13 Aplikasi Edit Video Android Gratis dan Offline Terbaik

aplikasi edit video android

Saat ini hampir semua pekerjaan sudah dapat dilakukan pada sebuah smartphone, salah satunya pada hal pengeditan video. Jika dulu seorang editor harus melakukan pekerjaannya melalui software editing yang hanya bisa dilakukan pada PC. Maka pada saat ini proses pengeditan sudah bisa dilakukan melalui smartphone dengan memanfaatkan aplikasi edit video android yang sudah banyak tersedia.

Aplikasi edit video android sendiri memiliki banyak jenis, namun hanya beberapa saja yang memiliki performa dan fitur layaknya software editing profesional pada PC. Penasaran apa saja aplikasi-aplikasi tersebut?, berikut ulasan lengkapnya.

1. Kinemaster

Mungkin bagi Anda para pengguna smartphone sudah tidak asing lagi mendengar nama Kinemaster. Ya, Kinemaster merupakan aplikasi edit video android dengan berbagai fitur menarik dan lengkap layaknya software editing profesional. Kinemaster sendiri sudah cukup populer dibuktikan dengan banyaknya Youtuber yang telah menggunakan aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan konten mereka.

Sebenarnya aplikasi ini memiliki 2 varian, yaitu versi gratis (Free) dan versi berbayar (Pro). Perbedaan antara keduanya terletak pada fitur yang ditawarkan, dimana KineMaster Pro memiliki fitur yang lebih lengkap dengan hasil video tanpa watermark. Selain itu, fitur unlimited layer yang dimiliki aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna untuk melakukan proses multitasking pada saat mengedit video.

Detail Kinemaster

Pengembang :Kinemaster Corporation
Jumlah Unduhan :100 juta +
Ukuran :87 MB

Baca Juga : Update Terbaru KineMaster PRO Mod Apk Tanpa Watermark

2. PowerDirector

PowerDirector merupakan salah satu aplikas edit video android offline terbaik. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di Google Play Store. Berbagai fitur menarik yang dimiliki PowerDirector adalah adanya opsi Quick Editing yang bisa Anda manfaatkan untuk mengedit video dengan cepat dan ringkas.

Fitur Video Effect yang dimiliki aplikasi ini juga cukup baik, pengguna dapat menambahkan berbagai efek unik pada video dan audio sesuai keinginan.

Detail PowerDirector

Pengembang :Cyberlink PowerDirector
Jumlah Unduhan :100 juta +
Ukuran :60 MB

3. VivaVideo

Jika Anda mencari sebuah alat edit video ringan untuk kebutuhan editing sederhana, maka kami sangat merekomendasikan VivaVideo. Selain editing, aplikasi ini juga dapat melakukan perekaman layar smartphone dengan fitur Screen Recorder.

VivaVideo juga memiliki fitur FX yang berfungsi untuk menambahkan berbagai efek suara pada video. Berbagai sound effect tersebut seperti, FX Clap, Laugh, Bird, Butterfly dan lain-lain.

Detail Spesifikasi VivaVideo

Pengembang :QuVideo Inc.
Jumlah Unduhan :100 juta +
Ukuran :50 MB

4. Inshot

Inshot merupakan aplikasi edit video android yang dibekali dengan berbagai filter dan efek melimpah. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya variasi filter seperti Glitch , Lomo, Neon yang dapat langsung digunakan.

Selain itu, para pengguna juga dapat memberi variasi pada video dengan berbagai jenis stiker yang telah disediakan secara gratis. Untuk mendapatkan hasil video tanpa watermark, Anda harus menggunakan Inshot Pro yang merupakan versi premium dari aplikasi ini.

Detail Spesifikasi Inshot

Pengembang :InShot Inc.
Jumlah Unduhan :100 juta +
Ukuran :30 MB

5. VideoShow

Videoshow adalah aplikasi edit video gratis yang mampu menghasilkan video dengan hasil editing profesional. Hal yang membuatnya semakin menarik adalah adanya fitur Compress Video yang mampu memperkecil ukuran video untuk menghemat penyimpanan pada smartphone.

Selain itu, para pengguna juga diklaim mampu melakukan pengisian suara langsung pada saat melakukan proses editing pada fitur Video Dubbing. Fitur Convert to MP3 juga memungkinkan Anda untuk mengubah video menjadi sebuah file musik dengan format .MP3 secara mudah.

Detail VideoShow

Pengembang :VideoShow EnjoyMobi
Jumlah Unduhan :100 Juta +
Ukuran :25 MB

6. FilmoraGo

Filmora sendiri merupakan aplikasi edit video android yang memiliki 2 mode penggunaan. Anda dapat menggunakan Easy Mode untuk menambahkan berbagai media seperti musik dan gambar dalam editing secara instan.

Sedangkan pada mode Full Future, pengguna dapat melakukan add text dan menambah filter keren pada video secara manual. Setelah proses pengeditan selesai, pengguna dapat mengeksportnya ke dalam bentuk file berformat AVI, MPEG, MP4 dan lain-lain.

Detail FilmoraGo

Pengembang :WONDERSHARE TECHNOLOGY CO.LIMITED
Jumlah Unduhan :10 Juta +
Ukuran :35 MB

7. Funimate

Bukan hanya video, namun funimate juga dapat menghandle pengeditan musik dengan berbagai FX yang disediakan. Selebihnya, Anda dapat mengedit video dengan berbagai fitur standar seperti crop, menambahkan backsound, dan lain-lain.

Funimate merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginkan sebuah kebutuhan multitasking editing dari satu aplikasi. Selain itu, Aplikasi edit video android ini juga cukup ringan untuk dijalankan pada sebuah smartphone dengan RAM sebesar 1 GB saja.

Detail Funimate

Pengembang :AVCR Inc.
Jumlah Unduhan :10 Juta +
Ukuran :93 MB

8. Vlog Editor

aplikasi edit video android

Dari namanya saja kita sudah mengetahui bahwa aplikasi ini ditujukkan bagi para vlogger yang tidak ingin repot-repot dalam mengedit video mereka. Para pengguna dapat dengan mudah menambahkan teks pada video dalam menu subtitle.

Fitur Transitions pada Vlog Editor dapat Anda manfaatkan untuk membuat transisi antar video menjadi lebih estetik. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin fokus menekuni dunia konten kreator layaknya seorang vlogger.

Detail Vlog Editor

Pengembang :MyMovie Inc
Jumlah Unduhan :1 Juta +
Ukuran :39 MB

9. Quik

Quik merupakan aplikasi yang dikembangakan oleh GoPro untuk mensinkronkan perangkat smartphone dengan berbagai produk GoPro. Selain itu, Quik juga memiliki berbagai fitur editing video yang dipadukan dengan berbagai transisi dan tema.

Selebihnya, aplikasi in juga memiliki fungsi standar seperti pada list sebelumnya. Quik dibekali dengan berbagai fitur editing, seperti Audio Addition, Crop, dan pengatur kecepatan dari sebuah frame.

Detail Quik

Pengembang :GoPro
Jumlah Unduhan :100 Juta +
Ukuran :95 MB

10. VideoShop

VideoShop adalah aplikasi edit video android yang memiliki berbagai efek atau preset yang dapat digunakan secara gratis pada ponsel. Fitur Voice Overs yang dimiliki VideoShop akan sangat berguna untuk mengisi suara atau dubbing pada sebuah rekaman.

Untuk mendapatkan semua fitur menawan dari VideoShop, Anda diharuskan untuk membeli versi premium dengan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan menggunakan versi free saja sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan editing Anda.

Detail VideoShop

Pengembang :Jajijujejo Inc.
Jumlah Unduhan :10 Juta +
Ukuran :42 MB

11. Movie Maker

Jika Anda adalh seorang penggila instagram, maka aplikasi ini wajib untuk Anda pilih. Hal ini dikarenakan adanya fitur Edit Instant memungkinkan para penggunanya untuk mengedit video secara cepat untuk keperluan Feed Post Instagram.

Berbagai tools yang yang dimiliki Movie Maker sudah cukup lengkap dengan dukungan berbagai stiker emoji yang bisa langsung digunakan.

Detail Movie Maker

Pengembang :Video Studio
Jumlah Unduhan : 1 Juta +
Ukuran :30 MB

12. Vidstich Free

Merupakan sebuah aplikasi edit video android yang sangat cocok untuk membuat sebuah tampilan kolase. Vidstich merupakan software editing gratis tanpa watermark yang mampu menggabungkan berbagai video dan foto ke dalam satu frame.

Para pengguna juga diklaim mampu membuat sebuah animasi berformat GIF dengan menyisipkan beberapa gambar saja. Anda dapat mengunduh Vidstich secara gratis di Google PlayStore dengan ukuran yang cukup ringan.

Detail VIdstich Free

Pengembang :Fresh Squeezed Apps
Jumlah Unduhan :5 Juta +
Ukuran :37 MB

13. Cute Cut

Kini hampir semua orang dapat membuat sebuah animasi keren hanya bermodalkan smartphone saja. Yaitu Cute Cut- Video Editor, dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda dapat menuangkan ide kreatif ke dalam sebuah Drawing Tools yang telah disediakan.

Para pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat sebuah video animasi sesuai imajinasi. Tampilan User Interface dari Cute Cut juga cukup mudah dipahami oleh para pemula sekalipun.

Detail Cute Cut

Pengembang :MobiVio Solutions
Jumlah Unduhan :10 Juta +
Ukuran :31 MB

Berbagai aplikasi edit video android diatas kiranya dapat Anda jadikan bahan referensi dalam memilih alat yang tepat untuk menuangkan sebuah kreatif ke dalam sebuah video pada smartphone. Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat smartphone Anda telah memenuhi syarat minimum untuk menginstall berbagai aplikasi di atas.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe Guys

Dapatkan update artikel terbaru & penawaran menarik dari Saungwriter.com