12 Aplikasi Edit Video PC Terbaik Untuk Windows dan Mac

aplikasi edit video pc

Perkembangan teknologi saat ini mendorong hadirnya banyak kemajuan di berbagai bidang. Salah satunya pada bidang perfileman, munculnya banyak aplikasi edit video PC memungkinkan setiap orang untuk menuangkan sebuah ide kreatif ke dalam tampilan grafis berupa video melalui perangkat komputer.

Namun banyaknya pilihan software editing yang tersedia di luar sana tentu akan membuat banyak pengguna merasa kesulitan dalam memilih aplikasi edit video yang cocok dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer yang dimiliki.

Oleh karena itu, berikut kami jabarkan beberapa daftar aplikasi edit video PC terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk menghasilkan video dengan editing berkualitas.

1. Windows Movie Maker

Merupakan aplikasi edit video yang diperuntukkan bagi seseorang yang masih awam mengenai dunia editing. Tampilan User Interface yang sederhanana membuatnya cukup mudah untuk dipahami dan digunakan oleh para pemula.

Software ini juga terkenal ramah untuk dipasang pada komputer/laptop dengan spesifikasi rendah. Hal ini dikarenakan fitur yang dimiliki aplikasi ini cukup basic dan standar. Seperti memotong, menggabung, dan menambahkan teks pada tampilan video.

2. Sony Vegas Pro

aplikasi edit video pc

Software buatan Sony ini memiliki segudang fitur yang bisa diandalkan untuk menghandle editing profesional pada sebuah video. Fitur Smart Zoom dapat Anda manfaatkan untuk membingkai suatu frame secara otomatis tanpa mengurangi kualitas gambar.

Software ini juga telah mendukung HFR (High Frame Rates) yang memungkinkan input sebuah video dengan resolusi tinggi dari sebuah kamera modern. Untuk menjalankan Sony Vegas Pro secara lancar, sebuah PC harus memiliki spesifikasi minimal RAM 4 GB, GPU 512 MB Memory, dan sistem operasi Windows 64-bit.

3. AVS Video

AVS Video Editor merupakan aplikasi edit video yang terkenal ringan untuk dijalankan pada sebuah komputer dengan spesifikasi rendah. Software ini sangat cocok Anda pilih jika hanya ingin melakukan proses editing sederhana.

AVS Video memiliki 2 versi, yaitu versi berbayar dan gratis. Bila Anda menginginkan hasil editing video tanpa watermark, Anda dapat memilih versi berbayar dengan dukungan full fitur yang dimilikinya.

4. Adobe Premiere Pro

Berbeda dari sebelumnya Premiere Pro dikenal sebagai aplikasi edit video PC profesional yang membutuhkan spesifikasi tinggi pada sebuah komputer dan laptop untuk menjalankannya secara lancar. Premiere Pro sendiri memiliki 2 versi berbeda, yaitu Adobe Premiere Pro CC dan CS.

Perbedaannya terletak pada cara penyimpanan project dari 2 versi tersebut. Jika pada versi CC mengharuskan adanya sebuah disk untuk menyimpan project. Maka pada versi CS, para pengguna hanya perlu menyiapkan jaringan internet untuk menyimpan project yang dapat disimpan secara otomatis melalui sistem Cloud dari Adobe.

5. Corel Video Studio

Tidak mau kalah dengan para pesaingnya, Corel yang merupakan salah satu pemain besar dalam dunia aplikasi editing telah merilis sebuah software edit video yang dikenal dengan nama Corel Video Studio. Berbeda dengan Premiere Pro, software ini dikenal memiliki tampilan yang lebih simple dan mudah dipahami oleh para pemula.

Baca Juga : Download GB WhatsApp APK Terbaru 100% Work!

Fitur WinZip Smart yang dimilikinya memungkinkan Anda untuk menyimpan sebuah project ke dalam format .zip. Hal ini tentunya akan lebih mempermudah dalam pemindahan file dan mengkompressnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

6. Cyberlink PowerDirector

Merupakan aplikasi editing yang telah mendukung fitur video 360 derajat, pengguna juga dapat dengan mudah membuat video 3D secara cepat. Pada versi PowerDirector 10 terdapat peningkatan pada segi stabilisasi frame rate agar video menjadi lebih smooth.

Fitur Audio Normalyzer pada aplikasi ini juga sangat berguna untuk menyeimbangkan volume backsound musik dengan audio utama. Fungsi True Theater 3D yang tedapat pada software ini juga mampu mengkonversi secara otomatis sebuah animasi 2D ke 3D.

7. VirtualDub

Jika Anda menginginkan sebuah software editing dengan berbagai fitur multifungsi, maka VirtualDub layak untuk Anda pilih. Pasalnya selain mengedit video, VirtualDub juga telah mendukung video recording yang mampu merekam setiap aktifitas pada layar komputer.

Berbagai fitur menarik lain yang dimiliki aplikasi ini adalah Add Watermark yang mampu menambahkan logo Watermark yang diinginkan untuk memberi tanda hak cipta dari sebuah karya. Fitur kompress yang dimilikinya juga cukup berguna untuk mengecilkan size hasil editing agar semakin kecil dan tidak memenuhi disk.

8. Avidemux

Avidemux dari dulu dikenal sebagai software yang berfungsi untuk memperkecil ukuran video yang membengkak menjadi lebih ringan tanpa mengurangi kualitasnya. Namun sebenarnya Avidemux termasuk aplikasi edit video PC yang mampu melakukan proses editing sederhana.

Selain itu, aplikasi ini juga telah mendukung berbagai format video sebagai hasil output dan input dalam proses pengeditan. Format tersebut seperti AVI, MPEG, MP4, ASF dan lain-lain. Selebihnya, Avidemux memiliki fitur editing standar untuk memotong, menambahkan audio, dan menggabungkan sebuah frame.

9. Camtasia Studio

Bagi Anda para pengguna Mac sangat disarankan menggunakan Camtasia Studio untuk memenuhi kebutuhan editing. Selain editing, software ini juga memiliki fungsi ganda sebgai media player dan screen recording.

Fitur Camtasia Timeline juga bisa Anda manfaatkan agar proses pengeditan menjadi lebih mudah. Menu Produce and Share pada aplikasi ini akan membuat Anda semakin mudah dalam melakukan proses rendering dan membagikannya secara langsung ke berbagai sosial media.

10. VideoPad Editor

VideoPad merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan hasil editing video yang bersih tanpa watermark secara gratis. User interface yang ditampilkan juga cukup menawan dengan perpaduan warna putih dan biru.

Aplikasi ini juga memiliki ukuran file yang cukup kecil sehingga tidak begitu memberatkan kerja dari RAM dan prosesor. Hadirnya fitur stabilization membuat tampilan video menjadi lebih stabil dan halus.

11. HitFilm

HitFilm Express saat ini sudah tersedia di berbaga platform seperti Windows dan Mac. Tidak jauh beda dengan aplikasi edit video PC sebelumnya, HitFilm juga telah mendukung berbagai tool editing dasar. Berbagai efek yang tersedia juga dapat Anda manfaatkan untuk memberi kesan sinematik pada video.

HitFilm Express sendiri juga telah mendukung editng video dengan berbagai format, seperti AVI, MP4, MPEG dan WMV.

12. DaVinci Resolve

Color Grading pada software ini cukup ampuh untuk memberi berbagai efek pada video dengan berbagai pilhan warna. Aplikasi edit video PC ini sangat direkomendasikan bagi para content creator YouTube.

Fitur unggulan lain yang dimiliki DaVinci Resolve adalah kempuan In-Dept Color yang cukup baik. Dukungan animasi 2D dan 3D membuatnya cocok untuk dipilih bagi Anda yang ingin fokus dalam dunia animasi.

Berbagai daftar aplikasi edit video PC terbaik diatas dapat Anda jadikan referensi untuk memilih software editing terbaik sesuai kebutuhan. Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa spesifikasi PC Anda telah memenuhi minimum system requirement berbagai daftar aplikasi diatas.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com