16 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

aplikasi perekam layar pc

Aplikasi perekam layar PC atau Screen Recorder merupakan sebutan dari sebuah software yang berfungsi untuk merekam semua aktifitas yang user lakukan pada layar komputer atau laptop.

Aplikasi ini biasanya banyak dimanfaatkan untuk membuat sebuah video tutorial, konten gaming Youtube, live streaming dan presentasi. Pada umumnya software ini juga memiliki fungsi untuk menggabungkan rekaman layar dengan suara yang kita ucapkan dalam satu video.

Software jenis ini sendiri memiliki banyak varian yang bisa di download di internet. Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai daftar aplikasi perekam layar PC terbaik yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan multimedia kamu.

1. Bandicam

Bandicam adalah salah satu aplikasi perekam layar PC dengan fitur yang cukup lengkap, aplikasi yang eksklusif tersedia pada Windows ini dapat merekam layar dengan resolusi yang cukup tinggi. Sehingga video yang dihasilkan sangat jernih dan berkualitas.

Fitur overlay webcam yang dimilikinya juga dapat kamu manfaatkan untuk merekam layar bersamaan dengan wajah pengguna dalam satu video. Fitur tersebut tentunya akan sangat berguna bagi kamu yang ingin membuat video Gaming pada PC dan laptop.

Bandicam sendiri termasuk pada aplikasi berbayar yang menerapkan sistem trial pada penggunaannya. Untuk mendapatkan fitur lengkap tanpa watermark dan tanpa batas waktu, para pengguna diharuskan membeli full version dari aplikasi ini melalui web resminya.

2. Camtasia

aplikasi perekam layar pc

Jika kamu pengguna Mac, tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Berbeda dengan sebelumnya, dalam penggunaannya Camtasia lebih dikhususkan untuk keperluan formal seperti presentasi atau meeting online dalam bisnis.

Fitur Subtitle tentu dari aplikasi ini akan sangat membantu kamu dalam menjelaskan suatu topik dalam video. User interface dari Camtasia juga terbilang cukup User Friendly berkat fitur drag and drop yang memudahkan para pengguna awam dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Camtasia sendiri termasuk dalam aplikasi perekam layar PC paling ringan dan dapat digunakan secara gratis pada versi free trial. Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini?, kamu bisa mengunduh Camtasia di techsmith.com untuk Windows dan Mac.

3. Movavi Screen Recorder

Movavi Screen Recorder merupakan solusi tepat bagi kamu yang menginginkan sebuah aplikasi multifungsi yang cukup lengkap dengan menggabungkan antara aplikasi Screen Recorder dengan fitur editing video.

Fitur editing sederhana seperti crop dan trim bisa kamu manfaatkan untuk langsung mengedit video dari aplikasi Screen Recorder ini. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan webcam dan mikrofon yang untuk merekam sebuah video dengan audio secara bersamaan.

4. Open Broadcaster Software

Merupakan aplikasi perekam layar PC gratis karena sifatnya yang Open Source dan dapat dimodifikasi siapa saja layaknya Linux pada OS komputer. Selain itu, para pengguna juga akan diberikan sebuah aksesibilitas untuk mengkustomisasi tampilan dari aplikasi ini dengan berbagai tema yang disediakan.

Setelah merekam layar, para pengguna juga dapat menambahkan berbagai filter dan efek menarik pada video tersebut. Jika kamu adalah seorang streamer video online tidak perlu khawatir, karena OBS Studio juga telah menyediakan fitur Live Broadcast yang dapat melakukan proses streaming dengan mudah.

5. Windows 10 Game Bar

Aplikasi ini merupakan solusi tepat bagi kamu para pengguna PC Windows 10 untuk merekam berbagai kegiatan layar komputer dengan mudah. Windows 10 Game Bar merupakan software bawaan Windows 10 yang jarang diketahui.

Untuk mengakses aplikasi ini, kamu cukup menekan tombol Win + G maka secara otomatis jendela aplikasi akan terbuka dan Screen Recorder pun siap untuk digunakan. Namun jangan berharap terlalu tinggi kepada aplikasi ini.

Baca Juga : 12 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Untuk Windows dan Mac

Layaknya aplikasi basic lainnya, Windows 10 Game Bar hanya bisa merekam video dengan kualitas standar dan cenderung rendah. Namun hal tersebut justru lebih menghemat penyimpanan memori pada PC.

6. Shadow Play

Merupakan aplikasi yang diintegrasikan dengan GPU Nvidia yang berfungsi sebagai alat multimedia dalam merekam berbagai sudut layar monitor laptop dan komputer. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur unggulan untuk merekam secara mundur 20 menit sebelumnya.

Namun perlu di garis bawahi, bahwa hanya perangkat komputer dengan GPU Nvidia Geforce saja yang mendukung aplikasi ini. Namun kualitas video yang dihasilkan terbilang cukup bagus dengan kerapatan pixel yang sangat smooth.

7. Icecream Screen Recorder For PC

Kenapa pada sub judul di atas terdapat tulisan For PC?, karena aplikasi Icecream Screen Recorder adalah sebuah tools perekam layar multi platform yang benyak tersedia pada Android, iOS, Mac, Windows 10, Windows 7 dan Windows XP.

Aplikasi ini juga termasuk software Screen Recorder yang bisa digunakan secara gratis dalam beberapa waktu, selebihnya kamu harus membeli versi Full Version dari aplikasi ini untuk merekam video dengan durasi lebih dari 10 menit.

8. Dxtory Screen Recorder

Laptop kamu kentang?, atau RAM nya kecil?, tenang saja karena Dxtory bisa kamu jadikan aplikasi perekam layar PC karena ukurannya yang sangat ringan.

Bagaimana tidak, hanya dengan 10 MB saja, para pengguna sudah bisa menikmati berbagai fitur perekam layar yang cukup mumpuni.

Selain itu, tampilan antarmuka dari Dxtory Screen Recorder juga cukup mudah dipahami bahkan bagi para Newbie sekalipun. Ukuran yang ringan dari aplikasi ini juga tidak akan menimbulkan Lag ketika melakukan perekaman layar dan bermain game secara bersamaan.

9. Action!

Aplikasi perekam layar PC ini memiliki performa yang cukup gahar seperti pada namanya, para pengguna diklaim mampu melakukan real time perekaman layar lalu mengekspor video tersebut ke berbagai format, seperti MP4, AVI, 3GP dan lain-lain.

Kualitas suara yang dihasilkan juga terbilang bagus. Selain itu, kamu tidak akan menemui suara bising pada saat merekam audio dengan fitur Anti Noise yang dimilikinya.

Jika kamu tertarik untuk memiliki aplikasi ini, kamu bisa mendapatkannya dengan cara download aplikasi Action PC di Actionrecorder.com.

10. ShareX For Windows

ShareX merupakan aplikasi perekam layar PC gratis yang dapat merekam layar tanpa batas waktu hanya dengan sekali klik. Aplikasi ini juga bersifat terbuka dan dapat dijalankan di Windows 10, 8, 7 dan Vista.

Buka hanya sebagai perekam layar, namun aplikasi ini juga memiliki fitur screenshot yang mampu menangkap setiap sudut tampilan layar menjadi sebuah gambar.

Satu lagi hal yang menambah istimewa aplikasi ini adalah adanya fitur No Ads yang mampu memblokir berbagai iklan yang muncul pada aplikasi sehingga tampilan antarmuka menjadi lebih bersih.

11. WM Capture

Fitur Schedule Recording dari aplikasi ini dapat kamu manfaatkan untuk melakukan kustomisasi perekaman pada sudut tertentu pada layar komputer. Hal ini tentu lebih efektif daripada melakukan proses Zooming yang justru merusak kualitas gambar dari video.

Aplikasi ini juga tergolong software screen recorder tanpa watermark yang telah mendukung output video ke berbagai macam format, seperti MP4, MPEG, DVD dan AVI.

12. Tiny Take

Tiny Take merupakan sebuah software yang sangat mudah dioperasikan untuk merekam layar PC. Hal ini dikarenakan User Interface yang ditawarkan oleh aplikasi ini cukup familiar layaknya program pengolah kata pada PC.

Jika kamu seorang Youtuber, maka Tiny Take menjadi pilihan paling relevan untuk memenuhi kebutuhan konten kreator dengan fitur share ke berbagai sosial media dan Youtube dengan mudah.

Tiny Take sendiri memiliki 2 versi, yaitu versi free yang hanya mampu merekam dengan durasi maksimal 5 menit dan versi premium yang mampu merekam dengan durasi maksimal 2 jam.

13. Ezvid Screen Recorder

Ezvid merupakan solusi bagi kamu yang memiliki komputer dengan spesifikasi rendah namun tetap ingin berkarya menggunakan aplikasi perekam layar sekaligus editing video multifungsi pada PC.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini mampu berjalan dengan lancar pada komputer dengan spesifikasi Windows XP yang terbilang jadul sekalipun.

Tampilan antarmuka dari aplikasi ini juga cukup simple, kamu bisa memilih ikon Game untuk mulai merekam gameplay dari permainan yang kamu mainkan, atau memilih menu Capture Screen untuk merekam full layar dari komputer.

14. Filmora Scrn For PC

Bagi para penggelut dunia editing pasti sudah tidak asing dengan brand Filmora, sedari dulu Filmora sudah menjadi bagian penting dari berbagai software editing video pada PC dan smartphone.

Pada Filmora Scrn para pengguna mampu melakukan perekaman layar dengan fitur yang cukup epic. Aplikasi perekam layar PC ini juga telah dilengkapi dengan fitur untuk menampilkan kursor mouse dengan tampilan yang dapat dikustomisasi.

Fitur subtitle juga hadir melengkapi aplikasi ini, berbagai efek dan template yang dimiliki Filmora Scrn juga akan menambah kesan tertentu pada video yang dihasilkan.

15. AceThinker Video Maker

AceThinker hadir untuk memenuhi kebutuhan seorang Content Creator untuk menghasilkan sebuah video dengan kualitas perekaman premium secara cepat dan simple.

Dukungan tombol berbagi tentu akan memudahkan para pengguna untuk membagikan video langsung ke berbagai sosial media.

Aplikasi ini juga memiliki fitur konverter yang mampu mengubah sebuah video ke berbagai format, seperti MPEG, MP4, AVI dan MOV.

Pada saat membuka aplikasi ini, kamu tidak akan menemui tampilan menu yang muluk-muluk, karena hanya akan muncul tombol Rec untuk mulai melakukan proses Recording pada layar.

16. CamStudio – Free Screen Recording Software

Sejatinya CamStudio adalah aplikasi perekam layar biasa pada PC, namun fitur Effect yang dimiliki aplikasi ini juga dapat kamu manfaatkan untuk membuat sebuah video dengan editing ringan pada komputer.

Satu hal yang menjadikannya semakin menarik adalah fitur untuk mengubah sebuah format video dari AV ke format SWF untuk keperluan web online.

CamStudio sendiri merupakan aplikasi yang cukup lawas dan sangat kompatibel dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Windows 7, XP, 98, Vista dan Windows ME.

Kumpulan daftar aplikasi perekam layar PC terbaik di atas bisa kamu pilih untuk mendukung kebutuhan multimedia dan Conten Creator agar karya mu menjadi semakin menarik. Usahakan juga untuk membeli versi premium atau full version dari aplikasi di atas untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan optimal.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com