Contoh Artikel Penulis Lepas

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki minat yang tinggi di bidang kepenulisan? Apakah Anda juga kerap menyediakan waktu untuk membuka pikiran dan pengetahuan untuk meningkatkan skill menulis dari hari ke hari? Jika benar, maka profesi sebagai Penulis Lepas patut Anda pertimbangkan.

Seperti diketahui, profesi sebagai “Penulis Lepas” di era digital saat ini sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Selain ramai peminat, skill mereka juga diburu oleh sejumlah jasa pembuatan konten untuk ragam kebutuhan spesifik. Kebanyakan untuk kebutuhan bisnis, tapi tak menutup kemungkinan jasa penulis lepas dipakai untuk kebutuhan akademik, sosial, teknologi dan yang lainnya.

Di sisi lain, perusahaan jasa pembuatan artikel semakin marak. Di tengah persaingan yang begitu ketat, mereka berlomba-lomba mencari penulis berkualitas dengan menjanjikan imbalan yang lumayan. Situasi inilah yang membuat profesi Penulis Lepas menjadi “naik kelas”. Dengan begitu, sangat realistis jika Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan dari mengandalkan profesi sebagai penulis lepas.

Lantas apa dan bagaimanakah caranya menjadi seorang Penulis Lepas yang berkualitas? Bagaimana pula mencari klien yang sanggup menghargai kemampuan Anda secara professional?

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, mari kita bahas satu persatu dari hal yang sangat mendasar, yakni memahami Apa Itu Penulis Lepas. Dengan begitu, diharapkan terbangun pengetahuan yang komprehensif sehingga Anda bisa benar-benar siap terjun ke dalam profesi kreatif yang lumayan menjanjikan ini.    

Apa Itu Penulis Lepas?

Penulis lepas adalah mereka yang bekerja serupa kontraktor independen, di mana kerja utamanya adalah menghasilkan karya tulis. Naskah-naskah yang mereka hasilkan adalah berdasarkan pesanan atau order khusus dari unit usaha atau entitas mana saja dengan durasi kerja sama jangka pendek. Makanya, penulis lepas bisa bekerja secara fleksibel tanpa harus pergi ke suatu kantor di waktu tertentu.

Untuk menjadi seorang penulis lepas yang ideal, Anda setidaknya harus memenuhi sejumlah kriteria. Bisa saja Anda merasa sudah bisa menulis dengan baik, tapi biasanya hal yang bersifat “rasa” itu relatif. Sebaiknya Anda melakukan sejumlah pembuktian sembari terus berupaya memenuhi kriteria menjadi seorang penulis lepas yang baik.

Adapun kriteria yang dimaksud di antaranya sebagai berikut:

A. Mampu Menulis Secara Efektif

Dalam hal ini, Anda sudah terbiasa menulis secara singkat dan padat, serta memuat informasi yang lengkap. Penulisan naskah dengan kalimat majemuk dan panjang serta bertele-tele akan membuat pembaca bosan, terutama jika konten Anda dibuat untuk kebutuhan pembaca digital.

Menulis secara efektif juga berarti Anda bisa menuangkan jalan pikiran yang runut dan jelas dalam bentuk tulisan. Ini bisa Anda peroleh dengan banyak berlatih menulis, memperbanyak pengetahuan dengan membaca dalam intensitas tinggi, serta membiasakan diri berpikir terbuka.

Sejatinya, keahlian menulis bukanlah ajang narsis dan gaya-gayaan. Ia juga bukan sesuatu yang bisa Anda peroleh begitu saja atas nama “bakat alamiah”. Justru menulis adalah seperti Anda berkomunikasi, hanya seja beda cara yakni dalam bentuk tulisan. Jika ingin terbiasa menulis efektif, Anda tentu saja harus banyak berlatih, bukannya mengandalkan bakat semata.

B. Paham dan Menerapkan Kaidah Penulisan yang Ditetapkan

Menulis memanglah kegiatan kreatif, di mana Anda bisa mengerahkan segenap gagasan yang berseliweran di kepala secara bebas. Tapi tetap saja, ketika tulisan tersebut ingin disebarkan kepada pembaca, Anda tetap harus memperhatikan sejumlah aturan kepenulisan serta ejaan yang disempurnakan.

Ini merupakan hal yang sangat teknis dan kerap diabaikan. Padahal, salah satu kriteria orang menilai hasil tulisan Anda adalah ketika Anda bisa lolos dari segenap kesalahan dalam aturan kepenulisan. Jadi,

jika Anda benar-benar serius untuk menjadi penulis lepas yang diperhitungkan, maka pelajari, pahami dan terapkanlah kaidah penulisan yang sesuai dengan aturan.

Ada banyak hal yang nantinya harus dipelajari. Di antaranya yakni di saat seperti apa saja Anda harus menggunakan huruf kapital, menggunakan tanda baca serta imbuhan. Jangan sampai Anda nekat ingin membuka jasa kepenulisan secara profesional, tapi faktanya Anda masih bingung menentukan penulisan yang benar untuk kata “Di mana” atau “dimana”. Tentu saja “di mana” merupakan pilihan yang benar.

C. Memiliki Wawasan Seputar Kata Baku dan Tesaurus yang Mumpuni

Balai bahasa telah menetapkan ribuan kata dengan cara penulisan yang seharusnya. Hal tersebut lantas ditetapkan sebagai kata baku. Dalam pengertian formal versi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata baku merupakan kata yang benar dari segi penulisan maupun ejaannya, merujuk kepada KBBI.

Kelompok kata baku terus mengalami perubahan dan penyempurnaan. Makanya penulis yang baik sudah seharusnya memperbaharui informasi seputar penulisan kata baku dan tidak baku. Jika tidak, Anda tetap harus memiliki KBBI, baik yang versi online maupun offline, sehingga bisa melakukan verifikasi kebenaran penulisan kata secara benar.

Misalnya, untuk penulisan “Legalisasi” yang artinya pengesahan. Jangan sampai Anda menuliskannya dengan “legalisir” sebab kata tersebut tidak baku. Masih banyak lagi kata-kata lainnya yang harus benar-benar Anda pastikan sesuai dengan KBBI. Jangan sampai Anda menjadi bagian yang menyebarkan “kesesatan” di kalangan pembaca dalam penggunaan kata karena unsur kecerobohan.

Sementara itu, Tesaurus merupakan sebuah buku sinonim. Dengan begitu, Anda bisa memiliki naskah yang tidak membosankan sebab kaya akan diksi yang akrobatik. Sebagai contoh, Anda jangan melulu menggunakan kata “cahaya”, tapi juga bisa menggunakan kata “binar”, “sinar”, “sorot” atau “terang”. Tentu saja penempatan kata harus disesuaikan dengan posisi kalimat.

D. Menolak Praktik Plagiat

Kegiatan menulis, baik secara iseng-iseng maupun professional seharusnya tidak dikotori dengan praktik plagiat. Ini merupakan praktik penjiplakan di mana Anda mengutip karya orang lain, baik sebagian maupun keseluruhan, lalu mengklaim bahwa naskah tersebut adalah hasil karya Anda. Praktik semacam ini termasuk ke dalam tindak kriminal karena tergolong praktik pencurian ide.

Kami sadar, tidak ada ide yang original. Semua adalah hasil adaptasi yang dimodifikasi. Makanya ketika Anda ingin mencantumkan kutipan tulisan orang lain, lakukanlah di jalan yang benar. Maksudnya, Anda bisa menggunakan aturan-aturan pengutipan referensi dalam bentuk catatan kaki atau daftar pustaka.

E. Familiar dengan Teknik SEO

Bukan hanya enak dibaca, sesuai kaidah bahasa, serta bebas plagiat, tapi penulis lepas juga harus familiar dengan Search Engine Optimization (SEO). Ini merupakan optimalisasi mesin pencari dengan teknik tertentu, sehingga tulisan Anda bisa mudah terdeteksi mesin pencari. Ini juga berarti penulis harus familiar dengan penggunaan media tulis digital seperti blog dan website.

Bukan hanya itu, teknik ini juga memungkinkan tulisan Anda ternilai secara baik dan berkualitas sehingga dianggap layak untuk direkomendasikan dalam daftar pencarian. Untuk uraian lengkap tentang SEO dibutuhkan pembahasan khusus karena tidak terdapat teori baku untuk hal ini.  

Bagaimana Kerja Penulis Lepas?

Secara umum, terdapat sejumlah prosedur kerja yang harus dijalankan oleh penulis lepas. Meski pekerjaan ini terkesan santai dan tidak terikat waktu serta tempat, Anda tetap harus bersungguh-sungguh menjalaninya, sehingga mendapatkan kepercayaan dari banyak klien. Kepercayaan inilah yang akan menjadi modal utama Anda untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan dari pekerjaan menulis artikel.

Berikut ini uraian tentang sistem kerja penulis lepas secara umum:

A. Berkomitmen Tinggi Pada Deadline

Menjadi penulis lepas tidak bisa dilakukan seenaknya. Ada tenggat waktu alias deadline yang mesti dipatuhi, sebab itu merupakan hasil kesepakatan antara si penulis dengan klien atau perusahaan jasa konten. Meski waktu pengerjaan naskah sangat fleksibel, penulis jangan sampai terlena serta berleha-leha sehingga tidak bisa menyelesaikan tulisan sesuai deadline.

Manajemen waktu menulis sangat penting, di mana penulis harus menyediakan waktu dan tempat khusus untuk menulis, sehingga ia bisa menyelesaikan suatu naskah sesuai deadline. Biasanya kredibilitas penulis akan turun ketika ia tidak terampil melakukan manajemen waktu, sehingga sulit menyelesaikan naskah sesuai deadline. Akibatnya, klien tidak akan mau lagi menjalin kerja sama pembuatan artikel. 

B. Mampu Bekerja Secara Remot

Kebanyakan sistem kerja penulis dengan klien dilakukan secara remot, artinya tidak terjadi interaksi secara langsung dengan klien atau atasan Anda. Jadi, Anda benar-benar bekerja berdasarkan system kepercayaan dari mulai pemberian order, kesepakatan deadline, revisi, hingga komisi alias pembayaran atas artikel yang sudah Anda kerjakan.

Agar komunikasi terus terjalin lancar, Anda harus benar-benar memastikan jaringan internet pada gawai Anda selalu terhubung. Online atau gaya komunikasi dalam jaringan merupakan satu-carunya cara komunikasi, serta yang paling diandalkan dalam jalinan kerja sama di profesi yang satu ini.

C. Sanggup Revisi dan Mudah Dihubungi

Sebagai dampak dari pekerjaan gaya remot, peluang terjadi miss komunikasi sangat tinggi. Anda bisa saja berbuat kesalahan baik disengaja maupun tidak, sehingga artikel wajib direvisi. Ketika hal itu terjadi, Anda harus bersiap-siap meresponsnya dan segera melakukan perbaikan sebagaimana instruksi. Karena hal tersebut pula, Anda harus siap dihubungi kapan saja.

Penting untuk diketahui, pengerjaan artikel untuk penulis lepas biasanya mengacu pada sejumlah akta kunci, serta peraturan lainnya yang terdapat di lembar briefing. Penulis harus benar-benar memperhatikan apa yang harus dilakukan pada artikelnya, misalnya apakah gaya penulisan harus santai atau formal, atau apakah perlu disediakan gambar atau tidak.

Ketika artikel Anda ada yang kurang atau tidak sesuai dengan instruksi, editor artikel berhak meminta revisi pada penulis kapan saja. Anda semestinya bisa cepat merespons, lalu melakukan revisi, sehingga proses pencairan komisi bisa terlaksana tanpa kendala. Untuk penjelasan seputar komisi akan dibahas pada poin selanjutnya.

Sistem Komisi Penulis Lepas

Ini merupakan bagian yang terpenting, bahkan mungkin juga paling menarik. Siapa yang tidak suka dengan uang dan komisi? Bukankah kebanyakan orang memiliki motif ekonomi ketika menggeluti sebuah pekerjaan?

Nah, sistem komisi ketika Anda menjalani profesi sebagai penulis lepas sangatlah fleksibel, sama seperti ketika Anda menjalankan pekerjaan ini. Fleksibel, maksudnya tidak ada patokan gaji khusus untuk penghasilan Anda per bulan, sebab pembayaran didasarkan pada hasil kerja serta kualitas Anda.

Kebanyakan klien dan jasa penulisan artikel mematok komisi berdasarkan perhitungan kata. Jadi, misalnya Anda dalam sehari menulis sebanyak 10 ribu kata, sementara untuk per katanya Anda dihargai Rp 50 rupiah. Maka total pembayaran komisi yang akan Anda terima adalah Rp 500 ribu. Semakin banyak Anda menulis, semakin banyak pula komisi yang akan Anda dapatkan.

Di sisi lain, akan ada perhitungan yang lebih besar ketika Anda sanggup menulis dengan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Di mana, nilai per kata nya akan dihargai lebih tinggi dari pada penulis bahasa Indonesia. Kriteria kualitas penulis juga akan menjadi nilai tambah Anda sehingga bisa dibayar lebih tinggi.

Ada pula penulis yang mendapatkan komisi berdasarkan proyek atau paket order tertentu. Misalnya, dalam sebulan ia harus menyelesaikan sejumlah naskah, lalu akan dibayar dengan nominal tertentu berdasarkan kesepakatan. Jangan lupa untuk selalu memiliki rekening bank yang aktif sehingga aliran dana komisi bisa lancar ditransfer ketika dibutuhkan kapan saja.  

Contoh Artikel Penulis Lepas

Untuk memperkuat pemahaman Anda terkait profesi sebagai penulis lepas, berikut ini kami sajikan sejumlah contoh artikel penulis lepas yang ideal. Di mana setidaknya dalam artikel tersebut terdapat kata kunci yang disimpan di judul, di paragraf pertama, serta di paragraf terakhir.

Anda juga harus mencantumkan Latent Semantic Indexing (LSI) untuk memperkuat kata kunci. LSI sederhananya adalah kata kunci pendukung yang berkaitan dengan kata kunci utama. Misalnya, ketika Anda diberi keyword tentang “Furnitur di Dapur”, maka LSI keywordnya bisa berupa “harga furniture dapur”, “rekomendasi furniture berkualitas” atau “kompor dan alat masak”. Kata kunci ini sudah jelas berkaitan dengan kata kunci utama. Selebihnya, Anda harus benar-benar lihai dalam memasukkan kata-kata kunci ini ke dalam kalimat dan paragraf.    

Hal lain yang tak kalah penting adalah membuat kalimat singkat tentang gambaran keseluruhan artikel, atau disebut juga dengan “Meta Deskripsi”. Cara ini akan semakin memudahkan pembaca agar bisa segera menemukan artikel yang Anda buat berdasarkan kata kunci yang sesuai.

Berikut ini Contoh Artikel Penulis Lepas:

Keyword: Kesehatan Ibu Hamil

Judul: Kesehatan Ibu Hamil Harus Dijaga dengan menghindari Hal-Hal Berikut Ini!

Meta Deskripsi: Momen kehamilan adalah istimewa, karenanya butuh penjagaan ekstra oleh ibu maupun orang-orang sekitar. Berikut ini hal-hal yang mesti dihindari agar kesehatan janin dan ibu hamil selalu terjaga.

Masa kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan wanita yang telah menikah. Entah itu yang pertama atau bukan, kehamilan akan menghasilkan ragam momen eksklusif setiap harinya yang membuat ibu dan orang-orang di sekitar semakin peka dalam berkasih sayang antarmanusia. Dalam hal ini, kesehatan ibu hamil benar-benar harus diperhatikan.

Lantas bagaimana caranya agar seorang ibu bisa melewati momen kehamilan dengan sehat dan bahagia? Tentu saja semua orang di sekeliling Sang Ibu harus memberikan sejumlah dukungan ekstra, misalnya diperhatikan asupan makanannya, dijaga lingkungannya agar tenang dan bebas kekhawatiran, serta dilindungi perasaannya dari rasa sedih dan ragam emosi berlebih lainnya.

Sayangnya, tidak semua ibu hamil bisa mendapatkan situasi ideal tersebut. Perbedaan lingkungan dan latar belakang ekonomi bisa menjadi dalang utama penyebab ibu hamil stress, yang berkepanjangan. Pada situasi ini, jangan sampai hal yang tidak diharapkan terjadi, di mana bayi yang dikandung mengalami cacat fisik maupun mental, hingga keguguran.

Karena itu, ibu hamil jangan sampai bergantung pada lingkungan sekitar untuk menjalani hari-hari dengan sehat dan bahagia. Mari bersemangat berjuang untuk melewati kehamilan dengan baik dengan cara berpikir dan berperilaku positif, dimulai dari diri sendiri. Percayalah! Perjuangan yang dibarengi hati yang ikhlas akan berbuah manis.

Berikut ini hal-hal yang harus dihindari ibu hamil agar menjalani momen kehamilan sehat dan ceria:

1. Tidur Pagi-Pagi

Pagi adalah waktu terbaik menyambut rezeki. Ibu hamil pastinya akan lebih mudah mengantuk dan malas beraktivitas. Lawanlah perasaan-perasaan itu, terlebih di pagi hari. Ketimbang memanjakan diri dan tidur hingga siang hari, Anda bisa berjuang untuk bangun pagi, menikmati udara segar sembari berolahraga ringan. Kegiatan ini mungkin berat ketika diawali. Tapi ketika sudah dijalani, Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia dalam menjalani hari.

2. Makan Sembarangan

Asupan makanan bergizi merupakan hal wajib bagi ibu hamil. Sebab, Anda bukan hanya bertanggung jawab untuk diri sendiri, tapi juga ada janin yang butuh asupan nutrisi untuk pembentukan dan perkembangan dirinya.

Di sisi lain, Anda juga harus berupaya menghindari sejumlah makanan berbahaya untuk janin. Makanan tersebut misalnya mengandung pengawet, makanan mentah dan makanan lainnya yang masuk kategori junk food.

3. Cengeng

Menangis adalah salah satu hal yang paling tidak disukai oleh janin. Ketika Anda banyak menangis, janin Anda berpeluang stress dan bisa menimbulkan sejumlah masalah serius pada kandungan. Jadi, berjuanglah sekuat tenaga agar air mata Anda tidak jatuh karena tersulut hal-hal yang mengecewakan atau menyedihkan.

Ketika ada hal yang membuat Anda sedih, segeralah mengalihkan perhatian ke sejumlah hal yang positif seperti membaca kitab suci, membaca buku, mendengarkan musik, atau menyantap buah-buahan.

4. Berpikir Negatif

Sebagaimana ketika dalam kondisi normal, ibu hamil juga akan menyaksikan banyak peristiwa di kesehariannya, entah itu yang baik maupun buruk. Dalam merespons banyak kejadian itu, selalulah berupaya menyikapinya dengan tenang dan positif.

Pengelolaan hati dan perasaan bagi ibu hamil memanglah lumayan berat, terlebih lonjakan hormon membuat mood Anda jadi fluktuatif. Maka dari itu, berjuanglah! Anggap saja momen hamil adalah semacam terapi Anda agar bisa terampil mengelola hati agar selalu condong pada kebaikan. 

5. Khawatir Berlebih

Ibu hamil pastinya selalu digerayangi mitos-mitos seputar kehamilan yang kerap mengganggu pikiran. Larangan tak masuk akal itu terkadang datang dari orang terdekat, semisal orang tua, saudara dan teman-teman yang maksudnya ingin menunjukkan perhatiannya pada Sang Ibu.

Nah, jika dirasa larangan mitos yang diberikan masuk akal, silakan diikuti saja untuk penghormatan. Tapi jika tidak nyaman, Anda tidak perlu melakukan penolakan keras, tapi juga jangan sampai dibarengi kekhawatiran berlebih. Sugesti negatif akan membuat diri dan janin Anda memburuk.   

***

Demikianlah informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan ibu hamil, lengkap dengan penjelasan tentang hal-hal yang harus dihindari ibu hamil agar janin sehat dan selamat. Selebihnya, Anda harus terus berkonsultasi dengan bidan atau tenaga medis terkait agar penjagaan diri dan janin Anda lebih maksimal.

Lowongan Penulis Lepas

Setelah membaca uraian di atas, adakah Anda tertarik untuk menjadi seorang penulis lepas? Mari segera buktikan keahlian Anda di bidang kepenulisan, lantas membuatnya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Kabar baiknya, lowongan saungwriter juga sedang membuka lowongan penulis lepas, dan cara melamarnya pun tidak harus menempuh prosedur yang muluk-muluk.

Berikut ini sejumlah langkah sederhana yang bisa Anda tempuh jika serius ingin menjadi penulis lepas di perusahaan pembuat konten yang terpercaya:

1. Melakukan Riset Sederhana via Internet

Anda bisa memulainya dengan menuliskan kata kunci “Lowongan Penulis Lepas” atau “Lowongan Penulis freelance”, maka dengan cepat mesin pencari akan memberikan sejumlah rekomendasi website. Dalam daftar pencarian tersebut, Anda bisa menganalisis, yang manakah perusahaan penyedia jasa konten yang benar-benar terpercaya, serta sanggup menjalin kerja sama dengan penulis secara adil.

Sebab dalam banyak kasus, para penulis artikel kerap dianggap sebagai “sapi perah” di mana mereka dituntut untuk menyelesaikan tulisan dalam tenggat waktu tertentu, tapi bayaran atau komisinya sangat rendah dan jauh dari kelayakan. Sebaiknya Anda menghindari perusahaan jasa penyedia konten semacam itu.

Inilah yang juga merupakan manfaat dari melakukan riset, sebab Anda bisa membandingkan perusahaan mana yang benar-benar berkualitas serta sanggup membayar Anda secara layak. Pastinya, Anda juga harus pandai membaca diri dan kemampuan menulis Anda. Ketika Anda sudah merasa memiliki kemampuan menulis yang baik, mengapa harus merendahkan kualitas Anda dengan bayaran yang kecil?

2. Mengirimkan Aplikasi dan Portofolio

Setelah Anda menyeleksi satu atau beberapa perusahaan jasa pembuat artikel, langkah selanjutnya adalah mengirimkan lamaran atau formulir aplikasi. Penuhilah segala persyaratan yang diminta sehingga peluang Anda lolos aplikasi terbuka lebar. Biasanya perusahaan jasa pembuat artikel tidak akan memberikan persyaratan yang muluk-muluk sebagaimana persyaratan CPNS.

Mereka mungkin membutuhkan surat lamaran Anda, biodata diri atau curriculum vitae, KTP atau bukti identitas yang sah, serta contoh tulisan. Poin yang disebutkan terakhir inilah yang paling penting, sebab dari sanalah perusahaan jasa akan menilai kualitas Anda. Jika dirasa contoh tulisan yang Anda kirimkan berkualitas, maka peluang Anda diterima akan terbuka lebar. Untuk contoh tulisan artikel penulis lepas bisa Anda baca di poin 4 artikel ini.

3. Menunggu Konfirmasi dan Mengikuti Seleksi

Setelah Anda mengirimkan aplikasi, biasanya tak butuh waktu hingga sepekan, Anda akan dihubungi untuk pengumuman seleksi administrasi. Selanjutnya, Anda akan mengikuti serangkaian seleksi lainnya, misalnya menulis secara langsung dengan kriteria khusus dari perusahaan.

Ketika Anda bisa menjalankan semua prosedur seleksi dengan mulus, selamat! Anda mungkin akan segera mendapatkan order penulisan dan mendapatkan komisi setelahnya. Maka dalam proses konfirmasi dan seleksi, pastikan gawai Anda selalu terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu, Anda bisa berkomunikasi dengan cepat dan lancar.

4. Menerima Job Secara Reguler

Nah, untuk poin yang keempat ini, kami selayaknya mengucapkan selamat sebab itu artinya Anda secara resmi telah berstatus sebagai penulis lepas. Teruslah perkaya wawasan Anda, serta kuatkanlah skill menulis Anda. Sebab, akan ada banyak order menulis berdasarkan kata kunci yang random. Idealnya, Anda bisa mengerjakan semuanya tanpa kendala yang berarti.

***

Tibalah kita pada penghujung pembahasan. Pada intinya, menjadi seorang penulis lepas bisa dilakukan oleh siapa saja, tak peduli pangkatnya apa, status sosialnya apa, atau lokasi tempat tinggalnya di mana. Siapa pun bisa menjalankan profesi ini, selama Anda memiliki skill yang mumpuni di bidang kepenulisan, serta selalu berupaya komunikatif ketika berinteraksi dengan klien.

Anda juga sangat bisa mengandalkan pendapatan dari profesi ini, sebab penghasilan yang Anda peroleh menyesuaikan dengan apa yang telah Anda kerjakan. Ketika Anda bisa menjaga kualitas dan kepercayaan klien atau atasan Anda, peluang apresiasi yang lebih tinggi akan terbuka lebar, sehingga Anda bisa dibayar lebih tinggi dari penulis lainnya.

Baca juga

Akhir kata, semoga artikel tentang Contoh Artikel Penulis Lepas ini bermanfaat untuk Anda. Yuk berkreasi melalui kata-kata secara berkualitas, hingga akhirnya menghasilkan pundi-pundi rupiah secara nyata. Buktikanlah bahwa Anda bisa berkarier mulus di dunia kepenulisan!

6 pemikiran pada “Contoh Artikel Penulis Lepas”

  1. Sangat membantu sekali untuk bisa memahami pekerjaan sebagai penulis lepas. Informasi yang diberikan sangat lengkap sehingga menambah perbendaharaan kata yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk menekuni bidang kepenulisan.

    Balas
  2. Bumi yang tak selamanya bisa kau pijak, langit yang tak selamanya kau tatap, Dunia akan berakhir tanpa pamit kepadamu. “Terimakasih sudah berbuat kebaikan. Sungguh sangat berfanfaat artikel ini.” Semoga Saung Writer bisa maju dan dapat memberi manfaat yang lebih banyak lagi. Aamiin.

    Balas

Tinggalkan komentar