerja melalui email.

Yth. Bapak Kepala Sekolah

SMA Labschool Cibubur

Salam hangat, 

Perkenalkan saya Ranti Alfiani, S. S. 

Melalui edaran WhatsApp Grup, saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai guru di SMA Labschool. Dengan ini, saya ingin mengajukan lamaran kerja sebagai guru Bahasa Indonesia. 

Terkait profesi sebagai guru, saya mempunyai pengalaman selama kurang lebih lima tahun sebagai pengajar di Bimbel Ceria Hati. Oleh karena itu, besar harapan saya untuk bisa melanjutkan passion mengajar dengan bergabung di SMA Labschool Cibubur.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan CV, scan ijazah, dan scan transkrip nilai. 

Demikian surat lamaran kerja ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. 

Hormat saya,

Ranti Alfiani 

8. Contoh Surat Lamaran Kerja di Café

Bisnis café sekarang ini sedang menjamur. Anda juga bisa berkarier sebagai karyawan café. Contoh surat lamaran yang tepat agar Anda segera diterima kerja di café adalah sebagai berikut.

Jakarta, 28 Agustus 2020

Perihal: Lamaran Kerja

Lampiran: 6 lembar

Yth. Personalia
Café Senja Kala
Di Solo

Salam hangat,

Saya menemukan informasi dari Twitter bahwa Café Senja Kala sedang membuka lowongan kerja untuk posisi kasir. Oleh karena itu, saya tertarik untuk melamar kerja di posisi tersebut.

Nama Saya Sara Amalia, berusia 21 tahun. Saya lulusan SMA dan pernah mempunyai pengalaman sebagai kasir. Saya sangat cekatan dan teliti sehingga cocok untuk bekerja di Café Senja Kala.

Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berkas pendukung, yakni sebagai berikut.

  1. Daftar Riwayat hidup
  2. Pas foto berwarna ukuran 4×6
  3. Fotokopi ijazah SMA
  4. Fotokopi SKCK
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi KK

Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Sara Amalia

9. Surat Lamaran Kerja sebagai SPG

Ingin menjadi SPG? Sebaiknya buatlah surat lamaran yang bagus agar mimpi Anda cepat terwujud, ya. Lihat contoh surat lamaran kerja berikut.

Bogor, 26 Juli 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 6 Lembar

Yth. HRD
PT Yamaha Utama
Bogor

Dengan hormat,

Saya melihat info lowongan kerja di grup Facebook Lowker Bogor dan menemukan informasi bahwa PT Yamaha Utama Bogor sedang membuka lowongan sebagai SPG. Saya ingin mengajukan lamaran kerja di posisi tersebut.

Berikut adalah perkenalan singkat tentang saya.

Nama: Hanum Hastari
Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 26 Juli 1998
Usia: 22 tahun
Jenis kelamin: perempuan
Pendidikan Terakhir: SMA
Nomor Telepon: 0856 1234 3456

Saya cukup cakap dalam mempromosikan sesuatu. Sifat pantang menyerah saya cocok untuk mengisi posisi sebagai SPG di PT Yamaha Utama Bogor.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi SKCK, dan foto berwarna ukuran 4×6.

Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Hanum Hapsari

11. Contoh Surat Lamaran Kerja Penulis Artikel Freelance

Selanjutnya, untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan tambahan sebagai penulis artikel freelance, contoh surat lamaran kerja ini bisa dijadikan referensi.

Surat lamaran kerja penulis online biasanya dikirim melalui email. Jangan lupa isi Subjek email sesuai ketentuan, ya. Untuk tubuh emailnya, Anda bisa menggunakan format berikut.

Salam hangat,

Perkenalkan saya Ayu Alfiani lulusan dari Sastra Indonesia Unsoed.

Saya sedang mencari lowongan kerja sebagai freelance penulis artikel bahasa Indonesia. Kebetulan, saya menemukan lowongan kerja di Raja Tulis.

Pengalaman saya menulis artikel online dimulai pada tahun 2015. Ketika itu, saya masih kuliah. Menjadi penulis online bisa jadi sumber uang saku tambahan untuk saya. Sekarang ini, saya ingin kembali aktif menulis artikel supaya kemampuan menulis saya tidak hilang. Semoga Raja Tulis bisa mempertimbangkan saya untuk menjadi penulis artikel.

Berikut ini saya lampirkan CV, Ijazah Terakhir, dan fortofolio sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat lamaran saya. Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih. 

Salam,

Ayu Alfiani

12. Contoh Surat Lamaran Kerja Penulis di Media Online

Media online sekarang ini berkembang dengan pesat. Anda juga bisa menjadi bagian dari media online tersebut. Berikut contoh surat lamaran kerja sebagai penulis di media online.

Bogor, 26 Agustus 2020

Yth. Pimpinan Redaksi
Titik (dot) com

Salam hangat,

Perkenalkan, saya Dinda Aulia, lulusan Sastra Indonesia Unsoed angkatan 2016. Saya sangat tertarik bergabung dengan Titik (dot) comSelama kuliah, pengalaman saya dalam meliput berita memang bisa dibilang tidak ada karena saya tidak bergabung dengan lembaga persma.

Akan tetapi, saya aktif menulis konten di situs-situs online sebagai tambahan uang saku selama kuliah. Menjadi Freelance Writer di situs online memang terlihat sepele, tetapi sudah sangat cukup untuk menambah uang saku selama kuliah.

Organisasi yang saya tekuni selama kuliah adalah teater. Saya bergabung dengan UKM Teater Teksas di FIB sejak tahun 2012 hingga lulus. Pada tahun 2018/2019, saya menjabat sebagai ketua Teater Teksas.

Pengalaman kerja saya selain menjadi freelance writer adalah sebagai pengajar mapel Bahasa Indonesia di Bimbel Merdeka Hati. Menjadi guru memang sungguh pekerjaan yang mulia. Akan tetapi, entah mengapa keinginan untuk menjadi penulis di media masih sangat kuat. Saya sangat ingin bekerja sesuai dengan passion saya.

Pada kesempatan ini, saya berharap Saudara bisa mempertimbangkan saya untuk menjadi Penulis di Titik (dot) com. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV, Ijazah, transkip nilai, dan contoh tulisan yang pernah saya buat.

Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Salam,

Dinda Aulia

13. Contoh Surat Lamaran Kerja Perhotelan

Untuk Anda yang ingin bekerja di perhotelan, Anda bisa menggunakan format berikut.

Bali, 15 Juli 2020

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. HRD Manager
Hotel De Luna
Bali

Dengan Hormat,

Melalui informasi yang ada di Koran Kompas, Hotel De Luna sedang membuka lowongan kerja sebagai helper. Saya berpengalaman sebagai helper di hotel yang ada di Jakarta. Oleh karena itu, saya ingin melamar di posisi tersebut.

Berikut rincian singkat tentang saya.

Nama: Belinda Putri
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 17 Agustus 1998
Pendidikan Terakhir: SMK Perhotelan 1 Jakarta
Agama: Islam
Alamat: Jalan Pemuda Nomor 17, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Nomor Telepon: 0858 9012 3456

Berikut ini saya lampirkan juga CV, pas foto terbaru, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi KTP, fotokopi SKCK, dan fotokopi KK.

Semoga saya bisa bergabung sebagai helper di Hotel de Luna. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Belinda Putri

14. Contoh Surat Lamaran Kerja Admin Sosial Media

Berikutnya, untuk Anda yang ingin melamar kerja sebagai admin sosial media, berikut adalah contoh surat lamaran kerja admin sosial media yang bisa Anda ikuti.

Semarang, 12 Juli 2020

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Manager HRD
Butik Kanva Cantik

Salam hangat,

Perkenalkan, saya Sakura Alasya.

Dari akun IG @Kanva_butik, saya menemukan informasi bahwa Butik Kanva Cantik sedang membutuhkan seorang Admin Sosial Media. Oleh karena itu, saya ingin melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Saya mempunyai pengalaman di bidang pembuatan konten instagram dan twitter. Saya rasa saya cocok untuk menjadi admin sosial media di Buktik Kanva Cantik.

Pada kesempatan ini, saya berharap bisa bergabung dengan Buktik Kanva Cantik sebagai Andmin Social Media. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV, scan ijazah, dan scan transkrip nilai. 

Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Salam,

Sakura Alasya

15. Contoh Surat Lamaran Kerja di Intansi Kesehatan

Untuk surat lamaran kerja di intansi kesehatan, Anda juga bisa menggunakan format sebagai berikut.

Pati, 17 Juli 2020

Yth. Kepala Personalia
Rumah Sakit Insan Sehat
Kudus

Dengan hormat,

Bersadarkan informasi lowongan kerja yang saya peroleh, Rumah Sakit Insan Sehat saat ini sedang membutuhkan tenaga perawat. Oleh karena itu, saya ingin melamar pekerjaan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya menempuh kuliah di bidang keperawatan. Karena sudah lulus satu tahun yang lalu, saatnya bagi saya untuk mengamalkan apa yang sudah saya pelajari.

Berikut identitas singkat saya.

Nama: Disa Maria
Tempat, Tanggal Lahir: Pati, 25 Agustus 1998
Jenis Kelamin: perempuan
Pendidikan terakhir: S-1 Keperawatan, Universitas Diponegoro
Agama: Islam
Alamat: Jalan Sunan Prawoto Nomor 7, Sukolilo, Pati
Nomor Telepon: 0859 1234 7890

Sebagai bahan pertimbangan, saya pun melampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut.

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Pas foto terbaru
  3. Fotokopi ijazah
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokopi KTP
  6. Fotokopi KK
  7. Fotokopi SKCK
  8. Fotokopi piagam penghargaan

Semoga saya bisa bergabung sebagai perawat di Rumah Sakit Insan Sehat. Demikian surat lamaran ini. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Disa Maria

Surat lamaran kerja menjadi pengantar perkenalan Anda dengan perusahaan. Karena termasuk surat resmi, pembuatannya harus disesuaikan dengan format penulisan yang berlaku.

Kemudian, untuk melengkapi surat tersebut, Anda juga perlu melampirkan berkas-berkas penting seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Ingat, surat yang bagus harus dibuat sesuai kebutuhan. Pelamar harus menyesuaikan surat lamaran kerja sesuai dengan posisi dan instansi yang dilamar.

Situs Lowongan Kerja

Setelah bisa membuat surat lamaran kerja, kira kira mau bekerja dimana nih? sudah dapat perusahaannya atau belum?

Berikut ini rekomendasi situs loker kerja terpercaya rekomendasi kami

  1. Lokerjogja.id
  2. Loker.id
  3. Jobindo.com
  4. Karir.com

Untuk mendapatkan hasil situs lowongan kerja lebih banyak, bisa search di google ya.

Tips Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Sudah lamar kesana kemari, tapi tidak lolos juga, ada ? banyak

Berikut ini tips singkat dan efektif untuk Anda agar mudah diterima pekerjaan.

  1. Kenali kemampuan diri sendiri, jangan melamar kerja asal asalan, bahkan menjadi menjadi pelayan di Indomaret pun butuh yang namanya keterampilan dan juga kemampuan, salah satunya tampilan menarik, cekatan, disiplin dan lainnya.
  2. Sebelum mendapatkan pekerjan, upayakan untuk memperbayak relasi. Relasi bisa didapatkan darimana saja asalkan Anda bergerak, jangan diam saja dirumah. Bisa dari organisasi, bisa dari teman masa lalu (bukan mantan ya). Asalkan mau, mudah kok dapat relasi.
  3. Ibadahnya diperbaiki, jauhi perbuatan yang tidak ada gunanya, tinggalkan dosa, dan dekati orang orang yang berhasil. (ini akan supercepat mendapatkan pekerjaan).
  4. Ke empat, selalu berpikir positif dalam berikhtiar.

Semoga tips sederhana diatas bisa membantu anda keluar dari zona yang kurang tepat, tujuannya agar lebih cepat mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Hal yang Dinginkan Karyawan di Tempat Kerja

Melalui beberapa contoh surat lamaran kerja di atas, Anda bisa memilih salah satu contoh surat sebagai referensi. Pastikan memperhatikan format penulisan, etika pengiriman, dan berkas yang harus dilampirkan, ya. Semoga bermanfaat!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “Contoh Surat Lamaran Kerja yang Bagus dan Sesuai Kebutuhan”

  1. Terima kasih admin contoh surat lamaran kerjanya sangat bagus, saya cuma mau sedikit memberikan tips buat teman-teman lainnya mungkin bermanfaat.

    Selama musim pandemi covid-19 hampir semua perusahaan meminta surat lamaran via email, sehigga kita harus memperhatikan bentuk surat lamaran email yang baik dan benar. tetapi kebanyakan freshgrad belum begitu memperhatikan bagaimana penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian hrd. Padahal ini sangat penting karena kesan pertama bagi hrd sebelum mereka membuka berkas lainnya. Bayangkan apabila ribuan surat lamaran bertumpuk di meja hrd dan bisa dipastikan mereka tidak akan membaca satu persatu surat lamaran tersebut. Sudah pasti lamaran yang terlalu bertele tele isiya akan dilewatkan begitu saja bahkan tidak sedikit dicampakkan kedalam tong sampah.

    Tips dari saya buatlah surat lamaran sesingkat mungkin tetapi isiya padat dan jelas, usahakan pada saat hrd membacanya hanya butuh waktu kurang dari 30 detik.

    adapun isi surat lamaran yang baik bagi hrd adalah sebagai berikut:

    Paragraf 1 Gunakan intro yang menarik. Daripada menulis “berdasarkan info dari….” lebih baik kamu mempromosikan diri atau menjelaskan mengapa kamu melamar disini
    Contoh 1; “Sebagai salah satu fast growing start-up di Indonesia, saya tertarik untuk berkontribusi dengan melamar di posisi….”
    Contoh 2; “Berbekal 5 tahun pengalaman sebagai xx di perusahaan xx yang bergerak di bidang xx, saya tertarik untuk melamar dan percaya bahwa posisi ini cocok untuk saya”

    Paragraf 2&3 Ceritakan pengalaman dan promosikan diri. Utk freshgrad tulis apa yag dipelajari di kampus atau skills yang berkaitan dengan pekerjaan, atau pengalaman magang. Kamu bisa cocokkan dengan job desc yang tertulis di iklan lowongan. Untuk yang experieced, jelaskan lebih detail pengalaman kerja, pencapaian, dan skills yang telah disebutkan di paragraf awal.

    Paragraf 4 Gunakan penutup yang persuasif, daripada menulis “besar harapan saya…” kamu bisa ganti dengan kalimat “saya aka degan seag hai membahas ini ebih anju…”

    Salam kenal dari saya buat semuanya.

    Balas

Tinggalkan komentar