Panduan Cara Membuat Google Drive Lengkap + Gambar

cara membuat google drive

Google Drive merupakan suatu platform penyimpanan cloud bersifat online yang bertujuan untuk membagikan berbagai file yang bisa diakses oleh siapa saja.

Cara membuat Google Drive sebenarnya cukup mudah, kamu hanya memerlukan sebuah file yang akan di upload dan dibagikan. File yang telah kamu upload ini nantinya dapat diakses oleh orang lain melalui tautan yang bisa di share.

Google Drive sendiri memiliki akses pemrosesan data yang terbilang cepat, ditambah lagi dengan kapasitas maksimum yang diberikan hingga 15 GB membuatnya sangat layak untuk mendukung kerja tim dalam bisnis kamu.

Cara Membuat Google Drive yang Bisa Diakses Semua Orang

Platform penyimpanan cloud ini dapat kamu atur penggunaannya agar bisa diakses oleh semua orang dengan mengaktifkan mode Publik pada folder kerja yang akan dibagikan.

Cara ini tentunya akan berguna untuk berbagai keperluan, seperti mengumpulkan tugas para siswa dan berbagi file dokumen layaknya foto, video, word dan excel.

Namun sebelum itu alangkah baiknya jika kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara mengupload file ke Google dengan mudah.

Cara Mengupload File ke Google Drive

1. Buka aplikasi browser pada HP android atau PC kamu, lalu kunjungi situs drive.google.com

2. Lalu Login dan masukkan akun Google yang kamu miliki, jika belum memilikinya, kamu bisa memilih menu Sign Up untuk mendaftarkan akun baru.

3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan pilih menu Baru dan pilih opsi Upload File untuk membagikan sebuah file dari penyimpanan komputer atau smartphone.

4. Kamu sebenarnya juga bisa memilih menu Upload Folder untuk membagikan sebuah folder yang berisi beberapa file dari penyimpanan telepon atau PC. Namun pada tutorial kali ini kita akan membagikan file yang bisa di share.

5. Setelah itu tunggu beberapa menit hingga file berhasil diupload dengan ciri munculnya centang hijau pada file tersebut.

Setelah mengikuti cara di atas, sebenarnya kamu sudah berhasil mengupload file tersebut ke Google Drive dan bisa diakses oleh semua orang.

Baca Juga : 7 Cara Download Video Youtube dengan Mudah

Namun hal tersebut akan terjadi jika kamu membagikan link dari Google Drive tersebut ke orang yang akan kamu berikan akses untuk melihat dan menyimpan file tersebut.

Lantas bagaimana cara menyimpan link Google Drive yang bisa dibagikan oleh banyak orang?, simak tutorial berikut ini.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk Dibagikan (Share)

1. Kunjungi situs drive.google.com pada browser HP android atau PC kamu.

2. Pilih salah satu file yang sebelumnya telah kamu unggah.

3. Lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi Dapatkan Link yang dapat dibagikan untuk mengetahui dan membagikan link dari file tersebut.

4. Ubah terlebih dahulu opsi privasi dari dibatasi menjadi siapa saja yang memiliki link agar file tersebut bisa diakses oleh semua orang.

5. Setelah itu klik Salin Link untuk menyimpan tautan Google Drive bisa di share.

cara membuat google drive

6. Lalu klik Selesai untuk menutup kotak dialog Kirim link tersebut.

7. Terakhir kamu bisa membagikan file Google Drive tersebut dengan mengirim link yang telah di salin ke teman atau tim kamu untuk menyimpan file tersebut melalui Whatsapp, email atau media sosial lainnya.

Selain cara diatas, masih terdapat cara lain yang dikhususkan bagi pengguna Email agar lebih mudah dalam membagikan file yang telah di upload pada Google drive.

Cara Membagikan File Google Drive via Form Email

1. Pilih file yang sebelumnya telah di upload pada Google Drive.

2. Klik kanan dan pilih menu Dapatkan Link yang dapat dibagikan.

3. Lalu pilih opsi Kirim Link dan masukkan alamat email dari pengguna yang dituju.

4. Masukkan juga pesan untuk mendeskripsikan file tersebut (langkah ini opsional).

5. Terakhir kamu tinggal menekan tombol Kirim untuk mulai mengirimnya.

Cara Membuat Google Drive Unlimited Storage

Setelah memiliki akun Google Drive, muncul lagi sebuah permasalahan mengenai limit dari penyimpanan yang disediakan untuk menampung data yang kamu miliki.

Oleh karena itu, akun Google Drive dengan penyimpanan Unlimited tanpa batas adalah hal yang wajib untuk kamu punyai.

Penyimpanan unlimited ini biasanya akan sangat dibutuhkan oleh para pelaku website download untuk menyimpan berbagai file bahan yang akan disimpan oleh para pengguna.

Berikut cara membuat akun Google Drive dengan penyimpanan tanpa batas.

1. Kunjungi terlebih dahulu situs fastio.me pada browser PC atau android, situs ini merupakan salah satu tools yang disediakan Google dalam membuat akun unlimited storage yang sebenarnya ditujukan bagi penggunaan suatu team kerja, namun tools ini juga dapat kamu manfaatkan untuk penggunaan personal secara individu.

2. Setelah itu, isi form nama Drive bersama dan alamat email Google yang sebelumnya telah terdaftar pada akun Google Drive.

3. Klik I am Human untuk verifikasi ke langkah berikutnya.

4. Pada form CH, kamu bisa memilih salah satu situs lembaga pendidikan yang disediakan.

5. Lalu lewati Captcha yang muncul dengan klik I am human dan pilih tombol Get.

6. Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi akun Google Drive kamu dan pilih menu Drive Bersama di sebelah kiri menu.

7. Setelah itu, pilih folder yang telah kamu buat sebelumnya untuk mengupload berbagai file secara unlimited tanpa batas.

Cara Membuat Google Drive Menjadi Hosting

Kamu tidak salah baca kok, iya akun Google Drive yang kamu miliki sebenarnya memiliki fitur lain yang bisa dimanfaatkan menjadi hosting untuk menyimpan sebuah halaman web.

Namun membuat website di penyimpanan cloud ini sangat tidak direkomendasikan, karena sifat dari platform ini yang terbuka dan dapat dengan mudah diakses oleh orang lain.

Tetapi jika kamu ingin bereksperimen untuk melihat rancangan dari web yang akan kamu bangun, berikut tutorial lengkap cara membuat Google Drive menjadi hosting website dengan mudah.

1. Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah menyiapkan sebuah file HTML, CSS atau Javascript yang akan di upload ke Google Drive.

2. Setelah itu, buka akun Google Drive yang kamu miliki dan buat sebuah folder baru untuk menyimpan data website kamu.

3. Lalu buka folder tersebut dan upload file HTML, CSS dan Javascript tadi.

4. Tunggu beberapa saat hingga file telah selesai di upload.

5. Buka file tersebut untuk melihat hasil website sederhana yang telah kamu buat.

6. Jika sudah, kamu juga bisa membagikan URL atau link dari laman web kamu agar bisa diakses oleh banyak orang.

Cara Membuat Google Forms di Google Drive

Google forms adalah sebuah formulir online yang bisa kamu manfaatkan untuk mengumpulkan data tanggapan dari banyak orang.

Cara membuat forms di Google Drive sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini dengan teliti.

1. Buka akun Google Drive pada browser kamu.

2. Pilih menu Baru lalu pilih lagi opsi Google Formulir.

3. Masukkan beberapa pertanyaan beserta jenis jawaban dari user yang membuka forms ini.

4. Jika sudah, kamu bisa memilih tombol Kirim untuk mulai mengirim forms yang telah dibuat ke berbagai media sosial atau berupa link yang bisa di share ke siapa saja.

Panduan lengkap mengenai cara membuat Google Drive di atas dapat kamu ikuti untuk mengoptimalkan fungsionalitas dari platform online ini dalam mendukung pekerjaan atau bisnis yang sedang kamu jalankan.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com