Content Curation: Strategi Efektif Pemasaran Konten Profesional

Content Curation

Content Curation

Content Curation merupakan strategi yang penting diterapkan oleh para pelaku pemasar konten. 

Lebih dari sekedar membagi ulang konten, Content Curation merupakan jalan untuk memberikan nilai lebih kepada para pengikut sembari menonjolkan keunggulan bisnis. 

Berkenalan dengan Content Curation 

Content Curation (kurasi konten) merupakan konten yang dibuat oleh orang lain yang Anda pilih untuk dibagikan kepada audiens bisnis maupun perusahaan. 

Content Curation merupakan kegiatan menemukan konten/materi dari berbagai sumber yang relevan dengan audiens melalui sosial media/website secara terorganisir. 

Lalu, apakah content curation sama dengan content marketing? 

Ternyata kedua hal ini berbeda 

Content marketing merupakan pembuatan konten sendiri, sedangkan content curation mengumpulkan konten lalu mengolahnya dengan baik untuk kemudian dibagikan kepada audiens. 

Kegiatan ini serupa dengan apa yang dilakukan oleh kurator museum. Para kurator hanya akan menampilkan lukisan dan karya seni terbaik untuk dinikmati oleh para pengunjung. 

Sebagai kurator konten, Anda juga perlu menampilkan konten yang berkualitas seperti pendapat para ahli atau konten lainnya yang akan dinikmati oleh para audiens. 

Manfaat Melakukan Content Curation 

Dengan definisi content curation yang dijelaskan, apakah content curation merupakan kegiatan plagiarism? 

Nyatanya, kegiatan ini bukanlah plagiarism karena ketika Anda membagikan konten di media milik bisnis, maka Anda harus mencantumkan sumber asli. 

Apakah Anda bertanya tanya mengapa Content Curation harus dilakukan? 

Berikut ialah beberapa keuntungan bagi Anda jika melakukan proses kurasi konten.

Memberikan Informasi Baru Kepada Pengikut

Setiap pengikut di media sosial Anda tentu memiliki alasan tertentu mengapa mereka memutuskan untuk mengikuti akun media sosial tersebut. 

Para pengikut tersebut ingin mendapatkan pandangan baru mengenai bidang keahlian dan mendapatkan konten konten bermanfaat tentang industri Anda. 

Mereka ingin mendapatkan ilmu dan belajar dari akun media sosial Anda dan meningkatkan keterampilan mereka dengan berbagai cara yang didapatkan. 

Namun, bisnis Anda bukan satu satunya ahli dalam industri yang dijalankan. Oleh sebab itu, Anda perlu sesekali membagikan konten dari para ahli lain yang memiliki kredibilitas baik. 

Sehingga, saat membagikan konten perhatikan sumber yang diambil dan pastikan konten tersebut dapat menerima berbagai pandangan baru yang berkualitas. 

Ingat, hubungan bisnis Anda dengan konsumen tidak harus bersifat transaksional. Membagikan nilai dan informasi kepada pengikut, merupakan hal yang harus diperhatikan pula.

Mengisi Celah Pada Jadwal Posting

Sebagai seorang pemasar konten, tentu sudah ada jadwal dimana Anda harus membagikan konten di media sosial. 

Tentu variasi konten juga harus diperhatikan agar tidak terkesan monoton dan membuat audiens menjadi bosan. 

Beberapa konten yang dibagikan pada umumnya dibuat sendiri, namun jika Anda kesulitan dalam membuat konten, maka kurasi konten adalah langkah yang tepat. 

Dengan membagikan konten lain yang berkualitas akan memudahkan Anda untuk tetap dapat membagikan konten kepada para audiens. 

Menjadi Pemimpin Pasar 

Persaingan di industri apapun kini terasa semakin sulit saja. Setiap pelaku bisnis berusaha untuk menjadi yang pertama untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas. 

Ternyata, melakukan kurasi konten dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Bagaimana bisa? 

Dengan hanya membagikan konten yang berkualitas, maka audiens akan merasa bahwa konten yang Anda bagikan sangat layak untuk dibaca. 

Anda juga bisa menambahkan pandangan sendiri ketika melakukan kurasi konten. 

Apabila Anda menambahkan pandangan yang berbeda, hal ini akan membuat Anda menjadi seseorang yang sangat mengerti tentang industri yang dijalankan. 

Menjalin Hubungan 

Membagikan konten orang lain ternyata merupakan salah satu cara yang baik untuk menjalin hubungan dengan orang lain. 

Ketika Anda menemukan satu konten yang menarik dan berkualitas, Anda bisa memberitahu si pembuat konten. Katakan bahwa konten yang mereka ciptakan akan dibagikan kepada banyak orang lainnya. 

Tapi jangan minta apapun sebagai imbalan, karena hal ini sangat mengganggu

Sebaliknya, katakan kepada mereka bahwa Anda telah menemukan konten yang berkualitas dan menunggu pekerjaan lainnya yang akan mereka lakukan. 

Hal ini tentunya bisa menciptakan hubungan yang baik dengan para pemimpin industri lainnya. Tentunya, hal ini bisa menguntungkan bagi bisnis Anda dimasa depan. 

Bagaimana Cara Melakukan Content Curation yang Tepat?

Sebelum Anda membagikan sebuah konten, jawablah beberapa pertanyaan berikut 

  • Kepada siapa Anda ingin membagikan konten ini?
  • Mengapa konten ini dapat membantu mereka?
  • Apakah sumber ini dapat dipercaya? 
  • Apakah konten ini unik dan layak untuk dibagikan? 

Untuk membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut, maka pastikan Anda untuk melakukan hal hal berikut 

Ketahui Audiense

Sebelum melakukan pemasaran apapun, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengenal audiens. Hal ini berlaku juga dalam melakukan kurasi konten, dimana untuk membagikan konten berkualitas maka Anda harus mengenal target dengan baik. 

Lalu, bagaimana cara mengenal audiens dengan baik? 

Anda bisa membuat persona audiens yang akan membantu Anda untuk berpikir jenis konten apa yang akan diminati dan dapat membantu mereka. 

Ingat, Anda adalah seorang kurator yang memiliki tugas untuk menyajikan yang terbaik pada audiens. 

Perhatikan tingkat keterlibatan para audiens pada setiap konten yang dibagikan. Setelah itu, Anda akan mengetahui jenis konten apa saja yang paling mendapat perhatian banyak orang. 

Baca juga : Tips Memanfaatkan Question Hub Untuk Memperkaya Konten

Tambahkan Catatan Sendiri

Orang orang mengikuti akun sosial media karena ingin melihat tentang kegiatan dan nilai dari akun yang diikuti. 

Sederhananya, jika Anda membagikan konten lain tanpa adanya tambahan apapun, hal ini tidak akan membantu audiens. 

Tidak perlu menambahkan kalimat yang panjang, hanya dua atau tiga kata cukup untuk menjelaskan mengapa konten tersebut berkualitas. 

Cantumkan Link dan Sumber Asli

Ingat, apa yang Anda lakukan ialah mengkurasi konten, bukan mencuri konten. 

Oleh sebab itu selalu cantumkan link dan sumber asli sehingga Anda berperilaku selayaknya seorang profesional. 

Jangan ragu untuk menyebutkan akun media sosial si pembuat konten untuk mengapresiasi apa yang diciptakan para pencipta konten. 

Alat Content Curation

Kesulitan untuk melakukan kurasi konten dalam waktu yang berkepanjangan dan menemukan konten yang berkualitas? 

Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa alat yang akan membantu Anda melakukan kurasi konten dengan lebih baik. 

Berikut ini ialah beberapa alat terbaik yang bisa Anda coba. 

Elink.io

tampilan situs enlink.io

Melakukan kurasi konten untuk dibagikan melalui email newsletter, sosial media maupun website tak jarang memakan waktu yang cukup lama. 

Mengumpulkan konten dari berbagai website dan membagikannya dengan cara yang rapi merupakan kunci kesuksesan dari kurasi konten. 

Elink.io merupakan alat yang mampu membuat konten kurasi berjalan dengan mudah dalam waktu yang cepat. Alat ini memungkinkan siapapun untuk menyimpan link dan mengubahnya menjadi konten terbaik. 

Anda bisa mengubah link menjadi halaman web, menempatkannya dalam situs website atau bahkan mengirimnya sebagai buletin. 

Elink.io memiliki 30 template yang bisa digunakan secara gratis. Sudah lebih dari 80.000 orang yang memanfaatkan alat ini untuk melakukan kurasi konten.

Quuu

tampilan situs Quuu

Butuh alat gratis yang bisa membantu Anda untuk membagikan konten dengan mudah dan pastinya terorganisir dengan baik? 

Quuu adalah pilihan yang tepat, alat ini akan menganalisis post sosial media dan platform lainnya untuk merekomendasikan konten apa yang cocok untuk Anda. 

Anda juga bisa menggunakan fitur auto pilot yang membuat jadwal post konten akan terupdate secara otomatis.

Flipboard

Tampilan Flipboard

Ingin membuat majalah mini yang dengan tautan ke situs website favorit Anda?

Flipboard dapat melakukan hal ini dengan mudah. Setelah membuat majalah mini tersebut, Anda bisa membagikannya ke sosial media lainnya.

Apabila Anda telah membuat majalah mini tersebut, maka majalah ini juga bisa dinimkati oleh para audiense lainnya dengan mudah.

Pocket 

Tampilan Pocket

Pernahkah Anda menemukan konten yang berkualitas lalu ingin membagikannya di lain waktu? 

Dibandingkan Anda menyalin semua link, melakukan bookmarks atau mengemail setiap konten yang ditemukan, lakukan organisir dengan mudah menggunakan Pocket. 

Dengan pocket, Anda bisa mengkategorikan artikel dengan tags untuk menemukan artikel dengan mudah. Pocket juga telah terintegrasi lebih dari 500 aplikasi lainnya sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan kurasi konten. 

Twitter Lists 

Tampilan Twitter List

Twitter menjadi salah satu sosial media yang memiliki cukup banyak pengguna. Tentu, platform ini menjadi tempat yang tepat untuk membangun interaksi dengan konsumen. 

Twitter List hadir untuk memudahkan Anda menemukan posting pengguna yang masuk dalam kategori yang sama. 

Anda bisa mengkategorikan setiap cuitan pengguna lainnya dengan menggunakan hastag atau kata kunci lainnya. 

Cara menggunakan Twitter Lists cukup mudah, masuk ke akun twitter Anda dan klik pada bagian profil untuk menemukan menu List. 

Buatlah daftar sesuai dengan kebutuhan, setelah terbuat maka Anda bisa melihat cuitan yang telah terorganisir dengan baik untuk kemudian dibagikan kembali. 

Scoop.it 

Sulit menemukan artikel yang berkualitas dan sesuai dengan topik yang Anda cari? 

Scoop,it dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut, alat ini mampu mengumpulkan artikel sesuai dengan topik yang diinginkan. 

Scoop.it juga akan menyarankan topik lainnya yang relevan dengan pencarian Anda, alat ini akan memberi notifikasi jika ada artikel yang sesuai dengan pencarian. 

Versi gratis dari Scoop.it memungkinkan pengguna untuk membagikan artikel ke dua akun media sosial. Jika ingin membagikan ke saluran yang lebih luas, maka gunakan pilihan berbayar. 

Newsletters

Newsletters merupakan alat yang hebat untuk menjadi pengingat harian ketika kurasi konten selesai dilakukan. 

Jika Anda membagikan konten di sosial media, tidak semua pengikut bisa melihat konten tersebut. 

Namun, dengan adanya Newsletter, maka pengikut akan mendapatkan notifikasi tentang apa yang Anda di sosial media. 

Langkah ini membuat konsumen tetap terhubung dengan Anda dan mendapatkan konten yang dibagikan. 

Feedly 

Feedly merupakan alat yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang rutin melakukan kurasi konten. 

Disini, terdapat dua pilihan yang bisa dilakukan dalam membagikan konten. 

Pertama ialah Anda melakukan penelusuran artikel lalu menyalin link sesuai dengan keperluan. 

Kedua ialah dengan memanfaatkan fitur Feedly dimana Anda hanya perlu menambahkan sumber favorit kemudian Feedly akan mengumpulkan artikel dari sumber tersebut. 

Topik topik yang ditemukan tentunya relevan sesuai dengan kebutuhan Anda, kemudian artikel yang ditemukan akan ditempatkan di satu tempat untuk memudahkan pengguna. 

Sniply

Saat membagikan konten kepada para audiens, Anda bisa menambahkan berbagai kalimat persuasif dan ajakan lainnya. 

Anda juga bisa menambahkan tombol untuk para pembaca masuk ke halaman website yang diinginkan. 

Sniply juga memungkinkan Anda untuk mempersingkat URL sehingga link bisa dibagikan dengan mudah bahkan di Twitter yang memiliki karakter terbatas. 

Curata 

Curata dapat merekomendasikan artikel yang sesuai dengan topik yang sesuai dengan perspektif audiens. 

Anda dapat mengkostumisasi pencarian, mengkategorikan konten hingga membagikannya dengan mudah hanya dengan satu platform. 

Content Curation merupakan langkah tepat untuk membuat Anda tetap memberikan informasi segar dan terpercaya kepada para audiens. 

Saung Writer mengatakan bahwa konten merupakan pemasaran terbaik untuk industri apapun pada platform digital. 

Selain membuat konten sendiri, Anda juga bisa membagikan konten terbaik dari sumber yang dipercaya kepada pada pengikut. 

Dengan mengenali kebutuhan audiens, promosi dengan melalui proses content curation akan memberikan dampak yang menguntungkan. 

Jangan lupa untuk gunakan berbagai alat yang tersedia untuk memudahkan proses content curation agar lebih berkualitas. 

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan komentar

8 + eighteen =

Hubungi Kami

Dapatkan penawaran harga, layanan, atau pertanyaan teknis pemesanan dengan mengajukan formulir ini, kami akan membalas maksimal 1×24 jam pada jam kerja.
Minimal belanja Rp2.000.000.

Order Instan Via Website, Dapatkan Cashback 100 Ribu*......

Ini adalah paket istimewa untuk Anda, paket artikel ALA Saungwriter. Konten dioptimalkan untuk SEO, pembaca website Anda & dijamin menarik.

Mulai Rp427.500,-

Buat konten dengan instruksi khusus untuk konten blog narasi & tutorial, copywriting landing page, deskripsi produk, penerjemah, press release dan lainnya. 

Mulai Rp27.000,-

Rawat & update sumber income Anda bersama tim yang sudah berpengalaman. Kami berikan yang terbaik sesuai standar yang telah Anda tentukan.

Mulai Rp470.000,-

Jadikan website bisnis Anda mesin pemasaran gratis & luar biasa. Sediakan konten menarik & mudah lalu bangun audience dengan strategi hebat kami.

Harga Custom

FAQ

Pertanyaan yang sering diajukan, klik untuk mendapatkan jawabannya.

Operasional

Senin - jumat 08:00 - 20:00