Artikel Copywriting

Persaingan bisnis – khususnya melalui jalur daring – sangat sengit, sehingga dibutuhkan strategi yang jitu untuk memenangkan hati pasar. Copywriting merupakan salah satu cara wajib bagi para pelaku bisnis online untuk mendongkrak minat pasar. Banyak yang mengartikan copywriting sebagai tulisan salinan, padahal arti sesungguhnya jauh dari itu.

Copywriting terdiri dari ‘copy’ yang berarti teks iklan dan ‘writing’ dengan makna ‘menulis’. Jadi, copywriting merupakan teknik menulis sebuah teks iklan untuk kebutuhan sebuah promosi produk dan jasa. Copywriting dimaksudkan untuk menggugah audiens melakukan tindakan sesuai tujuan dari iklan tersebut, contohnya memesan item atau layanan yang ditawarkan.

Mengapa Copywriting Tidak Dapat Dibuat Sembarangan?

“Ah, hanya menulis iklan saja. Tinggal menuliskan spesifikasi barang atau jasa dan nomor kontak, selesai. Kenapa harus membuat konten copywriting segala?”

Pemikiran tersebut sangat umum di kalangan pegiat bisnis akibat kurangnya pemahaman akan power atau kekuatan dari copywriting yang merupakan bagian dari digital marketing. Sebab itu pula, jenis konten marketing ini tidak bisa dibuat secara asal-asalan – baik dari segi penyusun maupun isi yang ditampilkan.

Artikel copywriting yang baik harus disertai dengan karakteristik berikut :

1. Mengenal Spesifikasi Produk dan Jasa Secara Mendalam

Copywriting dimaksudkan untuk mempromosikan produk dan jasa, kemudian bagaimana jika artikel justru dibuat tanpa pengetahuan yang cukup? Ini akan menimbulkan kesalahan penyampaian informasi terhadap audiens yang tidak jarang menghasilkan kekecewaan bila terjadi transaksi akibat ketidaksesuaian dengan harapan.

2. Memahami Pasar dan Tren yang Tengah Disukai Target

Berpromosi melalui artikel copywriting namun tidak disertai dengan pemahaman yang cukup tentang pasar yang dibidik berikut tren yang diminati selalu berakhir buruk. Sebab, hampir dapat dipastikan Anda tidak akan sukses menggaet audiens. Pemahaman yang cukup dapat membantu membangun koneksi emosional hingga mereka akan memberi hasil sesuai harapan Anda.

3. Menggunakan Bahasa Persuasif Tanpa Memaksa

Anda tentu tidak suka jika dibuat merasa terpaksa melakukan transaksi untuk produk maupun jasa, ‘kan? Artikel copywriting yang bagus harus menggunakan bahasa persuasif (membujuk) secara halus untuk menimbulkan rasa penasaran hingga ketertarikan yang kuat audiens tanpa tekanan. Audiens bahkan tidak menyadari bahwa mereka sesungguhnya sedang dirayu.

4. Memiliki Alur yang Unik dan Menarik

Sebuah tulisan, apalagi artikel copywriting harus memiliki alur yang unik serta menarik agar audiens tidak merasa bosan hingga menuntaskan tulisan. Jadi, meskipun mereka sudah tahu bahwa sebenarnya itu adalah iklan, tidak lantas membuat berhenti dan justru semakin penasaran. Sebab, kekuatan awal dari sebuah promosi adalah memancing keingintahuan.

Dua Jenis Copywriting untuk Digital Marketing

Keempat kriteria yang disebutkan pada poin-poin di atas bukan sesuatu yang mudah dipenuhi bukan? Selain itu, masih ada tantangan lain dalam penulisan copywriting yang perlu Anda taklukkan, yaitu membuat jenis tulisan sesuai kategorinya. Copywriting sendiri terbagi menjadi dua tipe :

1) Soft Selling

Soft selling adalah teknik pemasaran produk dan jasa melalui artikel dengan cara halus. Ini lebih cocok dipraktikkan untuk tujuan branding atau membangun citra kuat pada konsumen. Nilai-nilai unggul dari sebuah merek diperkenalkan melalui artikel yang dibuat sehingga membuat target pasar terngiang-ngiang hingga tidak dapat menolak untuk bertransaksi.

Struktur soft selling hampir menyerupai sebuah cerita di mana pada beberapa bagian akan diselipkan sugesti terkait brand. Jadi, kemampuan storytelling yang baik sangat dibutuhkan pada penulisan copywriting yang satu ini. Soft selling lebih baik dipraktikkan pada artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang.

2) Hard Selling

Berbeda dengan soft selling yang efektif mem-branding dan memasarkan berdasarkan psikologis audiens, hardselling lebih menekankan pada ‘needs’ atau kebutuhan. Artikel disusun sedari awal langsung mempromosikan produk dengan menilik urgensi pasar. Sebab itu, copywriting jenis hardselling tidak pas bila menggunakan kalimat bertele-tele dan terlalu panjang.

Tipe artikel ini sebenarnya lebih sulit dibuat karena cenderung diabaikan oleh konsumen yang tidak merasa memerlukan produk atau jasa yang ditawarkan. Sebab itu, dibutuhkan kemampuan penulis yang kuat untuk meramu artikel hard selling agar membuat semua jenis audiens menjadi tertarik untuk bertransaksi meskipun semula tidak membutuhkannya.

Segudang Manfaat Copywriting untuk Promosi Digital

Selain meningkatkan omset bisnis, copywriting memiliki segudang manfaat lain yang menambah tingkat urgensinya untuk dijadikan sebagai media promosi digital Anda :

  • Artikel copywriting membuat perusahaan lebih dekat dengan konsumen meski tanpa komunikasi dua arah secara langsung.
  • Copywriting dapat membantu citra sebuah brand meroket.
  • Artikel copywriting membantu mengikat konsumen secara emosional dengan brand.
  • Copywriting merupakan media promosi yang lebih efektif dan efisien dibandingkan marketing konvensional dalam berbagai aspek, khususnya terkait budget.

Tentu Anda sudah sangat paham bahwa artikel copywriting bukan sesuatu yang dapat asal saja dibuat lantas memberi reaksi sesuai harapan, bukan? Bila merasa tidak sanggup untuk membuat copywriting berdasarkan kriteria di atas, Anda dapat memercayakan tugas tersebut pada tenaga penulis profesional yang populer dengan istilah copywriter.

SaungWriter, Penyedia Jasa Copywriter Profesional Terbaik

Menemukan copywriter berkualitas dengan kemampuan untuk menghasilkan artikel persuasif yang tidak dapat ditolak audiens bukan perkara mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memercayakan kebutuhan artikel copywriting pada tim SaungWriter. Kami memiliki para penulis copy terbaik yang berpengalaman dan telah melalui seleksi yang ketat.

Kebutuhan untuk branding dan peningkatan omzet bisnis melalui artikel copywriting tidak perlu lagi Anda cemaskan bila menggunakan jasa kami. Anda dapat menghubungi nomor kontak kami untuk melakukan konsultasi serta pemesanan artikel copy untuk kebutuhan bisnis Anda. SaungWriter, solusi untuk semua konten yang Anda butuhkan.