Contoh Kata Pengantar Makalah dan Cara Membuatnya

cara penulisan kata pengantar makalah

Bingung gimana caranya bikin kata pengantar makalah?

Tenang, kebingungan ini bukan kamu saja yang merasakannya. Mereka yang baru pertama kali membuat makalah umumnya bingung bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik.

Untuk mengatasi kebingungan tersebut, mari pahami apa itu kata pengantar dan bagaimana cara membuatnya.

Pada artikel ini, kami juga akan memberikan beberapa contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu jadikan referensi. Ikuti pembahasan lengkapnya berikut.

Pengertian Kata Pengantar

pengertian kata pengantar

Apa itu kata pengantar?

Sebelum mulai membuat kata pengantar, kamu harus paham dulu pengetiannnya. Dengan begitu, nantinya kamu bisa menyusun kata pengantar yang baik dan benar.

Ada dua definisi kata pengantar yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Defisini pertama, kata pengantar adalah kata pendahuluan. Kata ini biasanya ada di karya tulis, entah itu makalah, jurnal, karya ilmiah, atau karya sastra.

Kemudian, kata pengantar menurut KBBI juga didefinisikan sebagai kata-kata dari orang terkenal yang dimuat di halaman awal sebagai semacam tanda terbitnya buku.

Khusus untuk definisi kedua, kamu bisa melihatnya di buku-buku cetak yang dijual di toko buku. Kata pengantar buku tersebut merupakan pandangan ahli (orang terkenal) terkait buku yang diterbitkan.

Kata pengantar semacam ini tidak hanya berfungsi menyambut pembaca, tetapi juga sebagai salah satu strategi marketing.

Nah, karena keperluanmu hanya untuk makalah, kamu tidak perlu meminta ahli atau orang terkenal untuk membuatkan kata pengantar di makalahmu. Kamu bisa membuatnya sendiri.

Lalu, apa sebenarnya fungsi kata pengantar di dalam makalah?

Baca juga: Contoh Makalah Penelitian yang Benar

Fungsi Kata Pengantar

Secara singkat, kata pengantar adalah rangkaian kata yang dibuat untuk mengantarkan pembaca untuk membaca keseluruhan isi buku.

Jadi, fungsi kata pengantar adalah sebagai penyambut untuk para pembaca.

Semakin menarik kata-kata yang kamu buat, pembaca akan semakin penasaran untuk membaca keseluruhan isi karya tulismu. Inilah alasan mengapa kamu perlu belajar cara membuat kata pengantar.

Secara umum, kata pengantar makalah berisi tentang rasa syukur dan ucapan terima kasih.

Akan tetapi, supaya pembaca bisa mendapatkan gambaran tentang isi makalah, kamu sebaiknya menuliskan gambaran umum makalah. Sedikit gambaran umum tersebut diharapkan bisa meningkatkan minat membaca para pembaca.

Ada apa saja sih struktur dalam kata pengantar?

Berikut penjelasan lengkapnya.

Struktur Kata Pengantar

Agar kata pengantarmu terlihat lebih menarik, kamu perlu menyusunnya sesuai struktur yang berlaku.

Sama seperti teks bahasa Indonesia lainnya, struktur kata pengantar terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup.

Apa yang dibahas di masing-masing struktur?

1. Pembukaan

Bagian pembukaan pada kata pengantar biasanya berisi tentang ucapan syukur penulis karena telah mampu merampungkan tulisan.

Kemudian, selain ucapan syukur, kamu juga bisa menuliskan tujuan pembuatan makalah di bagian pembukaan.

Jadi, bagian pembukaan dalam kata pengantar berisi ucapan syukur dan tujuan pembuatan makalah atau karya tulis. Kamu bisa menyusunnya dalam dua atau tiga paragraf.

2. Isi

Bagian isi berisi tentang deskripsi singkat seputar isi makalah yang kamu buat.

Biasanya, bagian ini dimulai dengan menyebutkan judul karya, lalu mengulas sedikit tentang garis besar pembahasannya.

Ingat, hanya garis besarnya saja, ya!

Jangan menuliskan kesimpulan pada bagian kata pengantar.

Hanya perlu satu atau dua kalimat tentang garis besar isi yang membuat pembaca merasa penasaran. Dengan begitu, mereka akan bersedia membaca makalahmu sampai tuntas.

3. Penutup

Bagian penutup berisi tentang permintaan maaf dan harapan dari si penulis.

Terakhir, setelah kalimat penutup, kamu juga perlu menuliskan kota terbit, tanggal, nama terang.

Dilihat dari struktur, cukup sederhana, kan?

Selanjutnya, mari kita pelajari beberapa contoh kata pengantar makalah.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber

1. Contoh Kata Pengantar Makalah Individu

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayah-Nya, penyusunan makalah ini bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa kekurangan satu apa pun.

Tak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen mata kuliah bahasa Indonesia, Ibu Putri Rahayu, selaku pembimbing dalam penyusunan makalah ini.

Makalah berjudul “Ragam Dialek dalam Bahasa Indonesia” ini disusun sebagai tugas akhir mata kuliah bahasa Indonesia. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan pembaca berkaitan dengan dialek dalam bahasa Indonesia.

Indonesia merupakan negara dengan banyak suku dan bahasa. Bahasa Indonesia menjadi jembatan komunikasi antarsuku tersebut.

Karena memiliki bahasa ibu yang berbeda, ada banyak sekali ragam dialek dalam bahasa Indonesia. Inilah pembahasan utama yang menarik dan penting untuk disimak bersama.

Penyusunan makalah ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dari banyak pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Ibu Putri Rahayu, M. Hum, selalu dosen mata kuliah bahasa Indonesia sekaligus pembimbing penyusunan makalah.
  2. Bapak Bambang Purnomo, M. Hum, dosen Filologi yang sudah memberikan banyak pandangan baru terhadap ragam dialek di Indonesia.
  3. Segenap mahasiswa Angkatan 2018 yang sudah bersedia menjadi penyumbang data untuk menyelesaikan makalah ini.

Atas bantuan semua pihak tersebut, akhirnya makalah ini bisa disusun dengan baik. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan atas dukungan kalian kepada penulis.

Melalui penelitian ini, penulis berharap makalah ini bisa bermanfaat untuk perkembangan dunia pendidikan, khususnya di bidang ilmu bahasa.

Purwokerto, 17 Oktober 2020

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok

KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmatnya sehinga makalah ini bisa diselesaikan dengan baik. Penyusunan makalah ini tidak bisa diselesaikan dengan baik tanpa bantuan dari banyak pihak.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Surya Yudha yang telah memberikan tugas ini kepada kami. Ada banyak hal yang bisa kami pelajari melalui penelitian dalam makalah ini.

Makalah berjudul “Pengaruh Positif Masuknya Budaya Korea” disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Sosiologi.  Selain itu, makalah ini juga diharapkan bisa memberikan sudut pandang baru tentang budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Budaya Korea saat ini menjadi budaya yang digandrungi masyarakat. Sayangnya, ada banyak orang yang menganggap bahwa budaya ini hanya membawa dampak buruk. Melalui makalah ini, diharapkan pembaca bisa mendapatkan perspektif baru.

Setelah berhasil menyelesaikan makalah ini, kami berharap apa yang sudah kami teliti bisa bermanfaat untuk orang lain. Jika ada kritik dan saran terkait ide tulisan maupun penyusunannya, kami akan menerimanya dengan senang hati.

Jakarta, 20 Agustus 2020

Kelompok 1

3. Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan semua rahmatnya, penulis akhirnya bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya.

Tak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ria Pratiwi, selaku guru Bahasa Indonesia, yang sudah memberikan banyak bantuan untuk menyusun makalah ini. Penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu penyusunan makalah ini.

Makalah berjudul “Pemanfaatan Teknologi bagi Remaja” disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Melalui tugas ini, penulis mendapatkan banyak ilmu baru tentang bagaimana memanfaatkan teknologi dengan baik.

Tentu penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Meskipun begitu, penulis berharap bahwa makalah ini bisa bermanfaat untuk orang lain.

Apabila ada kritik dan saran yang ingin disampaikan, penulis sangat terbuka dan dengan senang hati menerimanya.

Bandung, 5 April 2020

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis persembahkan kepada Allah SWT. Dengan rida dan rahmat-Nya, penulis akhirnya bisa menyelesaikan makalah ini tepat waktu.

Makalah dengan judul “Pentingnya Mempelajari Sejarah” disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah. Selain itu, penulis juga berharap bahwa penyusunan makalah ini bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan, khususnya para pelajar yang saat ini sedang belajar sejarah.

Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, semakin banyak remaja yang belum menyadari pentingnya belajar sejarah. Padahal, ilmu yang sering dianggap membosankan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kita.

Makalah ini akan bisa memberikan pemahaman baru tentang sejarah. Oleh karena itu, penulis berharap ada banyak orang yang berkenan membaca penelitian sederhana ini.

Segala kekurangan yang terdapat pada makalah ini sepenuhnya milik penulis. Penulis terbuka untuk menerima kritik dan saran dari para pembaca.

Semoga karya sederhana ini bisa menambah wawasan para pembaca.

Solo, 13 Juni 2020

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap syukur, penulis akhirnya bisa merasa lega karena penyusunan makalah ini berjalan dengan lancar. Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah meridai penyusunan makalah ini.

Tentu penyusunan makalah ini tidak akan berhasil tanpa ada dukungan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis pun ingin mengucapkan terima kasih kepada.

  1. Bapak Budi Utomo, guru maka pelajaran PKN yang telah memberikan tugas kepada penulis sehingga penulis bisa belajar lebih banyak tentang tema ini.
  2. Bapak Putra Darmawan, guru Bahasa Indonesia, yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berdiskusi dengan penulis tentang penyusunan makalah yang baik.
  3. Bapak Handoyo dan Ibu Pratiwi selaku orang tua penulis yang dengan sabar mengingatkan dan mendampingi agar makalah ini segera tersusun.
  4. Teman-teman kelas XII IPA 2 yang selalu menyemangati penulis untuk menyelesaikan makalah ini.

Makalah berjudul “Nilai Luhur Pancasila” disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Di dalam makalah ini, penulis mencoba mendeskripsikan makna dari Pancasila sebagai dasar negara.

Penulis juga sadar bahwa penyusunan makalah ini masih belum bisa dikatakan sempurna. Oleh karena itu, apabila ada kritik dan saran, penulis akan menerimanya dengan terbuka.

Terakhir, penulis juga berharap bahwa karya tulis ini bisa bermanfaat untuk dunia pendidikan, khususnya para siswa yang belajar di SMA 78 Jakarta.

Jakarta, 11 Januari 2020

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur tak lupa penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan semua rahmat-Nya, penulis akhirnya bisa menyelesaikan makalah dengan baik dan tepat waktu.

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Selain itu, penulisan makalah ini juga bertujuan ntuk menambah wawasan serta pengetahuan tentang mata kuliah yang saat ini sedang dipelajari.

Makalah berjudul “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga Sebagai Pondasi Kehidupan” berfokus pada pendidikan agama dalam keluarga. Di era modern, semakin banyak orang yang mengesampingkan pendidikan agama sejak dini.

Makalah ini berusaha menjelaskan tentang betapa pentingnya pendidikan agama sejak dini. Dalam hal ini, orang tua memiliki peran penuh untuk melakukan usaha pendidikan.

Materi dalam makalah ini cukup menarik. Akan tetapi, penulis sadar bahwa pasti masih ada kekurangan pada makalah ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.

Akhir kata, semoga makalah ini bisa bermanfaat, baik bagi penulis sendiri maupun bagi para pembaca.

Aceh, 11 Desember 2020

Penulis

7. Contoh Kata Pengantar Makalah Pdf

Dengan membaca contoh kata pengantar di atas, kamu pasti sudah bisa menganalisis struktur kata pengantar secara umum.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kata pengantar berisi uraian pembuka, isi, dan penutup.

Terakhir, kami juga melampirkan contoh kata pengantar pdf yang bisa kamu unduh dan modifikasi. Silakan unduh di sini.

Penutup

Seperti namanya, kata pengantar makalah berupakan rangkatan kata yang berfungsi menyambut pembaca.

Meski sering tidak diperhatikan, bagian ini tetap menjadi bagian penting dalam makalah. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyusunnya dengan baik.

Format kata pengantar secara umum hampir sama.

Paragraf pembuka biasanya berisi ucapan syukur dan terima kasih. Kemudian dilanjutkan ke bagian isi yang membahas tentang garis besar isi makalah. Terakhir, paragraf penutup biasanya berisi harapan penulis.

Baca juga: Contoh Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang Benar

Setelah membaca uraian ini, penulisan kata pengantar ternyata sangat mudah dan sederhana, bukan?

Semoga kamu bisa membuat kata pengantar makalah yang lebih baik daripada contoh yang ada di sini. Selamat mencoba dan semangat selalu!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan komentar