3 Cara Cek Bootloader Xiaomi Mudah Tanpa Ribet

cara cek bootloader xiaomi

Bootloader merupakan suatu kernel yang berfungsi menjalankan bios pada smartphone. Pada ponsel Xiaomi, kernel ini biasanya memegang peranan dalam memproses jalannya booting pada sistem operasi. Anda juga dapat memastikan ponsel masih terkunci dan terjaga dengan baik dengan cara cek bootloader Xiaomi Anda.

Selain itu, status ponsel yang masih terkunci (Locked) juga menandakan ROM pada smartphone masih original. Sehingga secara tidak langsung bisa juga dijadikan patokan status garansi dari sebuah ponsel yang masih terjaga.

Cara Cek Bootloader Xiaomi Tanpa PC

  1. Pertama, Anda harus mengaktifkan opsi pengembang dengan cara pergi ke menu pengaturan, lalu pilih opsi About Phone dan ketuk 7 kali pada opsi MIUI Version hingga muncul tulisan “You are a developer now”.
  2. Setelah itu, masuk kembali ke menu pengaturan dan pilih opsi Additional Settings.
  3. Lalu masuk ke menu Developer Options dan pilih opsi Mi Unlock Status.
  4. Maka secara otomatis akan muncul informasi mengenai bootloader dari ponsel Anda. Jika statusnya terkunci maka akan berisi tulisan “This device is locked”.

Baca juga : 3 Cara Root Redmi 2 Mudah Tanpa Ribet

Selain cara diatas, Anda juga dapat mengecek status bootloader pada Xiaomi keluaran terbaru dengan memperhatikan tulisan yang muncul pada saat ponsel sedang booting dengan cara berikut.

  1. Restart ponsel Anda dengan terus menekan tombol power dan pilih opsi Mulai Ulang.
  2. Perhatikan tampilan dan tulisan pada saat booting, Jika muncul tulisan “Locked” dengan gambar gembok terkunci, maka status bootloader masih terkunci.
  3. Namun bila yang muncul adalah tulisan “Unlocked” dengan gambar gembok terbuka, maka ponsel Anda sudah berstatus terbuka.

Cara Cek Bootloader Xiaomi dengan PC

  1. Pertama, download dan install terlebih dahulu software ADB fastboot untuk PC pada link download di bawah ini.
    Download
  2. Lalu aktifkan mode fastboot pada HP Xiaomi dengan menekan dan tahan tombol Power + Volume bawah.
  3. Setelah itu, sambungkan ponsel ke PC dengan kabel USB.
  4. Lalu buka folder penginstalan ADB Fastboot tadi di local disk C:/ adb, lalu buka Command Prompt dengan cara ketik Shift dan Klik kanan dan pilih opsi Open Command Windows Here.
  5. Setelah kotak dialog Command Prompt terbuka, ketikkan perintah berikut “fastboot oem device-info” tanpa tanda kutip, lalu klik Enter pada keyboard.
  6. Secara otomatis status bootloader ponsel Anda akan muncul, jika bertuliskan “Device Unlocked : True” maka dipastikan bootloader pada Xiaomi Anda masih terkunci. Sebaliknya jika muncul tulisan “False” di belakangnya berarti ponsel berstatus terbuka atau Unlocked.

Berbagai cara cek bootloader Xiaomi diatas cukup efektif dan aman dilakukan. Usahakan untuk selalu menjaga keamanan ponsel Anda dengan status bootloader yang tetap terkunci demi menghindari berbagai resiko kerusakan, seperti bootloop dan mati total pada smartphone.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com