Contoh Kalimat Persuasif, Ciri-Ciri, dan Cara Membuatnya

Contoh Kalimat Persuasif

Kesulitan membuat contoh kalimat persuasif?

Tenang, tak hanya kamu, ada banyak orang yang mengalami kendala serupa.

Konsep persuasif sebenarnya sederhana. Namun, pada praktiknya, beberapa orang masih bingung bagaimana membedakan kalimat persuasif dengan jenis kalimat lainnya.

Pada dasarnya, kalimat persuasif digunakan untuk membujuk atau mengajak seseorang melakukan sesuatu. Kalimat seperti ini biasanya ada di teks iklan, teks prosedur, teks negosiasi, atau proposal.

Bagaimana cara membuat kalimat persuasif yang benar?

Ada 25 contoh kalimat persuasif dalam penjelasan ini yang bisa disimak.

Sebelum masuk ke contoh, pahami dulu pengertian kalimat persuasif dan ciri-cirinya. Dengan begitu, pembahasan tentang kalimat persuasif bisa lebih mudah dipahami.

Pengertian dan Fungsi Kalimat Persuasif

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasi adalah kata benda yang bermakna ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan yang meyakinkan. Persuasi adalah ajakan secara halus.

Kemudian, persuasif berarti memiliki sifat untuk membujuk secara halus supaya pembaca atau pendengar menjadi yakin untuk melakukan sesuatu.

Dari pengertian di atas, kalimat persuasif bisa diartikan sebagai kalimat yang bertujuan untuk membujuk pembaca. Kalimat persuasif juga sering disebut sebagai kalimat ajakan.

Untuk memudahkan kamu dalam mengenalinya, kalimat ini memiliki ciri-ciri yang pasti. Mari ikuti penjelasan selanjutnya.

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif

Pada praktiknya, kalimat persuasif tidak hanya digunakan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat yang berisi saran juga termasuk dalam kalimat persuasif.

Untuk membantu kamu dalam mengenali kalimat persuasif, berikut adalah ciri-ciri yang harus dipahami.

  1. Kalimat persuasif biasanya menggunakan kata-kata ajakan, contoh: ayo, mari, cobalah, yuk, dan sejenisnya. Jika menggunakan kata ajakan, bisa ditambahkan dengan tanda seru (!).
  2. Kalimat persuasif juga bisa berupa saran. Di dalam kalimat, saran bisa ditandai dengan penggunaan kata-kata seharusnya, sebaiknya, perlu, harus, dan sebagainya.
  3. Kalimat persuasif banyak ditemukan di teks iklan, slogan, atau pidato.
  4. Kalimat persuasif sering dibuat dengan bahasa yang menarik dan kreatif agar pembaca atau pendengar segera melakukan sesuatu.

Jadi, jika di dalam soal bahasa Indonesia kamu diminta untuk mencari kalimat persuasif, cara mudah menemukannya adalah dengan mencari kata ajakan atau kata yang berupa saran di dalam sebuah kalimat.

Mari kita lihat beberapa contohnya.

25+ Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Bahasa Indonesia

Kalimat persuasif bisa digunakan di segala jenis teks bahasa Indonesia. Akan tetapi, kalimat ini paling umum ditemukan di teks-teks yang sifatnya promosi, seperti teks iklan, slogan, atau poster.

Selain itu, kalimat persuasif juga bisa ditemukan di teks pidato, teks prosedur, bahkan teks argumentatif.

Dalam tiap-tiap teks, kalimat pesuasif pun bisa hadir dengan berbagai jenis sesuai dengan tema yang diangkat. Pelajari contoh-contoh berikut.

Contoh Kalimat Persuasif Iklan

Teks iklan adalah teks yang dibuat untuk mempromosikan barang atau jasa. Teks iklan juga bisa ditulis untuk mengkampanyekan suatu gerakan.

Karena tujuannya untuk promosi, teks iklan tidak bisa dilepaskan dari kalimat persuasif. Kalimat ajakan yang dipakai pun biasanya sangat lugas.

Kalimat persuasif dalam iklan bisa ditemukan dalam beberapa contoh berikut.

  1. Mari biasakan cuci tangan pakai sabun! Kuman mati tubuh terlindungi.
  2. Cintai bumi dengan menghemat energi. Ayo, matikan lampu jika tidak digunakan!
  3. Karena hidup perlu banyak rasa, ayo pilih rasa kopi favoritmu di sini!
  4. Mari lindungi bumi dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  5. Mau belanja online hemat? Pakai Tokoku saja!
  6. Lapar? Ayo isi perut kosongmu di Warmindo Mang Maman!
  7. Yuk cintai diri sendiri dengan tidak membandingkan dirimu dengan orang lain.  
  8. Musim hujan telah tiba. Mari cegah banjir dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  9. Tubuh butuh nutrisi untuk tumbuh. Ayo, penuhi kebutuhan gizi harian tubuh.
  10. Jika fisik lelak, istirahatlah. Jika jiwa lelah, datang ke Lembaga Psikologi Bunda.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Prosedur

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Dalam teks ini, ada tiga bagian utama, yakni tujuan, alat dan bahan, serta langkah-langkah.

Dalam teks prosedur, kalimat persuasi biasanya ditemukan di bagian tujuan. Kemudian, bagian langkah-langkah biasanya dipenuhi dengan kalimat imperatif (kalimat perintah).

Contoh bagian tujuan di teks prosedur:

Untuk membuat pasta yang lezat, Anda perlu menggunakan resep dan cara memasak yang tepat. Bahan makanan yang bagus tidak bisa menjamin rasa yang enak. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan resep berikut.

Analisis:

Pada paragraf di atas, kalimat pertama dan kalimat ketiga termasuk kalimat persuasif. Kalimat tersebut sifatnya memberikan saran untuk pembaca. Ciri-cirinya adalah menggunakan kata perlu.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi

Teks negosiasi adalah teks yang dibuat untuk mempengaruhi seseorang agar sepakat dengan pendapat atau keinginan penulis.

Dalam kehidupan sehari-hari, negosiasi biasanya ada di peristiwa jual-beli. Selain itu, negoisasi juga digunakan di banyak keperluan lainnya yang membutuhkan kesepakatan antara pihak-pihak yang berkepentingan.

Karena bertujuan untuk meyakinkan seseorang, kamu membutuhkan kalimat persuasif. Kamu juga membutuhkan alasan yang logis agar orang lain mau mengikuti pendapatmu.  

Contoh:

Akibat pandemi, jumlah siswa yang mendaftar di bimbel semakin sedikit. Agar lembaga bisa tetap bertahan di tengah kondisi yang sulit, diperlukan strategi untuk memecahkan masalah ini.

Berdasarkan hasil observasi, sistem pembelajaran online kurang diminati oleh para orang tua. Oleh karena itu, kita perlu sesegera mungkin membuka program belajar tatap muka. Program tersebut tentunya didasarkan pada protokol kesehatan yang ketat.

Analisis:

Kalimat persuasi pada contoh teks negosiasi ditemukan pada kalimat kedua paragraf pertama dan paragraf kedua. Kedua kalimat tersebut menggunakan kata “perlu” yang termasuk salah satu ciri kalimat persuasif.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Proposal

Teks Proposal adalah teks yang teks penawaran secara tertulis yang di dalamnya berisi rancangan kegiatan atau rancangan bisnis secara sistematis. Teks proposal dibuat untuk mendapatkan persetujuan atas kegiatan atau bisnis yang dibuat.

Contoh:

Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang penting bagi siswa untuk membangun kerja sama dengan sesama, melatih kemandirian, dan menumbuhkan rasa cinta kepada alam serta lingkungan sekitar. Karena pentingnya kegiatan ini, kegiatan ini diperlukan bagi siswa kelas 5 SD Penabur Kasih.

Analisis:

Kalimat persuasif muncul di kalimat terakhir karena menggunakan kata perlu.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Pidato

Pidato adalah pengungkapan ide dalam bentuk kata-kata di depan banyak orang. Teks pidato berarti teks yang dibuat untuk dibacakan di depan khalayak. Tujuannya adalah untuk menyampaikan sesuatu atau membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu.

Teks pidato di dalamnya juga terdapat banyak kalimat persuasif. Pidato persuasif adalah salah satu jenis teks pidato yang banyak digunakan di dalam masyarakat.

Contoh potongan teks pidato persuasif:

Kecanggihan teknologi membuat aktivitas membaca buku tersingkirkan dari keseharian masyarakat. Baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa lebih senang menonton video daripada membaca buku. Padahal, membaca buku bisa memberikan banyak manfaat bagi manusia.

Oleh karena itu, kesadaran pentingnya membaca harus mulai ditanamkan kepada diri kita sendiri. Ke depan, untuk mencetak generasi yang terdidik, kebiasaan membaca juga sebaiknya sudah ditanamkan sejak dini.

Analisis:

Menurutmu, di manakah kalimat persuasi dalam potongan pidato di atas? Sebelum melihat jawaban di bawah, silakan kamu cari dulu.

Benar sekali.

Kalimat persuasi ada di paragraf kedua. Pada kalimat pertama, ada kata “harus” dan di kalimat kedua ada kata “sebaiknya”.

Contoh Kalimat Persuasif dalam Slogan

Slogan adalah kalimat singkat dan menarik yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau mengiklankan sesuatu. Kalimat slogan juga bisa digunakan untuk menjadi motto seseorang, organisasi, lembaga, atau perusahaan.

Sebagian besar kalimat slogan juga menggunakan kalimat persuasif. Berikut contohnya.

  1. Mari lindungi hutan kita dari sifat serakah manusia!
  2. Semua wajib pakai masker! Lindungi diri kita dan keluarga dari Covid-19.
  3. Mari hijaukan kembali bumi kita!
  4. Merokok bisa membunuhmu. Mari, sayangi diri dengan menjauhi rokok.
  5. Ayo perangi narkoba!
  6. Sumber ilmu adalah buku. Mari, perbanyak baca buku!
  7. Pengalaman adalah guru! Jangan takut untuk mencoba sesuatu.
  8. Hidup adalah tentang berjuang. Ayo perjuangkan hidupmu.
  9. Selagi muda, hindari berleha-leha, mari bekerja!
  10. Bodoh bukan takdir, maka berlajarlah!
  11. Uang tidak datang sendiri, bekerjalah!
  12. Gagal bukan berarti kalah, ayo terus semangat!
  13. Kesuksesan selalu diiringi dengan doa dan usaha. Ayo jangan menyerah!
  14. Mari menanam pohon, kembalikan bumi yang hijau.
  15. Mari lestarikan laut dengan tidak membuang sampah ke laut.

Penutup

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat ini juga bisa berupa saran.

Untuk memudahkan kamu dalam mencari kalimat persuasif dalam teks, berikut kata-kata yang menunjukkan kalimat persuasif:

  1. Ayo
  2. Mari
  3. Yuk
  4. Harus
  5. Seharusnya
  6. Sebaiknya
  7. Perlu
  8. Wajib

Tentu masih banyak kata-kata yang lain selain yang disebutkan di atas. Delapan kata di atas adalah yang paling sering muncul di dalam teks bahasa Indonesia.

Baca juga: Tips Menulis Deskripsi Produk yang Menjual

Setelah memahami contoh kalimat persuasif, masih banyak penting lainnya yang bisa kamu pelajari di sini. Semoga bermanfaat!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan komentar