Berbagai Cara Update Windows 10 dengan Mudah dan Aman

Windows 10 saat ini sudah menjadi salah satu sistem operasi yang digunakan oleh banyak orang pada komputer setiap komputer mereka. Cara update Windows 10 umumnya dilakukan untuk melakukan perawatan pada sistem operasi agar terus diperbarui dari virus dan malware berbahaya.

Berbagai file dan utilitas yang telah usang kiranya harus terus dilakukan pembaruan agar sistem operasi semakin optimal dalam menjalankan tugasnya. Cara update Windows 10 sebenarnya cukup mudah, hanya saja banyak para pengguna merasa kesulitan karena tidak melakukannya dengan benar.

Lantas bagaimana cara mengupdate Windows 10 yang baik dan benar?, simak ulasan di bawah ini untuk tutorial lengkapnya.

Cara Update Windows 10 dengan Update Assistant

cara update windows 10

Update Assistant merupakan sebuah software khusus dari Microsoft yang berfungsi untuk melakukan pembaruan secara otomatis pada sistem operasi. Cara ini akan sangat berguna bagi kamu yang menginginkan sebuah aat update jangka panjang yang bisa digunakan lagi kedepannya.

Berikut cara update Windows 10 dengan Update Assistant atau Asisten Pembaruan.

  1. Pertama, lakukan backup data terlebih dahulu ke penyimpanan lain seperti flashdisk atau harddisk eksternal untuk mengamankan data-data penting.
  2. Pastikan terlebih dahulu bahwa komputer atau laptop kamu sudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi untuk mengunduh file Update Assistant dengan ukuran sekitar 5 GB.
  3. Jika file berhasil diunduh, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penginstalan pada software tersebut dengan klik kanan Run As Administrator pada file dengan format .exe.
  4. Klik terus tombol Next agar proses instalasi berjalan lancar.
  5. Setelah terinstall, buka software tersebut dan pilih menu Update Now (Pastikan sebelumnya bahwa komputer atau laptop telah terhubung dengan internet).
  6. Setelah itu, Update Assistant secara otomatis akan melakukan pengecekan kompatibel tidaknya perangkat komputer kamu jika proses update dijalankan.
  7. Jika perangkat memenuhi, maka pembaruan akan segera berlangsung dan tekan saja tombol Next untuk melanjutkan proses update.
  8. Tunggu beberapa menit hingga proses update selesai dilakukan.
  9. Setelah proses update selesai, biasanya komputer secara otomatis melakukan proses restart untuk memuat sistem operasi dengan pembaruan terkini.

Baca Juga : 16 Kombinasi Shortcut Keyboard Pada Windows yang Harus Diketahui

Cara Update Windows 10 dengan Notifikasi Windows Update

Pada dasarnya komputer dengan sistem operasi Windows secara otomatis akan mendapat pemberitahuan berupa notifikasi yang muncul pada Action Center untuk melakukan pembaruan sistem.

Pada tutorial kali ini, kita akan memanfaatkan notifikasi tersebut untuk melakukan update pada Windows 10 tanpa bantuan software tambahan. Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai cara memperbarui Windows 10 dengan Windows Update.

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa komputer kamu telah terhubung dengan jaringan internet.
  2. Lalu pastikan juga bahwa komputer kamu telah menerima notifikasi yang berisi mengenai perintah untuk melakukan pembaruan pada sistem.
  3. Jika notifikasi tersebut telah terhapus dari Action Center, maka kamu dapat mengeceknya pada menu Setting.
  4. Setelah itu, pilih menu Check For Updates, jika komputer memang sudah pernah mendapatkan notifikasi, maka Windows akan melakukan pengunduhan file OS secara otomatis.
  5. Tunggu beberapa menit hingga proses update selesai.
  6. Jika telah selesai, maka komputer akan melakukan proses restart secara otomatis untuk menyegarkan sistem.

Cara Update Windows 10 dengan Microsoft Update Catalog

Seperti pada Update Assistant, Microsoft Update Catalog juga merupakan salah satu cara pembaruan sistem secara resmi dari Microsoft. Untuk melakukan cara ini, kamu harus mengunjungi website resminya dan melakukan proses download file update.

Berikut cara melakukan pembaruan pada windows 10 menggunakan Microsoft Update Catalog dengan mudah.

  1. Kunjungi terlebih dahulu situs resmi Microsoft Catalog pada browser PC kamu.
  2. Setelah itu, akan muncul tampilan dari website tersebut, lalu pilih kolom pencarian dan masukkan kode khusus dari versi Windows yang akan di update.
  3. Pada Windows 10, kamu bisa memasukkan kode KB4048955 pada kolom tersebut dan klik tombol Search.
  4. Setelah itu akan muncul beberapa file update yang bisa kamu download sesuai dengan bit komputer kamu, pilih salah satu file tersebut dengan klik Download.
  5. Selanjutnya, lakukan penginstalan pada file yang telah di download tadi dengan klik dua kali pada file dengan format MSU. Sedangkan pada file CAB, kamu bisa melakukan penginstalan melalui Command Prompt.

Cara Update Windows 10 dengan Media Creation Tool

MCT atau Media Creation Tool merupakan sebuah software yang didesain khusus untuk melakukan proses update pada sistem operasi. Caranya pun cukup simple, kamu hanya perlu melakukan tutorial di bawah ini untuk memperbarui Windows 10 dengan mudah.

  1. Download terlebih dahulu file MCT pada situs resminya.
  2. Lakukan penginstalan pada software tersebut seperti tutorial-tutorial sebelumnya.
  3. Setelah itu, buka software tersebut dan pilih opsi Upgrade This PC now.
  4. Pilih tombol Next untuk mengunduh file dan memperbarui Windows 10 pada komputermu.
  5. Centang opsi Accept untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  6. Pada menu Ready to Install, klik tombol pasang untuk mulai memasang update an terbaru dari sistem operasi.
  7. Pastikan kamu telah mencentang opsi Keep personal files and apps untuk mengamankan data agar tidak hilang.
  8. Terakhir, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga pembaruan telah selesai dilakukan yang ditandai dengan terjadinya proses restart pada komputer.

Berbagai Keuntungan dari Update Windows 10

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, proses pembaruan pada sistem operasi akan memberikan banyak keuntungan. Bukan hanya soal tampilan terbaru, namun kamu juga akan mendapatkan berbagai utilitas terbaru yang tidak akan ditemui jika kamu tidak melakukan update pada Windows.

Berikut berbagai keuntungan yang menjadikan update sistem operasi menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

1. Mengatasi Error Pada Sistem

Proses pembaruan pada Windows secara harfiahnya dilakukan sebagai bentuk perbaikan dari berbagai error dan kesalahan dari sistem operasi.

Selain itu, berbagai utilitas yang sebelumnya tidak begitu berguna, dengan melakukan update maka utilitas tersebut semakin terasah fungsinya.

2. Peningkatan Keamanan

Perkembangan teknologi yag begitu pesat mengakibatkan berkembangnya berbagai virus dan malware berbahaya yang mengancam perangkat komputer.

Oleh karena itu, setiap sistem operasi wajib untuk selalu di update untuk mendapatkan sistem terbaru yang semakin efektif dalam mencegah berbagai virus berbahaya dari komputer.

3. Menyegarkan Perangkat

Salah satu ciri dari update sebuah OS bisa dilihat dari tampilan User Interface yang disajikan pada layar komputer.

Tampilan terbaru yang lebih fresh tentu akan menyegarkan penglihatan para pengguna yang sudah jenuh dengan tampilan lama dari sebuah OS.

4. Cara Kerja yang Lebih Efisien

Seiring dengan berjalannya waktu, tentunya para developer akan terus bereksperimen dalam membangun sebuah sistem baru dengan cara kerja yang lebih efisien.

Hasil eksperimen tersebut lah yang akan disajikan pada pada update sistem operasi yang nantinya bisa langsung dinikmati oleh para penggunannya.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kamu agar terus melakukan update secara rutin pada Windows agar performa komputer kamu menjadi semakin efisien.

Berbagai cara update Windows 10 di atas kiranya dapat kamu ikuti dan terapkan untuk melakukan pembaruan pada sistem operasi agar komputer menjadi semakin nyaman untuk digunakan. Selain itu, demi menjaga keamanan data, proses update sangatlah disarankan untuk kamu lakukan.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com