Artikel Berita (News)

Dahulu, kebutuhan berita tercukupi melalui media massa, baik cetak, audio, hingga audio visual seperti koran, radio, dan televisi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kebiasaan tersebut turut berubah dan bergeser pada artikel news atau berita digital. Berbentuk artikel, konten diunggah oleh pemilik situs untuk dinikmati pengunjung website.

Belum adanya regulasi yang mengatur penerbitan berita digital cukup menimbulkan kerancuan. Siapa saja dapat mengakses portal berita daring, namun apakah itu berarti semua orang juga bisa menjadi kontributor alias penulis artikel news yang ditampilkan? Tentu saja tidak, sebab ada standar tidak tertulis untuk penerbitan sebuah artikel berita online.

Standar Berita Digital yang Baik

Artikel berita adalah upaya untuk menceritakan ulang sebuah peristiwa melalui tulisan. Meskipun tidak terikat pada peraturan yang ketat sebagaimana informasi yang dimuat oleh media konvensional, artikel news daring justru memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Mengapa demikian?

1. Isi Artikel Harus Dapat Dipertanggungjawabkan

Saat ini, telah terbit UU ITE yang dimaksudkan untuk menghindari tindak kejahatan cyber termasuk penyebaran informasi dengan kandungan kebohongan, hasutan, dan fitnah. Sebab itu, artikel berita yang dirilis harus dapat dipertanggungjawabkan kebenaran isinya melalui riset mendalam. Jika mengandung unsur-unsur negatif di atas, dapat diperkarakan secara hukum.

2. Memiliki Struktur Wajib Sebuah Berita

Komponen 5W (What, Who, Where, When, Why) + 1H (How) wajib terpenuhi dalam artikel berita digital tersebut. Meskipun dirilis untuk media daring, namun poin-poin informasi yang penting harus ditampilkan secara lengkap sehingga tidak mengaburkan pemahaman pembaca. Anda wajib mengetahui detail sebuah peristiwa terjadi sebelum menuliskannya.

3. Headline Maker

Artikel berita sekarang sangat mudah didapatkan di berbagai portal. Dari jutaan news yang bertebaran, bagaimana meningkatkan probabilitas artikel untuk menarik klik pengunjung? Headline alias judul yang bombastis menjadi kuncinya. Meskipun begitu, headline tidak boleh merugikan subjek berita di mana berpotensi menjadi kesalahpahaman publik.

4. Menerapkan PUEBI yang Baik dan Benar

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) juga wajib diterapkan dalam penulisan artikel berita. Penggunaan kata penghubung, tanda baca, penentuan kata baku – serapan – non formal, pemilihan padanan kata dan lainnya harus diterapkan dengan baik dan benar dalam artikel berita. Hal itu turut menentukan kredibilitas news tersebut.

5. Harus Mampu Mengangkat Traffic Website

Tanggung jawab tersulit dari artikel berita adalah kemampuan untuk dapat meramaikan lalu lintas website. Bagaimanapun, tujuan sebuah konten diunggah adalah untuk meningkatkan traffic. Mengangkat tema populer, mengolah topik dengan menarik, memberikan informasi terbaru dan akurat, semua menjadi syarat artikel berita untuk dapat menarik pengunjung.

Ragam Artikel Berita untuk Portal Daring

Apakah memenuhi poin-poin di atas cukup untuk menghasilkan sebuah artikel berita yang baik? Jawabannya belum, karena Anda juga harus mampu mengklasifikasi kategori berita agar tidak menimbulkan kerancuan ketika diterbitkan di portal. Artikel news sendiri terbagi menjadi dua jenis berbeda :

1) Artikel Hard News

Sesuai tajuknya, hard news adalah berita keras yang memiliki urgensi tinggi untuk segera disebarkan pada publik. Artikel ini harus bersifat aktual, padat, dan lengkap di mana kesalahan penyampaian informasi memiliki risiko tinggi terhadap efek misleading publik. Artikel ekonomi, politik, bencana termasuk dalam kategori hard news.

Penyusunan berita keras wajib menggunakan skema piramida terbalik untuk menarik perhatian dan lekas dipahami oleh khalayak. Metode penulisan berita ini selalu digunakan oleh para jurnalis dalam mewartakan sebuah peristiwa. Namun, tidak sembarang orang dapat mengaplikasikan teknik tersebut dalam penulisan artikel news.

2) Artikel Soft News

Artikel soft news memang tidak memiliki urgensi, namun erat kaitannya dengan hal-hal yang menimbulkan ketertarikan manusia (human interest). Hal-hal seperti seni, dunia hiburan, serta gaya hidup termasuk dalam kategori ‘berita lembut’ ini. Tidak terikat dengan konsep piramida terbalik, namun memiliki tingkat persaingan tinggi akibat banyak yang menekuninya.

Dalam menuliskan artikel soft news, Anda harus memahami hal-hal yang membuat pembaca tertarik dengan selalu mengikuti tren terbaru. Meskipun sepintas tampak sederhana, namun diperlukan pembahasan yang mendalam dengan teknik ulasan yang asik untuk memenangkan hati pembaca. Anda harus tahu dan bisa memberikan informasi yang mereka inginkan.

SaungWriter, Jasa Penulisan Artikel Berita Profesional Segala Tema

Bingung bagaimana harus membuat artikel berita yang bagus sekaligus dapat mendongkrak lalu lintas website serta menjadi rujukan pembaca digital? Anda tidak perlu pusing, karena solusi berada tepat di depan mata. Percayakan kebutuhan untuk penulisan artikel berita, baik hard news maupun soft news, kepada para penulis profesional SaungWriter.

Penulis kami akan melakukan riset topik secara mendalam untuk kemudian mengimplementasikannya ke dalam artikel sesuai kaidah penulisan artikel news yang baik. Para penulis SaungWriter siap mengerjakan topik apa pun sesuai permintaan klien. Hubungi nomor kontak kami untuk pemesanan artikel dan buktikan sendiri kualitas artikel penulis kami.