Blog

Cara Membuat Website

Cara Membuat Website – Setiap orang mempunyai beberapa kemauan dan hobi. Di dalam hobi inilah anda dapat menentukan kesukaan mana saja. Dengan...

Written by rama · 6 min read >
cara membuat website gratis

Cara Membuat Website – Setiap orang mempunyai beberapa kemauan dan hobi. Di dalam hobi inilah anda dapat menentukan kesukaan mana saja. Dengan itu Anda bisa mencoba hobi menulis. Untuk panduan cara membuat website akan kami jabarkan dibawah untuk mengulas secara lengkap.

Jika kalian bertanya apakah bisa membuat website gratis di internet ini, maka akan kami jawab pasti bisa. Setiap webmaster mempunyai keinginan untuk menjelajahi internet. Apabila kamu menemukan ide dan pola pikir yang sama seperti ini, mungkin Anda hanya perlu modal sedikit saja.

Kerana demikian, ada beberapa orang yang kepingin membuat website. Entah itu website sekolah, web sendiri atau web online shop. Di dalam website sendiri termuat beberapa unsur yang wajib kamu ketahui. Bila anda belum pernah menjumpai kata website, Nanti kami akan memberikan ulasan sedikit mengenai pengertian website itu sendiri.

Apa Itu Website?

Website adalah sebuah kumpulan halaman yang dimuat dalam suatu domain di internet. Dimana pembuatan web sendiri mempunyai tujuan tertentu untuk saling berhubungan satu sama lain.

Website itu hanya sebuah laman yang di dukung sebuah browser. Jika anda sedang mencari informasi di internet misal di google. Maka di setiap halaman pencarian kalian akan memasuki sebuah halaman web.

Halaman web itulah yang dimanakan halaman informasi. Jika anda memasuki ke halaman utama atau sering disebut homepage. Homepage ini saya misalkans seperti ini, apabila kalian hendak mengunjungi situs saungwriter.com, disitu akan ditampilkan sebuah halaman beranda atau homepage.

Mengenai halaman web itu sendiri biasanya akan tampil jika anda mengunjungi artikel atau menu yang ada di dalam homepage tersebut. Saya contohkan seperti gambar dibawah ini. Pada kotak warna merah itu, jika di klik maka akan muncul informasi baru lain dari homepage.

halaman web

Terdapat banyak menu yang harus anda pilih. Saya contohkan menggunakan website ini saja. Namun jika anda kesulitan dalam menemukan menu seperti itu mungkin udah lain tampilan. Secara umum menu tersebut diletakkan pada bagian atas dan jika kalian klik maka akan menuju ke informasi sesuai judul.

Fungsi Website

Pada dasarnya setiap buat website terdapat mempunyai beberapa fungsi utama. Jika anda belum tahu mengenai fungsi website, mungkin ulasan dibawah ini akan menjelaskan beberapa fungsi utama membuat website online secara gratis.

Fungsi Pertama : Sebagai Media Bisnis

Perilaku bisnis online sekarang sudah merajalela di internet khususnya. Tak hanya bermain bisnis di dunia offline saja, sekarang mereka berbisnis menggunakan media website untuk menjual produk dan jasanya.

Dengan membuat website yang menghasilkan uang, anda juga mempunyai klien baru yang jauh. Anda bisa menemukan klien baru di luar negeri atau di dalam negeri, tanpa modal besar kalian sudah meraih calon pelanggan anda hanya dengan memanfaatkan website sebagai sarana bisnis.

Seperti contohnya bisnis di bidang market. Banyak toko di daerah Anda sudah merambah ke online shop misalnya. Toko online tersebut memang sangat menjanjikan jika Anda pandai dalam pembuatan website.

Dengan adanya website yang anda kelola ini, anda bisa mendapatkan raup keuntungan luar biasa. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memasarkan branding anda ke semua orang. Jadi, brand anda akan lebih cepat dan luas merata terkenal dibandingkan dengan berjual brand di wilayah setempat.

Karena bisnis di website akan menarik pelanggan dari luar wilayah Anda. Jadi siap – siap saja untuk menyiapkan jasa antar barang jika anda memulai bisnis toko online. Namun hal ini tak berlaku jika anda hanya membuat web sebagai bisnis online jasa pengetikan atau jasa tulis artikel. Anda hanya disuruh menulis saja sesuai arahan dari klien anda. Sangat bermanfaat bukan jika kalian ingin merintis bisnis bisa dimulai dengan pembuatan web.

Fungsi Kedua : Sebagai Sosial Sharing

Fungsi kedua ini lebih ke hobi, sebenarnya Anda bisa menggunakan media website ini sebagai sarana penyaluran hobi. Apa hobinya? Anda bisa menemukan hobi menulis disini. Dengan anda menulis maka akan menginformasikan kepada khalayak untuk mengikuti info dari anda. Usahakan memberikan info yang terpercaya jangan berita hoax.

Di dalam website ini bisa dikatakan sebagai penyalur hobi anda. Jika anda tak bisa menulis maka anda tidak akan bisa menemukan hobi menulis. Namun sebaiknya jika anda menggunakan web atau sedang membangun web, Anda harus siap – siap kejar target minimal 3 bulan sudah ada pengunjung.

Dikemudian hari anda tinggal mengembangkan sosial sharing tersebut agar semua orang tahu. Memberikan saluran informasi kepada banyak orang musti menjadi prestasi yang tak ternilai harganya. Disamping itu anda sudah ikut berpartisipasi dalam memberikan kabar menarik yang anda punya.

Itulah dua fungsi utama dalam pembuatan web di masa sekarang ini. Jika anda mampu membuatnya sendiri kenapa tidak mencobanya?. Anda bisa memiliki untung besar ketika mengambil peluang usaha ini.

Ciri Website yang Layak

Kalau berbicara mengenai layak atau tidaknya pasti banyak tidaknya. Kenapa? karena setiap keburukan pasti banyak dicari oleh orang manapun. Tapi saya tidak membahas tidak layaknya, malahan sebaliknya. Kita membahas yang baik – baik saja untuk mengenai kriteria website yag pantas untuk dikategorikan sebauh website profesional.

Mungkin hanya ada beberapa kriteria website yang wajib anda ketahui. Ciri website ini tidak ada kaitannya dengan keburukan atau menjelek – jelekkan website lain tapi lebih mengarahkan ke yang lebih baik lagi. Apabila anda baru ingin membuat website maka perhatikan kriteria yang layak dibawah ini.

  1. Mempunyai tampilan menarik.
  2. Memiliki kecepatan situs diatas rata – rata.
  3. Bersifat interaktif dan edukasi tidak diwajibkan ada.
  4. Penyajian konten menarik dan lengkap.
  5. Desain yang SEO Friendly dan Reponsive di perangkat mobile.
  6. Navigasi menu teratur.
  7. Memiliki satu tujuan dan satu topik pembicaraan.
  8. Membuat orang merasa nyaman dan betah berlama – lama dengan kosa kata yang Anda berikan untuk audiens.
  9. Tak hanya kelengkapan konten, namun disertai gambar dan video itu juga penting.
  10. Memberikan akses mudah, nyaman dan aman buat pengguna baru maupun lama.

Selanjutnya akan ada pembahasan mengenai UX atau User Experience atau dalam bahasa indonesia adalah pengalaman pengguna. Masih banyak website yang belum menerapkan sistem UX ini. Padahal dijaman sekarang ini perlu kita menyadari perilaku masyarakat seperti apa. Nah untuk lebih jelasnya dalam ciri website, akan saya jabarkan dalam bentuk list dibawah ini.

  • Terdapat desain menarik dan sangat nyaman.
  • Memiliki tingkat keakuratan di mesin pencari Google.
  • Tata letak sistem navigasi teratur.

Dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara membuat website pada platform wordpres.

Panduan Lengkap Cara Membuat Website

Saya akan memberikan anda panduan secara lengkap dalam pemahaman wordpress. Jika anda ingin menggunakan wordpress sebagai media website anda, maka ikuti langkah demi langkah dibawah.

Pengertian wordpress adalah sebuah platform yang bertujuan untuk membangun situs baru. Jenis wordpress ada dua yakni wordpress biasa dan wordpress self host. Saya menyarankan untuk menggunakan self host karena mudah untuk di custom baik itu tampilan website maupun alamat website anda.

Langkah Pertama – Membeli Hosting

Pada langkah ini anda bisa membeli hosting dimana saja. Anda bisa menemukannya apabila mencarinya di google terutama. Ketikan saja beli hosting nanti akan muncul beberapa situs yang menyediakan. Saran saya carilah layanan hosting yang terdapat promo agar lebih murah. Kemudian tinggal sesuaikan saya ukuran penyimpanan yang anda butuhkan.

Langkah Kedua – Memilih Domain

Pemilihan domain ini bisa anda lakukan apabila ada promo domain gratis pada suatu paket hosting pilihan anda. Namun jika tidak ada juga tidak masalah, anda masih bisa membeli domain pada layanan hosting tersebut. Anda bisa memilih domain yang berakhiran .com .net .id dan lain sebagainya, sesuai dengan tema pembahasan website anda.

Langkah Ketiga – Memilih Platform

Pada tahapan ini saya sarankan bagi anda yang lagi pingin membuat website untuk tujuan tertentu misal bisnis atau mengembangkan brandingnya. Anda bisa memilih platform wordpress saja karena terlihat profesional di mata calon pengunjung wordpress anda.

Langkah Keempat – Tahapan Membuat Website dengan WordPress

cara membuat website
cpanel hosting

Setelah langkah satu, dua dan tiga terpenuhi silakan lanjut ke langkah empat ini. Setelah membeli hosting kalian pasti sudah dikasih akun login ke cpanel. Jadi cpanel itu adalah sebuah layanan untuk memantau penggunaan storage website, peforma website dan pembuatan website.

Tahapan membuat web wordpress disini hanya perlu menuju ke menu Softaculous Apps Installer yang berada di bagian bawah. jadi anda harus scroll kebawah untuk menemukan menu tersebut. Kemudian tinggal pilih wordpress untuk pemasangan web wordpressnya.

Softaculous Apps Installer
Softaculous Apps Installer Cpanel

Setelah masuk ke wordpressnya, anda akan saya arahkan menuju ke halaman instalasi wordpress dengan cara klik tombol warna biru bertuliskan “Instal Now”.

Pemasangan wordpress di cpanel hosting
Instalasi WordPress

Selanjutnya akan muencul halaman baru dimana anda harus mengisikan semua form yang ada. Berikut penjelasan nya agar anda tak perlu kebingungan lagi.

Software Setup

Software Setup
Software Setup
  • Choose the version you want to install : Isikan pada versi wordpress terbaru saja.
  • Choose Protocol : Sesuaikan sama keingingan anda, ada pilihan opsi https://, http://www, https:// dan https://www.
  • Choose Domain : Disini anda bisa memasukan domain yang sudah anda miliki pada tahapan kedua.
  • In Directory : Biarkan kosong saja.

Site Settings

Site Settings
Site Settings
  • Site Name : Isikan nama blog anda
  • Site Description : Isikan deskripsi sesuai tema pembahasan website anda.
  • Enable Multisite (WPMU) : Biarkan kosong saja.

Admin Account

Admin Account
Admin Account

Pada bagian ini anda jangan sampai lupa usernama sama passwordnya karena ini untuk data login masuk ke wordpress anda.

  • Admin Username : Isikan sesuai nama atau nama akun yang mudah diingat anda.
  • Admin Password : Isikan password dengan karakter khusus yang sulit ditebak orang lain namun anda masih bisa mengingatnya.
  • Admin Emai : Biarkan seperti itu saja atau mau anda kasih nama atau brand boleh saja.

Choose Language

Choose Language
Choose Language

Pada pengaturan Choose Language silakan pilih bahasa yang sesuai dengan kemampuan bahasa anda.

Select Plugin(s)

Select Plugin(s)
Select Plugin(s)
  • Limit Login Attemps (Loginizer) : Biarkan default (tanpa centang).
  • Classc Editor : Apabila anda ingin menggunakan tampilan klasik (lama0 bisa ceklist. Namun sebaiknya biarkan default saja.
  • wpCentral – Manage Multiple WordPress : Biarkan default saja.

Advanced Options

Pada bagian menu ini menurut saya jangan dulu soalnya masih bisa kita abaikan. Anda bisa mengaturnya secara default saja atau abaikan saja pada bagian ini.

Select Theme

Pilih tema wordpress
Select Theme

Pada bagian ini silakan pilih theme classic nya dulu. Mengenai mengubah tema nanti belakangan. Silakan pilih tema acak saja.

Setelah selesai saatnya klik pada menu bagian bawah bewarna biru yang memiliki tulisan “Instal”. Tunggu beberapa detik apabila menggunakan jaringan bagus maka akan mendapatkan kecepatna instal yang sangat cepat.

instal wordpress
Instal

Setelah itu akan masuk ke tampilan pemasangan. Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Tugas anda tinggal menunggu hingga proses angkanya menunjukan ke angka 100.

pemasangan wordpress

Setelah itu anda bisa langsung menuju ke data login wordpress admin. Silakan gunakan url anda untuk membukanya. Saya beri contoh namadomainkame.com/wp-admin. Anda bisa mengubah namadomainkamu.com sesuai dengan nama domain kamu dan ekstensi nya, jika menggunakan net ya diakhiri dengan kata .net, berlaku seterusnya.

Masuk ke wordpress dengan memasukan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya.

login ke wordpress admin

Setelah itu anda akan di tampilkan dengan wajah si wordpress tersebut.

selamat datang di wordpress

Mungkin itu saja cara pemasangan wordpressnya. Alangkah baiknya jika saya memberikan rekomendasi plugin yang cocok untuk website wordpress baru. Dibawah ini akan saya paparkan mengenai plugin apa saja sih yang diperlukan.

Rekomendasi Plugin untuk Website Baru

Akan saya rekomendasikan beberapa plugin yang wajib di instal saat memulai web baru. Banyak pemula yang memasang beberapa plugin pilihan ini. Mungkin kamu juga ingin mencobanya?.

Autoptimize

plugin Autoptimize

Plugin ini mempunayi fungsi untuk meningkatkan kecepatan dan peforma muat website anda. Jadi pengunjung akan merasa senang apabila web yang mereka kunjungi mempunyai kecepatan yang ringan dan cepat.

WP Fastest cache

plugin WP-Fastest-Cache

WP Fastest cache merupakan sebuah plugin untuk memberikan penyimpanan sementara yang lebih cepat dan mengurangi beban penyimpanan dari wordpress anda. Plugin ini menjadi opsional saja karena tak semua harus memakainya.

Yoast SEO

plugin yoast seo

Plugin yoast SEO merupakan sebuah plugin untuk memberitahu seberapa SEO nya artikel yang anda buat. Anda bisa terpacu dengan plugin ini karena sangat direkomendasikan untuk pemula yang belum mengenal artikel bagus dan unik.

plugin elementor

Plugin ini cocok untuk membangun website dengan tampilan dan tata letah yang canggih. Anda bisa membuat tingkat pengukuran sebuah tampilan website. Mungkin plugin elementor ini cocok untuk membangun website anda.

Demikian ulasan ini yang saya berikan untuk pemula agar dapat membangun website nya semakin baik lagi. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya berikan untuk ilmu membuat website di wordpress, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih sudah meluangkan waktu anda untuk membaca pemaparan ini, semoga bermanfaat.

Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas

Saung Writer in Blog
  ·   4 min read
Freelance Happy

Memanajemen Waktu Penulis

Saung Writer in Blog
  ·   4 min read
Membuat Konten Berkualitas

Cara Membuat Artikel

Saung Writer in Blog
  ·   6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *