Artikel Kesehatan: Web & Aplikasi Kesahatan Terpercaya

artikel kesehatan

Seberapa sering Anda membaca artikel kesehatan?

Di era yang serba modern ini, kebanyakan masyarakat justru menjalankan gaya hidup yang kurang sehat. Padahal, kesehatan adalah salah satu investasi yang paling penting bagi semua orang.

Jika Anda sudah sampai di halaman web ini, itu berarti kalian sudah mulai peduli dengan kesehatan diri. Selamat! Anda termasuk salah satu dari sedikit orang yang beruntung. Seperti yang kita ketahui bersama, masih sedikit sekali orang-orang yang peduli dengan kesehatan.

Pada informasi kali ini, kita akan membahas beberapa aplikasi atau website yang membahas tentang artikel kesehatan.

Mari baca informasi ini selengkapnya. Setelah itu, mari kita senantiasa menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Mengapa Artikel Kesehatan dari Sumber Terpercaya Sangat Penting?

pentingnya memilih artikel kesehatan

Hoaks paling subur di dunia informasi adalah hoaks tentang kesehatan. Banyak mitos yang diturunkan oleh generasi terdahulu.

Kita perlu mengecek kebenaran setiap informasi kesehatan, entah yang berupa hoaks atau mitos-mitos tentang kesehatan. Oleh karena itu, Anda perlu situs web terpercaya untuk mengakses artikel kesehatan.

Karena informasi semakin mudah didapat, Anda tidak boleh menelan mentah-mentah artikel kesehatan dari sumber yang tidak jelas. Ketahui lebih lanjut informasi seputar mitos dan fakta kesehatan melalui situs yang benar.

Website kesehatan yang bisa dipercaya adalah yang memang berfokus di bidang tersebut. Website yang khusus bergerak di bidang kesehatan biasanya memiliki sistem yang ketat terkait artikel yang akan diterbitkan.

Mereka juga telah bekerja sama dengan ahli, yakni para dokter, untuk menyetujui mana artikel yang layak terbit dan mana artikel yang tidak layak terbit. Sistem yang ketat ini dilakukan agar bisa memberikan informasi yang akurat untuk para pembaca.

Rekomendasi Aplikasi/Website Kesehatan Umum

pentingnya memilih artikel kesehatan umum

Beruntunglah kita yang hidup di era ini. Dengan hanya menggunakan smartphone, kita sudah bisa memperoleh berbagai informasi kesehatan dengan mudah.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa diakses gratis secara online. Kalian tak hanya bisa melihat artikel kesehatan, tetapi juga fitur yang membuat kalian bisa berdiskusi langsung dengan dokter.

Dari sekian banyak aplikasi kesehatan, beberapa yang akan disebutkan di sini adalah yang paling direkomendasikan.

1. Sehatpedia

Jika Anda menginginkan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah, Sehatpedia adalah pilihan Anda. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh Kementerian Kesehatan RI.

Sehatpedia pertama kali dikenalkan Kemenkes pada 2018 lalu di ajang Pameran Pembangunan Kesehatan & PRoduk Kesehatan dalam Negeri. Aplikasi ini cukup untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat terkait artikel kesehatan yang akurat.

Aplikasi ini juga didukung oleh sejumlah dokter yang berasal dari rumah sakit yang berada di bawah naungan Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes. Jadi, informasi kesehatan di dalamnya dipastikan akurat.

Tak hanya menyimak tentang artikel kesehatan, pengguna juga bisa mendapatkan informasi seputar fasilitas pelayanan kesehatan, proses pendaftaran rawat jalan online, e-policy, dan lain sebagainya.

Sehatpedia bisa Anda unduh di Google Play Store. Sejauh ini, sudah ada lebih dari 10 ribu orang yang telah mengunduh aplikasi ini.

2. Alodokter

Untuk aplikasi kesehatan yang lebih lengkap, Anda bisa memilih Alodokter. Layanan yang lengkap dan kemudahaan akses membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Alodokter sudah diluncurkan sejak 2014 lalu. Sampai sekarang, aplikasi ini terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Beberapa fitur yang ada di aplikasi ini adalah sebagai berikut.

Pertama, chat bersama dokter. Di era yang serbacepat dan sibuk seperti ini, seseorang mungkin tidak sempat untuk menemui dokter secara langsung.

Menggunakan fasilitas Chat ini, kalian tidak perlu repot-repot untuk pergi ke dokter. Anda bisa bertemu dengan dokter umum atau spesialis menggunakan fitur Chat.

Kedua, Alodokter juga menyediakan artikel kesehatan lengkap dan terpercaya. Ada banyak topik yang dibahas di sini. Anda mungkin bisa menemukan solusi untuk keluhan Anda dengan membaca artikel di sini. Semua artikel yang terbit sudah mendapatkan persetujuan dari dokter terkait.

Ketiga, Anda bisa membuat janji konsultasi tanpa harus datang ke rumah sakit. Layanan ini mungkin yang paling disukai pengguna.

Anda tak perlu antre di rumah sakit untuk membuat janji konsultasi dengan dokter. Perjanjian bisa dilakukan di rumah. Ketika tiba di rumah sakit, Anda bisa langsung bertemu dengan dokter Anda.

Sebagai aplikasi kesehatan yang sudah berpengalaman, alodokter sudah bekerja sama dengan lebih dari 800 rumah sakit di Indonesia. Anda bisa terhubung dengan dokter dengan mudah.

Alodokter sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Rating aplikasi ini adalah 4.5 dari 5.

3. Halodoc

Aplikasi kesehatan selanjutnya adalah Halodoc – Dokter, Obat, dan Appointment. Aplikasi ini dikembangkan sendiri oleh Halodoc sejak tahun 2016 lalu.

Jika dibandingkan dengan Alodokter, aplikasi ini bisa dibilang lebih lengkap. Anda tidak hanya bisa membaca artikel kesehatan, chat dengan dokter, atau membuat janji konsultasi dengan dokter.

Di sini, Anda juga bisa membeli obat, vitamin, atau perawatan wajah serta kulit. Semua bisa didapatkan dengan mudah dalam aplikasi ini.

Lalu, jika Anda membutuhkan cek lab, Anda tidak perlu pergi keluar. Halodoc sudah bekerja sama dengan Prodia. Anda bisa cek lab dengan mudah dari rumah. Pelayan kesehatan dari Prodia akan datang ke rumah Anda.

Aplikasi ini juga sudah dipakai oleh masyarakat umum. Di Google Play, aplikasi ini tercatat sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna. Ratingnya juga lumayan bagus, yakni 4.8 dari 5.

4. Klik Dokter

Aplikasi Klik Dokter dirilis sejak 2015. Sebelum berkembang sebagai aplikasi, klik dokter adalah sebuah situs web yang menyediakan artikel kesehatan. Kini, pengguna bisa mendapatkan beragam layanan kesehatan melalui aplikasi.

Aplikasi Klik Dokter menyediakan fasilitas konsultasi gratis selama 24 jam. Pengguna juga bisa mendapatkan artikel kesehatan, kalender kehamilan, kalender kesuburan, hingga direktori penyakit dan obat.

Secara nama, Klik Dokter memang tidak sepopuler Alodokter atau Halodoc. Namun, aplikasi ini sebenarnya cukup direkomendasikan.

Klik Dokter juga sudah digunakan oleh 500 ribu pengguna di Android. Rating aplikasi ini adalah 4.1 dari 5.

5. SehatQ

SehatQ bisa dibilang aplikasi terbaru dalam daftar ini. Sama seperti Klik Dokter, SehatQ juga berawal dari website kesehatan.

Kemudian, SehatQ mengembangkan sendiri aplikasi kesehatan dengan pelayanan yang cukup lengkap. Aplikasi ini resmi dirilis pada 2019 lalu. Anda bisa menemukan aplikasi ini di Google Play Store maupun App Store.

Sama seperti aplikasi kesehatan lainnya, di sini Anda bisa menemukan informasi dan artikel kesehatan dan kecantikan, tanya dokter secara online, booking jadwal konsultasi, hingga berbagai promo paket kesehatan yang menarik.

Itulah 5 aplikasi kesehatan yang bisa kalian pasang di smartphone Anda. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, kelima aplikasi kesehatan di atas juga bisa diakses melalui website. Anda tinggal memilih mana yang menurut Anda paling mudah.

Rekomendasi Aplikasi/Website Kesehatan Jiwa

pentingnya memilih artikel kesehatan mental

Tak hanya kesehatan fisik yang perlu diberikan perhatian ekstra. Anda juga perlu untuk memberikan perhatian pada kesehatan jiwa.

Sakit secara fisik mudah diidentifikasi. Akan tetapi, sakit secara mental atau jiwa tidak selalu terlihat. Hanya Anda sendiri yang bisa merasakannya.

Asal Anda tahu, kesehatan jiwa sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Stress yang berlebihan, misalnya, bisa memberikan efek yang buruk pada kesehatan tubuh. Anda rentan terkena maag, migrain, dan penyakit fisik lainnya.

Untuk memberikan perhatian lebih pada kesehatan mental, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang berfokus pada kesehatan jiwa. Simak informasi lengkapnya berikut.

1. Sehat Jiwa

Aplikasi kesehatan ini juga dikembangkan oleh Kemenkes. Berbeda dengan Sehatpedia yang menyediakan informasi artikel kesehatan secara umum, Sehat Jiwa menyediakan informasi seputar kesehatan jiwa.

Aplikasi ini dibuat untuk komunikasi, edukasi, serta informasi seputar kesehatan jiwa. Sehat Jiwa dirilis sejak 2018 lalu. Saat ini, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna.

2. Riliv

Riliv adalah aplikasi buatan anak bangsa yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan mental. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2015 lalu. Apa yang ada di Riliv?

Melalui aplikasi ini, kalian bisa melakukan konseling secara online. Anda bisa terhubung dengan psikolog profesional melalui aplikasi ini.

Lalu, untuk Anda yang tidak merasa perlu untuk berkonsultasi dengan psikolog, ada juga fasilitas meditasi online Hening. Anda bisa memilih layanan meditasi online sesuai dengan kebutuhan.

Terakhir, Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi akurat seputar kesehatan mental. Riliv menyediakan artikel kesehatan mental terpercaya dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami.

Semua panduan dalam aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Saat ini, Riliv sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna Android. Rating aplikasi ini juga cukup baik, yakni 4.5 dari 5.

3. Sahabatku – Konseling Psikologi Online

Aplikasi ini dibuat oleh PT Idekreatif Menusa Teknologi. Tak seperti Riliv yang sudah digunakan oleh ratusan ribu pengguna, Sahabatku baru diunduh seribu pengguna.

Meski begitu, aplikasi ini cukup direkomendasikan untuk Anda. UI dan UX yang digunakan sederhana sehingga memudahkan akses.

Selain mendapatkan artikel kesehatan mental terbaru seputar remaja dan orang tua, Anda juga bisa melakukan konseling dengan psikolog terpercaya. Ada juga video-video yang bisa dijadikan referensi bagi remaja untuk hidup yang lebih baik ke depannya.

4. Kariib.com

Untuk Anda yang butuh informasi kesehatan mental, tetapi tidak ingin menginstall aplikasi, situs web yang bisa Anda gunakan adalah kariib.com. Situs ini dibina oleh Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia.

Kariib.com memiliki layanan utama berupaka konsultasi online dengan psikolog tersertifikasi. Namun, di situs web tersebut, Anda juga bisa menemukan tulisan psikologi yang membahas banyak informasi penting tentang kesehatan mental.

Rekomendasi Aplikasi/Website Kesehatan Anak

artikel kesehatan anak

Kesehatan anak juga penting untuk diperhatikan, khususnya untuk para orang tua baru. Seperti yang kita ketahui bersama, tidak ada sekolah untuk menjadi ayah dan ibu yang baik. Akan tetapi, Anda tetap bisa berusaha.

Tak perlu bersusah payah, Anda cukup menginstall aplikasi yang membahas tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak. Berikut adalah aplikasi kesehatan anak yang sangat membantu bagi para orang tua baru.

1. Teman Bumil

Aplikasi khusus untuk ibu baru ini sangat direkomendasikan. Teman Bumil adalah aplikasi yang dirancang untuk para ibu milenial. Persiapan menjadi ibu dimulai pada masa kehamilan.

Kalian akan mendapatkan informasi kesehatan kehamilan lengkap. Kemudian, ketika si buah hati lahir nanti, Anda tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Milestone adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi ini. Dengan fitur ini, orang tua bisa memantau perkembangan kehamilan dengan ilustrasi yang menarik.

Kemudian, ada juga forum yang mempertemukan Anda dengan ibu baru dan juga dokter setiap hari. Menurut jadwal terbaru, setiap hari Senin, ada agenda Senin Sharing yang menyediakan psikolog sebagai narasumbernya.

2. PrimaKu

Aplikasi ini awalnya dicetuskan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. PrimaKu sudah dirilis sejak tahun 2017 lalu. Sampai hari ini, PrimaKu sudah diunduh hingga lebih dari 100 ribu pengguna di Android.

PrimaKu merupakan aplikasi digital yang dibuat untuk mendukung kesehatan anak Indonesia. PrimaKu bisa menjadi panduan para orang tua untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

Aplikasi ini membuat banyak informasi penting seputar tumbuh kembang anak. Artikel kesehatan anak yang dimuat di sini juga ditulis langsung oleh ahli yang berpengalaman.

Primaku memiliki fitur utama berupa imunisasi, grafik pertumbuhan dan perkembangan, serta artikel kesehatan anak.

3. theAsianparent

Jika Anda sudah lama tertarik dengan dunia parenting, aplikasi ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Ya, theAsianparent adalah salah satu website/aplikasi parenting favorit di Indonesia.

The Asian Parent sudah dirilis sejak 1 Mei 2016. Saat ini, di Android, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Fitur yang ada di theAsianparent juga sangat lengkap. Ada pemantau kehamilan dan bayi, baby kick counter, artikel kesehatan anak, cari nama bayi, musik, video, dan lain sebagainya. Hanya dengan satu aplikasi, semua kebutuhan informasi tentang tumbuh kembang anak bisa didapatkan.

4. Apikuan

Sama seperti PrimaKu, Apikuan juga sudah dirilis sejak tahun 2017 lalu. Aplikasi ini dirancang untuk memantau tumbuh kembang si kecil hingga usia 2 tahun.

Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini juga cukup lengkap, yakni deskripsi bayi, imunisasi, edukasi, timeline pertumbuhan dan perkembangan, serta catatan harian.

Dibandingkan dengan PrimaKu, aplikasi ini lebih ringan karena hanya berukuran 2.5 MB saja. Sayangnya, aplikasi ini belum diperbarui lagi sejak 2017 lalu. Jadi, Anda mungkin akan mengalami beberapa kendala ketika menggunakan aplikasi ini.

Kemudian, setiap Selasa dan Jumat, ada agenda Tanya Dokter bersama dengan dokter spesialis. Lalu, setiap Rabu dan Kamis, agendanya adalah Ngobrol Barang Bu Bid. Terakhir, setiap hari Kamis, akan ada kelas online dengan tema menarik.

Sejauh ini, Teman Bumil adalah aplikasi terbaik untuk para orang tua baru. Setiap harinya, Anda memiliki agenda penting yang pasti bermanfaat untuk Anda dan buah hati.

Aplikasi ini juga sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna di Android dengan rating 4.3 dari 5. Anda mungkin bisa juga menggunakan aplikasi ini.

Penutup

Untuk hidup yang lebih baik, kita sudah harus mulai peduli dengan kesehatan. Tidak ada salahnya mendengarkan apa kata pepatah lama, yakni pencegahan memang lebih baik daripada pengobatan.

Kesehatan adalah anugerah Tuhan yang sudah sepatutnya kita jaga. Sebelum terlambat, mulailah menjalankan pola hidup yang sehat.

Di era teknologi, tidak susah untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan. Artikel kesehatan bisa didapatkan dengan mudah, Anda hanya perlu pintar-pintar memilah sumber artikel. Dengan begitu, informasi yang Anda dapat pun lebih akurat.

Ingat, ada banyak sekali hoaks dan mitos-mitos kesehatan yang perlu kita cari tahu kebenarannya.

Dengan menggunakan aplikasi atau website yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa mendapatkan artikel kesehatan yang lebih akurat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar